Mengenal Apa itu CMS WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS ( Content Management System ) bersifat open source yang digunakan untuk membuat website. Sifatnya yang open source membuat WordPress memiliki banyak komunitas dan dukungan. Karenanya wordpress menjadi software paling mudah untuk membuat website atau blog yang kuat.

Karena cara penggunaanya yang mudah, WordPress juga dapat digunakan oleh orang yang kurang memahi pemrograman. WordPress dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database. Untuk mendapatkan wordpress kita dapat mendownloadnya secara gratis melalui website https://wordpress.org/download/

Kelebihan WordPress

Karena banyaknya komunitas yang mendukung membuat wordpress berkembang setiap harinya dan memiliki banyak fitur – fitur yang tidak kalah dengan website terkenal lainya. Adapun beberapa fitur yang kita dapatkan pada wordpress diantaranya:

  • Panel navigasi mudah digunakan
  • Sederhana dan fleksibel
  • Memiliki banyak plugin
  • Banyak pilihan widget

Siapa Saja yang Menggunakan WordPress

Banyak website berita, blog, dan 500+ perusahaan terkenal menggunakan wordpress untuk membangun website mereka. Contoh website ternama yang menggunakan wordpress :

  • http://blogs.adobe.com/
  • https://blog.us.playstation.com/
  • https://news.microsoft.com/
  • http://blog.logitech.com/
  • http://www.bbcamerica.com/

Memulai WordPress

Setelah selesai menginstall WordPress pada server langkah selanjutnya ialah mengelola website. Pengelolaan website hanya dapat dilakukan oleh admin dan user yang telah mendapatkan akses. Pada halaman ini admin dapat melakukan posting, menginstall plugin, menambahkan widget, mengatur tema atau tampilan, dll. Sebelum masuk ke halaman admin kita harus login terlebih dahulu. Kunjungi halaman http://domain-kalian/wp-amdin atau http://domain-kalian/wp-login.php maka akan muncul halaman login seperti gambar di bawah ini. Masukkan username dan password.

Mengenal WordPress

  1. Remember me : centang kotak ini jika ingin otomatis terisi username dan password pada login berikutnya

Setelah login berhasil maka kalian akan diarahkan ke halaman admin panel atau yang biasa disebut dashboard.

Download E-Book Panduan Lengkap Menggunakan CMS WordPress | IDCloudHost

Related Articles

Cara Menggunakan Promo TRAVELOKA-POINTS di IDCloudHost
Formulir Berhenti Berlangganan Email IDCloudHost
Cara Menggunakan Promo GO-POINTS di IDCloudHost
Cara Membuat Tabel Dengan Menggunakan Plugin Tablepress Pada WordPress
Cara Membuat Halaman Kontak di WordPress
popup image