Mengenal Apa itu Control Panel Plesk Hosting

 

Plesk merupakan salah satu Control Panel yang digunakan untuk memanage suatu layanan hosting atau server milik website dan aplikasi Anda. Pada rilis pertama, Plesk berada di bawah perusahaan AS Plesk Inc dan dirancang di Novosibirsk, Rusia.

Mengenal Apa itu Control Panel Plesk Hosting | IDCloudHost
 

Plesk saat ini tersedia bagi OS server Windows dan Linux. Keduanya adalah produk yang berbeda, walaupun diberi merek yang sama yaitu Plesk. Dengan Control Panel Plesk kita dapat melakukan berbagai aktifitas selayaknya sama dengan control panel lainnya yang tidak asing di Indonesia yaitu Control panel CPanel.

 

Apa Keunggulan Plesk Hosting ?

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang kiranya bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan control panel plesk sebagai salah satu tools untuk memanage server website dan aplikasi Anda :

Mengenal Apa itu Control Panel Plesk Hosting | IDCloudHost
 

  • Ready-to-code Environment
    Control Panel Plesk menyediakan environment yang siap digunakan (ready-to-code), yang mambantu menghemat waktu dan memperbaiki workflow agar kerja lebih efektif dan efisien.
  • Plesk Control Panel
    Control Panel Plesk dibuat lebih mudah digunakan serta user-friendly dengan berbagai fitur dan tools yang disediakan untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan website.
  • Full Fledged Development Environment
    Mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk berbagai versi PHP, Perl, CGI-BIN, Java, Tomcat, Ruby, Phyton, .NET dan banyak lagi untuk kebutuhan pengembangan website Anda.
  • Open & Flexible third party interface
    Control Panel Plesk menyediakan integrasi yang mudah dan dapat diintegrasikan dengan berbagai XML RPC API, CLI API, WHMCS, Ubersmith, marketing dan tool SEO sesuai kebutuhan.
  • Rock Solid Server Security
    Anda dapat melakukan install semua kebutuhan keamanan yang dibutuhkan yang siap untuk dipasang dan digunakan dengan hanya sekali klik tanpa khawatir konfigurasi yang rumit.
  • Database Option & Management
    Mendukung sebagian besar aplikasi database (seperti MySQL, MariaDB, PostgresSQL, MSSQL) dan mendukung operasional seperti backup, restore, fungsi-fungsi import/export.
  • WordPress Optimize
    Kami membuat WordPress Anda lebih cepat, aman, up to date, dan mudah. Manajemen WordPress terpusat, core auto-update, security scan, plugin & theme management, dll.
  • Kemudahan Migrasi
    Sama halnya dengan control panel lainnya, Control Panel Plesk didukung dengan kemudahan migrasi baik itu dari control panel yang sama atau berbeda. Proses lebih cepat dan Aman

 

Perbedaan CPanel dengan Plesk

Secara umum sebenarnya tidak banyak perbedaan dan jika kita katakana apa yang lebih baik sebenarnya juga tergantung dengan kebutuhan dan bagaimana Anda lebih familiar dalam menggunakannya. Bagi orang Indonesia emang jarang sekali ada panduan lengkap berbahasa Indonesia  terkait tutorial Plesk, namun jangan khawatir karena IDcloudhost menyediakan panduan lengkap seputar plesk untuk Anda di halaman Panduan Plesk IDCloudhost.

Lalu, kembali ke pambahasan, apa perbedaan dari plesk dan Cpanel. Dari interface Control panelnya sebenarnya kurang lebih tidak jauh berbeda, dari sisi tampilan sendiri Plesk lebih simple di bandingkan Cpanel :

Tampilan Cpanel :

Mengenal Apa itu Control Panel Plesk Hosting | IDCloudHost
 

Tampilan Plesk :

Mengenal Apa itu Control Panel Plesk Hosting | IDCloudHost
 

Penutup dan Kesimpulan

Jadi Kira kira bagaimana menurut kamu ? Plesk sebenarnya sangat mudah digunakan sekaligus harga  panelnya juga sangat murah. Kamu  dapat membeli plesk hosting dari IDcloudhost dengan harga terjangkau dengan mengunjungi halaman layanan Plesk Hosting IDcloudhost.

Jika kamu ingin lebih tahu terkait plesk lebih lanjut, jangan lupa untuk menghubungi tim IDcloudhost dan jangan ragu untuk memberikan komentar pada formulir komentar dibawah ini. Terima kasih

Related Articles

Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
Cara Memilih Versi ASP.NET di Plesk Hosting
popup image