Mengenal Fitur-Fitur dan Tampilan Dashboard Plesk Hosting

Mengenal Fitur-Fitur dan Tampilan Dashboard Plesk Hosting
 

Setiap Pengguna di Plesk mempunyai wewenang Akses yang berbeda yang memungkinkan juga menampilkan fitur yang berbeda dengan user lainnya sesuai dengan level aksesnya. Meskipun penyedia mungkin perlu mengatur paket layanan dan mengonfigurasi pengaturan di seluruh server, pelanggan mungkin perlu membuat database atau mengubah pengaturan PHP untuk salah satu domain mereka. Untuk mengakomodasi setiap pihak, Plesk menyediakan dua panel berbeda, yang dijelaskan di bawah ini:

The Customer Panel (Panel Pelanggan) berfokus pada operasi hosting web dan menampilkan alat yang diperlukan untuk membuat dan mengelola situs web, kotak surat, dan sebagainya. Panel ini dirancang untuk menampung pelanggan.
The Power User View mencakup semua alat yang tersedia di Panel Pelanggan, serta alat yang memungkinkan pengaturan seluruh server untuk dikelola. Pandangan ini paling cocok untuk administrator server yang meng-hosting situs web mereka sendiri, dan studio web yang mengelola situs web pelanggan mereka.

Karena panduan ini ditujukan untuk pelanggan hosting dan desainer web yang meng-host situs web pelanggan mereka, kami akan fokus pada tampilan Pengguna. Berikut ini adalah tampilan dari Dashboard Plesk Hosting saat Anda membeli layanan ini di IDCloudhost :

 

Berikut  ini adalah informasi terkait gambar diatas :

(1) Bagian ini menampilkan nama pengguna yang saat ini masuk, dan langganan yang saat ini dipilih. Pengguna dapat mengubah properti akun pengguna mereka dan memilih langganan apa yang ingin mereka kelola.

(2) Bagian ini menampilkan bidang Pencarian terkait apapun  yang ada pada panel Plesk Hosting Anda.

(3) Bagian ini memegang panel navigasi yang membantu mengatur antarmuka Plesk. Alat dikelompokkan berdasarkan fungsinya, misalnya, alat yang memungkinkan pengguna untuk mengelola pengaturan hosting web ditemukan di halaman Situs & Domain, dan yang memungkinkan pengguna untuk mengelola akun email ditemukan di halaman Mail. Berikut ini deskripsi singkat semua tab dan fungsinya:

    • Websites &  Domains. Alat di sini memungkinkan pelanggan untuk menambah dan menghapus domain, subdomain, dan alias domain. Mereka juga memungkinkan mereka untuk mengelola berbagai pengaturan hosting web, membuat dan mengelola basis data dan pengguna basis data, mengubah pengaturan DNS mereka, dan mengamankan situs web mereka dengan sertifikat SSL / TLS.
    • Mail. Alat-alat di sini memungkinkan pelanggan untuk menambah dan menghapus akun surat, serta mengelola pengaturan server surat.
    • Aplications. Alat-alat di sini memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah menginstal dan mengelola berbagai aplikasi web.
    • File. Item ini menampilkan manajer file berbasis web yang memungkinkan pelanggan mengunggah konten ke situs web mereka, serta mengelola file yang sudah ada di server dalam langganan mereka.
    • Database. Item ini memungkinkan pelanggan untuk membuat baru atau mengelola basis data yang ada.
    • Statistik. Item ini menampilkan informasi tentang penggunaan disk dan lalu lintas, serta tautan ke statistik web yang menyajikan ikhtisar terperinci tentang pengunjung situs.
    • User. Alat di sini memungkinkan pelanggan untuk menambah dan menghapus akun pengguna yang memungkinkan orang lain untuk masuk ke Plesk.
    • Account. Item ini hanya terlihat di Panel Kontrol pelanggan hosting bersama. Ini fitur informasi tentang penggunaan sumber daya untuk berlangganan, opsi hosting yang diizinkan dan izin yang diberikan. Alat di sini memungkinkan pelanggan untuk mengambil dan memperbarui rincian kontak mereka dan informasi pribadi lainnya, dan juga mencadangkan pengaturan berlangganan dan situs web mereka.
    • WordPress. Item ini mengatur segala pengaturan terkait CMS WordPress yang terinstall pada sistem Anda
    • SEO Toolkit. Item ini mengatur segala konfigurasi SEO yang  digunakan  pada Website Anda melalui panel Plesk Hosting

(4) Bagian ini menampung semua kontrol yang relevan dengan tab yang saat ini terbuka. Pada tangkapan layar, tab Situs Web & Domain sedang dibuka, dan berbagai alat yang memungkinkan mengelola aspek langganan yang terkait dengan hosting web ditampilkan pada bagian ini. Tampilan pada bagian ini sesuai dengan menu yang Anda pilih sebelumnya.

(5) Bagian ini berisi campuran berbagai kontrol dan tampilan informasi lainnya untuk kenyamanan pengguna.

 Demikian informasi ini disampaikan, Semoga dengan informasi ini dapat memberikan wawasan dan petunjuk terkait penggunaan layanan Panel Plesk Hosting di IDcloudhost. Jika Anda membutuhkan bantuan terkait hal ini jangan ragu untuk menghubungi tim Support IDcloudhost.

Related Articles

Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
Cara Melakukan Setting MIME Types di Plesk Hosting
Cara Memilih Versi ASP.NET di Plesk Hosting
popup image