Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda

Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda
 

Web hosting memperbolehkan anda untuk menerbitkan website anda ke internet. Penyedia hosting akan menyewakan kapasitas server yang dapat  digunakan untuk menyimpan file-file website anda yang akan ditampilkan kepada pengunjung. Ketika ada orang yang mengunjungi website anda, seluruh data yang tersimpan di server akan berpindah ke browser mereka.

Pembuat situs web seperti WordPress.com akan menjadi host untuk website anda. Diantara pembuat situs tersebut ada yang memberikannya secara gratis maupun berbayar. Namun, wordpress memiliki sedikit perbedaan yang dikenal sebagai platform self-hosted, yaitu kalian harus mencari dan membeli paket hosting itu sendiri.

Untungnya, ada banyak tempat untuk mencari hosting online. Terlebih lagi, terdapat keuntungan menggunakan platform self-hosted seperti wordpress. Beberapa keuntungan itu diantaranya :

  • Dapat menggunakan costum domain name.
  • Memiliki kontrol penuh dalam fungsi dan kustomisasi situs.
  • Penyedia host akan memberikan fitur khusus untuk wordpress.

Memahami Pilihan Hosting

Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda
Sebelum kita masuk kedalam WordPress, sangat diperlukannya memahami web hosting. Diantara opsi tersebut adalah :

  • Cloud Hosting – harganya relatif murah karena pengguna bisa melakukan costum terhadap penggunaan RAM, CPU, Quota Hardsik dan lainnya. Ketika melakukan penambahan atau pengurangan resource tidak akan mengurangi kinerja dari website anda. Anda dapat menghosting situs anda dengan domain anda sendiri, membuat akun email, dan membuat perubahan pada website anda.
  • Virtual Private Server (VPS) – VPS memberikan keamanan lebih bagi tiap penggunanya sehingga VPS sangat cocok untuk digunakan bagi website dan aplikasi yang mempunyai trafik yang sangat tinggi dan keperluan khusus lainnya dengan support dari berbagai macam OS untuk mendapatkan performa yang maksimal.
  • Dedicated Server – dalam hal ini, anda berhak mendapatkan sepenuhnya akses server anda. Anda dapat memodifikasi server sesuai dengan kebutuhan anda sendiri. Dedicated server sangat cocok untuk aplikasi dan website yang memiliki trafik, resource, dan perfoma yang besar. Kami merekomendasikan ini bagi anda yang menjalankan situs bisnis skala besar atau untuk pengembangan aplikasi.

Cara terbaik untuk memilih layanan hosting yang akan digunakan adalah dengan membandingkannya, yaitu :

  • Cloud hosting didukung teknologi Solid-state Drive (SSD) untk performa tinggi dengan konfigurasi dan proses yang mudah, cepat dan praktis.
  • VPS didukung dengan perfoma dan teknologi multifungsi yang dapat diinstall di semua sistem operasi. Serta VPS juga didukung dengan proses yang handal, stabil dan full support.
  • Dedicated server digunakan untuk kebutuhan akses yang sangat besar dan cepat. Dedicated server adalah layanan first-class yang memberikan anda lebih banyak kebebasan dan fasilitas dengan harga yang premium.

Setelah memahami opsi hosting yang tersedia, anda dapat melihat paket hosting yang tersedia untuk dapat anda pilih.

Memperkenalkan Solusi Hosting IDCloudHost

Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda
Pada IDCLoudHost, kami menawarkan semua jenis hosting yang dijelaskan diatas. Terlebih lagi, sebagai layanan hosting anda, kami dapat memberikan beberapa keuntungan berikut :

  • Kami merupakan salah satu perusahaan web hosting berbadan hukum resmi di indonesia.
  • IDCloudHost memiliki banyak opsi harga pada setiap jenis hosting.
  • Pada performance dan costumer support, kami menggunakan teknologi termutakhir sehingga dapat memberikan keamanan dan perfoma terbaik, serta kami senantiasa memberikan layanan dan support terbaik dengan bantuan 24/7 untuk anda.
  • Dan masih banyak lagi!

Sebagai penyedia layanan hosting, IDCloudHost memberikan fiture terlengkap seperti unlimited bandwitdh, unlimited email, integrasi sistem Cpanel, dan softaculous yang didapatkan secara gratis.

Oleh sebab itu, anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dalam pembelian platform, seperti WordPress.

3 Elemen Yang Harus Dilihat Dalam Platform WordPress

Ada banyak panduan yang dapat membantu anda untuk memilih hosting untuk website wordpress anda dan banyak kriteria yang harus anda tinjau. Dibawah ini, kami telah memilih tiga kriteria utama yang harus ada ketika memilih host yang berkualitas.

1. Penyedia Host Memenuhi Persayaratan WordPress

Berikut adalah persyaratan dan standar wordpress yang dibutuhkan :

  1. PHP versi 7 atau terbaru.
  2. MySQL versi 5.6 atau terbaru atau MariaDB versi 10.0 atau terbaru.
  3. Mendukung berbagai fitur lainnya untuk kebutuhan Anda

Hal tersebut sangatlah penting sebagai pertimbangan host untuk memenuhi persyaratan dan standar wordpress. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa pembaharuan platform di masa mendatang tidak akan menimbulkan masalah. Karena persyaratan wordpress dapat berubah ketika layanan wordpress dan hosting mengalami perubahan. Oleh karena itu, anda harus selalu mengecek wordpress.org secara langsung. Perhatikan PHP dan MySQL karena itu sangatlah penting untuk menjaga kemanan database anda.

2. Mencari Penyedia Host yang Memiliki Beberapa Opsi Harga untuk Memenuhi Kebutuhan Anda

Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda
Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda
Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda
Secara umum, biaya pemasangan situs WordPress itu lebih sedikit jika dibandingkan dengan platform lain. Namun, hosting merupakan biaya utama yang harus anda masukan dalam anggaran. Hal ini disebabkan karena penyedia host mengerti persyaratan untuk WordPress, jenis situs yang dibuat dengan platform, dan perbedaan antara situs web tersebut. Sebagai contoh, host yang berkualitas akan mengetahui perbedaan antara blog dan situs e-commerce.

Menentukan pilihan anda akan menjadi sangat subjektif. Pertama, mempertimbangkan situs apa yang ingin anda buat. Jika anda menemukan host yang akan menawarkan harga berdasarkan kebutuhan anda, dimana semakin banyak kebutuhan anda maka semakin tinggi juga harga yang ditawarkan, maka pilihan anda tepat. Tapi, anda juga harus memikirkan anggaran kecuali anggaran yang anda miliki dapat menyelesaikan hal tersebut.

3. Penyedia Host Harus Menawarkan Performance dan Support yang Sangat Bagus.

Mengenal Hosting untuk Kebutuhan WordPress Anda
Sebagai layanan berbayar, sangatlah penting mengutamakan performance dan dukungan bagi para pengguna tanpa harus disebutkan sekalipun. Namun hal ini dapat menjadi berbeda tergantung dari pengalaman anda dalam web hosting.

Perfoma website anda dapat ditentukan berdasarkan speed dan uptime. Jika website anda mengalami down (memerlukan waktu yang lama) ketika diakses, maka anda harus segera melihat masalah dalam perfoma tersebut. Hal ini bisa menjadi masalah yang kecil atau besar berdasarkan opsi hosting yang anda gunakan dan trafik tersebut, tetapi anda tetap harus menghubungi bagian pelayanan untuk mendapatkan dukungan.

Web host yang berkualitas akan mengutamakan kinerja dan perfoma, dan juga menjelaskan dengan detail mengenai support policy mereka. Selain itu, mereka juga akan menawarkan dokumentasi mengenai masalah umum dan informasi kontak yang untuk dapat anda hubungi segera.

Ketika mencari host WordPress yang berkualitas, anda harus beranggapan bahwa anda sedang mencari rumah untuk website anda. Anda juga harus memastikannya aman dan memberikan anda ruang untuk dapat berkembang. Memahami elemen apa yang harus diambil ketika anda membuat pilihan dari informasi yang anda dapat saat memilih kualitas yang disedaikan.

Related Articles

Pembayaran Layanan IDCloudHost via ShopeePay – Shopee
Cara Akses Layanan Cloud Storage Drive IDCloudhost [Desktop – Android – IOS]
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui File Manager
Cara Mengupload File ke Plesk Hosting melalui FTP (Filezilla)
Cara Melihat Statistik dan Laporan Penggunaan Plesk Hosting
popup image