Pengertian dan Fungsi SSL

Pengertian dan Fungsi SSL

Pendahuluan

Bagi para pengguna domain dan hosting, apakah pernah mendengar tentang SSL? SSL bukanlah sebuah kata yang cukup familiar bagi para pengguna domain dan hosting, lantas pertanyaannya adalah, Apakah pengertian SSL?

 

Pengertian dan Fungsi SSL

Apa itu SSL?

SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

 

Lantas Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL?

Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Ketika seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Pertanyaan meminta informasi tentang kedua situs dan perusahaan. Setelah sertifikat SSL yang diminta, server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik. Tombol ini digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan aman hubungan antara web server dan sesi browser.

 

Mengapa Menggunakan SSL? Untuk Men-enkripsi Informasi Sensitive.

Alasan utama mengapa menggunakan SSL adalah untuk menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang kita kirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada diantara Anda dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit Anda, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal ini tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Ketika sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

 

Penutup

Dari pengertian SSL diatas, menurut anda penting atau tidak SSL itu? Kalau menurut saya SSL sangatlah penting bagi website anda tapi apakah ada provider yang menawarkan SSL dengan fitur lengkap dan harga yang sangat terjangkau? Tentu saja ada!

Related Articles

Cara Menambah Blog Baru di Website Builder
Cara Menambah Situs Baru di Website Builder
Cara Membuat Website di Website Builder IDCloudHost
Cara Melakukan Optimasi Pada CMS WordPress
Informasi Mengenai Siklus Domain Indonesia
popup image