Struktur Direktori pada File Management Cpanel

Struktur Direktori pada File Management Cpanel | IDCloudHost

Direktori pada suatu file management merupakan kumpulan file yang tersimpan dalam beberapa folder. Cpanel mempunyai beberapa direktori file yang tersimpan dengan fungsi yang berbeda-beda. Ketika Anda membeli sebuah pakeet hosting, Anda akan diberikan space pada server dengan struktur direktori sebagai berikut :

struktur-direktori-0

struktur-direktori-1 : Home merupakan direktori induk dari akun web host Anda, direktori inilah yang membawahi direktori – direktori dibawahnya.

struktur-direktori-2 : Jangan utak – atik file yang terdapat pada folder yang saya beri tanda ini, kecuali Anda tahu apa yang sedang Anda lakukan.

struktur-direktori-3 : Direktori yang saya beri tanda ini adalah direktori yang relatif aman utuk Anda utak – atik, Anda hapus atau gunakan untuk menyimpan file. Direktori – direktori tersebut adalah public_ftp, public_html, www, dan tmp. Berikut penjelesannya :

  • Public_ftp adalah direktori yang bisa anda gunakan untuk menyimpan file dalam server hosting yang tidak ada hubungannya dengan website anda. Jadi misalnya anda ingin menyimpan file word, gambar atau dokumen ke dalam server hosting maka anda bisa menyimpannya pada direktori ini tanpa harus takut tercampur dengan file website.
  • Public_html adalah direktori tempat untuk menyimpan file – file website anda. Jika anda ingin membuat website yang bisa diakses oleh pengunjung melalui internet maka anda harus menempatkan file – file website anda disini.
  • www hanyalah shortcut menuju public_html maka dari itu apa yang terdapat dalam public_html juga bisa anda lihat dan akses melalui direktori www.
  • tmp merupakan folder tempat menyimpan file – file temporer. File – file temporer ini biasanya berisi data statistik website Anda.

Related Articles

Cara Memaksimalkan WordPress dengan Plugin
Tutorial Cara Mengatur Tampilan pada WordPress
Tutorial Cara Melakukan Ekspor dan Impor pada WordPress
Cara Melakukan Pengaturan (Settings) pada WordPress
Tutorial Cara Mengelola User (Pengguna) pada WordPress
popup image