Tips Menggunakan dan Mengamankan Akun Cpanel


Keamanan merupakan yang menjadi prioritas utama setiap pengguna. Informasi meskipun dapat didapatkan dimanapun dan dimanapun, tapi tetap ada beberapa batasan yang informasi tersebut tidak layak diberikan kepada publik. Salah satunya adalah PIN dan password yang menjadi privasi paling utama untuk anda. Selain itu juga menjaga email agar tidak jatuh kepada orang-orang yang salah yang tentunya dapat merugikan Anda.

 

Hati-Hati Dalam Penggunaan Email

Hati-hati dalam penggunaan email anda, karena tanpa disadari email dapat menyedot disk space dan bandwidth, apalagi bagi anda yang sering menggunakan file attachment jangan kaget jika tiba-tiba disk space anda membengkak atau bandwidth anda habis. Bagi anda yang memilki paket hosting dengan bandwidth terbatas, hal ini tentu merupakan masalah tersendiri bagi anda.

 

Selalu Gunakan Password yang Kuat

Password yang kuat saja masih ada kemungkinan untuk dibobol oleh hacker apalagi jika anda menggunakan password yang lemah. Untuk itu gunakanlah password yang kuat baik itu untuk password utama cPanel anda, password direktori, password email dan password-password lainnya. Lihat pada indikator password yang telah disediakan pada cPanel. Saat membuat password, usahakan minimal indikator password dalam level Strong (kuat), bila perlu sampai level Very Strong.

picture1
Untuk membuat password yang sangat kuat ikuti tips-tips berikut :

  • Hindari password yang menggunakan nama anda, nama keluarga, nama pacar dan nama-nama yang terlalu mainstream dan mudah ditebak.
  • Hindari penggunaan tanggal lahir sebagai kombinasi password.
  • Gunakan kombinasi huruf, angka, simbol dan karakter pada password anda. Gunakan juga kombinasi huruf besar dan huruf kecil.
  • Semakin rumit dan tidak berpola password anda maka akan semakin kuat password anda. contoh : $hJiKaQq)+!`+90P?nbiuhIUG82=$# , password ini memang hampir mustahil untuk diingat tapi sangat kuat.
  • Hindari penggunaan password yang sama dengan password email, facebook atau password-password anda lainnya.
  • Selalu update password anda secara berkala misalnya sebulan sekali atau dua bulan sekali. Semakin sering semakin baik tapi bakal semakin merepotkan.

 

Rutin Melihat Penggunaan Resource

Bagi anda pengguna hosting shared, rajin-rajinlah untuk mengecek penggunaan resource server anda. Jika penggunaan resource server anda terlalu tinggi, kurangi software atau plugin yang anda install pada website anda.

picture1
Bagi anda yang memiliki paket hosting dengan kapasitas disk space tertentu, anda juga harus rajin-rajin mengecek dan memantau penggunaan disk space server anda karena penggunaan disk space yang melebihi kuota akan dikenakan biaya tambahan.

Related Articles

Cara Membangun Mail Server (Apache2, Postfix, Dovecot) di CentOS
FAQ : Program Beasiswa IDCloudHost
Mengenal Apa itu ID Protection
Penyebab dan Mengatasi Mercusuar Saat Akses Website
Pembayaran Layanan IDCloudHost via Alfamart
popup image