Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow Untuk Wordpress Anda

Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda

Promo IDCloudHost

Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda
 

Bila mendengar banyak diskusi seputar blogging, istilah dofollow dan nofollow bagi blogger pemula pasti terdengar asing. Namun, sebagian besar blogger dan juga internet marketer pasti sudah memahami perbedaan kedua fungsi ini.

Hal ini berkaitan dengan backlink. Backlink merupakan salah satu komponen penting yang ada dalam memaksimalkan website Anda. Ini penting dalam pencarian search engine seperti google atau dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Secara umum backlink sendiri artinya adalah memberikan link/tautan ke situs lain dengan anchor text tertentu. Mengenal link dofollow/nofollow di wordpress salah satu membentuk backlink yang berkualitas.

Mengenal Link No Follow dan Do Follow

Tiap tautan atau link building yang Anda buat akan di crawling oleh mesin pencari misalnya Google tanpa terkecuali. Baik itu internal link dan juga backlink. Sehingga ini berpotensi sangat baik untuk membantu website Anda mendapatkan reputasi yang baik dalam indeks mesin pencari terutama Google.

Namun, dalam menerapkannya kita perlu berhati – hati. Karena pada setiap backlink yang disertakan akan turut mempengaruhi reputasi satu sama lain. Maka, jika Anda membuat link dan menautkannya pada situs website yang tidak memiliki reputasi yang baik, hal ini akan berpengaruh pada reputasi dan kredibilitas Anda juga. Maka dari itu penting, Anda mengenal link yang Anda buat di website Anda. So, ada baiknya kamu mempelajari bagaimana cara menautkan link secara aman dengan mengaturnya menggunakan Dofollow Link dan Nofollow Link. Mari kita kenali istilah ini bersama.

Pengertian Dofollow dan Nofollow Link

Dofollow adalah sebuah istilah website dan blog yang bila kita memberikan komentar di blog tersebut itu berarti kita menaruh link ke blog atau website tersebut. Link ini kemudian dihitung sebagai backlink oleh google atau sebuah attribute HTML yang bertujuan memberikan instruksi bahwa link tersebut relevan dengan post yang ada dalam website tersebut. Dofollow memberikan nilai tambah untuk SERP di mata Google. Jadi posisi website reputasinya meningkat. SERP adalah sebuah singkatan dari search engine result pages. Seperti namanya, halaman ini berisi informasi yang dicari seseorang lewat mesin pencari.

Apa itu Nofollow? Nofollow adalah sebuah istilah dalam dunia SEO sebuah atribut HTML yang ditujukan untuk memberikan instruksi kepada search engine bahwa link yang ditulis dengan atribut nofollow tidak akan mempengaruhi target link pada search engine. Jadi intinya, tidak akan memberikan nilai apapun di mata Google atau SERP.

Baca Juga : Cara Cek Backlink Website Kompetitor dengan Mudah dan Cepat

Namun, dalam penerapannya tetap berpengaruh mendatangkan pengunjung (visitor) jika link tersebut di link. Atribut nofollow pertama kali diperkenalkan oleh Matt Cutts dan Jason Shellen di tahun 2005. Atribut nofollow ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas search engine dari spam, dan mencegah search engine indeks website spam di rangking yang baik.

Manfaat Dofollow dan Nofollow Link

Ada manfaat dan fungsi yang baik bila Anda memaksimalkan Dofollow dan Nofollow link di website Anda.

Dofollow Link

Ada beberapa kelebihan dofollow link jika diterapkan di website Anda:

1. Link yang ada di website bisa menjadi sebuah backlink
2. Pagerank website akan naik karena pengunjung yang terus meningkat melalui peringkat
search engine yang baik.

Nofollow Link

Biarpun jarang digunakan, nofollow dimanfaatkan untuk berbagai hal, seperti:

1. Menjaga kualitas SEO (Search Engine Optimization) di dalam search engine seperti Google
2. Meninimalisir komentar spam, yang mempengaruhi spam score
3. Link Anda menjadi lebih stabil dan berkualitas. Google mudah mengenalinya.

Namun, biarpun banyak kelebihan dofollow dan juga nofollow. Masing -masing juga memiliki kekurangannya masing -masing.

Kekurangan Dofollow dan Nofollow Link

1. Banyaknya komentar spam yang muncul atau komentar yang tidak berkaitan dan sesuai dengan topik yang dibahas
2. Terlalu banyak link dapat merusak reputasi pencarian dan Google menjatuhkan sanksi pada website.

Sedangkan untuk link nofollow memiliki kekurangan yaitu dari penggunaan opsi link ini, yaitu tidak memberikan pengaruh (nilai SEO) bagi link tujuan. Dengan kita mengenal kelebihan dan kekurangannya kita dapat memaksimalkan kebutuhan SEO yang baik untuk website Anda, sehingga kami berikan tutorial membuat link dofollow/nofollow di WordPress Anda.

Perbedaan Link Nofollow Link dan Dofollow Link

Seperti yang kita bahas sebelumnya perbedaan dofollow dan nofollow itu sangat kontras dengan penerapannya. Link nofollow biasanya digunakan untuk link yang “kurang baik” Misalnya domain yang memiliki rate yang buruk atau link yang bisa menyebabkan spam seperti link yang berada di kolom komentar. Bisa juga yang memberikan nilai spam score yang tidak baik untuk website kita.

Sebaliknya, dofollow link dapat memberikan sinyal kepada mesin pencari terutama Google untuk mengikuti link tersebut. Tipe link dofollow sebelumnya sudah bersifat default alias sudah tidak perlu melakukan konfigurasi lagi. Secara otomatis Google tentu akan mengikuti setiap link atau tautan yang disematkan dan dibuat di sebuah artikel atau halaman website.

Dalam penerapannya, link dofollow disematkan di dalam sebuah kata kunci yang sudah ditargetkan. Hal ini tentu akan menguatkan nilai SEO sebuah konten. Berikut hal yang bisa Anda ketahui untuk melakukan pengecekan, perbedaan antara link dofollow atau nofollow. Anda bisa melihat pada baris kodenya.

< a href=”https://www.iyesindonesia.com/”Iyes Indonesia

Anda harus memahami link dofollow seperti ini biasanya juga memberikan dukungan pada domain lain sehingga bisa memberikan kekuatan SEO yang lebih kuat. Hal ini tentu menguntungkan tidak hanya pemberi link, tetapi juga pemilik domain yang ikut mencantumkan link domain lain.

Bagaimana jika domain yang link-nya harus ada di halaman website atau blog tapi reputasinya kurang baik? Tentu kamu bisa menggunakan opsi nofollow. Ini contoh penulisan nofollow:

< a href=”https://www.iyesindonesia.com/”rel=”nofollow”Iyes Indonesia

Kita dapat melihat perbedaan antara kedua tipe link sebelumnya. Secara dasar, semua link merupakan dofollow. Jika kita ingin mengubah link dofollow menjadi link nofollow, Anda cukup menambahkan variabel “rel=”nofollow”.

Variabel ini berguna untuk memberikan penegasan pada bot mesin pencari seperti Google Bot untuk tidak melakukan crawl atau pencatatan link yang sudah ditautkan. Namun bila pengunjung melakukan klik pada link tersebut tetap diarahkan ke situs yang menjadi tujuan.

Baca Juga : Cara Instant Deploy CMS WordPress pada Server Private Cloud (App Catalog)

Cara Membuat Link Dofollow & Nofollow

Kamu ingin menerapkan link dofollow dan nofollow ini di website Anda. Mari kita simak tutorial membuat link dofollow/nofollow di wordpress Anda. Ternyata menerapkannya tidak sesulit yang kita pikirkan. Anda juga bisa membuatnya melalui Editor WordPress maupun menggunakan plugin.

A.  Menambahkan Dofollow

Ketika menambahkan link di konten, secara otomatis link tersebut adalah dofollow. Untuk membuat link dofollow kita simak tutorial Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow Untuk WordPress Anda tutorialnya dibawah ini:

1. Hal pertama yang kita lakukan adalah highlight words/teks yang ingin Anda berikan link nofollow maupun link dofollow. Kemudian arahkan kursor ke atas Gutenberg block editor atau klik icon seperti gambar dibawah ini atau tekan CTRL+K

2. Salin URL dan Paste ke dalam box yang muncul

Cara Membuat Link Dofollow di WordPress
 

3. Anda bisa mengarahkan kursor ke arah opsi tautan untuk mendapatkan pengaturan lengkap seperti menambahkan opsi tab baru ketika link tersebut dibuka.

 

Memaksimalkan SEO WordPress
4. Kemudian dalam pengaturan link klik “Open New Tab” atau “Buka Tab Baru” supaya bila diklik akan membuka jendela baru.

 

Backlink Dofollow
Catatan : Beberapa Tampilan WordPress ada sedikit perbedaan disesuaikan dengan versi yang Anda gunakan.

Baca Juga : Cara Membuat Link DoFollow / NoFollow di WordPress untuk SEO

B. Membuat Nofollow Menggunakan WordPress

Anda dapat menambahkan nofollow mirip dengan dofollow, hanya saja ada beberapa langkah dan tambahan lainnya. Jadi Anda dapat mengikuti tiga langkah membuat dofollow kemudian ikuti langkah dibawah ini untuk mengganti dofollow menjadi nofollow.

1. Klik Icon Text disudut kanan halaman penulisan. Namun, di beberapa halaman penulisan WordPress mungkin memiliki tampilan berbeda seperti tanda titik tiga dan pilih “Edit As HTML”. Tetapi pada wordpress versi saat ini. Anda hanya melakukan klik Text untuk mendapatkan halaman Editor WordPress yang memiliki link sudah kamu tautkan. Anda dapat melakukan pencarian “CTRL+F” untuk menemukan keyword link yang jika kesulitan menemukan.

Tutorial Membuat NoFollow di WordPress Anda
 

2. Kemudian ganti link atau tautan yang sudah kamu masukkan dengan menambahkan “rel=”nofollow”. Contohnya linknya sebagai berikut

Link Sebelumnya:

< a href=”http://www.iyesindonesia.com/”>IYES Indonesia

Berubah menjadi

< a href=”http://www.iyesindonesia.com/”rel=”nofollow”>IYES Indonesia

C. Cara Membuat Nofollow Menggunakan Plugin

Bila Anda sering memerlukan link nofollow, dan membutuhkan secara otomatis atribut nofollow dalam beberapa tipe link (Seperti komentar di blog atau website). Anda dapat menggunakan plugin Ultimate Nofollow. Ultimate Nofollow merupakan plugin yang cocok untuk Anda yang sering menggunakan fitur nofollow untuk website Anda.

Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda
 

Plugin ini memberikan solusi kemudahan untuk berbagai macam link nofollow di wordpress. Selain itu ada beberapa kelebihan dari plugin ini :

1. Anda dapat menambahkan nofollow checkbox ke dalam tampilan reguler WordPress “insert link”
2. Otomatis menerapkan nofollow di keseluruhan link.
3. Anda diberikan berbagai macam pilihan nofollow shortcodes.

Plugin sudah tersedia di dalam plugin repository WordPress, jadi Anda dapat langsung melakukan instalasi melalui ;

Dashboard >> Plugin >> Add New

Setelah Anda menginstalnya, Anda cukup menambahkan link seperti biasanya. Namun, ketika Anda membuka bagian pengaturan / settings. Anda tidak perlu menambahkan manual menggunakan shortcode karena akan ada tampilan seperti dibawah ini.

Anda tinggal Klik ‘Add rel=”nofollow” ke dalam link. Perbedaan dengan cara sebelumnya adalah kemudahan di dalam menambahkan baris script rel nofollow tanpa harus kesulitan mencari kode di barisan HTML satu persatu.

Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda
 

Cara Membuat Nofollow Link di Seluruh Komentar Website / Blog

Banyaknya Komentar spam yang bisa masuk ke dalam website Anda dan tidak sesuai dengan topik pembahasan tentu akan menganggu reputasi website dan blog Anda. Jadi sebaiknya Anda dapat mengatur link di kolom komentar menjadi nofollow. Jika Anda ingin mengatur secara otomatis nofollow ke seluruh link yang ada pada komentar blog. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Akses “Settings >> Nofollow” di dalam WordPress Dashboard.

Kemudian centang di dalam box untuk menerapkan nofollow keseluruhan link yang ada pada komentar. Kemudian klik “Save Changes” atau “Simpan Perubahan” untuk menyimpannya.

Tutorial Membuat Link Dofollow/NoFollow di WordPress Anda

Penutup dan Kesimpulan

Dalam membangun link yang berkualitas tentu akan meningkatkan reputasi website Anda. Salah satu upaya kita dalam membangun link berkualitas adalah membuat link dofollow dan rel nofollow. Ini juga upaya agar memerangi spam yang merugikan website dan memberikan rate spam score yang tinggi pada website kita. Hal ini membuat mesin pencari (search engine) tidak begitu menyukai website yang kita miliki.

Bagi Anda yang tidak ingin kesulitan dalam mengatur dofollow dn nofollow link, ada banyak plugin yang bisa Anda dapatkan di WordPress yang menyediakannya. Anda tinggal melakukan instalasi saat menggunakannya.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait pengembangan website dan juga Optimasi SEO. Silahkan hubungi tim live chat dan support terkait kebutuhan dalam mengembangkan website Anda. Semoga tutorial membuat Link Dofollow/NoFollow untuk wordpress anda dan artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Related Articles

Cara Reset Password Root MySQL
Cara Instal dan Konfigurasi GIT Pada VPS CentOS
Mengenal SaaS, PaaS, dan IaaS dalam Cloud Computing
Mengenal Terraform : Pengertian dan Cara Kerja
Cara Menambahkan Pembayaran Kartu Kredit Layanan Console