Manfaat Menggunakan PPC (Pay-Per-Click) Advertising Dalam Periklanan

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Mempromosikan produk atau layanan saat ini memang cukup mudah, Anda bisa memilih layanan mana yang ingin Anda gunakan untuk mempromosikannya. Namun, saat ini banyak dari sebagian pemilik bisnis yang tidak lagi menggunakan layanan iklan konvensional seperti memasang reklame atau menyebarkan brosur.

Pasalnya mempromosikan produk atau layanan menggunakan iklan konvensional cenderung lebih mahal dan hasil yang didapatkan tidak begitu berpengaruh banyak. Bagi Anda yang sedang merintis usaha dan ingin memasarkan produk, Anda bisa menggunakan Iklan model PPC. Iklan PPC ini bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk atau layanan Anda di internet.

Siapa pun bisa menggunakan PPC untuk mengiklankan produk atau layanan. Bahkan jika Anda seorang pemula sekalipun, Anda tetap bisa melakukan promosi lewat iklan PPC. Anda cukup memiliki akses internet yang stabil dan ide untuk melakukan iklan PPC. Tapi sebelum Anda menggunakan layanan iklan PPC. Anda harus mengetahui apa itu iklan PPC dan manfaatnya dalam dunia periklanan.

 

Apa Itu PPC dan Jenis Utama Iklan

Manfaat Menggunakan PPC (Pay-Per-Click) Advertising Dalam Periklanan
 

 

Iklan PPC (Pay-Per-Click) adalah model periklanan online yang memungkinkan Anda menempatkan iklan di halaman hasil mesin pencari (SERP), situs media sosial, dan situs web lainnya. Dengan PPC, Anda sebagai pengiklan bisa memberikan kata kunci dan hanya membayar ketika pengguna mengklik iklan Anda. Ketika pengguna mengklik iklan PPC Anda, itu akan membawa mereka ke halaman arahan di situs website Anda.

Jika Anda pernah mencari sesuatu di Google, Anda hampir pasti melihat PPC secara tidak sadar atau bahkan mengunjungi situs web yang merupakan PPC. Iklan pencarian PPC biasanya muncul di atas dan di samping daftar biasa, dan mereka ditandai dengan ikon kecil yang bertuliskan “iklan.” atau “Ads”. Banyak orang mulai beralih ke iklan Pay-Per-Click (PPC) untuk menempatkan merek atau brand mereka di depan jutaan pengguna internet. Ada 3 jenis utama iklan Google, masing-masing dengan tarif dan efisiensi PPC mereka sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jaringan Pencarian

    ini adalah iklan berbasis teks yang ditampilkan di hasil pencarian Google, seperti tautan sponsor, iklan halaman belanja, dan hasil di spanduk belanja.

  • Jaringan Display

    Biasanya iklan berbasis gambar yang ditampilkan di situs web yang dikunjungi audiens Anda, biasanya dalam bentuk spanduk, kolom sisi, atau gambar footer.

  • Video

    Ini adalah iklan berbasis video yang ditampilkan sebelum, selama, atau setelah konten YouTube.

 

Baca Juga   :      10 Rekomendasi Template Optimasi WordPress AdSense Terbaik 2022

 

Fungsi dan Manfaat Menggunakan PPC Advertising Dalam Periklanan

Manfaat Menggunakan PPC (Pay-Per-Click) Advertising Dalam Periklanan
 

Setelah Anda mengetahui apa itu iklan PPC dan jenis-jenis utama dari iklan PPC, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan iklan PPC ini dengan mengetahui manfaat menggunakan PPC advertising dalam perikanan berikut.

  • PPC Berkontribusi pada Sasaran Bisnis

    Ini sering menjadi alasan paling kuat untuk menggunakan iklan PPC. PPC dapat membantu Anda mencapai sejumlah besar tujuan sasaran bisnis dan marketing. Sasaran ini berkisar dari eksposur brand hingga meningkatkan target pembelian atau penjualan e-niaga.

  • Sebagai Tools Ampuh Marketing

    PPC adalah salah satu tools marketing yang ampuh untuk menyelaraskan calon pelanggan Anda terhadap trafik situs web dengan tujuan akhir. Misalnya, Anda ingin membuat orang yang melihat iklan PPC Anda untuk melakukan registrasi kelas online yang Anda tawarkan, maka akan banyak orang yang bisa langsung mengikuti arahan Anda untuk melakukan registrasi. Ini karena PPC dapat mendorong jalan tengah dalam mendorong orang-orang agar mengikuti CTA (call to action) yang terdapat di iklan.

  • PPC Terukur dan Dapat Dilacak

    Manfaat utama lain dari iklan PPC yang dijalankan melalui Google Ads adalah mudah diukur dan dilacak. Cukup gunakan alat Google Ads yang dikombinasikan dengan Google Analytics. Anda akan melihat detail performa tingkat tinggi, termasuk tayangan, klik, dan konversi (berdasarkan sasaran bisnis yang ditentukan).

  • Entri Cepat

    Jika Anda menggunakan PPC, Anda akan melihat pertumbuhan yang cepat dari iklan PPC yang Anda pasang. Iklan PPC membantu Anda dalam mendapatkan trafik dan pemasukan keuntungan yang cepat. Ini bahkan akan sangat terlihat ketika Anda membandingkan cara SEO organik dan iklan PPC yang Anda jalankan, maka Anda akan melihat bahwa butuh waktu yang lama bagi cara SEO organik untuk menembus angka trafik yang sama dengan iklan PPC.
     
    Baca Juga   :   Panduan Lengkap YouTube Ads untuk Pemula Sebelum Beriklan

  • Iklan PPC Terjangkau dan Hemat Biaya

    Kampanye yang Anda lakukan lewat iklan bayar per klik (PPC) memungkinkan Anda memiliki kendali penuh atas anggaran, penargetan, dan penempatan iklan Anda. Dengan optimasi kampanye PPC yang sedang berlangsung, Anda akan segera menemukan sweet spot antara anggaran dan hasil.

  • Iklan PPC Memberikan Trafik Instan

    Jika Anda menggunakan upaya marketing organik yang memfokuskan konten website Anda bisa tembus di SERP (Search Engine Results Page) yang ada di Google, ini akan memakan waktu berbulan-bulan. Tapi jika Anda menggunakan Google Ads dengan metode iklan PPC, Anda langsung bisa menempatkan website Anda di trafik teratas mesin pencari. Iklan PPC akan meningkatkan trafik instan yang cepat dan efisien.

  • Iklan PPC Mendorong Prospek yang Cepat

    Iklan PPC memungkinkan Anda menjangkau orang yang tepat pada saat mereka secara aktif mencari apa yang Anda jual atau tawarkan. Anda tidak hanya akan membayar per klik tetapi produk Anda akan ditampilkan di depan pengguna yang sudah tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

  • Iklan PPC Menjangkau Target Anda

    Salah satu manfaat iklan PPC yang menjadi favorit banyak marketer lainnya adalah Anda dapat menargetkan iklan Anda langsung ke orang-orang yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan. Tapi sebelum itu, Anda melakukan riset kata kunci, Anda dapat menentukan kata kunci mana yang dicari calon pelanggan saat mencari informasi tentang industri, produk, atau layanan Anda. Kemudian, Anda dapat melakukan setting kata kunci ini dan menampilkan iklan Anda kepada pengguna tersebut.

  • Meningkatkan Brand Awareness

    Iklan PPC Anda akan lebih sering muncul, lebih banyak orang akan melihat dan kemudian mengenali brand Anda. Itu bagus untuk membangun reputasi perusahaan Anda secara online, bahkan jika awalnya mereka tidak mengklik iklan Anda tetapi lama-kelamaan mereka akan menyadari nama produk atau layanan Anda secara tidak langsung.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Website Pasang Iklan Gratis, Cepat, dan Praktis untuk bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap bisnis dan usaha pasti mencari opsi iklan berbiaya rendah dan berdampak tinggi, terutama selama adanya virus corona. Peningkatan penjualan yang menurun sehingga keuntungan yang minim membuat sebagian orang ragu untuk mengiklankan produk atau layanannya. Namun Anda tidak perlu cemas, Anda bisa melakukan iklan PPC dengan hemat dan praktis. Anda hanya memerlukan akses internet dan ide konten yang menarik untuk melakukan iklan PPC.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan lewat iklan PPC ini. Terlebih lagi orang-orang sekarang menghabiskan lebih banyak waktu online daripada biasanya, sehingga membuat iklan PPC yang ditampilkan akan dikenali oleh banyak orang. Anda juga dapat menargetkan iklan kepada pengguna berdasarkan karakteristik seperti demografi, minat, aktivitas online sebelumnya, dan lainnya. Selain itu Anda dapat melakukan taktik pemasaran ulang dengan iklan PPC, yakni Anda akan menayangkan iklan tersebut kepada orang-orang yang baru-baru ini mengunjungi situs web Anda tetapi tidak melakukan pembelian.

 

 

 

Related Post :