Peluang dan Ide Bisnis di Tahun 2021 Saat Pandemi (COVID-19)

Business, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat ini adalah waktu yang tidak pasti untuk banyak penduduk dunia mengingat keadaan darurat kesehatan global. Selain juga pandemi COVID-19 ini mengganggu banyak sektor kehidupan terutama sektor perekonomian. Banyak bisnis skala besar dan kecil terpaksa dipukul mundur hingga memberhentikan kegiatannya yang tentu saja menimbulkan masalah lainnya seperti meningkatnya jumlah pengangguran.

Oleh karena itulah banyak pendekatan bisnis harus mengubah cara pandang dan cara berbisnis mereka untuk bisa beradaptasi dengan keadaan sekarang ini. Ini membuat trend bisnis berubah menjadi campuran dari pendekatan baru pendekatan baru dan penggunaan yang dipercepat dari teknologi dan platform yang muncul, seperti streaming langsung dan realitas virtual, untuk membentuk kembali model bisnis yang tepat selain terlibat dengan konsumen dengan cara yang kreatif.

Trend terbaru ini tentu juga memberi banyak peluang dan ide dalam bisnis baru selain juga pemasarannya yang mengalami pergeseran. Bisnis- bisnis yang mampu bertahan ditengah pandemi secara logika tentu akan bisa terus bertahan lebih lama dari cara berbisnis konvensional. Berikut ini beberapa peluang dan ide bisnis yang bisa Anda coba di tahun 2021 mendatang.

 

Peluang dan Ide Bisnis di Tahun 2021

Peluang dan Ide Bisnis di Tahun 2021 Saat Pandemi (COVID-19)
 

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, tetapi Anda mengalami kesulitan mengartikulasikan ide Anda karena jika Anda ingin menjadi pengusaha, penting untuk memulai dengan ide bisnis yang hebat. Oleh karena itu Anda butuhkan hanyalah sedikit inspirasi yang bisa dimulai dengan ide yang memiliki ruang untuk berkembang seiring waktu. Dibawah ini adalah beberapa ide dan peluang bisnis di tahun 2021 yang bisa Anda terapkan.

 

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi

    Alih-alih selain membantu klien, Anda dapat mengerjakan aplikasi, program, ekstensi, dan add-on Anda sendiri. Apakah Anda menjual pekerjaan Anda di App Store atau menghasilkan uang melalui iklan, saat ini pengembang aplikasi banyak dicari karena selalu ada aplikasi yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya. Selain dapat meluncurkan aplikasi gratis, tentu saja banyak aplikasi yang dijual sehingga bisa mendatangkan pemasukan yang menjanjikan bagi para pangembangnya.

  • Penulisan Konten (Content Writer)

    Jika Anda memiliki bakat dalam kata-kata dan merasa nyaman dalam mengkomunikasikan proposisi bisnis melalui penulisan serta dengan mudah menyusun pesan yang kuat dan efektif, karier menulis independen ada untuk Anda. Saat bisnis beralih ke mode online, akan ada ribuan bisnis baru yang ingin mengomunikasikan proposisi nilai penjualan dan pemasaran mereka kepada pelanggan secara digital. Di sinilah naluri Anda untuk bahasa dan kata-kata bisa masuk memanfaatkan momentum.
     

    Baca Juga :     Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

  • Pembuatan atau Pengeditan Video

    Untuk individu yang cenderung kreatif dengan kegemaran akan seni, mungkin menjadi pembuat atau editor video adalah salah satu opsi peluang dan ide bisnis yang bisa dipertimbangkan. Terlebih lagi, ini adalah zaman dimana orang- orang banyak menghabiskan waktu mereka di platform media sosial baik membuat konten sendiri atau menonton konten orang lain. Trend ini jugalah yang akan membuka lapangan pekerjaan baru yakni sebagai pembuat atau editor video.

  • Jasa Konsultasi Keuangan

    Berdasarkan pelatihan dan keahlian Anda, Anda dapat memilih untuk menjadi konsultan keuangan, konsultan hukum, konsultan kesehatan, konsultan olahraga dan kebugaran, konsultan karier, dan beberapa pilihan lain dengan latar belakang khusus. Mengingat saat ini berbagai macam jasa konsultasi menjadi pilihan pekerjaan yang juga bisa dilakukan secara online tanpa terbatas lagi.

  • Data Science/Analysis

    Jika Anda seorang ahli angka dan pengolah angka, spreadsheet dan interpretasi dan analisis data menjadi mudah bagi Anda, ilmu / analisis data (Data Science/Analysis) bisa menjadi pilihan pekerjaan yang sesuai dengan Anda. Jika Anda memahami maksud dari bagan, grafik, dan representasi serupa serta dapat melihat pola dan memahami kumpulan data tidak terstruktur sekaligus dapat menawarkan wawasan yang kohesif dan berharga bahkan melalui manipulasi data yang tidak biasa, pertimbangkan pilihan karir independen ini. Dengan semakin banyaknya bisnis yang mendigitalkan pasar fisik yang melampaui batas dalam bentangan pasar virtual, terdapat kebutuhan besar akan analis data yang dapat membantu bisnis mengubah data penjualan, pemasaran, keuangan, dan pelanggan menjadi peluang bisnis yang solid.

  • Podcasting

    Beberapa tahun lalu banyak orang bahkan tidak tahu apa itu podcast tetapi sekarang, industri podcast telah meledak, dengan surat kabar, stasiun radio, dan bahkan orang biasa yang sehari-hari mengikuti tren tersebut. Jika Anda memiliki cerita yang bagus untuk diceritakan atau sesuatu yang Anda rasa dapat sering Anda bicarakan dan kiranya juga ingin didengarkan orang, membuka channel podcast sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat. Podcasting sendiri tentunya bisa dilakukan dari mana saja, asalkan Anda memiliki perlengkapan audio yang tepat. Anda kemudian dapat mengunggah konten Anda ke berbagai aplikasi podcast, situs web, dan memasarkan bisnis Anda di media sosial.

 

Baca Juga  :     Dampak Pandemi (COVID-19) Terhadap Bisnis UKM dan Startup

 

Keuntungan Menjalankan Bisnis Sendiri

Peluang dan Ide Bisnis di Tahun 2021 Saat Pandemi (COVID-19)
 

Menjalankan bisnis Anda sendiri memberi Anda berbagai kebebasan. Dari bagaimana Anda menyusun jadwal pekerjaan Anda hingga di mana Anda memilih untuk bekerja, Anda adalah bos Anda sendiri. Mari kita lihat lebih dekat manfaat yang ditawarkan dari menjalankan bisnis sendiri :

 

  • Kesempatan kerja jarak jauh dan dimana saja

    Kerja jarak jauh atau work from home sedang meningkat di seluruh dunia jauh sebelum pandemi melanda. Kenaikan ini juga melonjak sejak pandemi diresmikan tahun 2020 ini. Sedangkan sebuah laporan mengatakan bahwa mereka yang bekerja dari jarak jauh, 65% mengatakan mereka merasa lebih produktif di lingkungan kerja rumahan, dan mereka melaporkan memiliki lebih banyak waktu luang.

  • Kebebasan dalam waktu dan manajemen

    Saat Anda bekerja untuk diri sendiri, Anda memegang kendali penuh atas jadwal Anda karena saat Anda mendikte jadwal Anda sendiri, Anda mendikte waktu Anda. Bagaimana Anda menghabiskan waktu itu sepenuhnya terserah Anda mengingat kemerdekaan dan kebebasan yang baru ditemukan ini bisa sangat menggembirakan. Banyak pemilik usaha kecil memilih untuk menghabiskan waktu luang mereka untuk mengembangkan keahlian mereka sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut. Misalnya, Anda dapat menghadiri lokakarya atau seminar untuk mempelajari topik yang relevan dengan karir Anda. Atau, ikuti kursus untuk mendapatkan sertifikasi baru untuk menguasai dan mengembangkan bisnis Anda.

  • Keuntungan finansial

    Saat Anda bekerja untuk diri sendiri, Anda menghemat uang karena Anda tidak perlu pergi ke kantor dan akomodasi lainnya. Selain itu, jika Anda bekerja untuk diri sendiri dari rumah sendiri, Anda dapat mengklaim sebagian dari tagihan Anda atas pajak Anda. Ini termasuk biaya operasional seperti hipotek, sewa, lampu dan pemanas, telepon dan internet, air dan bahkan perbaikan properti jika itu adalah perbaikan di bagian rumah yang Anda gunakan untuk bekerja.

 

Baca Juga  :     Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

 

Kesimpulan dan Penutup

Menjalankan bisnis Anda sendiri bisa sangat bermanfaat apalagi jika Anda bermimpi mendapatkan kemandirian, memecahkan masalah dan menantang diri sendiri dengan cara baru dibandingkan menjadi pekerja kantor. Tetapi dengan begitu banyak ide bisnis yang dapat dipilih, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Meski begitu selalu ada ide dan peluang bisnis kecil yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

Setiap bisnis baik itu skala kecil sekalipun selalu mempunyai kesempatan untuk berkembang dengan baik walau ditengah pandemi sekalipun jika benar- benar dilaksanakan dengan strategi dan disiplin. Pelaku bisnis yang paling sukses benar-benar memahami apa yang akan dilakukan bisnis mereka, kepada siapa mereka menjual dan bagaimana mereka akan menonjol dari persaingan.

Related Post :