Panduan Lengkap Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Penggunaan gadget di Indonesia sudah sangat menjamur. Begitu juga munculnya bermacam – macam gadget smartphone. Bahkan, dari sektor bisnis sekalipun, tidak ketinggalan banyak usaha toko online,  yang hanya membutuhkan internet dan smartphone saja. Contohnya : Tokopedia, OLX, Bukalapak, Shopee.

Dengan hadirnya bermacam – macam Startups bisnis toko online, Anda tidak hanya bisa membuka 1 toko pada 1 website saja. Bahkan pada tiap website anda bisa mendaftarkan toko online yang anda punya sesuai dengan ketentuan setiap perusahaan. Selain itu juga  Anda bisa memilih Social Media untuk bisa menjual Bisnis Anda secara Online.

Sebelum memulai membangun usaha toko online, ada beberapa langkah dibawah ini untuk membangun model bisnis dengan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan sebuah analisis yang penting untuk dilakukan bagi pelaku bisnis UKM sebelum memulai bisnisnya. Kenapa analisis SWOT sangat penting? Analisis SWOT adalah sebuah bentuk perencanaan strategi bisnis yang diambil dari 4 sisi utamanya : SWOT, Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan) dan Threat (Ancaman).

Sehingga dengan ke 4 sisi itu kita dapat memprediksi usaha seperti apa yang tepat untuk kita buka dengan memperhatikan pasar yang sedang berkembang.

Baca Juga : 5 Cara  Yang Bisa Dicoba Agar Bisnis Online Selalu Lancar

Memulai Bisnis Online dengan Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan sebuah kepanjangan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Kesempatan/Peluang) dan Threat (Ancaman).Analisis model bisnis ini dikenalkan oleh Albert Humphrey seorang pimpinan proyek di Universitas Stanford. Oleh karena itu, analisis ini menggabungkan ke-empat faktor dari internal dan eksternal.

 

Berikut ini adalah Perbedaan Antara Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), dan  Threat (ancaman) yang perlu Anda ketahui :

  • Kekuatan (Strenght)
    Sesuai dengan judulnya, Kekuatan (Strenght) merupakan suatu unsur yang menjadi kekuatan atau sering kita sebut juga sebagai value yang dimiliki oleh perusahaan / bisnis online. Misalnya kita bisa mengetahui apa saja yang mejadi keunggulan perusahaan dari sisi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan perusahaan dan bisnis.
  • Kelemahan (Weakness)
    Selain melihat unsur kekuatan, juga harus paham dan sadar juga mengenai Kelemahan (Weakness) yang dimiliki pada perusahaan dan bisnis Anda. Hal ini untuk bisa meminimalisir keadaan atau sesuatu yang kedepannya menjadi masalah dalam perusahaan. Mengetahu kelemahan perusahaan juga bisa menjadi perbandingan kita dengan pesaing dengan bisnis model yang sama.
  • Peluang (Opportunity)
    Nah hal ini juga perlu diperhatikan mengingat kira kira dengan bisnis model yang kita gunakan saat ini, kira kira peluang apa yang bisa menjadi hal yang perlu kita capai sehingga hal ini bisa menjadi peluang dan kesemptan untuk bisa menghasilkan keuntungan lebih bagi perusahaan dan bisnis.
  • Ancaman (Threats)
    Unsur ini perlu didiskusikan terkait masalah besar yang bisa saja menjadi ancarama bagi bisnis kita. penting untuk bisa menentukan juga apakah perusahaan dan bisnis kita bisa bertahan untuk jangka panjang dengan mengetahui ancaman baik kecil hingga besar sekalipun

Faktor Analisis SWOT

Faktor penentu dalam analisis SWOT ini ada 2 macam, yaitu analisis internal dan analisis eksternal,  yaitu :

  • Faktor Internal
    Faktor internal ada berbagai macam yaitu dari sisi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan) yang memiliki inti segala hal yang berkaitan dari dalam usaha  atau perusahaan bukan dari luar. berikut adalah contohnya : Sumber daya keuangan yang memadai, Sumber daya manusia yang kompeten, Properti teknologi terkini, Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan, Kemampuan pemasaran yang baik, Kemampuan distribusi yang baik, Dan lain-lain
  • Faktor Eksternal
    Faktor Eksternal dilihat dari sisi Opportunity (kesempatan) maupun Threat (Ancaman) yang merupakan faktor yang terdapat dari luar usaha atau perusahaan yang dapat di sederhanakan menjadi PESTEL : Politic (Politik), Economic (Ekonomi), Social (Sosial), Technology (Teknologi), Environment (Lingkungan) dan Legal (Peraturan/Hukum).

Contoh Analisis SWOT Bisnis UKM

Berikut ini adalah Contoh penerapan Analisis SWOT dalam bisnis online yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda.

  • Contoh penerapan Strength (kekuatan)
    Membuat usaha dengan konsep gaya yang ditawarkan adalah kekinian atau update trendy terkini melihat   dari kondisi pasar, dengan harga terjangkau dan kualitas bagus. Contohnya: Membuat usaha bisnis online sepatu dan tas Impor, usaha ini merupakan sebuah solusi ditengah kesibukan pekerjaan dikota besar yang tidak sempat berbelanja ke luar negeri.
  • Contoh penerapan Weakness (kelemahan)
    Terbatasnya kemampuan untuk menyediakan barang (ready stock) terkadang harus menunggu untuk bisa mendapatkan barang yang dipesan dan modal untuk mengembangkan usaha masih kurang.
  • Contoh penerapan Opportunity (kesempatan)
    Permintaan pasar yang terus menerus ada, didukung oleh tren dan  tas dan sepatu wanita yang terus berkembang. Social Media merupakan metode promosi yang tepat untuk toko online anda.
  • Contoh penerapan Threat (ancaman)
    Mulai banyak yang penjual tas dan sepatu online yang bermunculan, menawarkan harga yang terkadang jauh lebih murah dan juga harga barang dari supplier yang terkadang berubah – ubah.

Selain itu kita bisa juga lihat Contoh Analisis SWOT dari Starbucks :

 

Manfaat Bisnis Online

Ketika anda sudah mengetahui model bisnis dengan  Analisis SWOT, selanjutnya anda perlu mengetahui manfaat dari bisnis online. Agar anda semakin yakin, dan konsisten dalam membuka bisnis online. Kita perlu ketahui juga ada manfaat dari bisnis online juga harus sesuai dengan tujuan dari bisnis kita juga agar makin terasa.

Karena, banyak kita lihat bahwa antusias dalam memulai bisnis hanya di awal pembuatan saja, Namun semakin lama, semangat dalam membangun bisnis online menjadi hal yang tabu. Oleh karena itu, Mari kita simak berikut ini adalah beberapa manfaat dari bisnis online bagi pemula, yaitu :

  1. Menjadi mata pencaharian
    Pada perkembangan era teknologi  yang serba digital dan semakin canggih sekarang ini, banyak ide untuk membuka bisnis online memang menjadi sebuah trend dalam mencari penghasilan baru maupun usaha sampingan yang sangat menjanjikan. Selain tidak memerlukan biaya alias gratis,  bisnis online muudah dilakukan, dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun.  Hal ini tentu saja menjadi peluang bagi bisnis online juga memiliki pasar dan peminatan yang tinggi di masyarakat.
  2. Target pasar hingga ke mancanegara
    Bisnis online dapat dengan mudah membuat siapa saja bisa mengunjungi toko Anda. Dengan danya teknologi Internet dan website toko online yang anda miliki dapat dikunjungi oleh banyak orang tanpa harus datang ke toko off store anda. Tidak ada batasan wilayah, Hal Ini dapat Anda maksimalkan dengan menjualnya di Indonesia hingga ke mancanegara. Hanya dengan membuka toko online, omset yang anda dapatkan menjadi lebih besar.
  3. Fleksibel dan Efisien
    Bagi kaum Millenial Bisnis online juga sangat fleksibel untuk dijalankan. Bagi yang sedang berkuliah misalnya, dapat dengan mudah berbisnis hanya dengan bermodalkan internet dan gadget.  Selain dapat diakses dimana saja anda berada, melainkan karena waktunya pun fleksibel. Anda bisa mengatur waktu untuk menjalankan bisnis online sesuai keinginan anda.
  4. Membuka Lapangan Pekerjaan
    Beberapa fenomena dunia kerja setelah lulus kuliah menjadi lebih real apabila mencari kerja dan mendapatkan pekerjaan. Bisnis online merupakan sebuah solusi bagi anda yang tengah sibuk untuk mencari pekerjaan. Sehingga apabila bisnis online anda sudah banyak diminati masyarakat. Anda dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri, hal ini tentu dapat membantu Indonesia dengan mengurangi jumlah pengangguran.Keempat manfaat membuat banyak keuntungan dari bisnis online. Namun, jika dipikirkan, justru membuka celah dan potensi bisnis yang strategis. Apabila anda bandingkan dengan bisnis offline, bisnis ini juga membutuhkan modal besar dan risiko yang sama besarnya.

Bisnis Online Tanpa Modal

Perlu Anda ketahui, di era teknologi ini memungkinkan kita  untuk bisa memangkas pengeluaran terutama bagi Anda yang ingin membuka bisnis online tanpa modal, dalam list dibawah ini beberapa usulan mengenai bisnis online tanpa modal yang bisa Anda coba :

1. Reseller atau Dropshipper

Ketika Anda ingin membeli barang secara online, anda pasti pernah mendengar istilah reseller atau dropshipper. Bisnis online tanpa modal alias gratis ini bisa jadi pilihan yang terbilang mudah, karena anda tidak harus berpikir tentang konsep bisnis dan membuat sebuah produk. Namun, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah – langkah berikut ini, yaitu :

  • Menentukan produk apa yang akan dijual, dengan menggunakan model Swot anda dapat membaca trend pasar yang laku di masyarakat.
  • Mencari produk yang akan dijual, sebagai Reseller atau Ddropshipper anda harus memastikan kualitas produk yang anda jual terlebih dahulu. Agar, ketika anda menjual produk pada bisnis online tidak mendapat complain dari pembeli. Dan membuat pembeli akan loyal kepada toko anda nantinya.
  • Membuat akun pada situs jual beli, untuk media toko online kita dapat memasarkannya melui : Bukalapak, Tokopedia, Shopee, OLX
  • Membuat akun media social, untuk memasarkan produk yang anda jual, anda dapat mempromosikannya lewat media social contohnya : Twitter, Facebook, Instagram sehingga semakin banyak yang mengenal toko online anda semakin banyak yang akan membeli produk anda.
  • Membuat media promosi, media promosi produk anda bisa anda buat melalui iklan dan memanfaatkan Influencer untuk menaikkan nama produk anda agar lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan.

Sederhananya, menjadi reseller dan dropshipper bisa mendapat penghasilan dengan hanya memasarkan produk tanpa mengeluarkan modal dan takut mengalami kerugian. Karena, Anda hanya mempromosikan barang-barang yang dijual saja melalui gambar atau foto yang dikirimkan dari supplier.

Nah selain dropship kamu bisa juga mencoba reseller, Bisnis Reseller adalah bisnis yang membeli produk dari distributor atau supplier dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk di jual kembali dengan harapan mendapatkan sejumlah keuntungan dari penjulan barangnya tersebut. Kamu bisa memanfaatkan IDcloudhost untuk bisa menjadi Reseller Hosting maupun Reseller Domain

2. Jasa Desain Grafis

Ketika anda punya keahlian dibidang desain dan art, ini merupakan peluang yang sangat besar. Kini, berbisnis dengan Design grafis merupakan produk yang banyak diminati. Hal ini karena untuk membuat brand suatu produk harus menggunakan design yang creative dan menarik. Bisnis ini bisa mendapatkan penghasilan online, terlebih jika sudah mahir, maka bayaran atau upah yang didapat bisa sangat tinggi. Jika masih memiliki kemampuan dasar, teruslah berlatih membuat desain untuk memperdalam keahlian.

3. Admin Media Sosial

Sekarang ini, orang yang menggunakan sosial media tentu semakin banyak, tak tanggung-tanggung satu orang bisa memiliki lebih dari satu akun.  Selain untuk pribadi, media sosial juga bisa digunakan sebagai sarana bisnis online tanpa modal. Bagi pebisnis online biasanya lebih memilih untuk merekrut orang lain untuk dijadikan sebagai admin media sosial dengan upah jutaan rupiah untuk melakukan beberapa pekerjaan, di antaranya yaitu : Membuat konten media sosial yang menarik, Membantu mencari followers, Berkomunikasi dengan followers, Meningkatkan brand awareness, Meningkatkan traffic website melalui media social.

4. Menjadi Vlogger

Kini kita dapat melihat banyaknya media social yang membutuhkan vlogger untuk endorse. Vlogger yang bermunculan baik vlogger dewasa maupun cilik dengan tema yang berbeda-beda, misalnya vlog travelling, review kuliner, kecantikan dan lain sebagainya. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis online tanpa modal yang patut dicoba.Anda tidak perlu mempunyai kamera mahal baru bisa memulai buat vlog, ataupun endorse. Anda bisa langsung memulainya hanya dengan menggunakan smartphone. Untuk menjadi vlogger, anda harus mempunya tingkatkan percaya diri, keterampilan kreativitas dan relasi yang banyak dalam pembuatan vlog ataupun endorse. Buatlah video dan foto yang kreatif, maka penonton dan followers juga akan terus bertambah.

5. Membuat Tutorial Online

Pernahkah anda melihat tutorial online ? saat ini ilmu bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan melalui media, terutama Youtube dengan Youtube adSense. Saat ini sudah banyak orang-orang yang membuat konten tutorial video, audio, pelajaran, seminar , hingga game secara online. Kreatifitas dalam dunia digital sangat dibutuhkan seseorang, apabila anda mampu memanfaatkan keterbatasan yang ada. Inilah peluang untuk Anda mendapatkan penghasilan dengan cara membuat tutorial online.

6. Agen Properti

Anda pasti sudah sering dijumpai oleh agen properti. Hal ini, bisa menjadi sebuah pilihan bisnis online tanpa menggunakan modal. Namun, sebagai agen property kita harus berkeliling untuk mencari properti yang bisa memberikan keuntungan. Dalam membangun bisnis online agen property anda harus mempunyai banyak relasi. Karena jika anda mempunyai banyak relasi maka para pemilik properti yang akan datang dan menitipkan propertinya kepada Anda, bahkan perekrutan karyawan juga bisa dilakukan untuk meringankan pekerjaan Anda.

Baca Juga : 8 Kekurangan Bisnis Online Yang Perlu Anda Ketahui

 

Kesimpulan dan Saran

Bisnis online merupakan sebuah solusi untuk mendapatkan uang tanpa mengeluarkan modal. Bisa dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Bisnis online merupakan bisnis yang sangat diminati oleh masyarakat terutama Millenial yang tidak sempat untuk berpergian berbelanja. Dengan adanya bisnis online, dapat menguntungkan para penjual untuk menjangkau pelanggan hingga ke mancanegara.

Diperlukan kreativitas dan konsisten dalam membangun bisnis online, hal ini dikarenakan banyak yang masih kurang konsisten dan bosan dalam membangun bisnis online sehingga omset yang didapat kurang memuaskan.

Bisnis online dapat menjadi alternative bagi mahasiswa yang masih berkuliah ataupun pekerja untuk mendapatkan tambahan uang jajan. Agar dapat membaca pasar di masyarakat anda harus jeli melihat produk yang sedang tren dan membuat prediksi model bisnis dengan SWOT.

Related Post :