Perusahaan Menggunakan Data Center di Indonesia

News & Release, Serba Serbi / 1 | | 0

Belakangan pemerintah Indonesia lagi strict soal startup, mulai dari pemblokiran telegram versi web, penetapan tarif dasar ojek online, hingga aturan pemerintah tentang data center lokal. Ternyata tidak sampai disitu aja, pemerintah mewajibkan perusahaan untuk menyimpan semua data di pusat data center lokal.

Salah satu yang terkena dampak dari regulasi ini adalah industri keuangan. Banyak dari institusi keuangan yang belum siap soal regulasi ini. Layanan cloud yang mereka pakai juga tidak memiliki data center di Indonesia. Nyatanya, indonesia bukan satu-satunya yang menerapkan regulasi ini, Brazil, China dan India sudah lebih dulu.

Peraturan pemerintah mengenai pengelolaan data akan berdampak pada startup dalam beberapa tahun mendatang. Misalnya, transfer data dari Indonesia perlu diberitahukan ke pejabat pemerintah yang berwenang. Dalam RUU juga disebutkan bahwa transfer data pribadi lintas batas memerlukan persetujuan.

Hal ini bisa disimak dari informasi dibawah ini :

  • Pasal 40 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mengatur Pemerintah memfasilitasi data elektronik strategis dan rekam jejaknya ke pusat data.
  • Pasal 17 PP82/ 2012 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE) tentang kewajiban penempatan pusat data dan DRC di wilayah Indonesia.
  • Pasal 12 Peraturan Bank Indonesia No: 9/15/PBI/2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan TI oleh Bank Umum tentang “kewajiban bank melakukan pengendalian fisik dan lingkungan Pusat Data dan DRC”.
  • Perpres 96 Tahun 2014 tentang Rencana Pita lebar Indonesia 2014 –2019 dimana disebutkan pengaturan data center “…Data Center harus terintegrasi”.

Startup yang menggunakan data center luar secara efektif mentransfer data ke luar negeri, yang berarti mereka mungkin melanggar peraturan. Karena tidak ada pusat data di Indonesia.

Pemerintah tentunya membutuhkan dukungan dari semua stakeholder yang ada di Indonesia untuk bisa sama-sama mewujudkan hal ini, nah terutama IDCloudHost merupakan salahs atu provider yant turut mendukung untuk mengadakan dan menyediakan data center di wilayah Indonesia.

Related Post :