Pengertian Analisis : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Disadari ataupun tidak, istilah analisis nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga setiap orang, khususnya bagi mereka yang memang bergelut dalam bidang akademis. Istilah ini nampaknya sudah menjadi makanan setiap hari dan tidak sedikit dari mereka yang paham atas makna dari analisis. Namun demikian, akan sangat tepat jika Anda juga mempelajari mengenai seluk beluk analisis yang kemudian istilah tersebut bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Dalam artian yang sangat luas, terkait dengan seluk beluk analisis, istilah ini telah digunakan dalam berbagai bidang keilmuan. Sebut saja pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam, Manajemen, Ilmu Bahasa, Akuntansi, Ilmu Pengetahuan Sosial dan lain sebagainya.

Semua bidang keilmuan tersebut sering kali menggunakan kata analisis dalam pemaparannya. Sayangnya, hingga detik ini masih ada segelintir orang yang tidak memahami arti yang sesungguhnya terlepas penggunaan kata analisis yang sudah mendunia. Jika diartikan secara umum, kaitannya dengan seluk beluk analisis disebutkan bahwa istilah ini lebih merujuk pada tindakan mengamati suatu hal dengan sangat detil yang kemudian diuraikan menjadi berbagai komponen di dalamnya. Dari komponen tersebut nantinya akan dikaji lebih mendalam sehingga dihasilkan sebuah teori ataupun lainnya. dari sini sedikit banyak Anda pastinya sudah memahami makna dari analisis itu sendiri.

Mengenal pengertian analisis dari sudut pandang para ahli

Pengertian Analisis : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya
 

Merujuk pada ilmu linguistic, terkait dengan seluk beluk analisis, disebutkan bahwasannya kata analisis sebelumnya lebih dikenal dengan sebutan analysis yang kemudian diadopsi dalam bahasa Indonesia menjadi analisis. Selanjutnya, terlepas dari pengertian singkat yang disebutkan sebelumnya, beberapa ahli juga tidak ketinggalan untuk mengutarakan pendapat mereka terkait dengan definisi analisis. Berikut beberapa pengertian analisis yang perlu Anda ketahui.

 

  1. Menurut Wiradi, analisis adalah sebuah aktivitas yang di dalamnya melibatkan berbagai kegiatan seperti mengurai, memilih sekaligus menggolongkan untuk menemukan makna sekaligus kaitannya.
  2. Menurut Komaruddin, analisis yaitu suatu proses berpikir yang melibatkan kegiatan penguraian suatu hal menjadi berbagai komponen sehingga seseorang bisa mengetahui hubungan antara komponen sekaligus juga fungsi antar komponen yang notabene merupakan suatu keseluruhan.
  3. Menurut Dwi Prastowo Darminto, analisi adalah penguraian sebuah pokok yang masing-masing bagiannya akan ditelaah untuk mendapatkan pemahaman secara menyeluruh.
  4. Menurut Anne Gregory, analisis merujuk pada tindakan pertama yang memang harus dilakukan sebelum melakukan proses perencanaan.

 

Kaitannya dengan seluk beluk analisis, bisa dikatakan bahwasannya analisis lebih merujuk pada kegiatan untuk menguraikan suatu hal yang nantinya akan menjadi hal yang lebih kecil untuk kemudian dianalisis sesuai dengan kebutuhan. Dari sinilah kemudian sebuah perencanaan atas suatu hal akan disusun. Melalui kegiatan analisis, nantinya seseorang bisa menjalankan kegiatan sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Baca Juga : Perbedaan Resume dan Ikhtisar : Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya 

Berbagai fungsi analisis untuk diketahui

Pengertian Analisis : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya
 

Berbicara mengenai seluk beluk analisis tentu saja hal ini tidak lepas dari yang namanya fungsi dari analisis itu sendiri. disebutkan bahwa analisis nantinya akan membantu dalam mengumpulkan berbagai data rinci yang nantinya akan ditindaklanjuti sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan analisis nantinya akan jauh lebih optimal ketika didasari oleh adanya pemikiran yang kritis. Tanpa adanya pola pikir semacam itu, nantinya sebuah hasil dari analisis bisa dikatakan jauh dari kata memuaskan.

Tidak jarang jika kaitannya dengan seluk beluk analisis, beberapa pihak yang melakukan kegiatan analisis akan menghabiskan waktu selama beberapa jam hingga hari demi mendapatkan informasi rinci atas sebuah hal. Bayangkan saja jika kegiatan analisis dilakukan secara tergesa-gesa tanpa adanya pemikiran yang mendalam, maka sebuah hasil telaah akan tidak maksimal. Kebanyakan dari mereka akan gagal dalam mencapai target tertentu. Jadi, jika Anda melakukan kegiatan analisis, pastikan untuk melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga : Cara Memberikan Apresiasi untuk Karyawan pada Perusahaan dan Bisnis 

Mengenal tujuan dari analisis yang sesungguhnya

Selain mengenal fungsi dari kegiatan analisis, kaitannya dengan seluk beluk analisis, disebutkan bahwa ada tujuan analisis yang memang harus diketahui. Secara umum, seseorang yang melakukan analisis nantinya bertujuan untuk mendapatkan data rinci atas suatu hal dan akan dimanfaatkan dalam berbagai keperluan oleh orang yang bersangkutan. tentu saja hal ini cukup membangu dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Disebutkan bahwa kegiatan analisis ini nantinya akan bermanfaat dalam menyelesaikan sebuah konflik ataupun krisis yang sempat menimbulkan suatu masalah. Selain itu, kaitannya dengan seluk beluk analisis, kegiatan analisis ini nantinya juga digunakan sebagai arsip. Dalam beberapa bidang keilmuan dan pendidikan, analisis akan menjadi bagian dari sebuah proses penelitian untuk mendapatkan jawaban yang diinginkan.

Baca Juga : Pengertian Administrasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya 

Manfaat dari analisis dalam berbagai konteks kehidupan

Kegiatan yang mengenai seluk beluk analisis ini ternyata memberikan banyak sekali manfaat. Tidak jarang banyak orang yang akan melakukan kegiatan tersebut secara bersama dengan melibatkan banyak pihak. Keberadaan berbagai pihak nantinya akan membantu dalam menghasilkan sebuah analisa yang lebih rinci dan tepat sasaran.

 

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan kegiatan analisis:

  1. Dalam sebuah perusahaan, melakukan suatu analisis seperti halnya analisis SWOT nantinya akan membantu dalam menemukan berbagai kelemahan hingga tantangan yang memang harus diselesaikan di masa yang akan datang.
  2. Untuk bidang akuntansi, sebuah analisis nantinya akan membantu dalam mengetahui alur kas keuangan selama beberapa periode tertentu untuk dijadikan sebuah laporan
  3. Dalam kegiatan penelitian, analisis akan membantu mencari jawaban atas pertanyaan yang telah diajukan dalam bentuk hipotesis sehingga akan diketahui kebenarannya
  4. Kegiatan analisis dalam bidang bisnis juga akan membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan yang muncul hingga membantu dalam melakukan analisa atas peran dan kinerja karyawan
  5. Dalam bidang ilmu pengetahuan, analisis akan sangat membantu untuk melakukan serangkaian penelitian yang akan memberikan kontribusi bagi masyarakat luas. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penemuan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia
  6. Masih dalam sebuah bisnis, kegiatan analisis nantinya juga akan membantu dalam memberikan promosi jabatan kepada karyawan yang dilakukan berdasarkan analisis kinerja oleh pihak HRD

 

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan, tidak mengherankan jika kemudian hampir semua orang akan melakukan kegiatan analisis untuk kepentingan tertentu. Dari sinilah kemudian kaitannya dengan seluk beluk analisis menjadi suatu hal yang memang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan, dengan kegiatan analisis, maka semua permasalahan juga bisa diselesaikan. Tindakan analisis itu sendiri melibatkan kegiatan untuk memilah berbagai hal menjadi unsure yang lebih kecil sehingga akan mempermudah untuk menjabarkan dan menganalisa.

Tidak hanya itu saja, informasi yang didapatkan juga terbilang lebih rinci sehingga akan membantu dalam mencapai suatu keputusan ataupun hasil akhir yang benar-benar sesuai dengan target yang diharapkan. Selain itu, kaitannya dengan seluk beluk analisis bahwa hingga detik ini sudah banyak dilakukan dalam berbagai bidang. Namun, untuk melakukan kegiatan tersebut seseorang juga harus memilikli pemikiran yang kritis dan jika memang diperlukan juga melibatkan berbagai pihak. Dengan demikian, kegiatan analisis bisa diselesaikan dengan cepat dan pastinya akan memberikan keuntungan bagi Anda dan masyarakat secara luas.

Related Post :