Cara Memberikan Apresiasi untuk Karyawan pada Perusahaan dan Bisnis

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Bagi sebuah perusahaan, karyawan adalah salah satu aset penting yang mereka miliki. Tanpa adanya karyawan, perusahaan tentu tidak bisa berkembang. Karyawan sudah melakukan apa yang mereka bisa demi kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk sesekali memberi hadiah atas kerja keras mereka selama ini. Cara mengapresiasi karyawan pun beragam, dan tentunya tidak harus dalam bentuk upah atau gaji.

Dengan memberikan apresiasi, hal itu menunjukkan bahwa Anda selaku pemilik perusahaan selalu menghargai karyawan sehingga karyawan akan semakin betah untuk bekerja pada perusahaan Anda. Bahkan persoalan mengenai penghargaan kepada karyawan pun telah ditulis dan diarahkan oleh pemerintah pada surat edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia mengenai bonus di dalam kategori non upah atau selain gaji.

Menurut aturan tersebut, sudah sebaiknya perusahaan memberi penghargaan kepada karyawan, terutama yang sudah setia mengabdi pada perusahaan. Meskipun tidak dengan cara menaikkan upah, perusahaan masih bisa melakukan beberapa cara mengapresiasi karyawan ini. Sebagai pemilik perusahaan, sudah sebaiknya Anda menghargai kerja keras karyawan Anda lebih lagi dengan cara seperti di bawah ini.

 

Memberi cuti tambahan bagi karyawan

 

Tidak ada karyawan yang tidak senang dan bersemangat ketika mendengar kata cuti. Dengan berlakunya sistem cuti, karyawan bisa beristirahat sejenak dari lelahnya pekerjaan pada hari produktif tapi tetap sesuai dengan aturan dari perusahaan sehingga tidak merugikan pihak manapun.

Sebab itu, sesekali berikanlah cuti tambahan kepada karyawan terutama mereka yang memiliki kinerja baik dan membuat perusahaan mengalami perkembangan dan kemajuan. Jangka waktu cuti tersebut bisa kurang lebih selama seminggu atau bahkan lebih. Boleh jadi, setelah mendapatkan cuti tambahan dan berlibur ke tempat yang disukainya, karyawan akan semain semangat untuk bekerja di perusahaan Anda dan produktivitasnya pun meningkat.

 

Mengizinkan karyawan untuk bekerja dari rumah

Rutinitas yang dilakukan setiap hari ada kalanya membuat jenuh, begitu juga dengan hal bekerja, salah satu dampak kejenuhan adalah produktivitas yang menurun. Perusahaan pun bisa merugi apabila karyawannya bekerja dengan asal-asalan.

Namun tenang saja, karena masih ada solusi untuk mengatasi kejenuhan karyawan tersebut sekaligus menjadi penghargaan bagi mereka. Cara mengapresiasi karyawan berikutnya adalah dengan mengizinkannya untuk bekerja dari rumah selama beberapa hari.

Meskipun mereka secara fisik tidak berada di kantor, namun tidak ada pihak yang rugi karena mereka masih bisa mengirim laporan dan data-data lainnya kepada perusahaan. Tidak hanya karyawan, perusahaan pun juga untung lho. Anda bisa memberikan jenis apresiasi ini untuk karyawan yang sudah lama bekerja untuk perusahaan Anda.

Baca Juga:   Cara Agar Karyawan Tetap Semangat, Nyaman, dan Betah Bekerja

 

Memberi tiket liburan

Selain cuti tambahan, cara mengapresiasi karyawan dengan memberinya tiket liburan secara cuma-cuma juga pasti akan membuat mereka senang karena bisa beristirahat sejenak dari padatnya pekerjaan. Penghargaan ini bisa Anda beri kepada mereka yang memiliki kinerja baik untuk perusahaan.

Tiket wisata tersebut bisa berupa wisata baik itu di dalam maupun di luar negeri. Selain itu wisata religi juga bisa menjadi pertimbangan. Jangan lupa juga untuk memberikan perlengkapan dan akomodasi yang terbaik bagi karyawan Anda.

Penghargaan ini tidak termasuk berlebihan. Justru, karyawan layak mendapatkannya karena sudah mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran mereka selama ini. Berikanlah penghargaan seperti ini selama setahun sekali untuk karyawan terbaik. Hal tersebut bisa memicu motivasi karyawan-karyawan Anda untuk menjadi yang terbaik sehingga perusahaan bisa untung karena kerja mereka yang baik.

 

Liburan bersama rekan kantor

Berikutnya, Anda bisa juga memberi penghargaan kepada seluruh staff yang bekerja di perusahaan dengan mengajak mereka liburan bersama entah itu di dalam maupun luar kota. Tempat yang bisa dikunjungi pun beragam, mulai dari liburan singkat di pantai, menyewa sebuah villa, atau mungkin mengunjungi tempat wisata terbaik yang ada di kota Anda.

Untuk melakukan liburan bersama, pastikan dulu bahwa target perusahaan sudah terpenuhi dengan baik sehingga saat liburan tidak ada waktu yang digunakan untuk memikirkan pekerjaan yang belum tuntas. Liburan bersama bisa meningkatkan rasa kekeluargaan dan kekompakan antar rekan, sehingga dengan terjalinnya kerjasama yang baik perusahaan juga akan diuntungkan di kemudian hari. Karyawan juga senang dan semakin betah untuk bekerja pada perusahaan.

Baca Juga:   Tips dan Trick Membangun Team Work (Kerja sama Tim) yang Baik dan Benar untuk Bisnis

 

Mengajak makan bersama di restoran

 

Karyawan akan merasa dihargai ketika atasan mereka mengajak dan mentraktir mereka makan. Tentu mereka bangga karena bisa makan bersama dengan atasannya. Apalagi jika Anda mengajak mereka makan ke sebuah restoran yang ternama. Anda bisa mengajak beberapa karyawan terbaik Anda untuk makan siang saat istirahat kantor ataupun makan malam sepulang kerja.

Sambil makan, pembicaraan tentang pekerjaan terasa lebih santai dan informal sehingga bisa dibicarakan dengan baik.
Hal ini bisa juga menjadi contoh bagi karyawan yang lain agar mereka berlomba-lomba bekerja lebih baik sehingga suatu hari bisa makan bersama dengan atasan mereka.

 

Memberi voucher belanja

Belanja adalah aktivitas yang disukai semua orang dari berbagai kalangan. Karenanya, tidak salah untuk memberi apresiasi pada karyawan melalui voucher belanja. Voucher itu sendiri bisa untuk membeli pakaian, makanan dan lain-lain. Karyawan pasti merasa senang dan dihargai.

Untuk memberi voucher, bisa Anda lakukan secara bergantian dan bergilir untuk tiap-tiap karyawan. Atau voucher dapat diberikan setiap karyawan mempunyai pencapaian yang baik bagi perusahaan. Meskipun terkesan sederhana, tidak akan ada karyawan yang tidak senang jika bisa berbelanja dengan gratis.

 

Memberi karyawan barang yang mereka sukai

Cara mengapresiasi karyawan yang selanjutnya adalah dengan memberikan mereka barang yang sekiranya menjadi favorit mereka. Mereka yang sudah setia dan memberikan yang terbaik selama ini sangat berhak untuk mendapatkannya. Sebelumnya, mereka tidak akan pernah terpikir untuk mendapat barang yang disukai dari atasan.

Tidak sulit untuk mencari tahu barang seperti apa yang kira-kira menjadi favorit bagi karyawan Anda. Riset bisa dilakukan melalui teman dekat mereka, keluarga, atau Anda juga bisa mengamati sendiri. Hal itu bisa menjadi hadiah besar bagi karyawan yang berprestasi, mempunyai perilaku yang baik dan sopan, atau sudah berperan penting untuk memajukan perusahaan.

 

Mengucapkan kata ajaib

Saat ini, kata-kata seperti “tolong” dan “terima kasih” pastilah sudah tidak asing. Namun tetap saja jarang ada orang yang mengucapkannya. Padahal dengan mengucapkan kedua kata itu saja, seseorang bisa merasa lebih dihargai, begitu juga dengan karyawan. Usahakan sebelum atau setelah Anda meminta tolong sesuatu kepada karyawan ucapkan kedua kata ajaib ini diiringi dengan senyum yang hangat.

Setelah memberikan waktu dan tenaga yang mereka miliki untuk perusahaan yang Anda naungi, karyawan patut mendpatkan penghargaan yang dapat membuat mereka semakin semangat bekerja. Dengan begitu, yang diuntungkan tidak hanya mereka, tapi juga perusahaan karena karyawan yang semangat tentu memberi dampak positif dan keuntungan.

 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengapresiasi karyawan yang bisa Anda lakukan. Melalui cara tersebut, karyawan tetap merasa senang walaupun penghargaannya tidak dalam bentuk kenaikan gaji atau tambahan upah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat terutama bagi Anda pemilik perusahaan yang sedang mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyenangkan hati karyawan.

Related Post :

popup image