Pengertian Kewirausahaan: Definisi, Ciri-Ciri, dan Tujuan Kewirausahaan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebagai warga negara Indonesia, pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah kewirausahaan. Dimana kewirausahaan ini merupakan salah satu aspek yang penting bagi kehidupan bermasyarakat. Sebab kewirausahaan ternyata terbukti dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Indonesia. Jika berbicara tentang kewirausahaan di Indonesia maka tidak bisa terlepas dari kisah sukses para wirausahawan yang kini mampu membuka ribuan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wirausawahan di sebuah negara, tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian negara tersebut. Melainkan juga dapat meningkatkan kualitas negara tersebut. Bahkan negara yang semula merupakan negara berkembang, bisa menjadi negara maju karena kewirausahaan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya para wirausahawan yang memiliki kekayaan pola pikir serta ide yang kreatif. Untuk itulah wirausahawan dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat. Dengan adanya 1 wirausahawan yang sukses di sebuah daerah atau desa, maka dapat meciptakan lapangan pekerjaan warga sekitar.

Hal tersebut tentu dapat membantu meingkatkan ekonomi masyarakat sekaligus membantu tercapainya tujuan nasional Bangsa Indonesia yaitu menyejahterakan rakyat. Melihat betapa pentingnya peran wirausahawan bagi sebuah negara menjadikan setiap warga negara sebaiknya perlu belajar tentang kewirausahaan. Berkaitan dengan hal tersebut, di bawah ini akan dibahas secara lengkap seputar kewirausahaan untuk menambah wawasan Anda.

 

Definisi Kewirausahaan

 

Pengertian Kewirausahaan: Definisi, Ciri-Ciri, dan Tujuan Kewirausahaan
 

Bagi Anda yang ingin belajar dan ingin lebih tau tentang kewirausahaan, sebaiknya pahami terlebih dahulu definisinya. Dimana kewirausahaan merupakan sebuah proses dalam mengerjakan serta menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif maupun penuhi inovasi agar bermanfaat untuk orang lain dan mempunyai nilai lebih. Kewirausahaan juga menjadi sebuah proses dalam mengidentifikasi, mengembangkan serta mewujudkan visi maupun misi dalam kehidupan.

Selain itu, kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai sebuah sikap mentak seseorang yang memiliki kreativitas, daya guna dan aktif dalam menciptakan sesuatu yang baru dan unik sekaligus bermanfaat bagi banyak orang. Selain itu, kewirausahaan juga memiliki proses dinamis dalam menciptakan sesuatu dan disertai tenggang waktu, sumber daya, modal dan risiko.

 

 

Baca Juga : Kumpulan Situs Freelancer Terbaik dan Terlengkap di Indonesia 

 

Ciri-Ciri Orang yang Berjiwa Kewirausahaan

 

Pengertian Kewirausahaan: Definisi, Ciri-Ciri, dan Tujuan Kewirausahaan
 

Jika seseorang ingin memulai sebuah bisnis, maka sebaiknya memiliki jiwa kewirausahaan. Tanpa mempunyai jiwa tersebut maka bisnis yang dirintis kemungkinan akan berhenti begitu saja di tengah jalan. Sebab orang tersebut tidak memiliki rasa percaya diri untuk bisa mengatasi berbagai masalah dalam menjalankan bisnis. Seseorang dapat dikatakan memiliki jiwa wirausaha apabila orang tersebut mempunyai beberapa ciri-ciri antara lain sebagai berikut:

 

  1. Memiliki Keberanian dan Daya Kreasi Tinggi

    Seorang dapat dikatakan berjiwa kewirausahaan jika memiliki keberanian tinggi dalam berkreasi. Sebab untuk menjadi seorang wirausahawan, tidak hanya cukup mempunyai kreativitas saja tetapi juga keberanian menanggung segala risiko. Selain berani, seorang wirausahawan juga harus melakukan pertimbangan serta perencanaan yang matang. Biasanya jiwa kewirausahaan seorang akan tercipta dengan adanya rasa percaya diri untuk mewujudkan mimpi maupun keinginan untuk hidup lebih baik.

  2. Memiliki Semangat yang Tinggi dan Kemauan Keras

    Seorang wirausahawan sebaiknya juga mempunyai semangat tinggi serta kemauan yang keras. Dengan demikian wirausahawan tersebut akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap apa yang ia kerjakan akan membawa keberhasilan. Selain semangat yang tinggi, seorang wirausahawan juga harus memiliki kemauan yang keras agar tekadnya semakin kuat untuk mewujudkan keinginan.

  3. Memiliki Daya Analisis yang Bagus

    Seorang pebisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan juga memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai daya anaslisis yang bagus terhadap apa yang sedang ia kerjakan. Contohnya, daya analisis untuk memperhitungkan untung rugi, nilai jual produk, persaingan serta analisis pasar. Dengan memiliki daya analisis yang bagus, menjadikan seorang wirausahawan lebih mudah meminimalisir kerugian.

  4. Berjiwa Pemimpin dan Tidak Konsumtif

    Seorang pebisnis harus memiliki ciri-ciri jiwa kepemimpinan yang baik. Dimana ia harus mampu menjadi pemimpin baik untuk mengendalikan dirinya sendiri maupun anggotanya terutama dalam pengambilan keputusan. Selain itu, seorang pemimpin juga tidak seharusnya berjiwa konsumtif agar pengeluaran lebih kecil dibandingkan pemasukan. Dengan demikian bisnis yang dibangun akan cepat berkembang dengan terus memakai keuntungan sebagi modal agar bisnis semakin besar.

  5. Membuat Keputusan

    Seorang pebisnis dapat dikatakan hebat apabila ia mampu membuat keputusan secara cepat dan tepat dalam menghasilkan sesuatu. Pebisnis yang berjiwa kewirausahaan biasanya akan mempunyai perhitungan dalam setiap pengambilan keputusan maupun melaksanaka keputusan tersebut sesuai kesepatan bersama tim. Dengan cepat melaksanakan keputusan maka dapat meminimalisir hilangnya sebuah peluang.

  6. Mempunyai Pengabdian yang Besar untuk Bisnisnya

    Jiwa kewirausahaan yang dimiliki seorang pebisnis akan membuatnya lebih mudah mengabdikan dirinya kepada bisnis tersebut. Sehingga wirausahawan tersebut akan mengesampingkan kepentingan-kepentingan lain untuk lebih mengutamakan pekerjaannya.

 

 

Baca Juga : Cara Belajar SEO untuk Pemula : Tips & Trick, Langkah-langkah, dan Hasilnya 

 

Tujuan Kewirausahaan

Sesorang yang terjun dalam bidang wirausaha pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Dimana tujuan tersebut tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk kepentingan orang lain. Berikut beberapa tujuan kewirausahaan yang perlu Anda ketahui:

 

  1. Meningkatkan Jumlah Wirausahawan Berkualitas

    Tujuan adanya kewirausahaan yaitu untuk meningkatkan jumlah wirausahawan yang berkualitas melalui bimbingan yang tepat. Dimana melalui kewirausahaan, sumber daya manusia akan diberdayakan sesuai kemampunya, dilatih serta ditumbuhkembangkan supaya menjadi wirausahawan berkualitas tinggi. Sehingga ketika suatu saat nanti para pegawai atau karyawan akan memiliki keinginan membuka usaha sendiri serta membuka lapangan kerja bagi warga sekitar.

  2. Menyejahterakan Rakyat

    Dengan semakin banyaknya masyarakat yang terjun dalam bidang kewirausahaan maka akan semakin memperbesar lapangan pekerjaan bagi masyarakat lainnya. Hal ini tentu bisa membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah penggangguran sekaligus meningkatkan kesejahteraan rakyat.

  3. Membudayakan Semangat Wirausaha

    Berdasarkan ciri-ciri kewirausahaan yang sudah dijelaskan di atas, dapat diketahui bahwa seorang wirausahawan memiliki ide kreatif, tangguh, berinovasi hebat, kompetitif serta pandai mencari peluang. Selain itu, semangat yang dimiliki oleh wirausahawan biasanya tidak pernah padam sebaiknya perlu ditularkan pada masyarakat sekaligus menjadi inspirasi. Dengan demikian hal tersebut dapat membantu menciptakan semangat wirausaha bagi masyarakat.

  4. Kesadaran Wirausaha Semakin Meningkat

    Saat ini kebanyakan masyarakat ingin bekerja kepada orang lain dan bukan memperkerjakan orang. Terlebih banyak masyarakat yang tidak mau memulai sebuah usaha karena takut rugi. Padahal dari kegagalan dalam berbisnis, Anda bisa belajar untuk menjadi lebih baik. Dengan banyaknya contoh nyata para wirausahawan yang sukses maka diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berwirausaha.

 

 

Baca Juga : Cara Membuat Proposal Usaha Untuk Lomba Dan Presentasi Ke Investor 

 

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa menjadi seorang wirausahawan memang tidaklah mudah. Ketika Anda memutuskan untuk terjun di bidang kewirausahaan maka Anda harus memiliki keberaninan dan rasa percaya diri yang tinggi. Dengan demikian Anda tidak akan takut dan mudah menyerah pada kegagalan. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam mengambil peluang bisnis yang menguntungkan.

 

Kesimpulan dan Penutup

Siapapun berkesempatan menjadi seorang wirausahawan sukses tanpa memandang latar belakang pendidikannya. Sebab yang paling penting dalam berwirausaha adalah memiliki ciri-ciri kewirausahaan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda juga harus pandai membangun hubungan serta jaringan baik dengan sesama pengusaha maupun masyarakat agar tujuan bisnis dapat tercapai dan cepat berkembang.

Di zaman yang semakin modern seperti saat ini, kewirausahaan justru semakin berperan penting bagi ekonomi sebuah negara. Untuk itulah Anda tidak perlu ragu untuk berwirausaha karena kesuksesan yang Anda peroleh nantinya tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri. Tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui lapangan kerja yang Anda ciptakan.

 

Related Post :

popup image