Perbedaan CC dan BCC Saat Mengirim Email Gmail dan Yahoo

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Siapa yang belum mengenal Email? Keberadaan Email saat ini sangat memudahkan Kita untuk mengirimkan berkas, file, ataupun pesan secara online.. Saat ini sendiri Anda juga bisa menggunakan email, baik itu dari Yahoo ataupun Gmail. Dari kedua jenis Email tersebut Anda akan familiar dengan istilah CC dan BBC. Lantas apa sebenarnya perbedaan CC dan BBC?

Perlu diketahui, saat Anda mengirim Email tentu memerlukan alamat tujuan yang ada pada kolom To. Sementara itu, terdapat pula opsi lain yang bisa Anda pilih yakni CC dan BBC itu sendiri. Bagi Anda yang pengguna aktif Email apakah perbedaan CC dan BBC tersebut? Mungkin sebagian dari Anda masih belum mengetahuinya meski sudah seringkali menggunakan Email.

Agar tidak salah dalam menggunakan CC maupun BBC saat memakai Email, maka Anda dapat mengetahui dahulu beberapa penjelasan dan penggunaan mengenai CC dan BBC lebih lanjut. Seperti mengapa perlu mengetahui perbedaannya? Apa saja perbedaan CC dan BBC? Serta kapan penggunaan CC dan BBC yang tepat? Simak semua penjelasannya di bawah ini.

 

Mengapa Perlu Mengetahui Perbedaan CC dan BBC

Perbedaan CC dan BCC Saat Mengirim Email Gmail dan Yahoo
 

Saat Anda ingin mengetahui perbedaan CC dan BBC tentu Anda juga perlu mengetahui dulu mengapa perbedaan tersebut perlu diketahui. Dengan begitu, ketika perbedaan sudah diketahui Anda akan dapat memperoleh fungsi maupun kegunaan dari dua hal tersebut sehingga menjalankan Email pun akan lebih maksimal.

Di bawah ini beberapa alasan mengapa Anda perlu mengetahui perbedaan CC dan BBC yang perlu Anda ketahui :

 

  • CC dan BCC dapat mengindari daftar alamat email yang panjang

    Anda perlu mengetahui perbedaan CC dan BBC karena pada dasarknya kedua istilah tersebut dapat menghindarkan Anda dari daftar alamat email yang cukup panjang. Kebanyakan orang memang menggunakan email untuk keperluan bertukar informasi melalui kolom To. Akan tetapi, dengan menggunakan CC dan BBC, maka Anda dapat menghindarkan aktivitas email yang tujuannya tidak jelas atau berada dalam daftar panjang alamat email orang lain padahal sebenarnya Anda tidak mengenali Email tersebut.

  • CC dan BCC menyangkut privasi alamat email Anda

    Apabila Anda menerima alamat email mereka, baik itu secara tidak langsung maupun langsung maka saat menggunakan CC dan BCC Anda memiliki kesempatan untuk tidak menunjukkan alamat email tersebut pada orang yang tidak dikenali.

  • Anda akan terhindar dari anggapan seorang spammer

    Dengan menggunakan CC dan BCC, maka Anda dapat memastikan dulu bahwa orang yang Anda kirimi memiliki alasan untuk memperlakukan email Anda bukan sebagai spam. Dengan begitu, jangan sampai Anda dianggap sebagai spammer saat mengirimkan Email kepada mereka. Anda dapat membuat orang lain berfikir bahwa Anda merupakan orang yang profesional sehingga saat mengirim Email, dengan begitu orang yang mendapat Email dari Anda tidak menganggap Anda sebagai seorang spammer.

 

Itulah beberapa alasan mengapa Anda perlu mengetahui perbedaan CC dan BCC. Dengan begitu, Anda akan bisa benar-benar memanfaatkan saat menggunakan Email.

Baca Juga :     Peluang Bisnis Frozen Food : Tips, Triks, dan Cara Berjualan

 

Apa Saja Perbedaan CC dan BBC

Perbedaan CC dan BCC Saat Mengirim Email Gmail dan Yahoo
 

Perbedaan CC dan BCC memang sangat wajib untuk Anda ketahui. Terlebih apabila Anda menggunakan Email untuk aktivitas yang penting, seperti bekerja. Setiap kali mengirim Email tersebut tentu akan dihadapkan dengan pilihan kolom penerima To, CC dan BCC. Kebanyakan orang memang cukup jarang menggunakan kolom penerima CC dan BCC. Namun, tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui lebih lanjut mengenai perbedaan CC dan BCC. CC dan BCC sendiri umumnya digunakan untuk memudahkan Anda apabila ingin mengirim satu pesan ke alamat Email yang banyak.

Jika dilihat dari penggunannya secara umum, memang pengguna CC lebih banyak daripada pengguna BBC. Pasalnya, mungkin kebanyakan dari mereka belum mengetahui betul tentang apa itu BBC yang sebenarnya. Padahal, istilah tersebut sudah dapat digunakan sejak lama. Kemudian, untuk CC sendiri memiliki kepanjangan Carbon Copy, sementara BBC merupakan Blind Carbon Copy. Dari kedua istilah tersebut keduanya sama-sama dapat Anda manfaatkan untuk mengirim Email ke banyak orang. Sebagai informasi lebih jelasnya, simak beberapa perbedaan CC dan BCC di bawah ini :

  • Carbon Copy (CC)

    Istilah ini digunakan untuk mengisi alamat-alamat Email lain selain penerima utama saat Anda ingin mengirimkan sebuah pesan lewat Email. Hal ini berarti, alamat email yang Anda isi pada bagian CC akan mendapatkan copy-an dari Email terkait. Kemudian, semua alamat yang ada di kolom Carbon Copy tersebut juga akan bisa melihat alamat email yang berada di kolom To maupun CC saat meneri Email dari Anda.
    Salah satu contohnya saat Anda ingin meminta cuti dari pekerjaan. Anda dapat memakai kolom CC untuk mengirim pesan ke atasan, akan tetapi Anda tidak hanya bisa mengirimkannya ke atasan namun juga ke pihak penting lainnya layaknya HRD. Untuk itu, Anda bisa meletakkan alamat email HRD pada bagian CC sementara atasan pada bagian To. Mengapa? Hal ini karena atasan merupakan orang yang akan menangani Email yang Anda kirimkan, sementara HRD hanya perlu mencatat permintaan yang Anda inginkan tanpa perlu melakukan aksi apapun terhadap Email yang dikirim.
     

    Baca Juga :   Website Nonton Film Drama Korea Lengkap di Indonesia

  • BCC (Blind Carbon Copy)

    Jika dibandingkan dengan CC, perbedaan CC dan BBC sebenarnya tidak terlalu jauh. Yakni seluruh alamat email yang ada di kolom tersebut akan menerima copy dari pesan Email yang Anda kirimkan. Hanya saja, perbedaannya terletak pada semua penerima yang jika meletakkan pada BBC, maka penerima tidak bisa melihat alamat email orang lain.
    Tak heran jika BBC mendapatkan julukan sebagai ‘Undisclosed Recipients atau penerima rahasia. Pasalnya, setiap alamat yang Anda cantumkan pada BBC tidak akan terlihat oleh mereka yang menerima Email.
     

    Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan penggunaan BBC dengan lebih maksimal sesuai dengan keperluan seperti bisnis. Anda dapat mengirim pesan Email ke banyak alamat namun tidak perlu khawatir penerima lain mengetahui alamat lainnya yang ternyata juga mendapatkan pesan yang sama. Dengan begitu, email yang Anda kirimkan akan terkesan email pribadi kepada penerima.
    Namun, perlu Anda ketahui juga apabila Anda memilih untuk menggunakan BBC, maka penerima kolom BBC dapat mengetahui alamat penerima Email di kolom lainnya yakni pada To dan CC. Untuk itu, perlu Anda ingat saat ingin menggunakan kolom BBC, jangan letakkan semua alamat email yang ada di BBC tersebut pada kolom CC. Pasalnya, hal itu hanya akan membuat penerima email mengetahui alamat email lain yang sudah terlanjur disembunyikan pada kolom BBC.

 

Baca Juga :     Cara Membuat Barcode & QR Code dengan Mudah dan Cepat secara GRATIS

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari penjelasan diatas Anda sudah dapat melihat perbedaan CC dan BBC yang bisa Anda ketahui dengan jelas dan lengkap. Dari perbedaan di atas, Anda bisa mengetahui apa saja perbedaan CC dan juga BBC secara lebih signifikan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan CC dan BBC untuk menaruh alamat email dengan fungsinya masing-masing. Untuk penggunaan CC dan BBC ini sendiri, Anda bahkan tidak perlu menunggu pada waktu-waktu tertentu. Anda bisa menggunakannya kapan saja Anda perlukan.

Dengan begitu, Anda juga tidak perlu susah payah lagi untuk mengirimkan email dengan alamat tujuan yang banyak namun mengatur alamat email yang bisa dilihat dan tidak bisa dilihat oleh penerima sesuai dengan keperluan. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memanfaatkan sekaligus memaksimalkan penggunaan email khususnya pada alamat tujuan. Anda bisa mengirimkan beberapa email sekaligus sesuai dengan keinginan dengan memanfaatkan fungsi CC dan BBC dari beberapa perbedaan CC dan BBC yang sudah dijelaskan di atas.

 

Related Post :

popup image