Peluang Bisnis Frozen Food : Tips, Triks, dan Cara Berjualan

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 1

Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan beku atau yang sering disebut dengan frozen food. Jenis makanan tersebut sangat populer dan disukai oleh semua kalangan dengan tidak memandang umur. Jenis makanan ini disukai banyak orang karena rasanya yang lezat dan praktis. Karena kesibukan pekerjaan, masyarakat tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanan. Oleh karena itu, mereka memilih makanan beku atau frozen food yang praktis untuk disajikan.

Frozen food merupakan jenis makanan cepat saji yang tidak mudah basi jika disimpan dalam keadaan beku dan bersuhu dingin. Cara penyajian jenis makanan ini adalah hanya perlu digoreng atau dikukus sesuai dengan petunjuk penyajian dalam kemasan. Tidak memerlukan waktu yang lama untuk menikmati frozen food ini. Harga yang ditawarkan juga bervariasi sesuai dengan jenis dan komposisi nya.

Dengan melihat peluang berjualan frozen food sangat besar maka banyak orang yang mulai untuk memulai bisnis frozen food. Banyak pengusaha frozen food yang meraup untuk besar dengan berjualan jenis makanan ini. Modal yang dikeluarkan pun tidak sebanding jika nanti sudah mendapatkan keuntungan dari bisnis ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baru. Oleh karena itu berikut diberikan tips, trik, cara berjualan frozen food untuk Anda.

 

Pengertian Frozen Food

Frozen food adalah olahan makanan yang diolah setengah matang dengan dikemas dan dibekukan untuk diolah kembali dengan cara dipanaskan, digoreng dan dikukus. Secara umum pembuatan produk beku melalui beberapa tahap mulai yaitu dari persiapan raw material (bahan baku), proses pencetakan atau forming (untuk produk seperti bakso, nugget), pelapisan (coating), penggorengan (frying), pembekuan (freezing) serta pengemasan (packaging).

Bahan yang digunakan tidak hanya daging sapi atau ayam saja seperti sosis dan nugget. Tetapi saat ini banyak jenis makanan frozen food seperti bakpao, donat, pizza dan lain-lain. Contoh makanan beku yang terbuat dari olahan ikan adalah nugget udang, risol ikan, samosa tuna, tempura, sosis ikan, siomay ikan, dan lain-lain.

Baca Juga :     Peluang Bisnis Saat Corona (COVID-19) Baik Offline / Online

 

Peluang Berbisnis Frozen Food

Peluang Bisnis Frozen Food _ Tips, Triks, dan Cara Berjualan
 

Peluang untuk berbisnis frozen food saat ini bisa dibilang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jenis olahan frozen food yang ditemukan di pasaran. Tidak hanya itu, frozen food juga bisa disimpan dengan jangka waktu yang lama serta tidak mudah basi jika disimpan dalam keadaan beku. Kebiasaan masyarakat kota yang sibuk dengan pekerjaannya menjadikan olahan frozen food sering dijadikan alternatif makanan untuk keluarga di rumah.

Mereka memilih frozen food karena praktis serta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyajikannya. Selain itu harga yang cukup terjangkau untuk masyarakat menengah menjadikan ini lebih digemari. Tidak menutup kemungkinan bahwa trend makanan frozen food ini tidak akan luntur karena perkembangan jaman yang mengharuskan manusia bekerja dengan cepat. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis ini sebaiknya analisa terlebih dahulu bagaimana cara membuat frozen food yang benar serta analisa kompetitor agar produk frozen food yang Anda buat memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

Baca Juga :    Cara Membangun Brand Awareness yang Baik dan Benar [Perusahaan & Bisnis]

 

Tips dan Trik Berbisnis Frozen Food

Peluang Bisnis Frozen Food _ Tips, Triks, dan Cara Berjualan
 

Siapa yang tidak ingin mendapatkan untung besar dalam berbisnis? Pastinya semua pebisnis menginginkan hal tersebut. Berbisnis makanan beku menjadi pilihan tepat untuk memulai bisnis Anda di jaman modern sekarang. Tetapi akan banyak rintangan yang harus dilalui mengingat banyaknya kompetitor yang mendirikan bisnis yang sama. Maka dari itu terdapat tips dan trik untuk Anda berbisnis frozen food.

 

  • Penentuan Jenis Produk

    Langkah pertama yang harus dilakukan dalam bisnis frozen food adalah menentukan jenis apa yang akan diperdagangkan. Jenis produk ini dapat menjadi ciri khas dari usaha Anda. Seorang pebisnis harus mengerti tentang positioning, differentiation, branding (PDB) untuk produk yang ditawarkannya. Hal itu penting untuk diketahui agar produk Anda memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.
    Menentukan jenis produk olahan makanan beku ini di awal akan memudahkan langkah-langkah penting yang kemudian akan diambil untuk memastikan bisnis frozen food ini berjalan lancar kemudian. Tentukan juga bahan olahan yang akan dipakai contohnya adalah ikan, udang, jamur, dan lain-lain. Dapat juga menjual cemilan yang berbahan dasar tepung yaitu sejenis roti seperti bakpao, pizza, donat.

  • Penentuan Modal

    Penghitungan modal awal ini haruslah secara rinci dan benar. Perhitungkan semua aspek yang menjadi awal pendirian usaha frozen food ini. Tulis semua kebutuhan yang diperlukan serta kisaran harga di pasaran. Serta pertimbangkan pula biaya yang harus dikeluarkan untuk bekerja sama dengan vendor dan pihak penyedia bahan pembuatan frozen food.
     

    Baca Juga :   Daftar Franchise Kopi Terbaru dan Terupdate untuk Peluang Wirausaha

  • Menentukan Target Pasar dan Pelanggan

    Anda harus menargetkan siapa yang akan menjadi pelanggan dari bisnis ini. Jika target tersebut masih belum dipikirkan secara matang akibatnya adalah kesulitan dalam hal pemasaran produk. Menentukan target pasar dan pelanggan juga perlu pengamatan yang mendalam. Penentuan ini bisa berdasarkan usia, wilayah tempat tinggal, selera masyarakat, potensi yang dimiliki daerah tersebut sampai dengan penyediaan ukuran kemasan.

  • Penyediaan Peralatan

    Saat merencanakan modal awal tadi jangan lupa untuk mendaftar peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Jadikan kebutuhan peralatan ini menjadi point utama yang harus disiapkan sebelum membuat produk. Utamakan kebutuhan pokok penunjang berjalannya usaha ini. Contoh peralatan yang digunakan seperti lemari pendingin merupakan alat yang sangat penting untuk menyimpan olahan frozen food. Kemudian peralatan lain untuk membuat produk frozen food. Pilihlah peralatan yang memiliki kualitas sangat baik, karena jika memilih peralatan yang biasa-biasa saja untuk usaha bukanlah pilihan yang tepat. Kejadian yang akan terjadi tidak dapat direncanakan seperti alat yang tiba-tiba rusak, mesin pendingin tidak mampu memuat banyak hasil olahan, dan lain-lain.

  • Penentuan Metode Pengemasan

    Tahap selanjutnya setelah olahan tersebut jadi adalah dikemas ke dalam wadah yang sesuai dan menarik perhatian pelanggan. Kemasan yang tepat dan unik menjadi nilai tambah dari suatu produk karena pelanggan akan melihat kemasan untuk pertama kalinya. Untuk frozen food sendiri biasanya memakai plastik khusus untuk pengemasan yang kedap udara agar tidak mudah basi. Makanan beku juga perlu di vakum saat dikemas untuk mengeliminasi udara di dalam ruang penyimpanan makanan beku tersebut. Beri juga label pada kemasan, serta keterangan kadaluarsa produk.

  • Penentuan Metode Pemasaran

    Pemanfaatan teknologi menjadikan pemasaran sebuah produk semakin mudah. Pilihlah metode yang sesuai dengan kondisi wilayah pemasaran Anda, Jika di kota besar pakailah metode online untuk mempermudah pelanggan melihat produk yang Anda jual. Gunakan juga jasa transportasi online untuk mengantarkan produk Anda kepada pelanggan. Sediakan toko offline untuk pelanggan yang tidak mengetahui produk Anda pada media online. Serta pelanggan juga tahu bentuknya secara langsung agar lebih meyakinkan pelanggan.

 

Baca Juga :     Peluang Bisnis Rumahan Terbaik dan Menguntungkan di Tahun 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

Seiring dengan kemajuan zaman banyak bermunculan ide-ide bisnis baru yang menguntungkan bagi pihak penyedia maupun pembeli. Dengan kemudahan teknologi kini pemasaran dapat dilakukan secara online yang tentunya akan lebih mudah mendapatkan banyak pelanggan. Dari segi pelanggan juga mendapatkan keuntungan yaitu kemudahan memasak makanan dalam waktu singkat dan juga rasa yang lezat.

Bisnis frozen food bisa menjadi peluang besar untuk Anda yang ingin memulai usaha kuliner. Tentunya harus dengan analisa yang tepat agar bisnis Anda tidak mudah tersaingi oleh kompetitor. Agar bisnis terus lancar gunakanlah strategi pemasaran yang tepat seperti diskon harga, pengiklanan di media sosial, endorse dan lain-lain. Tips dan trik diatas bisa menjadi bahan referensi Anda untuk berbisnis frozen food.

Related Post :