Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Business, Marketing / 0 | | 0

Seringkali kita salah menilai konsep penjualan dan konsep pemasaran. Bahkan, kita mengira bahwa penjualan dan pemasaran itu merupakan satu artian.

Dalam berbisnis, seharusnya dapat merincikan mana pemasaran dan yang mana penjualan. Apabila kita dapat mengatur strategi pemasaran dengan baik sehingga kita mendapatkan laba dan kepuasan konsumen yang bagus maka otomatis strategi pemasaran kita telah berhasil.

Sebaliknya, jika kita hanya mengandalkan produk yang kita tawarkan saja tanpa melihat feedback apakah barang yang anda tawarkan memiliki manfaat bagi pembeli maka kita hanya sekedar menjual saja. Nah, untuk lebih jelasnya yuk simak perbedaan penjualan dan pemasaran berikut ini.

 

Apa Itu Penjualan?

 

Penjualan itu sebenarnya hanya fokus pada bagaimana produk itu hanya terjual saja. Itu sebabnya, biasanya penjualan hanya mencari keuntungan semata tanpa mempertimbangkan dari sisi kenyamanan dan manfaat produk bagi konsumen.

Itulah sebabnya, Penjualan biasanya akan mengedepankan produk yang dikemas dengan sebaik mungkin. Setelah produk sudah jadi, maka barulah dipikirkan bagaimana pemasarannya dengan baik. Berikut ini beberapa konsep penjualan yaitu :

 

  1. Biasanya produk ini tidak termasuk kedalam kebutuhan pokok, namun hanya kecenderungan yang normal membeli sebuah produk di luar kebutuhan (produk yang tidak penting dan hanya menekankan pada keinginan saja).
  2. Konsumen didorong membeli banyak produk lewat sebuah usaha-usaha yang dilakukan sebuah perusahaan dalam meningkatkan pembelian tersebut.
  3. Mengenai tugas perusahaan, dalam konsep penjualan ialah lebih menekankan pada pengorganisasian bagian yang orientasinya pada penjualan. Hal ini tentu tujuannya untuk menarik maupun mempertahankan konsumen agar tetap loyal.

Baca Juga : 5 Strategi Jitu Tingkatkan Penjualan Produk dengan Akun Instagram

Apa Itu Pemasaran ?

 

 

Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang memfokuskan pada kebutuhan pembeli. Pemasaran biasanya lebih sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya. Pemasaran lebih bergantung dengan loyalitas konsumen. Berikut ini ialah strategi pemasaran :

 

  1. Biasanya produk yang ditawarkan ialah produk yang menjadi kebutuhan utama pelanggan.
  2. Untuk aktivitas marketing sudah direncanakan dan saling berintegrasi.
  3. Tujuan utamanya adalah memenuhi atau mencapai tujuan perusahaan dan berusaha memberikan kepuasan semaksimal mungkin pada pelanggan.

 

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Setelah anda mengetahui masing – masing dari konsepan penjualan dan konsepan pemasaran. Anda perlu mengetahui perbedaan yang lebih jelas tentang pemasaran dan penjualan. Sebenarnya dalam dunia marketing, anda perlu membedakan strategi ini. Agar produk yang anda jual bisa mendapatkan feedback yang bagus dari pelanggan.

Untuk konsep pemasaran lebih pada menekankan pengembangan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen dan memperoleh laba. Sedangkan penjualan hanya sebatas menjual produk saja. Berikut ini perbedaanya yaitu:

 

  1. Penjualan lebih menekankan dengan lakunya produk, sementara pemasaran lebih melihat kenyamanan dan kebutuhan pelanggan.
  2. Penjualan dikemas sebaik mungkin agar pembeli tertarik, pemasaran membuat produk memiliki nilai daya jual dan manfaat
  3. Konsep penjualan lebih berorientasi pada volume penjualan produk. Sedangkan untuk konsep pemasaran menekankan pada laba usaha dan loyalitas konsumen.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Secara Online dan Offline Beserta Contohnya

Kesimpulan dan Penutup

Sebenarnya pemasaran dan penjualan memiliki pengertian yang berbeda. Walaupun pemasaran dan penjualan sama – sama salah satu strategi marketing. Misalnya penjualan, ia hanya memiliki fokus barang yang terjual sebanyak mungkin tanpa melihat loyalitas konsumen.

Namun, berbeda dengan pemasaran yang biasanya melihat produk tersebut bernilai daya jual di masyarakat dan memiliki manfaat agar pelanggannya tetap loyal dengan produk yang ditawarkan.

Anda bisa menerapkan salah satu strategi ini kedalam bisnis anda, apalagi kalau digabungkan pemasaran dan penjualan. Maka anda juga tetap mempertahankan ciri khas dari produk anda. selamat mencoba.

Related Post :

popup image