PHP : Defisini, Kelebihan dan Kekurangannya

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Ada banyak situs web di dunia ini yang menjadi penanda dunia modern dan apakah Anda berpikir untuk meluncurkan situs Anda sendiri? Jika Anda mencari di mesin pencari tentang bagaimana membuat website, Anda akan menemukan berbagai cara dan teknik. Mulai dari menggunakan layanan website builder, menyewa jasa programmer, hingga membuat website itu sendiri.

Tapi jika Anda memutuskan untuk membuat website sendiri, maka Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman yang dapat digunakan dalam mengembangkan sebuah website. Menariknya, ada banyak sekali sekali bahasa pemrograman yang dapat Anda gunakan, namun mungkin Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari bahasa pemrograman tersebut. Salah satu bahasa pemrograman yang popular selama dua dekade belakangan ini adalah bahasa PHP (Hypertext Preprocessor).

Adapun bahasa PHP sendiri digunakan oleh developer untuk membangun dan mengembangkan suatu website, walau bahasa pemrograman ini mulai kehilangan popularitasnya karena bahasa yang lebih baru dan dioptimalkan. Meskipun demikian, Anda tetap mendapatkan banyak manfaat dari mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini karena kelebihannya. Sebelum Anda memilih bahasa pemrograman ini, yuk pahami dulu definisi bahasa PHP serta simak kelebihan dan kekurangan dari salah satu bahasa pemrograman dasar ini.

 

Memahami dan Mengerti Definisi PHP

PHP : Defisini, Kelebihan dan Kekurangannya
 

PHP yang merupakan singkatan dari Hypertext Processor atau Personal Home Page merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source atau gratis, yang berjalan di server-side untuk membangun dan mengembangkan sebuah website. Open source sendiri artinya bahasa pemrograman PHP ditulis untuk dijalankan di bagian server website dan bukan bergantung ke browser web dari sisi user. Pada awalnya adalah bahasa yang digunakan untuk tujuan umum seperti yang salah satu penggunaannya dapat membangun aplikasi desktop.

Di mulai dari versi 5, bahasa pemrograman ini menawarkan serangkaian kemampuan baru dengan mendukung pemrograman berorientasi objek atau object oriented programming (OOP). Salah satu manfaat yang mungkin Anda dapatkan dengan menggunakan bahasa ini adalah beragam library dan framework yang tersedia untuk memperluas kemampuannya seperti Phalcon,Laravel, Yii dan Symfony. Platform lain yang terkenal yang juga ditulis dengan PHP adalah WordPress dan Facebook.

Dalam kasus Facebook, ini merupakan contoh terbaik yang cukup jelas dari mengapa Anda memilih bahasa pemrograman ini untuk membuat website Anda. Sosial media ini telah lama berkembang menjadi website yang kompleks dan memiliki beragam fitur seperti pesan instan, pemutaran video, blogging, periklanan, dan lainnya namun tetap masih didasarkan pada kode PHP yang terikat erat dengan teknologi website lainnya.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Terbaik 2022

 

Kelebihan dan Keunggulan Menggunakan PHP Dalam Merancang Situs Web

Berkaca dari bagaimana PHP dapat membuat Facebook dan WordPress menjadi apa di kenali dunia saat ini, tentu saja programing language yang satu ini tidak dapat diremehkan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan keunggulan utama dari PHP jika Anda berniat merancang situs web Anda sendiri dari dasar.

  • Bersifat Open Source

    Bahasa PHP dapat diakses oleh semua orang dengan melakukan download dari open source dan mendapatkannya dengan gratis. Ini artinya Anda dapat melakukan download dimanapun dan akan siap untuk digunakan dalam mengembangkan website.

  • Lebih fleksibel

    Bahasa ini sangat fleksibel, dimana Anda dapat dengan mudah mengkombinasikan fungsi yang ada dengan bahasa pemrograman lainnya. Anda juga dapat menggunakan packages yang merupakan teknologi yang efektif untuk setiap fiturnya.

  • Bantuan dan dukungan Library Support

    Saat ini PHP telah mendukung library yang berisi kumpulan fungsi untuk representasi data. Anda dapat dengan mudah memanggil fungsi tersebut untuk membantu ataupun membangun fitur website Anda.

  • Pemuatan yang lebih cepat

    Anda dapat dengan mudah memuat aplikasi berbasis PHP dan menghubungkannya ke database. Developer menggunakannya karena memiliki kecepatan pemuatan yang cepat meskipun koneksi internet lambat.

  • Platform yang mandiri dan berdiri sendiri

    Kelebihan PHP lainnya adalah dapat berjalan di sistem operasi manapun seperti Windows, Linux, UNIX, dan lain-lain. Anda dapat menggunakan bahasa ini tanpa perlu mengkhawatirkan di OS (Operating System) mana Anda dapat menggunakannya.

  • Lebih user-friendly termasuk kepada pemula

    Sintaks yang terdapat pada PHP akan mudah dimengerti terutama bagi Anda yang telah mengetahui bahasa pemrograman C dimana ini akan membuat Anda lebih hemat waktu dalam memahami bahasa PHP.

  • Lebih stabil

    Karena bersifat open source, artinya semua orang dapat ikut membantu mengembangkan bahasa pemrograman ini menjadi lebih baik yang membuat PHP sangat stabil selama bertahun- tahun dan dapat memberikan dukungan berkelanjutan.

  • Koneksi ke database yang baik

    Salah satu kelebihan lainnya adalah koneksi database built-in yang membantu untuk menghubungkan database seperti MySQL, MariaDB, MongoDB, dan sebagainya dimaka kelebihhan ini akan mengurangi waktu dalam pengembangan website Anda.

  • Membantu meningkatkan peluang kerja

    Dikarenakan PHP merupakan bahasa pemrograman popular hingga saat ini, banyak perusahaan yang mencari developer dengan pengetahuan bahasa ini yang mana akan mendatangkan lowongan kerjanya tersendiri.

 

Baca Juga  :      Tips dan Trik Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Cepat Bagi Pemula

 

Kekurangan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP

PHP : Defisini, Kelebihan dan Kekurangannya
 

 

Meskipun PHP memiliki banyak kelebihan yang menarik seperti yang disebutkan diatas, tapi tidak dipungkiri bahwa terdapat beberapa kekurangan yang mungkin dapat membuat Anda mempertimbangkan kembali menggunakan bahasa pemrograman ini, diantaranya seperti :

  • Keamanan yang kurang terjamin

    Bersifat open source belum tentu baik karena PHP dari segi keamanan tidak cukup aman karena semua orang dapat melihat file teks ASCII Anda yang tersedia dengan mudah.

  • Tidak sesuai untuk pengembangan aplikasi web yang besar dan kompleks

    Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi web dengan konten yang sangat besar, mungkin Anda akan memilih bahasa pemrograman lainnya dibandingkan dengan PHP saja. Ini dikarenakan sintaks PHP pada website besar akan lebih sulit dimaintain mengingat strukturnya yang tidak terlalu rapi.

  • Perfoma yang lemah

    Sayangnya PHP tidak mendukung penggunaan banyak fitur dalam satu waktu. Jika Anda mencoba menggunakan beberapa fitur dari framework atau tools tertentu, maka akan menyebabkan perfomansi yang buruk saat Anda telah mengembangkan aplikasi online.

  • Tidak sesederhana bahasa pemrograman terkini

    Meskipun PHP merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori populer dan cukup kuat, namun terdapat banyak bahasa pemrograman lainnya yang lebih mudah digunakan untuk pengembangan aplikasi web. Dibandingkan framework bahasa lainnya, framework atau kerangka kerja PHP memiliki kinerja dan fitur yang tidak setara karena framework bahasa pemrograman lainnya memiliki kemudahan dalam mempelajarinya.

  • Tidak adanya akses untuk melakukan modifikasi

    Kekurangan lainnya adalah PHP tidak memberikan izin untuk mengubah behavior inti dari aplikasi online. Sehingga jika Anda memiliki beberapa fungsi yang lebih kompleks, Anda mungkin memerlukan tambahan bahasa pemrograman lainnya.

  • Cara melakukan Handling Error yang kurang tangguh

    Banyak developer yang telah menemukan celah pada code PHP sehingga rentan terhadap handling error karena kurangnya alat untuk melakukan debugging dan peringatan error. Anda mungkin akan menemukan beberapa bug pada aplikasi Anda yang tidak terlihat letak kesalahannya, sehingga mungkin akan sedikit menyulitkan Anda.

 

Baca Juga  :     Panduan Lengkap Belajar Bahasa Pemrograman PHP untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Bahasa PHP adalah bahasa pemrograman pada server-side yang artinya berjalan pada sisi server website yang bersifat open-source sehingga Anda dapat melakukan download secara gratis di manapun. Selain itu pengembangan bahasa ini membuatnya memiliki beberapa kelebihan seperti stabil karena banyak developer yang telah mengembangkannya menjadi lebih baik, gratis sehingga Anda yang memulai belajar bahasa pemrograman tidak perlu mengeluarkan biaya, hingga meningkatkan peluang kerja Anda.

Hanya saja disisi lain bahasa PHP memiliki kekurangan seperti keamanannya tidak terlalu aman, performa lemah ketika Anda menjalankan beberapa fungsi di satu waktu, hingga tidak cocok untuk pengembangan aplikasi yang sangat besar mengingat sintaksnya yang tidak terlalu rapi. Menganalisis kelebihan serta kekurangan bahasa ini adalah cara yang bagus untuk memperoleh pengetahuan Anda tentang PHP. Oleh itu, Anda dapat mempertimbangkan secara matang apakah Anda akan menggunakan bahasa ini atau tidak dalam pengembangan website Anda.

 

 

 

 

Related Post :