Plugin untuk Coming Soon Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Laman segera hadir atau dalam bahasa Inggris disebut dengan coming soon page adalah halaman pemeliharaan yang menjadi salah satu cara terbaik untuk memberitahukan kepada pengguna dan pengunjung laman bahwa situs tersebut sedang tidak tersedia, hal ini bisa menjadi peluang yang baik untuk Anda agar tetap terhubung dengan pengunjung situs jika membuat jenis halaman yang tepat. Laman coming soon ini dapat menjadi awal hubungan yang baik antara pelanggan lama atau bisa jadi pengubah lalu lintas situs Anda untuk selamanya. Pesan coming soon yang tampil di halaman website Anda, juga bisa mencegah website yang belum selesai terlihat oleh pengunjung.

Situs yang dalam mode pemeliharaan akan terlihat tidak aktif pada bilah menu admin WordPress, perlu melakukannya secara bertahap jika pembaruan website dilakukan dengan menghosting website Anda dengan hosting perusahaan yang dikelola. Alasan yang paling sering terjadi saat orang-orang melakukan pembaruan dan pemeliharaan website adalah karena peretasan yang terjadi pada websitenya. Dalam mode pemeliharaan, Anda akan melihat website seperti biasanya namun pengunjung akan melihat laman dengan tampilan pesan khusus yang telah dibuat sebelumnya.

Dengan menggunakan coming soon, website milik Anda akan tetap ada dan bertahan dalam mesin penelusuran. Hanya saja tampilan yang disediakan tidak seperti biasanya, isi website sebelumnya masih ada dan tampil pada menu admin. Sehingga Anda bisa memperbaiki semua kesalahan yang ada tanpa dilihat oleh pengunjung website lainnya, hal ini bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan beberapa plugin yang sudah tersedia dan bisa langsung digunakan.

 

Mengenal Plugin

 Plugin untuk Coming Soon Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Plugin adalah sebuah ekstensi yang ditambahkan ke dalam situs sebuah website yang bisa digunakan memodifikasi dan mengembangkan fungsi utama yang terdapat pada WordPress, Anda akan lebih mudah melakukan kustomisasi pada WordPress tanpa harus menggunakan sejumlah kode cukup dengan mengunduh dan menginstall pada website. Plugin yang digunakan pada website bisa diartikan sebagai memasukkannya (plug) kode tambahannya untuk kemudian memodifikasi kode original yang ada, tidak perlu khawatir saat Anda tidak lagi menggunakan perubahan yang ada, bisa dengan melakukan nonaktifkan plugin (unplug).

WordPress sendiri menyediakan ribuan plugin baik yang berbayar maupun yang gratis, penggunaan plugin yang sesuai dengan website tidak hanya bisa mengembangkan fungsionalitas tetapi juga bisa memperbaiki pengalaman user (user experience) sehingga mempermudah aktivitas dan pekerjaan Anda. Fungsi tambahan yang dimiliki WordPress ini bisa membuat website yang Anda miliki terlihat lebih powerfull, banyak jenis varian plugin yang bisa ditambahkan ke WordPress dengan memiliki fungsi spesifik yang berbeda antara plugin yang lain.

Sebelum adanya plugin pada WordPress, kebutuhan penambahan tombol dan menu-menu pada website harus menguasai kemampuan bahasa pemrograman seperti PHP. Anda akan cukup kesulitan jika tidak menguasainya, kelemahan lain adalah diperlukannya waktu yang tidak sedikit untuk membuatnya karena kode program yang error misalnya. Ada tiga cara yang bisa digunakan untuk menginstall plugin, cara pertama dengan menginstall langsung melalui direktori WordPress sendiri. Untuk cara kedua dengan mengupload file .zip ke situs terkait, dan cara terakhir dengan upload plugin melalui FTP.

Baca Juga  :   Mengenal Apa itu Plugin : Defenisi, Keunggulan, dan Cara Kerja

 

Jenis-Jenis Plugin

Ada beberapa jenis plugin yang bisa digunakan dan pahami terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada website Anda, berikut ulasannya.

 

  1. Plugin SEO terbaik WordPress

    Plugin ini dapat membuat website bisnis anda menjadi peringkat pertama dalam halaman pencarian Google. Dengan menginstall plugin SEO seperti Yoast SEO Plugin tersebut berfungsi untuk membantu menganalisis artikel yang akan Anda rilis dari segi SEO dan dapat memberikan nilai dalam konten anda sudah layak dalam segi SEO atau belum. Contoh plugin SEO: All in One SEO Pack, Yoast SEO. Beberapa Keunggulan Plugin SEO di WordPress :

    • Menganalisa halaman dan post WordPress serta mengidentifikasi kelemahan SEO.
    • Memperbarui halaman hasil analisis pada saat perubahan SEO yang sesuai dibuat.
    • Membuat XML Sitemap website dengan praktis.
    • Membuat breadcrumbs pada tema WordPress yang kompatibel.

     

  2. Plugin KeamananDalam dunia digital, terutama website pasti memiliki banyak tidak kejahatan. Seperti virus malware atau hacker. Untuk menghindari hal ini, anda memerlukan plugin keamanan. Agar website anda tidak mudah diretas oleh orang lain. Contoh plugin keamanan: iThemes Security, Jetpack, dan Wordfence, Let’s Encrypt.
  3. Plugin Backup

    Pernahkah anda ingin membuat suatu konten namun anda lupa untuk menyimpannya karena website anda error. Kemudian konten anda tersebut hilang seketika karena belum di save. Nah, anda membutuhkan Plugin Backup yang berfungsi untuk mengembalikan data website yang error atau terhapus. Lalu, memasang plugin ini merupakan langkah antisipasi jika terjadi error pada website yang menyebabkan data-data di dalamnya terhapus. Contoh plugin backup: UpdraftPlus dan BackWPUp.

  4. Plugin Anti-Spam

    Pernahkah ada memperoleh banyak komentar di setiap artikel yang Anda rilis tentu menyenangkan. Namun, terkadang tidak jarang kolom komentar dipenuhi komentar-komentar spam. Hal ini dapat mengganggu anda bukan? Terutama dalam akun website bisnis anda. Oleh karena itu, Anda perlu memasang plugin seperti Akismet agar website atau blog Anda terhindar dari komentar-komentar spam yang mengganggu. Contoh plugin anti spam adalah Akismet.

Baca Juga  :   Mengetahui Plugin-Plugin Wajib yang Dipasang untuk Website WordPress

 

Plugin untuk Coming Soon Website

 Plugin untuk Coming Soon Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Sudah menjadi alat yang bagus dalam mengembangkan dan memelihara website milik Anda, terdapat banyak plugin yang cukup bagus untuk memulai itu. Selain memelihara plugin ini juga bisa digunakan untuk Anda yang ingin menampilkan website dalam mode Coming Soon, seperti ulasan berikut.

 

  • WP Maintenance

    Plugin ini dibuat oleh Florent Mailefaud dengan fitur yang dimilikinya berupa penambahan logo, penghitung waktu mundur, multi bahasa, slider, background, Google Analytics, custom script serta lainnya. Dengan plugin ini Anda bisa membuat halaman Coming Soon pada website atau melakukan pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan. Anda hanya perlu melakukan install dan setting saja menu yang ada pada WP Maintenance.

  • WP Maintenance Mode

    Plugin satu ini dikembangkan oleh Designmodo dan StrictThemes dengan gratis dan bisa Anda unduh melalui WordPress(dot)org langsung, menggunakan plugin ini Anda bisa membuat tampilan dengan tema Coming Soon pada halaman depan website atau blog. Fitur-fitur yang disediakan berupa kustomisasi halaman, formulir berlangganan, responsive design, sosmed ikon, SEO ready dan banyak fitur menarik lainnya.

  • Coming Soon and Maintenance Mode

    Salah satu plugin yang juga bisa untuk melakukan pemeliharaan dan Coming Soon page dengan menggunakan latar belakang gambar dan juga video, membuat halaman Anda tampak menarik dan menghibur sehingga pengunjung betah berada di website Anda. Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya dibedakan dalam dua jenis, untuk versi gratis fitur yang tersedia berupa pencitraan merek khusus, kompatibel pada semua versi dari WordPress, bisa diletakkan di bawah halaman konstruksi, dan terhubung dalam media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan Instagram. Untuk fitur berbayarnya, Anda bisa menambahkan latar belakang menggunakan video atau efek animasi, terdapat formulir berlangganan untuk mengumpulkan prospek, serta memudahkan untuk mengirimkan email kepada pelanggan yang ada di daftar email Anda.

  • Coming Soon Page

    Buatan SeeProd ini diberi nama Coming Soon Page, template pada plugin ini sudah mendukung tampilan responsive secara penuh yang dibuat dengan menggunakan CSS3. Dilengkapi dengan fitur preview sehingga Anda bisa dengan mudah melihat langsung hasil editannya, selain tersedia versi berbayar plugin ini juga menyediakan versi gratisnya. Untuk Anda yang tidak membutuhkan banyak fitur, versi gratis dari plugin ini sudah cukup membantu.

Baca Juga  :   Kumpulan Plugin Website yang Bagus dan Cocok Dipasang untuk Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Plugin-plugin yang ada bisa Anda manfaatkan dalam mengembangkan website, selain untuk menampilkan laman Coming Soon perbaikan juga bisa digunakan. Plugin yang tersedia cukup membantu baik dalam tampilan maupun pemeliharaan, beberapa plugin yang ada menyediakan tampilan menarik dengan bantuan latar belakang gambar, video hingga animasi bergerak. Tampilan Coming Soon yang menarik akan membuat pengunjung penasaran dengan isi dari website tersebut, sehingga laman website Anda akan terus dikunjungi dan dinantikan hadirnya.

Gunakan plugin yang sesuai dengan kebutuhan website Anda, jika hanya untuk kebutuhan yang sederhana dengan fitur yang ada bisa Anda gunakan plugin yang menyediakan fitur gratis namun bisa digunakan untuk platform milik Anda. Membuat laman Coming Soon tidaklah terlalu sulit saat ini, berbeda dengan sebelum plugin hadir yang saat itu masih harus menggunakan script code PHP secara manual sehingga membutuhkan pemahaman dan waktu yang relatif lama mengingat error yang sering terjadi.

Related Post :