Kumpulan Plugin Website yang Bagus dan Cocok Dipasang untuk Website

Tips & Tricks, Web & Development / 0 | | 0

Pemilik blog atau website dengan platform seperti WordPress mendapatkan kelebihan dan kemudah tersendiri. Tidak hanya fleksibel pada versi self- hosted dan berbayar, WordPress memberikan keleluasaan bagi para penggunanya untuk menginstal dan menambahkan berbagi plugin yang mendukung website atau blog mereka agar lebih menarik juga berbeda dari lainnya.

Banyak dari plugin yang di install dan digunakan tersebut mempunyai tujuan tertentu seperti plugin keamanan, optimasi, contact form, backup website, SEO dan kegunaan lain sebagainya. Tetapi meski pun inti penggunaan plugin adalah mendorong kinerja dan memberikan daya tarik tersendiri bagi website atau blog, jika Anda terlalu banyak menggunakan plugin, itu akan menghambat gerak laju website.

Terutama bagi Anda yang masih pemula dalam mengembangkan website atau blog yang masih mencari plugin yang efisien serta fungsional dan berusaha untuk tidak mengganggu kinerja website Anda. Sebaiknya Anda harus mencari tahu kelebihan dan kekurangan sebuah plugin sebelum menginstalnya, maka dari itu mari mengetahui plugin- plugin wajib yang bisa dipasang untuk website WordPress berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Plugin

Kumpulan Plugin Website yang Bagus dan Cocok Dipasang untuk Website
 

Plugin adalah tambahan perangkat lunak yang memungkinkan penyesuaian program komputer, aplikasi, dan browser web serta penyesuaian konten yang ditawarkan oleh situs web. Sementara plugin terus digunakan sebagai add-on untuk menyesuaikan program dan aplikasi, penggunaannya di browser web agak menurun, mendukung penggunaan ekstensi browser sebagai gantinya.

Selain itu plugin juga merupakan semua add-on kecil yang mengoptimalkan konten yang Anda keluarkan sebagai pembuat online. Sebagai konsumen konten, mereka adalah tambahan ekstra yang memungkinkan Anda merasakan internet dalam berbagai cara yang mencakup gambar, suara, video, dan animasi. Plugin juga membantu halaman web dan situs web menjadi lebih dari sekadar blok teks besar; ada plugin untuk membantu peringkat posting blog Anda lebih baik, untuk menampilkan video YouTube dan Vimeo di situs web Anda, atau bahkan membantu menyesuaikan font situs web Anda.

 

Baca Juga  :       Contoh Website Company Profile yang Profesional dan Kekinian

 

Kumpulan Plugin Website

Kumpulan Plugin Website yang Bagus dan Cocok Dipasang untuk Website
 

Ada banyak plugin baik itu jenis dan ragam kegunaanya tersendiri yang bisa Anda sisipkan atau gunakan ke dalam website Anda. Plugin akan membantu menaik tarafkan serta membuat website Anda menjadi lebih canggih tetapi juga fungsional sesuai dengan kebuthan dan keperluan. Berikut beberapa rekomendasi berikut ini.

 

Akismet

Tidak jarang banyak komentar- komentar yang masuk di bawah artikel atau konten yang sering serupa dan dikirim terus- menerus. Inilah yang disebut dengan komentar spam pada website. Untuk mengatasi kemunculan spam yang mengganggu ini tentu diperlukan sebuah alat atau plugin yang dapat melakukan penyaringan otomatis. Akismet adalah plugin yang paling populer untuk pekerjaan ini, setiap komentar yang masuk akan di filter terlebih dahulu dan Anda tinggal memilih komentar yang ingin dihapus atau ditampilkan

Kelebihan Akismet :

  • Secara otomatis akan melakukan penyaringan
  • Admin blog dapat melihat semua komentar yang masuk
  • Admin dapat memilih dan menyaring komentar
  • Fitur otomatis akan membuang semua spam

 

Contact Form 7

Jika Anda ingin menampilkan formulir kontak yang menarik, aman dan fungsional di dalam laman website Anda, Anda dapat mengandalkan plugin Contact Form 7 ini. Plugin ini merupakan ide dan metode terbaik untuk mengaktifkan percakapan di antara pemilik situs dan pengunjungnya. Contact Form 7 juga memungkinkan Anda untuk menambahkan 1 atau lebih form yang bisa dimodifikasi untuk menyesuaikan website WordPress.

Kelebihan Contact Form 7 :

  • Adanya kustomisasi formulir kontak.
  • Mencegah spam yang masuk dengan Akismet dan CAPTCHA.
  • Memungkin pengelolaan berbagai formulir kontak.

 

Baca Juga  :       Daftar Template Website Terbaik & SEO Friendly di Tahun 2021

 

WooCommerce

Plugin ini akan sangat membantu bagi Anda yang mempunyai website jual beli online atau e-commerce. WooCommerce merupakan salah satu plugin pendukung e-commerce terbaik yang banyak digunakan oleh hampir sepertiga website pembelanjaan online di seluruh dunia.

Kelebihan WooCommerce :

  • Mampu menerima berbagai opsi pembayaran online
  • Telah terintegrasi dengan bermacam plugin dan ekstensi lainnya
  • Mudah untuk di instal dan di set up

 

Keyy Two Factor Authentication

Selain serangan spam, kita harus juga memperhatikan serangan hacker yang mencoba mencuri data dan informasi. Oleh karenanya pemilik website harus mencari cara untuk mengamankan data mereka, salah satu plugin pengaman yang bisa Anda coba adalah Keyy Two Factor Authentication untuk memverifikasi semua identitas pada perangkat Anda.

Plugin pengaman terbaik ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan akses masuk atau log in ke dalam WordPress mereka melalui smartphone. Dengan hanya mengunduh aplikasi yang tepat, Anda dapat membuat nomor pin dan merekam sidik jari yang membuat log in lebih mudah dan aman. Plugin ini juga menyediakan versi premium berbayar dan gratis.

  • Kelebihan Keyy Two Factor Authentication :
  • Mampu mengamankan website dari akses yang tidak dikenal dan mencurigakan.
  • Menghapus opsi kewajiban untuk memasukkan password.
  • Memungkinkan pengguna mengakses website WordPress mereka dengan hanya sekali klik saja.
  • Membuat dan menyimpan kunci versi digital 2048-bit RSA pada perangkat smartphone/tablet Anda.

 

Imagify Image Optimizer

kecepatan muat atau loading website membawa pengaruh besar pada minat pengunjungnya, maka dari itu pemilik website harus lebih memperhatikan faktor apa saja yang membuat loading lambat. Salah satu faktor itu adalah ukuran image yang terlalu besar yang memerlukan waktu untuk memunculkannya. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat menggunakan plugin Imagify Image Optimizer.

Kelebihan Imagify Image Optimizer :

  • Bekerja secara otomatis untuk mengoptimalkan gambar pada Media Library.
  • Melakukan compress gambar website mengikuti 3 algoritma.
  • Melakukan restore atau penyimpanan kembali gambar ke ukuran semula setelah unisntall.

 

Baca Juga  :     Cara Cek Backlink Website dengan Mudah dan Cepat

 

Google Analytics Dashboard for WP (GADWP)

Plugin yang satu ini merupakan andalan bagi pemilik situs web yang ingin selalu melakukan pengecekan dan memonitor progress website mereka secara berkala. Mereka ingin melihat kemajuan dan kemunduran yang terjadi untuk nantinya mencari jalan untuk mengatasi masalah yang ada. GADWP adalah plugin yang sangat ideal bagi mereka yang memerlukan pendataan dan informasi yang konsisten terlihat.

Kelebihan GADWP :

  • Mempunyai akses report atau laporan Google Analytic yang spesifik dan detail.
  • Memuat semua informasi pengunjung website dengan akurat dan cepat.
  • Melacak event yang penting yang terjadi di situs.

 

Broken Link Checker

Bagi Anda yang ingin mengoptimalkan tingkat pencarian website, Anda dapat mencoba plugin yang satu ini. Broken Link Checker bekerja dengan mencari tautan atau link yang menyebabkan munculnya error 404 dan melaporkannya. Dengan begini Anda dapat mengatasi masalah tersebut dan melakukan perbaikan pada link yang rusak.

Kelebihan Broken Link Checker :

  • Melakukan monitoring website dan mencari tautan atau link yang rusak.
  • Mengirim notifikasi peringatan masalah melalui email dan dashboard.
  • Menghentikan search engine untuk tidak mengikuti broken link.

 

Yoast SEO

Banyak dari pengguna WordPress mengandalkan Yoast SEO untuk membantu mereka membuat dan menerbitkan konten yang berkualitas tinggi yang akan optimal pada mesin pencarian. Plugin ini terbilang cukup lengkap dan fungsional untuk menilai kualitas pos, menunjukkan konten pada mesin pencari dan lain sebagainya. Yoast SEO ini dapat Anda nikmati mulai dari 69 dollar untuk versi premium atau versi gratis.

Kelebihan Yoast SEO :

  • Membuat XML Sitemap.
  • Menganalisa laman dan konten post WP juga melakukan identifikasi kelemahan SEO.
  • Membuat breadcrumbs untuk tema WP yang dinilai kompatibel.
  • Memperbarui hasil analisis untuk perubahaan SEO yang dibuat.

 

Baca Juga  :     Harga Pembuatan Website Terbaru di Tahun 2021 untuk Bisnis Online

 

Jetpack

WordPress sendiri juga merancang plugin mereka seperti Jetpack yang dimaksudkan untuk membantu Anda meningkatkan lebih banyak traffic online, mengawasi performa website, mengamankan website dan lainnya. Jetpack juga dapat dengan beberapa modul yang bisa diaktifkan atau tidak sesuai fungsionalitas yang Anda perlukan untuk website Anda.

Kelebihan Jetpack :

  • Melakukan pengamanan website.
  • Mengawasi downtime dan uptime.
  • Membuat statistik dan analisis.

 

W3 Total Cache

Performa website yang lambat membawa pengaruh buruk untuk penjualan dan traffic Anda. W3 Total Cache hadir untuk mencegah loading yang lambat dan membantunya untuk memuat loading lebih cepat disaat para pengunjung membuka website Anda tanpa terkecuali. Plugin ini juga sangat membantu apabila website Anda juga turut dibuka pada perangkat smartphone.

Kelebihan W2 Total Cache :

  • Cache pada bagian besar elemen situs web.
  • Kompatibel terhadap berbagai fitur dan server hosting.

 

Kesimpulan dan penutup

Alasan populernya WordPress (WP) dibandingkan dengan platform blogging lainnya salah satunya adalah plugin- plugin yang Anda baca diatas tadi. Semua plugin itu hanyalah sebagian kecil dari banyak lagi plugin berguna juga lagi fungsional yang bisa Anda unduh dan instal pada website WP Anda. Plugin tersebut memang dimaksudkan untuk mendongkrak dan menaikkan kinerja sebuah situs web, tetapi bukan berarti semua plugin tersebut bisa dipasang dalam satu waktu sekaligus.

Lakukan perincian akan kebutuhan, kekurangan dan poin- poin yang Anda perlukan pada website Anda dan kemudian memastikan tujuan penciptaan website juga akan memberikan Anda panduan dalam mencari plugin yang sesuai. Sedangkan bagi Anda para pemilik dan pengguna pemula, tidak ada salahnya juga menjadi lebih selektif dalam menentukan plugin- plugin yang sesuai dipasang pada website WordPress Anda. Lebih baik menggunakan plugin yang tersedia secara gratis dibandingkan versi premium berbayar terlebih lagi jika Anda belum benar- benar memahami plugin yang Anda pilih.

Related Post :