Plugin untuk Under Construction Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Pernahkah Anda melihat tampilan sebuah website berupa under construction? Jika pernah, Anda harus tahu bahwa pemilik website tersebut masih mengaktifkan websitenya meski dengan tampilan yang belum sempurna. Under construction bisa Anda gunakan plugin ini untuk website yang masih dalam proses pembuatan atau perbaikan, fitur yang dimilikinya berguna untuk menginformasikan kepada user atau pengunjung Anda bahwa website ini sedang dalam proses pembuatan atau pengembangan.

Pada dasarnya, pengelola atau pemilik website bisa saja melakukan penonaktifan websitenya dalam sementara waktu. Namun perlu Anda ketahui, bahwa menonaktifkan website bisa berpengaruh pada pengunjung kedepannya. Selain itu kerugian juga didapat dari sisi SEO yang menjadi kurang baik, pasalnya googlebot tidak bisa mengidentifikasi website milik Anda. Solusi paling aman untuk digunakan pada website yang sedang diperbaiki, website yang belum rampung adalah dengan memasang tampilan sementara pada website seperti coming soon, under construction, dan under maintenance pada website WordPress tersebut.

Tampilan-tampilan semacam itu sudah cukup banyak tersedia di WordPress, namun dari segi pengunduhannya tentu jauh tertinggal dari tema WordPress versi terbaik. Anda bisa mengunduh tema-tema yang sudah jadi, namun kebanyakan tema-tema tersebut tersedia dalam versi berbayar. Plugin jenis under construction ini berguna untuk memberikan informasi kepada pengunjung bahwa website yang Anda miliki sedang dalam masa perbaikan, dan tidak perlu khawatir jika website tersebut terlihat perbaikannya oleh pengguna karena hanya admin yang memiliki akses yang bisa memasukinya.

 

Plugin untuk Under Construction

Plugin untuk Under Construction Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Berikut beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat halaman under construction di WordPress:

 

  • Under Construction Page

    Plugin satu ini membantu dalam membuat halaman under construction dengan cepat, fitur yang dimilikinya sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Plugin ini berguna untuk Anda agar pengunjung tidak melihat halaman yang sedang error saat sedang mengembangkan atau memperbaiki websitenya. Fitur lain yang ditawarkannya berupa mode maintenance dengan pengaturan waktu, saat waktu selesai tampilan website akan kembali normal. Ia juga memiliki fitur kustomisasi CSS, tersedia 150 template yang bisa dipilih sesuai keinginan tinggal mengembangkannya dan menyesuaikan dengan metode drag and drop. Menariknya plugin satu ini menyediakan fitur menambahkan judul dan deskripsi untuk target SEO mereka, plugin ini jadi yang paling banyak digunakan oleh WordPress.

  • Fancy WP Maintenance Mode

    Plugin ini bisa menyesuaikan tampilan di berbagai perangkat, dalam plugin ini bisa Anda pilih tiga tema yang tersedia dalam beberapa opsi yang ditawarkan. Opsi yang tersedia berupa countdown timer, progress bar, custom logo, custom background, dan sebagainya.

  • Elementor Maintenance Mode

    Elementor sudah tidak asing untuk pengguna plugin under construction, ia merupakan website builder dengan tawaran fitur yang menarik hanya dengan metode drag and drop tampilan. Elementor juga menawarkan fitur mode maintenance, Anda bisa menggunakannya hanya dengan beberapa klik saja. Saat menyesuaikan website, Anda dapat menempatkan mode yang sesuai sehingga user tidak bisa mengakses perubahan yang dilakukan. Hanya user dengan akses admin yang bisa mengakses website tersebut dan melakukan perubahan.

  • Coming Soon Landing Page

    Salah satu plugin Coming Soon uang ditawarkan dengan banyak tema yang menarik, Anda juga bisa menyesuaikan dengan kustomisasi tema milik sendiri dengan desain yang ditawarkan. Adanya opsi tambahan berupa sosial media sebagai media promosi sebelum website diluncurkan, tersedia opsi subscription yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan email sebelum website tersebut jadi.

  • Ultimate Maintenance Mode

    Mempunyai fitur screenshot otomatis sehingga bisa menggunakannya sebagai background pesan, Anda bisa membuat pesan sendiri, headline dan background yang sesuai kebutuhan pribadi.
     

    Baca Juga : Kumpulan Plugin Website yang Bagus dan Cocok Dipasang untuk Website

  • Simple Maintenance

    Untuk Anda yang membutuhkan plugin halaman under construction yang ringan bisa menggunakan maintenance mode ini, plugin ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan kapan saja saat tidak lagi digunakan dengan sangat mudah. Plugin ini tidak butuh konfigurasi ataupun instalasi, plugin ini menggunakan layout html5 sehingga mode maintenance nya dapat dibuka menggunakan perangkat mobile. Fitur menarik yang dimilikinya secara otomatis memberitahu search engine bahwa website tersebut sedang dalam proses perbaikan dengan jangka waktu tertentu.

  • Slim Maintenance Mode

    Saat plugin ini aktif admin akan tetap dapat melihat website dalam mode asli websitenya, namun pengunjung tidak akan bisa melihat perubahan yang dilakukan.

  • Ultimate Coming Soon Page

    Plugin terintegrasi dengan banyak tema di WordPress, Anda hanya perlu melakukan install plugin tersebut dan mengaktifkannya tanpa menggunakan konfigurasi. Pengunjung yang datang hanya akan melihat halaman under construction, dan admin bisa tetap melihat halaman asli dari websitenya. Plugin ini tersedia untuk proses penggantian warna background, logo, font dan sebagainya.

  • Maintenance Mode

    Plugin ini membantu pengaturan halaman dengan mudah, opsi yang tersedia berupa penambahan timer, progress bar dan lain sebagainya. Fitur sederhana yang disediakannya bisa membantu Anda untuk menampilkan halaman yang terlihat sederhana namun tetap menarik.

  • Site Offline or Coming Soon

    Mode maintenance ini umumnya user akan melihat splash dalam bentuk pesan, jika Anda user yang memiliki akses admin bisa melihat website yang asli dan bisa mengubahnya sedang pengguna lain hanya bisa melihat halaman berbentuk splash. Ketika dalam mode maintenance Anda tetap bisa memanfaatkan trafik yang masuk ke dalam website, form subscribe juga bisa Anda atur dan menambahkan akun sosial media, hingga mengatur tampilan pesan di website.

  • Easy Pie Maintenance Mode

    Plugin terakhir yang akan dibahas kali ini sudah cukup populer, sudah diunduh lebih dari 30 ribu kali. Ada banyak tema yang bisa dipilih sesuai dengan tema yang cukup responsif untuk semua perangkat, selain itu Anda juga bisa menambahkan logo dengan tampilan. Header, pesan, dan teks lain sesuai kebutuhan. Menariknya bisa menambahkan kustomisasi CSS di tema yang ada sebelum digunakan.

 

Baca Juga  :   Mengetahui Plugin-Plugin Wajib yang Dipasang untuk Website WordPress

 

Kelebihan dari Under Construction

Plugin untuk Under Construction Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan
 

Plugin yang tersedia memudahkan Anda untuk melakukan perubahan pada website menggunakan tema, namun saat perubahan dilakukan maka tema akan ikut berubah. Untuk bisa menampilkan pesan kepada pengunjung dan melakukan pengembangan sekaligus, cara ideal yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan plugin under construction atau plugin maintenance WordPress. Menggunakan plugin under construction Anda bisa mendapatkan kelebihan berupa proses pengembangan tidak mempengaruhi tampilan oleh pengunjung website, Anda bisa tetap fokus untuk mengembangkan website tanpa khawatir jika pengunjung website terganggu dengan perbaikan yang dilakukan.

Alih-alih menampilkan halaman kosong atau error, dengan mengaktifkan plugin maka tampilan under construction otomatis ada pada website milik Anda. Selain itu, plugin yang tersedia juga memiliki banyak fitur yang sangat menarik dan bisa dipilih. Sehingga sangat bisa membantu Anda yang kesulitan dalam melakukan perbaikan pada website yang Anda miliki.

 

Baca Juga  :   Plugin untuk Coming Soon Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Kesimpulan dan Penutup

Plugin ada banyak macamnya yang bisa diterapkan pada website WordPress Anda, plugin-plugin ini tersedia dalam berbagai fitur sesuai dengan kebutuhan. Cari dan pilihlah plugin yang sesuai dan mendukung untuk melakukan pengembangan pada website, karena sebaiknya saat website Anda sedang ingin diperbaiki atau dalam masa pengembangan ada baiknya menggunakan plugin under construction atau plugin lainnya. Sehingga pengunjung Anda tidak melarikan diri dan berpindah ke website lain, hanya karena Anda tidak memberitahukan status website milik Anda.

Website tanpa status atau hanya tampilan kosong biasa tentu akan menyulitkan pengunjung untuk mengetahui seperti apa isi website Anda, selain itu ada banyak kesulitan lain yang bisa Anda dapatkan seperti kurang baiknya status SEO website, berkurangnya jumlah pengunjung, hingga kepercayaan pengunjung tidak lagi Anda dapatkan dalam website nantinya. Pastikan untuk mengelola website secara benar agar website Anda tertata dalam pengerjaan dan pengaturannya.

Related Post :