Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Di-era pandemi saat ini semua kegiatan dilakukan dirumah dan tak terkecuali untuk Anda yang ingin belajar. Bagi Anda yang tengah belajar atau ingin belajar menjadi seorang Devekoper, Anda membutuhkan yang namanya mempelajari Coding. Coding sendiri juga bisa dikatakan kegiatan menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Jadi, seorang coder atau programmer akan melakukan proses pengolahan kode dengan menggunakan bahasa pemrograman. Namun kendala lain yang membuat orang sulit mempelajari nya karena terkendala masalah biaya untuk kursus.

Jangan khawatir, dengan kemajuan teknologi dan digitalisasi internet yang sudah hampir meluas ke pelosok dunia, kini semua orang bisa menikmati kelas belajar online di mana pun mereka berada. Selain itu kelas online ini juga menawarkan banyak mata kuliah atau mata pelajaran bisa Anda pilih untuk dipelajari. Salah satunya adalah kelas IT yang mengkhususkan diri dalam pembelajaran coding.

Bidang ini sangat berkembang pesat di era dimana aplikasi mulai menjamur dan semua orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka secara online.  Namun, Ada juga situs-situs yang dapat Anda akses sendiri. Anda dapat memanfaatkan media elektronik yang kini platfrom nya dapat menjadi situs pembelajaran. Selain belajar sendiri dirumah Anda juga dapat memanfatkan waktu secara maksimal tanpa perlu keluar rumah untuk pergi private les.  Artikel Berikut akan menawarkan beberapa situs tempat belajar Coding bagi pemula.

 

Mengenal Coding

 

Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis
 

Menurut youtube channel Ricko En, Coding merupakan salah satu dari langkah-langkah pemrograman. Coding yaitu menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode (diagram alur) ke dalam suatu bahasa pemrograman, baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk sebuah program. Coding pada umumnya memang banyak dipelajari bagi mereka yang kuliah dalam dunia IT saja. Namun karena sekarang orang sudah banyak menggunkan komputer, Otomatis dituntut harus bisa mecoding dan meprogram komputer sendiri. Coding sendiri memiliki tujuan untuk dapat memindahkan ke dalam sarana penyimpanan, misalnya komputer dan analisa berikutnya.

 

 

Baca Juga : Rekomendasi Antivirus Windows dan Mac OS Terbaik dan Gratis 

 

Cara Belajar Coding Untuk Pemula

 

Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis
 

Pelajari dasar-dasar sistem, pemrograman, aplikasi, dan software fungsi khusus untuk membantu bisnis berinovasi dalam menghadapi situasi yang terus berubah. Bagi pemula pasti akan sedikit bingung bagaimana cara belajar Coding. Apalagi bagi yang belum pernah belajar sebelumnya. Berikut Tips-tip atau langkah belajar coding untuk pemula :

 

  1. Memahami pengertian serta konsep dasar dalam coding.
  2. Memahami dan pilah bahasa pemrograman
  3. Setelah itu mulai telaah bahasa pemrograman satu demi satu.
  4. Mempelajari dasar setiap bahasa pemrograman.
  5. Mengikuti kursus coding.
  6. Mempelajari coding yang dibuat orang lain.
  7. Carilah mentor.

 

 

Baca Juga : Aplikasi untuk Rekam Layar / Screen Recorder Laptop Windows & Mac OS yang Gratis dan Terbaik 

 

Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis

 

Belajar Coding tidak harus melulu dengan kursus berbayar. Kini ada banyak platfrom gratis yang dapat Anda akses sendiri. Beberapa diantara nya banyak ditemukan pada browser sehingga Anda dapat mengaksesnya secara personal. Berikut Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis yang dapat Anda coba :

 

  • Coursera

    Coursera menawarkan kursus berbasis tutorial, coding, serta resource yang nantinya akan diajarkan langsung oleh professor tingkat universitas. Melalui situs ini Anda bisa menemukan berbagai kursus sekolah koding. Terlebih dalam mengembangkan dan mengelola situs tersebut, Coursera sudah bekerja sama dengan beberapa guru terbaik di universitas top. Hal tersebut berarti saat Anda belajar coding dasar di Coursera maka Anda sudah belajar langsung dari ahlinya. Terlebih setiap kursus yang ada di situs tersebut tidak memungut biaya alias gratis. Namun, apabila dalam kursus tersebut Anda menginginkan sertifikat maka Anda perlu membayar sejumlah biaya untuk menebus sertifikat tersebut.
    Beberapa hal yang bisa Anda pelajari melalui situs ini seperti :

    • Java
    • Phyton
    • CSS
    • HTML dan lain-lain
  • Udemy

    Udemy merupakan situs yang dapat Anda coba untuk kursus coding dirumah. Udemy menawarkan pengajar dengan pakar terbaik dan dapat diakses seumur hidup dan Anda dapat mengatur jadwal Anda sendiri. Dengan Pilihan kursus hampir 130.000 Video dengan tambahan baru setiap bulannya. Anda dapat memahami excel,python, pengembangan web, ilmu data hingga sartivikasi AWS.

  • CodeWars

    Codewars adalah komunitas pendidikan untuk pemrograman komputer . Di platform, pengembang perangkat lunak melatih tantangan pemrograman yang dikenal sebagai kata . [1] Latihan pemrograman terpisah ini melatih berbagai keterampilan dalam berbagai bahasa pemrograman, dan diselesaikan dalam lingkungan pengembangan terintegrasi online. Platform ini dimiliki dan dioperasikan oleh Qualified, sebuah perusahaan teknologi yang menyediakan platform untuk menilai dan melatih keterampilan rekayasa perangkat lunak.

  • Hack.pledge

    Komunitas dengan anggota berupa developer yang sudah berpengalaman. Mereka akan membagikan pengetahuan seputar dunia coding serta berbagai hal lainnya kepada Anda. Di sana, Anda dapat meningkatkan skill development dengan belajar melalui para developer top di bidangnya. Dalam memulai kursus ini, Anda perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggotanya. Kemudian, Anda bisa mempelajari software development, meningkatkan skill coding hingga mahir dan masih banyak lagi. Keunggulan dari situs Hack.pledge() sendiri selain belajar secara online, Anda juga bisa terhubung dengan mentor.

  • Bitdegree

    Situs belajar coding terbaik selanjutnya adalah BitDegree. Di situs ini Anda akan disuguhkan dengan banyak sekali kursus gratis. Baik itu kursus mengenai programming hingga game development. BitDegree sendiri menawarkan kursus online standard dan gamification. Pada kursus online gamification akan menyatukan pencapaian dan interaksi dalam setiap pembelajarannya. Dalam memulai kursus ini sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu menentukan pilihan bahasa yang ingin dipakai dan mulailah belajar dan menggali keahlian.

 

 

Baca Juga : Cara Belajar SEO untuk Pemula : Tips & Trick, Langkah-langkah, dan Hasilnya 

 

Kesimpulan dan penutup

Belajar Coding artinya juga pemograman. Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Bahasa inilah yang membuat orang harus belajar coding. Ditengah semkin canggih nya teknologi bahasa pemograman pun menjadi hal yang harus dipahami oleh semua orang. Apalagi bagi Anda yang bekerja pada perusahaan-perusahaan multimedia, Pelajar, dan lain-lain. Yang pastinya membutuhkan keahlian dalam pemograman komputer.

Situs-situs Diatas menawarkan keahlian yang bermacam-macam. Terantung Anda ingin memakai yang mana tinggal disesuaikan dengan keinginan Anda. Mengingat tidak semua situs pembelajaran ini menawarkan pembelajaran yang sama tentu ini akan menjadi faktor yang menguntungkan bagi Anda. Jika Anda mengalami masalah kendala bahasa, beberapa situs web pembelajaran juga telah mempunyai fitur penerjemahan bahasa yang sesuai. Anda juga dapat menghubungi penanggung jawab kursus online yang sedang Anda ikuti. Kerjakan assignment Anda dengan baik dan ikuti kelas online Anda dengan teratur, pilihkan situs web pembelajaran yang mampu memberi kelas dan kurikulum yang Anda perlukan dan kini dapat diakses sendiri.

 

Related Post :