Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Menjalankannya

Business, Marketing / 0 | | 0

Informasi yang akurat dan menyeluruh adalah dasar dari semua usaha bisnis yang sukses. Ini karena memberikan banyak informasi tentang calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, persaingan, dan industri secara umum. Maka akan memungkinkan pemilik bisnis untuk menentukan kelayakan bisnis sebelum menggunakan sumber daya yang substansial untuk usaha tersebut.

Riset pasar menyediakan data yang relevan untuk membantu memecahkan tantangan pemasaran yang kemungkinan besar akan dihadapi bisnis yakni bagian integral dari proses perencanaan bisnis. Faktanya, strategi seperti segmentasi pasar yang mengidentifikasi kelompok tertentu dalam pasar dan diferensiasi produk menciptakan identitas untuk produk atau layanan yang memisahkannya dari para pesaing, tidak mungkin dikembangkan tanpa riset pasar.

Oleh karenanya riset pasar atau market research sangat penting bagi semua jenis usaha dan bisnis. Apabila bisnis dan usaha tidak mempunyai riset terlebih dahulu, maka tidak ada lagi pendoman penting dalam menavigasi berikutnya. Simak pengertian dan peran besar riset pasar dalam sebuah bisnis berikut ini.

 

Pengertian Riset Pasar

Secara garis besar, riset pasar diartikan sebagai proses mengevaluasi kelayakan suatu produk atau layanan baru, melalui riset yang dilakukan secara langsung dengan konsumen potensial. Metode ini memungkinkan organisasi atau bisnis untuk menemukan target pasar mereka, mengumpulkan dan mendokumentasikan opini dan membuat keputusan yang tepat. Riset pasar dapat dilakukan secara langsung oleh organisasi atau perusahaan atau dapat dialihdayakan ke lembaga yang memiliki keahlian dalam proses ini.

Proses riset pasar dapat dilakukan melalui penyebaran survei, berinteraksi dengan sekelompok orang yang juga dikenal sebagai sampel, melakukan wawancara dan proses serupa lainnya. Tujuan utama melakukan riset pasar adalah untuk memahami atau memeriksa pasar yang terkait dengan produk atau layanan tertentu, untuk memutuskan bagaimana audiens akan bereaksi terhadap suatu produk atau layanan. Informasi yang diperoleh dari melakukan riset pasar dapat digunakan untuk menyesuaikan aktivitas pemasaran, periklanan atau untuk menentukan prioritas fitur / persyaratan layanan apa saja jika ada dari konsumen.

 

Fungsi dan Manfaat Riset Pasar

Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Menjalankannya
 

Melakukan penelitian adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai kepuasan pelanggan, mengurangi dan mengatasi keluhan pelanggan, serta meningkatkan bisnis. Berikut adalah fungsi dan manfaat mengapa riset pasar penting dan harus dipertimbangkan dalam bisnis apa pun :

  • Mengumpulkan informasi

    Adanya riset pasar akan memberikan informasi dan peluang tentang nilai produk yang ada dan baru, dengan demikian, membantu bisnis merencanakan dan menyusun strategi yang sesuai.

  • Berfokus pada pelanggan

    Setiap riset yang dilakukan akan membantu untuk menentukan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan. Pemasaran berpusat pada pelanggan dan memahami pelanggan serta kebutuhan mereka akan membantu bisnis merancang produk atau layanan yang paling sesuai untuk mereka.

  • Prakiraan atau prediksi

    Dengan memahami kebutuhan pelanggan, bisnis juga dapat memperkirakan produksi dan penjualan mereka. Riset pasar juga membantu dalam menentukan persediaan persediaan yang optimal.

  • Keunggulan kompetitif

    Untuk tetap berada di depan pesaing, riset pasar adalah alat penting untuk melakukan studi banding. Bisnis dapat merancang strategi bisnis yang dapat membantu mereka tetap berada di depan pesaing mereka.

 

Baca Juga  :     STP Marketing: Panduan Lengkap Cara Menerapkannya Bagi Bisnis Anda

 

Jenis dan Metode Riset Pasar

Apakah sebuah organisasi atau bisnis ingin mengetahui perilaku pembelian konsumen atau kemungkinan konsumen membayar biaya tertentu untuk suatu produk, riset pasar membantu dalam menarik kesimpulan yang berarti. Bergantung pada metode dan alat yang dibutuhkan, berikut adalah jenis- jenis yang harus Anda ketahui.

 

Riset Pasar Primer/Primary Market Research

Riset pasar primer adalah sebuah proses, di mana organisasi atau bisnis berhubungan dengan konsumen akhir atau mempekerjakan pihak ketiga untuk melakukan studi yang relevan untuk mengumpulkan data. Data yang dikumpulkan dapat berupa data kualitatif yakni data non numerik atau data kuantitatif yakni data numerik atau statistik. Saat melakukan riset pasar primer, seseorang dapat mengumpulkan dua jenis informasi yaitu eksplorasi dan spesifik.

Sedangkan riset eksplorasi bersifat terbuka, dimana masalah dieksplorasi dengan mengajukan pertanyaan terbuka dalam format wawancara terperinci biasanya dengan sekelompok kecil orang yang juga dikenal sebagai sampel. Di sini ukuran sampel dibatasi untuk 6-10 anggota. Penelitian khusus, di sisi lain, lebih tepat dan digunakan untuk memecahkan masalah yang diidentifikasi oleh penelitian eksplorasi. Riset pasar primer adalah kombinasi dari riset pasar kualitatif dan riset pasar kuantitatif. Studi penelitian pasar kualitatif melibatkan data semi-terstruktur atau tidak terstruktur yang dikumpulkan melalui beberapa metode penelitian kualitatif yang umum digunakan seperti :

  • Grup fokus
  • Wawancara satu per satu
  • Penelitian etnografi

 

Baca Juga  :      Customer Value: Pengertian, Faktor, Manfaat, dan Cara Mengukurnya

 

Riset Pasar Sekunder/Secondary Market Research

Riset pasar sekunder menggunakan informasi yang dikelola oleh sumber luar seperti lembaga pemerintah, media, kamar dagang, dll. Informasi ini dipublikasikan di surat kabar, majalah, buku, situs web perusahaan, lembaga pemerintah dan nonpemerintah gratis dan sebagainya. Sumber sekunder memanfaatkan data berikut ini :

  • Sumber publik

    Sumber publik seperti perpustakaan adalah cara yang luar biasa untuk mengumpulkan informasi gratis. Perpustakaan umum biasanya menawarkan layanan gratis dan peneliti dapat mendokumentasikan informasi yang tersedia.

  • Sumber komersial

    Sumber komersial meskipun dapat diandalkan harganya mahal. Koran lokal, majalah, jurnal, media televisi adalah sumber komersial yang bagus untuk mengumpulkan informasi.

  • Institusi pendidikan

    Meskipun bukan sumber pengumpulan informasi yang populer, kebanyakan universitas dan institusi pendidikan merupakan sumber informasi yang kaya karena banyak proyek penelitian dilakukan di sana daripada sektor bisnis manapun.

 

Baca Juga  :     Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya

 

Cara Menjalankan Riset Pasar

Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Menjalankannya
 

Mengetahui apa yang harus dilakukan dalam berbagai situasi yang muncul selama investigasi akan menghemat waktu peneliti dan mengurangi masalah. Perusahaan yang sukses saat ini menggunakan perangkat lunak survei riset pasar yang kuat yang membantu mereka melakukan penelitian komprehensif di bawah platform terpadu dan karenanya memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti jauh lebih cepat dengan lebih sedikit masalah. Berikut langkah-langkah untuk melakukan riset pasar yang efektif :

  • Definisikan masalah dengan mengeluarkan pertanyaan- pertanyaan yang akan mendatangkan jawaban yang tertarget yang sesuai dengan sasaran bisnis Anda.
  • Tentukan sampel karena peneliti membutuhkan sampel representatif yang dapat dikumpulkan dengan menggunakan salah satu dari sekian banyak teknik pengambilan sampel.
  • Lakukan pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data harus dikembangkan. Fakta bahwa mereka tidak menjawab survei, atau menjawabnya dengan tidak lengkap akan menyebabkan kesalahan dalam penelitian dan pengumpulan data yang benar akan mencegah hal ini.
  • Analisis hasil karena menganalisis dan menginterpretasikan hasil untuk mencari makna yang lebih luas dari data yang diperoleh. Semua fase sebelumnya telah dikembangkan untuk sampai pada saat ini.
  • Buat laporan riset dan saat menyajikan hasil, peneliti harus fokus pada apa yang ingin Anda capai dengan menggunakan laporan penelitian ini dan saat menjawab pertanyaan ini Anda tidak boleh berasumsi bahwa struktur survei adalah cara terbaik untuk melakukan analisis.
  • Membuat keputusan berdasarkan hasil pertanyaan seperti niat beli konsumen, atau memberikan umpan balik tentang pertumbuhan pasar sasaran. Selain juga dapat menemukan informasi berharga yang akan membantu memperkirakan harga produk atau layanan dan menemukan titik keseimbangan yang akan menguntungkan brand dan konsumen.

 

Baca Juga  :     Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan wawasan tentang basis pelanggan Anda, pesaing, dan pasar secara keseluruhan, riset pasar sangat memainkan peranan penting dalam sebuah bisnis. Tujuan melakukan riset pasar adalah untuk melengkapi perusahaan Anda dengan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat.

Adanya riset pasar sangat penting ketika bisnis kecil mencoba menentukan apakah ide bisnis baru dapat dijalankan, ingin pindah ke pasar baru, atau meluncurkan produk atau layanan baru. Pebisnis pun dapat menggunakan data yang mereka terima untuk membantu mereka mencapai atau meraih pelanggan dengan taraf yang lebih baik lagi.

Related Post :