STP Marketing: Cara Menerapkannya Untuk Bisnis

STP Marketing: Cara Menerapkannya Untuk Bisnis

Tujuan utama setiap bisnis adalah menghasilkan uang dan tentunya tidak ada yang mau bisnisnya merugi. Jadi untuk membuat bisnis Anda berkembang, pemasaran bisnis sangat penting. Jika Anda hanya mengetahui model pemasaran maka Anda dapat membuat bisnis Anda tumbuh dan menghasilkan keuntungan. Di sini Anda bisa mencoba Pemasaran STP yang dapat mengarah pada pertumbuhan bisnis Anda.

Saat ini, model pemasaran STP (Segmentation, Targeting, Positioning) adalah pendekatan strategis yang sudah dikenal dalam pemasaran modern. Ini adalah salah satu model pemasaran yang paling umum diterapkan dalam praktik banyak pemasaran. Segmentasi penargetan pemasaran sendiri adalah pemosisian adalah konsep inti dalam pemasaran modern.

Tanpanya, kampanye pemasaran akan menjadi umum tanpa target yang jelas. Selain juga tidak memiliki sedikit atau tanpa personalisasi, yang secara keseluruhan tidak akan dapat dikonversi pada tingkat yang dianggap efektif oleh kebanyakan bisnis. Mari selami seluk-beluk Model STP dan lihat bagaimana menerapkan kerangka ini ke dalam bisnis e-commerce Anda dapat menghasilkan hasil yang luar biasa.

 

Memahami Apa Itu STP Marketing

 

Pemasaran STP adalah singkatan dari segmentasi, penargetan, dan pemosisian. Ini adalah proses tiga langkah yang memungkinkan pengembangan strategi pemasaran yang spesifik dan dapat ditindaklanjuti. Prinsip utama di balik proses ini adalah untuk mensegmentasikan audiens Anda, menargetkan setiap grup yang tersegmentasi sesuai dengan preferensi dan kebiasaan mereka.

Disamping juga membuat penyesuaian posisi dalam strategi branding dan pemasaran Anda untuk mengakomodasi kebutuhan dan keinginan mereka. Alasan mengapa proses penentuan posisi penargetan-segmentasi sangat efektif adalah karena proses ini memecah pasar yang lebih luas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan pendekatan khusus untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan potensial daripada harus menggunakan strategi pemasaran umum yang tidak mungkin dilakukan semenarik atau seefektif mungkin.

 

Komponen STP Marketing

Pusat pemasaran yang sukses berpusat pada nilai Anda, baik itu untuk perusahaan Anda, identitas merek, atau produk dan layanan Anda. Masalahnya setiap orang yang berbeda menghargai sesuatu dengan cara yang berbeda pula. Banyak orang memilih belanja di supermarket besar contohnya, karena ini mencerminkan dua pesan yakni harga rendah dan pusat perbelanjaan yang lengkap untuk menarik setiap jenis pembeli. Ini adalah contoh praktik pemasaran STP yang umum. Mari lihat setiap komponen pemasaran STP dan bagaimana Anda dapat menggunakan model ini untuk membawa pemasaran Anda ke tingkat berikutnya.

 

Segmentasi

Langkah pertama dari model pemasaran STP adalah segmentasi. Tujuan utamanya di sini adalah untuk membuat berbagai segmen pelanggan berdasarkan kriteria dan sifat tertentu yang Anda pilih. Empat jenis utama segmentasi audiens meliputi :

  • Segmentasi geografis yakni membagi audiens Anda berdasarkan negara, wilayah, negara bagian, provinsi, dll.
  • Segmentasi demografis dengan membagi audiens Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, jenis kelamin, dll.
  • Segmentasi perilaku yang membagi audiens berdasarkan cara mereka berinteraksi dengan bisnis Anda yaitu apa yang mereka beli, seberapa sering mereka membeli, apa yang mereka telusuri, dll.
  • Segmentasi psikografis akan membagi audiens Anda berdasarkan “siapa” calon pelanggan Anda berdasarkan gaya hidup, hobi, aktivitas, opini, dll.

 

Baca Juga  :     Apa itu Word of Mouth : Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Strateginya dalam Bisnis

 

Penargetan/Targeting

Langkah kedua dari model pemasaran STP adalah menargetkan. Sasaran utama Anda di sini adalah untuk melihat segmen yang telah Anda buat sebelumnya dan menentukan segmen mana yang paling mungkin menghasilkan konversi yang diinginkan. Ini juga akan bbergantung pada kampanye pemasaran Anda, segmen tersebut dapat berkisar dari penjualan produk hingga konversi mikro seperti pendaftaran email. Segmen ideal Anda adalah segmen yang tumbuh secara aktif, memiliki profitabilitas tinggi, dan biaya akuisisi rendah yaitu :

  • Ukuran dengan memprtimbangkan seberapa besar segmen Anda serta potensi pertumbuhannya di masa mendatang.
  • Profitabilitas yaini pertimbangkan segmen mana yang bersedia membelanjakan uang paling banyak untuk produk atau layanan Anda. Tentukan nilai umur pelanggan di setiap segmen dan bandingkan.
  • Reachability dengan mempertimbangkan seberapa mudah atau sulit bagi Anda untuk menjangkau setiap segmen dengan upaya pemasaran Anda. Pertimbangkan biaya akuisisi pelanggan (CAC) untuk setiap segmen. CAC yang lebih tinggi berarti profitabilitas yang lebih rendah.

 

Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih audiens untuk ditargetkan, jadi pastikan bahwa semua yang Anda pertimbangkan sesuai dengan target pelanggan Anda dan kebutuhan mereka.

 

Baca Juga  :    Rekomendasi Aplikasi dan Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

 

Penentuan Posisi/Positioning

Langkah terakhir dalam kerangka kerja ini adalah pemosisian, yang memungkinkan Anda untuk membedakan produk atau layanan Anda dari persaingan di benak audiens target Anda. Ada banyak bisnis yang melakukan sesuatu yang mirip dengan Anda, jadi Anda perlu mencari tahu apa yang membuat Anda menonjol dari rival yang sama. Semua faktor berbeda yang Anda pertimbangkan dalam dua langkah pertama seharusnya memudahkan Anda untuk mengidentifikasi ceruk pasar Anda. Ada tiga faktor pemosisian yang dapat membantu Anda mendapatkan keunggulan kompetitif yaitu :

  • Posisi simbolis dengan meningkatkan citra diri, rasa memiliki, atau bahkan ego pelanggan Anda.
  • Pemosisian fungsional dengan menyelesaikan masalah pelanggan Anda dan berikan mereka manfaat yang tulus.
  • Penentuan posisi berdasarkan pengalaman yakni berfokus pada hubungan emosional yang dimiliki pelanggan dengan produk, layanan, atau merek Anda.

 

Penentuan posisi produk yang paling sukses adalah kombinasi dari ketiga faktor tersebut. Salah satu cara untuk memvisualisasikannya adalah dengan membuat peta persepsi untuk industri Anda. Fokus pada apa yang penting bagi pelanggan Anda dan lihat di mana Anda dan pesaing Anda bersaing nantinya.

 

Baca Juga  :     Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya

 

Cara Menerapkan STP Marketing di Bisnis

STP Marketing: Panduan Lengkap Cara Menerapkannya Bagi Bisnis Anda
 

Model pemasaran STP membentuk dasar dari strategi pemasaran yang disesuaikan. Ini dapat berfungsi sebagai kerangka kerja untuk membantu Anda mengubah cara Anda menjangkau pelanggan. Model STP, pada akhirnya, membantu Anda mengidentifikasi cara terbaik untuk terhubung dengan audiens target Anda. Empat P pemasaran yakni Place, Price, Product, dan Promotion, dapat menjadi alat yang berguna untuk membantu Anda mulai menerapkan model STP.

Pikirkan tentang di mana Anda dapat menjangkau pelanggan target Anda, titik harga yang mereka bersedia bayarkan untuk produk atau layanan unik Anda, dan jenis promosi yang paling mereka sukai. Model STP juga dapat digunakan untuk memperbaiki citra merek Anda dan membangun loyalitas pelanggan. Pemasaran STP menggunakan peta pemosisian untuk membuat gambaran umum tentang pasar yang ada dan peta posisi menggunakan variabel. Ini akan sangat membantu bisnis Anda dengan lebih spesifik.

 

Baca Juga  :    Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya

 

Kesimpulan dan Penutup

STP marketing adalah alat yang ampuh sehingga banyak diaplikasikan oleh banyak bisnis. Namun, mengidentifikasi peluang segmentasi dan penargetan, belum lagi menemukan sudut pemosisian yang tepat, semuanya merupakan proses kompleks yang memerlukan pengumpulan data dan wawasan dalam jumlah besar, serta pemahaman ahli tentang bagaimana pasar berfungsi.

Meskipun pemasaran STP dapat berguna untuk bisnis, penting bagi Anda untuk menggunakannya di pasar yang cukup besar. Jika Anda adalah perusahaan rintisan dengan produk yang sangat khusus, mungkin bukan ide yang baik untuk berinvestasi dalam model STP. Saat Anda menyegmentasikan audiens yang sangat kecil, Anda berisiko kehilangan pelanggan utama.

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update