Sekolah Go Digital, Manfaat Belajar Secara Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sejak pandemi merebak tahun 2020 kemarin dimana aktivitas sosial masyarakat global harus dibatasi hingga bahkan harus dihentikan seperti contoh persekolahan dan pembelajaran, maka opsi terbaiknya adalah belajar secara online. Ini membuat sekolah harus siap untuk memberikan pembelajaran secara digital dengan memanfaatkan perangkat komputer.

Majunya teknologi saat ini sangat membantu sekolah untuk go digital, karena hampir semua orang sudah mengenal komputer dan perangkat pintar seperti laptop atau tablet. Penemuan ini telah menjadi infrastruktur utama untuk sebagian besar tugas sehari-hari masyarakat dalam semua sektor kehidupan mereka. Pandemi membuat masyarakat semakin sadar karena ada banyak hal yang benar-benar dapat dilakukan secara online.

Masyarakat dengan cepat beradaptasi dengan menggunakan Zoom untuk rapat dan berkomunikasi, menggunakan aplikasi atau situs web untuk tetap bekerja dan belajar, yang membuat kemungkinan untuk pekerjaan jarak jauh terus berkembang, dan prospek masa depan sangat menarik dalam banyak hal. Sektor lain yang mulai berkembang dalam satu dekade terakhir adalah pendidikan dengan sekolah nasional yang kini menyadari perlunya mengikuti ide sekolah digital. Mengingat pembelajaran digital akan terus berlanjut di masa depan, mari simak apa itu yang dimaksud dengan sekolah digital dibawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Pembelajaran/Pendidikan atau Digital Learning

Sekolah Go Digital, Manfaat Belajar Secara Online
 

Pendidikan digital atau digital learning adalah penggunaan teknologi maupun alat digital yang cerdas selama proses belajar mengajar dan sering dikenal sebagai Technology Enhanced Learning (TEL) atau pembelajaran digital. Jenis pembelajaran ini adalah pembelajaran yang difasilitasi oleh teknologi yang menawarkan kepada siswa beberapa faktor perintah atas tempat, kecepatan waktu, dan jalur. Dikarenakan pandemi, pembelajaran ini semakin semakin menggantikan prosedur pendidikan tradisional setiap hari.

Disamping untuk mengatasi permasalah yang disebabkan oleh pandemi, pembelajaran ini mendatangkan banyak keuntungan baik bagi siswa maupun tenaga pengajar. Seperti menganalisis penggunaan teknologi digital menawarkan kesempatan kepada guru untuk merancang peluang pembelajaran yang menarik dalam kursus yang mereka ajarkan, dan ini dapat berbentuk kursus dan program gabungan atau sepenuhnya online. Adapun pembelajaran digital lebih dari sekadar menawarkan siswa dengan laptop karena pembelajaran ini membutuhkan perpaduan antara teknologi, instruksi, dan konten digital.

Sedangkan penggabungan pembelajaran digital di ruang kelas lebih bergantung pada penggunaan komputer dan perangkat pintar daripada kertas untuk menggunakan program dan peralatan perangkat lunak yang rumit dibandingkan cara pembelajaran tradisional. Semakin hari pembelajaran digital menjadi kejadian yang sangat biasa di dunia modern dengan munculnya internet, peluang telah terbuka di depan dunia modern.

Sistem pendidikan digital merevolusi proses pembelajaran kapur dan papan lama di ruang kelas yang telah membuat pembelajaran mobile, interaktif dan menarik, memotivasi siswa untuk tertarik pada pembelajaran digital dan mempertahankannya. Sebagian besar sekolah dan institusi mengadopsi teknologi ini sebagai solusi sementara sistem pendidikan tradisional ditangguhkan untuk beberapa waktu karena kondisi yang berlaku saat ini dan karenanya sangat penting bagi siswa dan guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yang efektif.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Sekolah dan Madrasah

 

Manfaat Belajar Online Bagi Siswa

Siswa dan pelajar saat ini sedang bersiap untuk memasuki dunia kerja global yang menjalani transformasi digital besar-besaran. Pergeseran ini mendorong banyak sekolah untuk mengubah cara mereka berpikir tentang tidak hanya apa yang perlu dipelajari siswa, tetapi juga bagaimana mereka seharusnya belajar. Pengajaran tradisional berkembang, dan teknologi mengambil alih ruang kelas terlebih lagi pandemi memaksa cara pembelajaran menjadi digital sesegera mungkin. Adapun manfaat dari belajar online adalah :

  • Pembelajaran dapat direkam

    Salah satu manfaat besar pembelajaran digital adalah beberapa kelas pembelajaran dapat direkam. Ini adalah cara yang bagus karena jika siswa melewatkan suatu kelas atau tidak memahami topik tertentu, maka mereka bisa kembali menonton kelas dari rekaman yang ada.

  • Pelacakan kinerja siswa

    Digitalisasi membawa pendekatan yang lebih praktis untuk melacak kinerja siswa. Teknologi dapat memainkan peran penting dalam menangkap detail pekerjaan siswa, yang membantu guru dan orang tua memantau perkembangan anak. Setiap pembelajaran siswa dapat disimpan dan dilacak yang bisa dibandingkan nantinya untuk melihat sejauh apa mereka telah memahami pembelajaran mereka.

  • Membuat pelajar lebih cerdas

    Perangkat pembelajaran dan teknologi memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan belajar mandiri yang efektif. Para siswa mampu menganalisis apa yang mereka butuhkan untuk belajar mencari dan menggunakan sumber daya online. Pembelajaran digital memperbesar efisiensi dan produktivitas mereka. Selanjutnya, untuk menarik siswa, perangkat pembelajaran digital, dan teknologi mempertajam keterampilan berpikir kritis yang menjadi dasar bagi pertumbuhan penalaran sistematis. Siswa juga mengembangkan perasaan positif dengan menguasai pengetahuan dan keterampilan baru menggunakan alat pembelajaran digital, menawarkan kepercayaan diri yang mereka butuhkan untuk ingin mempelajari lebih banyak hal baru nantinya.

  • Sumber daya yang dapat diakses 24 Jam

    Tidak setiap siswa adalah yang paling produktif pada waktu yang sama yang sayangnya jika kembali melihat cara pembelajaran tradisional tidak memberikan kelonggaran dan memahami faktor ini. Dalam format pembelajaran tradisional, siswa dituntut untuk aktif selama waktu belajar sehingga banyak yang tertinggal. Maka dengan adanya pembelajaran online, semua siswa mempunyai peluang yang sama dan dapat memilih cara belajar dengan cara mereka sendiri karena semua sumber daya yang mereka butuhkan tersedia untuk mereka 24 jam sehari.

  • Menggunakan lebih sedikit emisi

    Cara pembelajaran tradisional membutuhkan banyak hal dan menghasilkan emisi yang tidak sedikit. Maka dengan pembelajaran online, hal itu setidaknya dapat dikurangi dan dipangkas. Jika Anda belajar online, siswa akan dapat dengan mudah mengurangi jumlah perjalanan yang mereka lakukan karena tidak perlu pergi ke kelas setiap harinya. Para siswa juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk belajar karena siswa hanya akan belajar dari rumah mereka sendiri.

 

Baca Juga  :   Tips Memilih Nama Domain untuk Sekolah yang Baik dan Benar

 

Tips Membuat Sekolah Go Digital

Sekolah Go Digital, Manfaat Belajar Secara Online
 

Pertama, dalam membuat pembelajaran digital, diperlukan adanya situs web sebagai platform dan wadah semua pembelajaran terjadi. Berikut beberapa hal yang harus diketahui sekolah untuk membuat sekolah mereka bisa go digital.

  • Memilih platform, domain dan hosting

    Ini adalah dasar yang harus diperhatikan pihak sekolah, yakni memilih platform situs web yang tepat, menentukan nama domain dan juga hosting. Sekolah dapat menggunakan platform WordPress karena platform ini sudah sangat populer digunakan oleh banyak brand dan bisnis besar. Sedangkan untuk mencari nama domain dan memilih hosting, IDCloudHost menawarkan banyak pilihan paket yang cukup terjangkau.

  • Menentukan konten

    Konten adalah hal utama kenapa sebuah website itu ada, dalam hal ini konten dalam website pembelajaran sekolah mencakup banyak informasi mengenai sekolah, siswa, guru, jadwal dan materi kelas. Hendaknya semua isi konten selalu diperhatikan dan diubah jika memang ada perubahan terbaru karena orang- orang yang mengunjungi situs web sekolah sejatinya untuk mencari tahu informasi terbaru dan juga melakukan pembelajaran online.

  • Menggunakan tampilan yang bersih dan tegas

    Hindari menggunakan template yang terlalu ramai dan tidak sesuai dengan website sekolah umumnya. Sebaliknya gunakan font yang tegas, perpaduan warna yang tidak terlalu kuat sehingga pengunjung situs web sekolah merasa tidak kebingungan dan mudah melakukan navigasi.

 

Baca Juga  :    Contoh Website Sekolah yang Terbaik, Kekinian, dan SEO Friendly

 

Kesimpulan dan Penutup

Saat ini, pendidikan tidak lagi terbatas pada batas sekolah dan perguruan tinggi secara fisik karena akses ke platform digital memungkinkan pembelajaran yang berkelanjutan dan efektif. Mulai dari menetapkan pembelajaran, merekam video langsung, atau menjawab pertanyaan siswa, baik siswa maupun guru menginginkan platform digital yang memiliki kemampuan untuk menjadi satu jendela interaksi di setiap tahap pembelajaran.

Pembelajaran digital berfokus pada peningkatan kualitas dan inovasi pengajaran dan pembelajaran, serta mempercepat produktivitas dan kolaborasi dimana hal ini dapat diwujudkan dengan berbagai cara. Dengan memanfaatkan ruang kelas virtual, lembaga pendidikan dapat mendukung pengalaman belajar online baru, memberdayakan siswa untuk belajar sesuai permintaan dari lokasi mana pun, dan menghilangkan batasan yang membatasi kemampuan siswa untuk belajar. Singkatnya, pembelajaran digital dapat memaksimalkan potensi belajar siswa dan membantu mengambil pembelajaran di luar dinding kelas.

Related Post :