Contoh Website Sekolah yang Terbaik, Kekinian, dan SEO Friendly

Tips & Tricks, Web & Development / 0 | | 0

Situs web sekolah sangat penting untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Sebelum memilih dan mengirim anak-anak mereka ke sekolah, sebagian besar orang tua cenderung melihat situs web sekolah, jadi tujuan utama situs tersebut adalah untuk meyakinkan pengunjung untuk akhirnya memilih sekolah tersebut. Karena itu, situs web sekolah Anda juga harus informatif dan bermanfaat bagi siswa Anda saat ini.

Merancang situs web untuk sekolah, perguruan tinggi dan universitas merupakan tantangan karena harus menarik bagi berbagai jenis pengguna. Desain situs web yang sukses untuk pendidikan tinggi harus melayani calon siswa, siswa saat ini,tenaga pengajar, profesor, orang tua, dan anggota komunitas. Masing-masing kelompok ini memiliki tugas tertentu yang ingin mereka selesaikan secara online.

Misalnya, calon mahasiswa dan pelajar mungkin ingin melihat-lihat foto sekolah, kampus, sementara orang tua mungkin ingin dengan mudah membayar uang sekolah. Demikian pula, siswa saat ini mungkin ingin memeriksa nilai mereka secara online, sementara profesor mungkin ingin mempromosikan kursus terbaru mereka. Selalu ada banyak kebutuhan dan opsi yang ditawarkan dari sebuah website sekolah, karenanya merancang sebuah situs web sekolah juga hendaknya diperhatikan dengan detail.

 

Website Sekolah SEO Friendly

Contoh Website Sekolah yang Terbaik, Kekinian, dan SEO Friendly
 

SEO atau Search Engine Optimization adalah hal mutlak untuk semua situs dan website yang ada di dunia maya saat ini. Meskipun tidak diragukan lagi sulit untuk terus mengikuti tren penelusuran dan memperbarui situs web Anda, algoritma ini tidak dimaksudkan untuk merugikan lalu lintas organik Anda. justru algoritma ini dimaksudkan untuk memberikan konten web yang paling bermanfaat, ramah pengguna, dan relevan untuk setiap kueri pencarian.

Dengan mengungkap apa yang diinginkan algoritma ini, dan mengoptimalkan situs sekolah Anda sebagaimana mestinya, Anda tidak hanya akan meningkatkan peringkat penelusuran, Anda juga akan meningkatkan fungsi situs web Anda untuk keuntungan calon siswa Anda. Strategi pengoptimalan mesin telusur (SEO) yang kuat mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk diterapkan, tetapi Anda akan terus melihat laba atas investasi Anda selama bertahun-tahun yang akan datang. Apakah sekolah Anda ingin menonjol saat online? Maka gunakan apa saja yang menunjang kemudahan SEO.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Sekolah dan Madrasah

 

Komponen SEO Friendly Dalam Website Sekolah

Tahukah Anda bahwa algoritma penelusuran Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan peringkat situs web? Itu berarti ada ratusan cara untuk memperbarui situs web Anda agar lebih relevan untuk kueri penelusuran. SEO adalah tentang mengungkap faktor-faktor tersebut dan mengubahnya menjadi taktik untuk meningkatkan visibilitas online sekolah Anda. Dengan begitu banyak elemen yang berkontribusi pada SEO, mungkin sulit untuk menentukan harus mulai dari mana. Namun, ada beberapa faktor atau komponen dasar yang harus diperhatikan agar website sekolah Anda bisa jadi SEO Friendly :

 

  • Image dan Visual

    Penggunaan elemen visual yang menarik di situs web Anda, seperti video dan gambar, akan menghasilkan keajaiban untuk peringkat penelusuran Anda.

  • Integrasi Kata Kunci

    Dengan mengintegrasikan kata kunci yang relevan secara alami ke dalam konten web Anda, Anda akan meningkatkan peluang halaman Anda ditemukan dalam pencarian yang relevan.

  • Otoritas Halaman dan Domain

    Semakin banyak orang yang melihat situs web dan halaman web Anda, semakin baik reputasi online Anda, serta semakin besar otoritas domain Anda.

  • Kesegaran dan Frekuensi Konten

    Semakin cepat Anda membuat konten dan semakin banyak konten baru yang Anda miliki, semakin tinggi peringkat Anda.

  • Tata LetakHalaman

    Setiap mesin telusur memiliki sistem pengindeksannya sendiri, dan menggunakan crawler untuk mengevaluasi organisasi konten Anda. Penting untuk menggunakan elemen seperti judul halaman dan tag header (H1, H2, dll.) Di situs Anda untuk menunjukkan kepada crawler ini bahwa konten Anda terstruktur secara komprehensif.

  • Kualitas Konten

    Jangan lupakan penonton dan pembaca Anda selama proses pengoptimalan. Bertujuan untuk membuat konten berkualitas yang menurut prospek Anda menarik dan bermanfaat sehingga prospek dan mesin pencari akan menjadi lebih naik serta meningkat.

  • Panjang Konten

    Dengan rata-rata panjang posting blog peringkat teratas di Google adalah 1.890 kata, mesin pencari jelas lebih menyukai konten yang lebih panjang. Blog bentuk panjang adalah cara terbaik bagi sekolah untuk memasukkan konten yang lebih panjang dalam strategi SEO mereka secara keseluruhan.

  • Keramahan Seluler

    Jika situs Anda tidak dioptimalkan untuk seluler, peringkat penelusuran Anda akan mendapatkan dampak yang tidak baik.

 

Baca Juga  :     Tips Memilih Nama Domain untuk Sekolah yang Baik dan Benar

 

Contoh Website Sekolah Terbaik

Contoh Website Sekolah yang Terbaik, Kekinian, dan SEO Friendly
 

Ada banyak website sekolah yang tidak hanya bermunculan di masa pandemi ini, namun juga yang telah lama ada dan beroperasi dengan baik. Berikut ini beberapa contoh website sekolah terbaik dan juga SEO friendly dari seluruh dunia.

 

  • Lausanne Collegiate School

    Lausanne menyediakan platform bagi siswanya di mana mereka dapat belajar dengan tampilan website yang berupa video layar penuh yang menampilkan kegiatan akademisi dan sekolah ini dibuat dengan sangat baik dan akan menarik perhatian setiap pengunjung. Bilah navigasi memiliki daftar drop-down yang terorganisir dengan baik dengan tweak interaktif. Ajakan bertindak seperti Bertanya, Memberi, Hubungi kami dll juga disorot di bagian tajuk.
    Fakta penting seperti tingkat penerimaan perguruan tinggi, ukuran kelas, proporsi siswa internasional, rasio guru terhadap siswa, dll dengan jelas disebutkan di situs web mereka. Peta dunia telah digunakan untuk menunjukkan berbagai negara asal siswa mereka. Secara keseluruhan, website memiliki tampilan yang rapi dan modern serta juga berfungsi dengan sempurna di perangkat seluler.

  • Strathallan

    Sekolah Strathallan adalah situs web sederhana tetapi ramah pengguna sehingga semua orang dapat mengakses informasi dari bilah navigasi di bagian atas. Panel pencarian dan login di bagian atas juga mudah diakses. Situs web mengklasifikasikan berbagai faktor yang membuatnya paling sesuai untuk siswa. Baik gambar dan video telah ditempatkan dengan sempurna mengikuti prinsip-prinsip yang ramah pengguna.
    Halaman beranda berisi gambaran umum tentang aktivitas yang mereka lakukan dengan cara yang sederhana sehingga kesederhanaan seperti itu membuatnya lebih menarik dan terkesan bersih.

  • Riverstone International School

    Website sekolah ini mempunyai bilah navigasi bergerak saat kita menggulir ke atas atau ke bawah. Di bilah navigasi, nama dan logo, menu drop-down, dan tautan media sosial. Spanduk beranda memiliki tayangan slide gambar berkualitas yang menggambarkan sekolah. Representasi terpisah dari Sekolah Dasar, Menengah dan Menengah melalui gambar dan tautan yang dapat diklik membuatnya mudah terlihat oleh pembaca. Informasi statistik seperti tingkat penerimaan, biaya kuliah dll dapat ditemukan di bagian bawah halaman.

  • Stuartholme School

    Beranda pada website sekolah ini adalah kombinasi gambar yang hidup dan tombol ajakan bertindak yang memudahkan untuk menemukan informasi. Menu samping berfungsi sebagai navigasi lengket yang bergeser di sepanjang halaman saat Anda menggulir ke atas atau ke bawah. Footer situs web menyertakan tautan media sosial bersama dengan tombol ajakan bertindak “Daftar Sekarang”. Situs ini memiliki kombinasi teks dan visual yang sempurna serta juga terlihat bagus di layar kecil seperti apabila dibuka dari smartphone.

 

Baca Juga  :     Cara Mendapatkan Hosting Gratis untuk Sekolah & Madrasah

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebuah website sekolah haruslah mempunyai navigasi yang mudah dengan struktur situs yang bersih dan desain yang responsif. Selain juga mempunyai gambar dan video, website juga harus menyoroti fasilitas dan kegiatan ekstra kurikuler, mempunyai Halaman Tentang dan sejarah sekolah atau kampus. Disamping juga harus adanya Kalender, papan pengumuman, atau bagian berita yang menyampaikan semua pembaruan dan informasi penting. Ditambah juga backend yang dapat diatur sendiri untuk memudahkan modifikasi serta menjadi informatif itu penting, tetapi memiliki desain estetika sama pentingnya.

Situs web Anda sebagian besar menentukan citra merek sekolah Anda pada pengujung di dunia maya. Situs yang bagus pasti akan meningkatkan jumlah pengunjung Anda dan selanjutnya pendaftaran ke sekolah Anda. Terlepas dari ukuran atau usia sekolah Anda, situs yang dirancang dengan baik dapat membantu sekolah Anda berkembang. Jangan ragu untuk menggunakan contoh yang diberikan di atas sebagai inspirasi desain untuk situs web Anda atau mencari sumber ide website sekolah lainnya.

 

 

Related Post :