Server Private Cloud untuk Kebutuhan Server UMKM yang Lebih Aman & Stabil

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Setiap hari, semakin banyak bisnis kecil yang ingin beralih kepada penyimpanan solusi cloud untuk mengatasi masalah data mereka. Bahkan menurut data SMG Group menyatakan menyatakan bahwa cloud akan menjadi platform teratas untuk transformasi digital bagi bisnis kecil. Ini karena cloud computing telah terbukti banyak membantu segala macam bisnis dalam hamper semua skala.

Mengingat semakin banyak bisnis yang beralih ke cloud untuk menangani penyimpanan data, komputasi, dan keamanan IT, perubahan tersebut berpotensi mengubah cara bisnis kecil menjalankan bisnis mereka. Penemuan baru ini juga membawa banyak perubahan dalam kemajuan penyimpanan data dan informasi yang tidak lagi dilakukan secara manual.

Meski pun begitu, tidak semua bisnis kecil UMKM mengerti jenis cloud apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Sebuah bisnis yang berkembang harus memperhatikan kemungkinan dari berbagai aspek termasuk dalam penyimpanan data yang sudah pasti akan terus membengkak dari waktu ke waktu. Salah satu solusinya adalah private cloud yang bisa dimodifikasi mengikut kebutuhan sebuah UMKM. Mari simak server private cloud seperti apakah yang sesuai dengan UMKM saat ini.

 

Apa itu Model Private Cloud

 

Model private cloud adalah apa yang disebut sebagai “PaaS” atau Power as a Service, di mana klien tertentu memiliki akses ke kumpulan fisik sumber daya komputasi melalui lingkungan virtual. Dengan kata lain, klien menyimpan data, menjalankan program, atau membuat cadangan informasi di lingkungan virtual yang disediakan oleh server yang berada di lokasi fisik yang berbeda dari miliknya.

Sementara organisasi dapat mengatur jaringan cloud pribadi mereka sendiri, banyak yang memilih untuk menggunakan jaringan aman yang disediakan oleh pihak ketiga karena menghilangkan kerumitan dan tanggung jawab akan manajemen dan pemeliharaan dari pundak mereka. Mendefinisikan layanan private cloud dari sudut pandang teknis sedikit lebih menantang karena aspek teknis dari penyediaan layanan dapat bervariasi.

Sebaliknya, sebagian besar penyedia memilih untuk mengategorikan layanan cloud berdasarkan jenis fitur yang ditawarkan setiap level seperti keamanan yang ditingkatkan atau ruang penyimpanan tambahan. Private cloud berbeda dari awan publik karena mereka menawarkan tingkat keamanan jaringan yang lebih tinggi dan ditujukan untuk penggunaan tunggal satu klien.

Sebaliknya, layanan public cloud sering diakses oleh banyak klien yang semuanya menggunakan sumber daya dari server yang sama dan di jaringan publik yang sama. Private cloud sebaliknya, juga mendapatkan sumber dayanya dari server fisik tetapi, server tersebut tidak dapat diakses oleh sembarang orang. Mereka mungkin di-host secara internal, disewakan secara pribadi dan menggunakan enkripsi aman untuk memastikan koneksi jaringan yang aman.

Baca Juga : Apa itu Private Cloud : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Kelebihannya

 

Siapa yang Sesuai Menggunakan Layanan Private Cloud

Layanan private cloud ideal untuk berbagai organisasi, dari organisasi tingkat perusahaan yang membutuhkan penyimpanan data dalam jumlah besar hingga organisasi pemerintah yang memerlukan lingkungan aman untuk menjalankan tugas-tugas sensitif. Faktanya, banyak jenis organisasi seperti organisasi keuangan, sekolah, perusahaan, lembaga pemerintah, penyedia layanan kesehatan, dan lainnya menggunakan jaringan cloud pribadi baik berdasarkan persyaratan hukum atau karena keamanan yang memungkinkan mereka untuk menawarkan pelanggan mereka.

Jenis cloud yang satu ini juga dapat digunakan oleh mereka yang memerlukan penjagaan data pribadi yang lebih menginginkan kendali penuh seutuhnya. Private cloud juga bagus digunakan untuk bisnis yang terus berkembang seperti UMKM terlebih lagi jika bisnis ini bermaksud mengembangkan jangkauan penjualan mereka lebih luas lagi.

Baca Juga : Perbedaan Antara Public Cloud vs Private Cloud vs Hybrid Cloud

 

Manfaat Jaringan Private Cloud

 

Salah satu alasan mengapa banyak organisasi lebih memilih private cloud adalah karena kesamaannya dengan Local Area Network (LAN). Karena itu, ini bukanlah suatu lompatan hebat untuk bisnis yang telah menggunakan LAN sebelumnya untuk merelokasi sebagian datanya ke cloud. Tentu saja, langkah seperti itu juga disertai dengan beberapa fasilitas tambahan, seperti:

  • Keamanan yang Ditingkatkan

    Meskipun public cloud dapat menawarkan tingkat keamanan tertentu, Anda tidak ingin menyimpan informasi paling sensitif di dalamnya. Dalam hal data kepemilikan, laporan keuangan, atau informasi pelanggan, jaringan public cloud memounyai resiko seperti informasi Anda bisa saja berakhir di tangan yang salah. Dalam jaringan private cloud, setiap organisasi memiliki akses ke kumpulan sumber dayanya sendiri yang berbeda yang hanya dapat diakses dari belakang firewall organisasi tersebut melalui jalur sewa khusus atau hosting internal di tempat.

  • Peningkatan kendali penuh

    Tidak seperti layanan public cloud di mana Anda mungkin terkunci ke dalam pengaturan jaringan yang telah ditentukan, jaringan private menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol. Dengan private cloud, organisasi dapat menyiapkan jaringan mereka dengan cara yang paling sesuai untuk mereka daripada harus menyesuaikan proses mereka. Kontrol yang meningkat ini berarti lebih sedikit waktu dan upaya dari pihak mereka, namun ada pengorbanan. Peningkatan kontrol sering kali memerlukan perangkat lunak manajemen terpusat yang dapat membuat jaringan cloud pribadi sulit diskalakan tanpa adanya staf IT yang berpengalaman.

  • Hemat Energi dan Ekonomis

    Efisiensi energi adalah perhatian utama bagi banyak perusahaan saat ini, dan apa pun yang dapat membantu organisasi menghemat uang dan menjadi lebih hemat energi pasti akan menjadi tambahan yang disambut baik. Salah satu caranya adalah private cloud yang unggul di area ini adalah dalam hal alokasi sumber daya. Private cloud dapat membantu mengatur dan mengalokasikan sumber daya dengan cara yang tidak membebani jaringan Anda, namun juga memastikan bahwa mereka tersedia bagi mereka yang membutuhkannya. Manfaatnya, tentu saja, adalah pengurangan biaya, fleksibilitas yang lebih besar, dan produktivitas yang lebih tinggi.

  • Peningkatan keandalan dan kemudahan

    Tidak peduli seberapa aman jaringan, tentu saja jaringan bisa naik turun. Hal ini dapat menyebabkan bencana bagi organisasi yang bergantung pada jaringan tersebut untuk menjaga keamanan informasi sensitif. Jaringan private cloud, di sisi lain, menawarkan lingkungan operasi virtual yang lebih tahan terhadap kegagalan dalam sistem fisik. Ini karena jaringan private cloud beroperasi di banyak server, membuat partisi di antara masing-masing server yang memungkinkan mereka menarik sumber daya dari area yang berbeda. Ini sangat bermanfaat bagi organisasi yang bergantung pada ketersediaan jaringan cloud mereka karena sangat mengurangi waktu henti.

Layanan Private Cloud Indonesia IDCloudhost

 

Memilih Layanan Private Cloud yang Tepat Untuk UMKM

Pilihan antara solusi dan penggunaan dari public, private, dan hybrid cloud bergantung pada berbagai faktor, kasus penggunaan, dan batasan dari tiap cloud tersebut. Ini juga menyangkut apa saja yang Anda perlukan dalam kebutuhan penyimpanan data- data Anda. Terutama jika Anda adalah perusahaan UMKM yang harus mempertimbangkan proposisi nilai dan apa saja yang sesuai dengan semua keperluan Anda.

Salah satu penyedia jasa layanan private cloud terbaik dari Indonesia adalah IDCloudHost. Layanan Private Cloud IDcloudhost merupakan layanan Full Cloud pertama di Indonesia yang mempermudah Anda untuk meluncurkan server Full Cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis, dan Fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim Teknis yang berpengalaman.

Baca Juga : Server Private Cloud untuk Kebutuhan Server Startup yang Lebih Aman & Stabil

 

Kesimpulan dan penutup

Penawaran yang disediakan oleh public cloud meskipun harganya sangat menarik. Mempunyai kekurangan pada hal personalisasi, fleksibilitas, dan kustomisasi. Dengan public cloud, klien dapat merasakan dampak dari beban klien lainnya, lalu lintas, pemeliharaan terjadwal dan tidak terjadwal, serta pemeliharaan fisik seperti perubahan atau peningkatan pada arsitektur solusi.

Selain itu, bisnis Anda mungkin tidak selalu dapat memperoleh akses ke fitur solusi yang mudah karena public cloud menawarkan fleksibilitas yang lebih rendah. Di sinilah kekuatan private cloud benar-benar dapat menguntungkan dan membantu bisnis Anda.

Manfaat jaringan cloud pribadi jelas dapat menjadi factor penariknya sehingga banyak UMKM yang bisa bermigrasi kepada jenis cloud yang satu ini. Seiring teknologi terus meningkat, begitu juga jaringan cloud yang ada saat ini. Private cloud dengan cepat menjadi langkah alami dan bahkan diharapkan sebagai langkah pertama menjauh dari solusi tradisional dan menuju masa depan. Jika Anda ingin mendapatkan layanan terbaik, Anda dapat menghubungi IDCloudHost Indonesia untuk mengetahui apakah jaringan private cloud yang tepat untuk bisnis Anda atau bisa menghubungi halaman layanan Server Private Cloud IDCloudhost

Related Post :