Strategi Pemasaran Produk / Layanan Terbaik di tahun 2020

Business, Marketing / 0 | | 0

Di tahun 2020 sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah melakukan cara berbelanja yang berbeda dengan cara belanja biasa atau yang lebih dikenal dengan belanja online. Bagi Anda pemilik bisnis tentu merasakan kenaikan signifikan saat mengubah pemasaran bisnis Anda yang dahulunya offline menjadi online. Pertanyaannya, sudah berhasilkan strategi pemasaran terbaik untuk produk/layanan yang Anda lakukan tersebut?

Saat ini ada banyak strategi pemasaran terbaik untuk mengenalkan produk/layanan yang bisa Anda terapkan di tahun 2020. Hanya saja, kebanyakan orang justru kebingungan bagaimana cara memilih strategi yang benar-benar tepat sehingga hasil yang diperoleh pun sesuai dengan apa yang diharapkan. Sedangkan dengan memperkenalkan produk dan image perusahaan/bisnis secara online sama efektifnya dengan menjualnya online juga.

Dengan begitu, produk atau layanan yang dipasarkan pun akan memiliki penjualan yang signifikan. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui mana saja strategi terbaik yang bisa diterapkan dan cocok di era seperti saat ini. Apakah Anda ingin mengetahui strategi pemasaran baru ini? Sebelum itu, simak dahulu alasan mengapa Anda harus menerapkan strategi pemasaran terbaik di bawah ini.

 

Menerapkan Strategi Pemasaran Online Terbaik

Strategi Pemasaran Produk / Layanan Terbaik di tahun 2020
 

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk/layanan. Lantas apa saja alasan mengapa harus menerapkan strategi pemasaran terbaik? Berikut diantaranya :

 

  • Anda akan mendapatkan target pasar yang jelas

    Alasan pertama mengapa Anda perlu menerapkan strategi pemasaran terbaik untuk produk maupun layanan adalah mendapatkan target pasar yang sangat jelas. Pasalnya, Anda tidak mungkin dapat menjual semua produk/layanan ke semua orang. Tentu saja setiap produk/layanan yang Anda punya memiliki segmentasinya masing-masing. Dengan begitu, saat menggunakan strategi pemasaran yang tepat maka target pasar Anda pun akan lebih jelas dan spesifik.

  • Memudahkan Anda dalam mengkoordinasikan team

    Alasan selanjutnya, Anda juga akan mudah melakukan koordinasi team. Pasalnya, saat Anda memiliki strategi pemasaran terbaik maka team pun akan terorganisasi dengan baik pula. Tak hanya itu, team yang Anda miliki pun akan mudah mengetahui seperti apa saja pasar yang ditargetkan.

  • Pesaing Anda tidak akan menurun

    Seperti yang kita ketahui, dalam dunia bisnis tentu ada saja kompetitor-kompetitor yang perlu Anda pertimbangkan juga agar mereka tidak menjadi bahaya tersendiri saat Anda menjalankan bisnis. Pasalnya, para pesaing tersebut tentu akan terus berupaya untuk memperbesar usahanya.
    Saat Anda tidak menggunakan strategi pemasaran maka jangan menyesal lagi saat pelanggan-pelanggan Anda mulai beralih ke pesaing.

  • Dapat memperkuat identitas bisnis

    Perkara pemasaran produk/layanan sebenarnya bukan selalu menjualkannya kepada para pelanggan saja. Akan tetapi, hal yang paling penting untuk ditekankan adalah menumbuhkan kepercayaan mereka kepada bisnis yang Anda miliki. Untuk itu, gunakan strategi pemasaran agar identitas bisnis Anda pun dapat terbangun dengan baik dan tentunya profesional.

  • Mempertahankan dan menjaga pelanggan dengan baik

    Selanjutnya, Anda juga dapat menjadikan strategi pemasaran untuk mempertahankan sekaligus menjaga pelanggan dengan baik agar tidak mudah berpaling ke pesaing. Untuk itu, terapkan strategi pemasaran dengan baik agar Anda juga dapat mengetahui dengan jeli kebutuhan apa yang diperlukan konsumen sehingga sebisa mungkin Anda bisa memenuhinya melalui produk/layanan Anda.

 

Dengan beberapa alasan di atas, tentu akan sangat sayang dan rugi jika Anda pemilik bisnis yang selama ini belum menerapkan strategi pemasaran dengan baik. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda bisa menerapkan beberapa strategi untuk membantu meningkatkan dan memajukan bisnis di bawah ini.

 

Baca Juga :     10+ Marketing Trends 2020 Paling Update yang Wajib Kamu Ketahui

 

Strategi Pemasaran Terbaik 2020

Strategi Pemasaran Produk / Layanan Terbaik di tahun 2020
 

Agar Anda bisa mendapatkan dan merasakan sendiri seperti apa manfaat dan keuntungan yang didapat saat menerapkan strategi pemasaran, maka di bawah ini beberapa strateginya yang bisa Anda pilih :

 

  • Search Engine Marketing

    SEO atau Search Engine Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran 2020 yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di era digital seperti saat ini. Selain itu, persaingan bisnis di tahun 2020 pun bisa dibilang sangat kompetitif. Untuk itu, gunakan strategi SEO ini agar produk Anda dapat muncul pada halaman utama mesin pencari Google.
    Mengapa di Google? Kebanyakan orang saat ini menjadikan mesin pencari tersebut untuk menemukan sesuatu yang mereka butuhkan. Hal ini berarti keberadaan mesin pencari sudah seperti televisi sehingga apabila Anda menggunakan SEO sudah seperti iklan di tempat tersebut.

  • Email Marketing

    Strategi marketing selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah email marketing. Namun, tahukah Anda apa itu email marketing? Strategi pemasaran yang satu ini adalah aktivitas mengirimkan email yang isiannya terdapat informasi poduk, penawaran produk, diskon, dan masih banyak lagi.
    Adapun tujuan dari strategi ini adalah untuk menaikkan penjualan tak hanya untuk pembeli lama tetapi khususnya mereka yang masih tergolong sebagai pembeli baru. Hanya saja, saat ingin menjalankan strategi ini Anda perlu mendapatkan dulu email dari calon pembeli. Salah satu cara mudahnya adalah lewat pengisian form.
     

    Baca Juga :   Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Bisnis Online

  • Sosial media

    Tak bisa dipungkiri bahwa sosial media saat ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Sebagaian besar orang yang sudah menggunakan strategi ini tentu sudah menganggap bahwa sosial media merupakan tempat untuk melakukan pemasaran paling efektif. Untuk itu, Anda bisa mulai menerapkan strategi pemasaran produk lewat sosial media yang cukup populer di masyarakat. Baik itu Twitter, Facebook, Instagram, hingga YouTube. Dari sosial media itulah, Anda bisa melakukan pemasaran dengan luas, cepat, dan juga efektif.
    Anda bisa membuat konten pemasaran yang berupa gambar, tulisan, maupun video. Dengan begitu, pelanggan tidak akan mudah bosan saat mengetahui konten tersebut. Selain Anda juga bisa menerapkan fitur paid advertising untuk memunculkan iklan ke target market sosial media yang sudah ditetapkan.

  • Influencer marketing

    Sudah pernahkah Anda mendengar apa itu influencer marketing? Ini merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh yang cukup kuat yang juga memiliki followers atau pengikut dalam jumlah yang banyak. Influencer ini nantinya bisa Anda pilih untuk mempromosikan produk/layanan Anda lewat beberapa platform yang mereka miliki.
    Baik itu mempromosikannya lewat Instagram, YouTube, Facebook, dan yang lainnya, namun, usahakan Anda tetap memilih dengan tepat influencer yang nantinya akan dipilih. Dengan begitu, strategi yang Anda pilih ini benar-benar dapat lebih tepat target marketnya dan bisa mendapatkan calon konsumen dengan efektif.

  • Menjadi sponsor event

    Selain beberapa strategi di atas, strategi pemasaran produk/layanan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi sponsor sebuah event atau acara. Dengan begitu, Anda bisa menampilkan logo/brand Anda sendiri dalam acara ersebut. Hal ini berarti secara tidak langsung orang-orang yang mengikuti acara tersebut dapat mengenal bisnis Anda.
    Anda juga bisa memberikan produk secara cuma-cuma kepada peserta yang hadir yang mana ersebut tentu akan memberikan kesan positif dan bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengenalkan bisnis Anda kepada publik.

 

Baca Juga :     Apa itu Digital Marketing : Jenis-jenis, Manfaat, Konsep dan Strateginya

 

Kesimpulan dan Penutup

Agar bisnis Anda dapat terus berkembang di tahun 2020 ini, maka beberapa strategi pemasaran terbaik di atas sangat penting untuk dipraktekkan. Dengan begitu, Anda tidak akan lagi khawatir mengenai masalah penjualan karena dengan menerapkan strategi pemasaran terbaik maka Anda akan mendapatkan pula konsumen yang tepat. Hanya saja yang perlu diingat adalah saat Anda ingin memulai strategi pemasaran tersebut pastikan sangat cocok dengan bisnis yang Anda jalani.

Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan konsumen atau audiens, calon pelanggan potensial, serta pelanggan lama Anda dengan juga memperhatikan beberapa hal tersebut, maka Anda akan terbantu untuk menerapkan strategi efektif dalam pemasaran. Jadi, apalagi yang masih Anda tunggu? Anda bisa memilih beberapa strategi pemasaran terbaik di atas dan menerapkannya secara langsung agar dengan begitu, produk/layanan Anda pun akan semakin dikenal dan penjualan pun tidak tersendat lagi.

Related Post :

popup image