logo Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis 2023 - IDCloudHost

Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis 2023

Strategi Twitter Marketing untuk Bisnis 2023

Saat ini banyak opsi platform sosial media yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan sistem pemasaran digital Anda, salah satunya melalui Twitter. Ada berbagai hal yang bisa Anda gunakan pada aplikasi Twitter. Seperti: menuliskan cuitan tentang pendapat, opini, perasaan, dan lain-lain. Lebih lanjut, melalui platform ini para penggunanya dapat memposting sebuah teks maupun mikroblog. 

Para pengguna twitter semakin berkembang di Indonesia dan tentunya hal dapat dijadikan sebagai strategi sosial media yang efektif. Meskipun demikian, untuk mencapai kesuksesan aktivitas pemasaran maka diperlukan strategi yang tepat. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan menyajikan berbagai strategi Twitter marketing tahun 2023 versi IDCloudHost yang bisa Anda gunakan. Dengan demikian, perhatikan ulasan konten artikel berikut ya!

Mengenal Potensi Twitter Marketing untuk Bisnis

Mengenal Potensi Twitter Marketing untuk Bisnis
Seperti yang diketahui bahwa Twitter merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan. Tentu saja hal tersebut akan memaksimalkan potensi pemasaran Anda untuk menjangkau banyak konsumen.

Lebih lanjut, Twitter juga memungkinkan suatu bisnis untuk meningkatkan engagement dengan para calon konsumennya. Trend retweet di Twitter juga memungkinkan interaksi yang intens yang mungkin terjadi diantara sesama pengguna Twitter.

Bahkan dalam laporan Twitter Customer Insight menyatakan sebanyak 33% dari calon konsumen suatu bisnis akan melakukan retweet pada akun Twitter mereka. Tentu saja hal tersebut memperbesar peluang untuk meningkatkan brand awareness suatu bisnis.

Tidak hanya demikian, Twitter juga dianggap sebagai media komunikasi yang cepat dan mudah mencari hal yang sedang trend. Lebih lanjut, Twitter juga akan membuat sebuah bisnis lebih interaktif dengan para konsumennya, tentunya dengan berbagai fitur yang ditawarkan.

Jika Anda ingin memaksimalkan potensi Twitter, maka terlebih dahulu Anda harus familiar dengan beberapa fitur basic yang dimilikinya, yakni sebagai berikut:

  • Tweet: pesan singkat yang dijadikan status dan akun muncul pada beranda (minimal 280 karakter)
  • Retweet: melakukan postingan ulang tweet pengguna lain
  • Mention: memanggil pengguna lain atau melakukan tag dengan ciri khas tanda (@) misalnya (@idcloudhost)
  • Hashtag: berciri khas tanda tagar (#) dalam upaya memudahkan pengguna mencari suatu hal dan membantu viral marketing khususnya pada twitter, misalnya #clouduntukbangsa
  • Message: melakukan komunikasi melalui chatting

Strategi Twitter Marketing

Strategi Twitter Marketing

Setelah mengetahui potensi yang dimiliki oleh Twitter, maka saatnya Anda harus mengetahui strategi untuk memaksimalkan potensi tersebut. Lebih lanjut, di bawah ini telah kami siapkan poin-poin strategi Twitter Marketing tahun 2023 versi IDCloudHost, yakni sebagai berikut:

Bangunlah akun Twitter Anda secara profesional

Ketika Anda mulai membuat akun Twitter untuk bisnis, maka pastikan bahwa akun tersebut dapat merepresentasikan bisnis Anda dengan baik.

Oleh karena itu, dalam membangun akun Anda perlu memperhatikan beberapa hal, yakni sebagai berikut:

  • Username, pastikan Anda menggunakan username yang sesuai dengan brand atau produk Anda. Dengan demikian, konsumen akan mudah menjangkau Anda.Selain itu, pastikan juga username Anda mudah diingat dan tidak panjang karena dapat membuat konsumen mudah lupa akan username tersebut.
  • Foto profil, pastikan poto profil yang Anda gunakan mampu menangkap perhatian konsumen dan disaat bersamaan juga mampu merepresentasikan bisnis Anda.
  • Bio, hal ini memungkinkan Anda untuk menulis beberapa hal yang Anda inginkan. Oleh karena itu, pastikan bio tersebut menarik dan sesuai dengan gaya bisnis Anda.

Atur tweet Anda dengan sedemikian rupa

Dalam upaya memaksimalkan potensi twitter, maka dengan memaksimalkan tweet atau posting adalah hal penting yang harus dilakukan. Ketika Anda membagikan tweet yang bermanfaat dan relevan dengan konsumen, Anda secara tidak langsung konsumen akan setia mengikuti akun Twitter Anda.

Lebih lanjut, Anda juga perlu membuat perencanaan postingan yang baik. Misalnya Anda harus mengikuti hal yang sedang trend dan sedang menjadi perbincangan serta tentunya relevan dengan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur waktu posting sehingga mendapatkan banyak atensi. Misalnya ketika Anda melakukan tweet pada malam hari maka akan mungkin dijangkau oleh para pengguna di saat istirahat dibandingkan Anda melakukan tweet pada jam kerja.

Lakukan interaksi dengan followers Anda

Untuk mendapatkan atensi yang lebih, maka Anda bisa menciptakan interaksi yang intensif dengan followers Anda. Misalnya Anda bertanya pendapat, atau melakukan tweet dengan topik yang sedang booming, membagikan konten lucu yang relevan dan berbagai lainnya.

Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan hastag, tentu saja hal ini akan membantu interaksi dengan followers Anda. Selain itu, hal ini juga membantu konsumen menemukan tweet, akun, bahkan produk Anda. 

Lebih lanjut, saat ini Anda juga dimungkinkan melakukan streaming pada aplikasi Twitter. Tentu saja hal ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung. Selain itu, Anda juga mengadakan podcast melalui Twitter Space. Layanan ini memungkinkan Anda berbincang topik tertentu dan mengedukasi konsumen. 

Melakukan kampanye iklan

Meskipun ada isu bahwa pemilik baru Twitter, Elon Musk akan menghapus iklan pada Twitter namun nyatanya sampai saat ini layanan tersebut masih bisa digunakan. Tentunya ada kemungkinan Twitter akan meluncurkan fitur atau hal lainnya di bawah pemilik baru Elon Musk.

Namun, tidak ada salahnya mengetahui beberapa iklan Twitter yang bisa Anda lakukan saat ini yaitu Promoted Tweets dan Twitter Ads. Melalui Promoted Tweets, maka tweets Anda akan dipromosikan meskipun belum di follow oleh pengguna. Lebih lanjut, Tweets tersebut nantinya akan terlihat sama seperti Tweets lainnya yang bisa disukai, retweet, komen, dan sebagainya.

Adapun Twitter Ads adalah adalah layanan yang diberikan twitter bagi para pemasar produk yang ingin menampilkan promosi-promosi mereka melalui bernada Twitter. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai Twitter Ads, maka Anda bisa mengunjungi konten artikel cara iklan di Twitter berikut ini.

Lakukan evaluasi

Anda dimungkinkan melakukan evaluasi performance akun Twitter bisnis Anda. Saat ini, Twitter Analytics memungkinkan membantu penggunanya untuk melihat berbagai data pada akunnya.

Lebih lanjut, melalui Twitter Analytics maka Anda dapat melihat pengikut setia, jumlah likes, share, dan berbagai hal lainnya. Tentunya dengan layanan ini dapat menjadi evaluasi bagi Anda dalam memaksimalkan sosial media Twitter.

Penutup

Demikianlah konten artikel strategi Twitter Marketing untuk bisnis 2023. Tentunya untuk memaksimalkan potensi pemasaran melalui Twitter, maka perlu memahami setiap fitur dan layanan yang dimiliki oleh Twitter. Setelah itu, Anda bisa mengimplementasikan beberapa strategi, seperti: berkomitmen membangun Twitter secara professional, mengatur Tweet, melakukan interaksi dengan followers, dan melakukan kampanye iklan.

Saat ini strategi bisnis media sosial bisa langsung ditautkan dengan website bisnis. Misalnya, Anda bisa membuat landing page untuk promosi tertentu, atau menautkan bio link di bio akun Twitter bisnis Anda. Anda bisa menggunakan Website Instan IDCloudHost yang memungkinkan Anda untuk membuat website dengan mudah dan cepat tanpa harus memiliki kemampuan coding. 

 

 

 

 

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image