Cara Iklan di Twitter dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Menjalankan sebuah iklan di berbagai macam media merupakan pilihan dari para perusahaan atau pelaku bisnis. Dengan melakukan pemasaran dengan strategi yang tepat akan berdampak pada meningkatnya reputasi dari brand bisnis tersebut sehingga banyak sekali media yang dapat digunakan oleh para pemasar produk untuk mengiklankan produk merek. Media-media yang seringkali dipakai seperti media cetak, media elektronik, media digital, dan masih banyak lagi, namun sekarang ini yang lagi populer sekali adalah beriklan melalui platform digital.

Mengiklankan sebuah produk baik itu jasa maupun barang bisa sekali dilakukan oleh pemasar melalui platform digital atau bisa disebut media internet. Media internet yang dapat dipakai itu banyak banget jenisnya seperti media sosial, website, situs marketplace, dan lain-lain dan semua media tersebut melebihi kelebihan masing-masing. Bagi pemasar produk yang menginginkan untuk menjangkau calon pelanggan dengan luas dan mudah sangat direkomendasikan menggunakan platform sosial media karena sosial media sering dipakai penggunanya bukan hanya sekedar sebagai tempat untuk menampilkan eksistensi namun juga untuk mencari segala macam informasi.

Beragam media sosial yang bisa digunakan untuk memasarkan produk sangatlah banyak, seperti salah satu platform yang bisa digunakan adalah Twitter. Twitter dapat digunakan sebagai platform untuk mengenalkan produk dengan ratusan juta Tweet yang diketik setiap harinya dan perubahan algoritma Twitter merupakan alasan yang tepat untuk memulai promosi di Twitter. Lalu bagaimana cara membuat iklan di Twitter? Berikut ini adalah cara membuat iklan di Twitter dengan mudah dan cepat untuk pemula.

 

Mengenal Apa Itu Twitter Ads

Siapa yang tidak mengenal platform media sosial Twitter? Twitter merupakan salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia selain Facebook, Instagram, TikTok, dan lainnya. Twitter sering digunakan penggunanya untuk menuliskan cuitan tentang pendapat, opini, perasaan, dan lain-lain dandi  platform ini penggunanya dapat memposting sebuah teks maupun mikroblog. Di Indonesia sendiri Twitter merupakan salah satu media sosial favorit karena banyak sekali trend-trend yang viral dari Twitter yang menghiasi dunia media sosial tanah air.

Apalagi banyak publik figur di Indonesia yang juga turut menggunakan Twitter, beberapa publik figur yang terlihat aktif bermain Twitter seperti Pandji Pragiwaksono, Rintik Sedu, dan Fiersa Besari. Pengguna Twitter di Indonesia juga sangat fantastis yaitu mencapai 166 juta orang ini membuatnya menarik untuk dipahami bahwa dengan jumlah yang banyak ini merupakan tempat yang bagus bagi para pelaku usaha. Para pelaku usaha dapat memanfaatkan twitter sebagai tempat untuk mempromosikan produk mereka dan pihak Twitter juga memahami hal demikian sehingga muncul layanan Twitter Ads.

Twitter Ads adalah layanan yang diberikan twitter bagi para pemasar produk yang ingin menampilkan promosi-promosi mereka melalui bernada Twitter. Menggunakan Twitter sebagai tempat untuk beriklan sangat direkomendasikan sekali bagi para pelaku bisnis. Dengan jumlah pengguna Twitter yang banyak bukan tidak mungkin pelaku bisnis akan mendapatkan untung yang lebih jika mengkampanyekan iklan di Twitter.

 

Baca Juga :        Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Macam dan Jenis Promosi di Twitter Ads

Cara Iklan di Twitter dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

Wajib bagi seorang marketer atau calon pengguna Twitter Ads memahami apa saja jenis iklan yang bisa ditampilkan di Twitter. Ada beberapa tipe promosi yang dapat membantu para pelaku bisnis untuk mencapai brands goal di Twitter Ads ini. Selain itu dengan banyaknya tipe yang ada akan membantu strategi pemasaran produk bagi pelaku bisnis maupun perusahaan. Tipe-tipe promosi produk Twitter Ads yaitu Promoted Tweets, Promoted Accounts, Promoted Trends dan berikut ini adalah penjelasan dari macam dan jenis promosi yang ada di Twitter.

 

  • Promoted Trends

    Pada tahun 2020 twitter memperbarui tipe iklan Promoted Trends mereka menjadi lebih baik. Topik trending Twitter adalah daftar turnover tinggi di Twitter. Ini adalah kumpulan dari topik dan hastag paling populer yang digunakan ketika waktu itu sehingga pengguna Twitter dapat berinteraksi dengan Promoted Trends seperti saat mereka berinteraksi dengan topik trending .
    Perbedaanya adalah terdapat tempat iklan merek akan ditampilkan dengan tulisan ‘Dipromosikan’ untuk pengguna yang ditargetkan. Tren Promosi juga akan ditampilkan sebagai salah satu tempat pertama di bawah bagian “Tren untuk Anda”, baik di tab Jelajah maupun di timeline. Ketika pengguna mengklik pada Promoted Trends, mereka akan melihat hasil pencarian untuk topik tersebut dengan Tweet yang dipromosikan dari merek Anda di bagian atas.

  • Promoted Accounts

    Promoted Accounts adalah tipe promosi di dalam Twitter Ads yang dapat menampilkan profil lengkap akun bisnis yang melakukan promosi. Sedikit berbeda dengan Promoted Tweets yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya. Promoted Accounts menampilkan profil lengkap brand yang ingin dipasarkan. Akun yang Dipromosikan ditampilkan dalam garis waktu pengikut potensial. Iklan juga akan ditampilkan di saran Who to Follow dan di hasil pencarian, dan elain diberi label untuk menunjukkan bahwa ‘Dipromosikan,’ promosi ini juga menyertakan tombol Ikuti.

  • Promoted Tweets

    Promoted Tweets memiliki kesamaan dengan tweet biasa. Tidak ada perbedaan jika dilihat dari luar Seperti Tweet biasa, mereka dapat diundang, di-retweet, dan dikomentari. Perbedaan yang terletak antara tweet biasa dan promoted tweet adalah jangkauan orang yang dapat melihat tweet tersebut. Penggunaan Promoted Tweets dapat menjangkau target audiens penjualan yang telah diatur oleh para pelaku bisnis. Promoted Tweets juga diberi label “Dipromosikan”. Promoted Tweets juga dapat menampilkan sebuah video berdurasi maksimal 60 detik.

 

Baca Juga :      Cara Iklan di Facebook dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Cara Membuat Iklan di Twitter Ads

Cara Iklan di Twitter dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula
 

 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara membuat iklan di Twitter Ads yang relatif mudah bai kbagi pengguna pemula bisa sekali menggunakan Twitter Ads. Tampilan pada website Twitter Ads pu juga ramah bagi pengguna awam dan sederhana. Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum membuat iklan di Twitter Ads adalah akunTtwitter, konten iklan, dan lain-lain. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara-cara membuat iklan di Twitter Ads.

 

  • Masuk Ke Dalam Twitter Ads Manager

    Bagi mereka yang baru pertama mengenal Twitter atau baru pertama kali menggunakan Twitter ini diharuskan terlebih dahulu untuk membuat akun Twitter. Pembuatan akun sendiri bisa langsung dibuat dengan cepat dan mudah. Jika akun sudah siap selanjutnya ketikkan ads(dot)twitter(dpt)com di kolom pencarian browser. Dengan mengetikkan domain tersebut halaman Twitter Ads Manager akan tampil, Atur Lokasi Negara dan Region Waktu daerah yang ditempati.

  • Memilih Objektivitas Kampanye Iklan

    Langkah selanjutnya adalah menentukan advertising objective dari kampanye iklan yang akan ditampilkan di Twitter. Ada berbagai tipe advertising objective yang dapat dipilih disini dengan menentukan objective iklan mana yang dipilih hal ini akan tergantung apa yang ingin diraih saat melakukan iklan tersebut. Tujuan kampanye yang dipilih menentukan jenis dan tindakan keterlibatan yang akan dibayar. Bagi pemula pasti akan bingung untuk memutuskan memilih objective iklan apa, maka direkomendasikan untuk mengklik Learn More untuk memahami apa itu objective advertising.
     

    Baca Juga :      Cara Iklan di TikTok dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

  • Atur Nama dan Biaya Iklan

    Berikutnya adalah tahap dimana nama grup dari iklan Twitter di tuliskan. Selain itu, di tahap ini juga ditentukan budget yang akan dikeluarkan pada iklan yang ditampilkan. Kabar baiknya biaya yang dikeluarkan untuk iklan dibebaskan untuk pengguna, kadi tidak ada batas minimal biaya yang akan dikeluarkan dan jumlah budget akan langsung tampil pada halaman ini.
     

    Konfigurasi selanjutnya berada di halaman setup Pengaturan grup iklan. Untuk kampanye iklan Twitter pertama, pengiklan mungkin ingin tetap berpegang pada satu grup iklan. Apabila pengiklan sudah terbiasa nyaman menggunakan Twitter Ads, bagi kampanye menjadi beberapa kategori untuk menargetkan audiens yang berbeda, gunakan kreatif yang berbeda, atau uji berbagai anggaran dan waktu. Beri nama grup idan pilih waktu mulai dan berakhir.

  • Melakukan Targeting Audien

    Menentukan targeting audiens sangatlah penting pada setiap kegiatan pemasaran dilakukan, sebab pencapaian berhasil atau tidaknya sebuah iklan tersebut dalam hal menjangkau pelanggannya. Riset yang baik perlu dilakukan sebelum menentukan segmentasi dari calon pelanggan seperti pelanggan potensial apa yang kiranya akan tertarik dengan iklan yang ditawarkan. Opsi penargetan membantu pengiklan memilih audiens yang tepat untuk iklan dan memaksimalkan anggaran membuat pengiklan dapat mulai dengan penargetan demografis. Tentukan audiens berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, bahasa, dan teknologi.

  • Tentukan Placement dan Selesai

    Langkah terakhir adalah menentukan Placement atau tempat dimana iklan yang dibuat ini akan muncul. Pengiklan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dan semua konfigurasi di atas jika sudah selesai dilakukan lakukan pengecekan ulang atau review. Jika memang sudah tidak ada hal yang perlu ditambahkan lagi maka iklan sudah selesai dibuat dan siap untuk di rilis.

 

Baca Juga :       Cara Iklan di YouTube dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Twitter Ads adalah salah satu layanan media sosial milk Twitter yang dapat digunakan sebagai tempat untuk menjual, mengenalkan, dan memasarkan produk. Bisa sekali memasukkan Twitter Ads kedalam salah satu strategi digital marketing mengingat kepopuleran milik Twitter dan jumlah pengguna yang sangat banyak merupakan alasan yang tepat bagi para marketer untuk mengiklankan produknya di Twitter.

Bagi para pelaku bisnis pemula juga sangat direkomendasikan untuk mencoba platform ini. Cara untuk membuat iklan di twitter tidak terlalu sulit bahkan relatif mudah serta terdapat juga layanan bantuan yang dimiliki oleh twitter untuk membantu pengiklan memaksimalkan fitur di Twitter Ads Manager. Demikianlah artikel mengenai cara iklan di Twitter dengan mudah dan cepat untuk pemula.

Related Post :

popup image