Tips Cara Menerapkan Kerja Remote di Perusahaan

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Sekarang banyak jenis system kerja yang ditawarkan oleh perusahaan yang para pekerjanya bisa memilih seperti apa dan waktu mereka harus bekerja,. Salah satunya adalah cara kerja remote di perusahaan yang tidak mewajibkan pegawainya untuk datang langsung ke kantor. Perusahaan memberi kebebasan bekerja, baik bekerja di café, rumah, taman, dan lain sebagainya sesuai dengan minat sang pekerja.

Saat ini bekerja dengan system remote ini merupakan suatu trend yang digandrungi oleh masyarakat. Bahkan perusahaan banyak menggunakan startup opsi pekerja remote untuk para pegawainya. Survey menunjukkan bahwa 34 % masyarakat Indonesia telah bekerja menggunakan system remote ini. Jadi, kerja remote di perusahaan sudah bukan hal yang baru lagi di Indonesia saat ini Sistem kerja remote memang bisa mempunyai dua sisi akibat yaitu keuntungan dan kerugian.

Keuntungan yang bisa didapat adalah para pekerja tidak harus menghabiskan waktu dan biaya transportasi sedangkan kerugiannya adalah terletak pada kemungkinan kegagalan seorang pekerja dalam mengelola waktunya dikarenakan tidak ada lagi jadwal masuk kantor konvensional.

Maka jika Anda bekerja dengan system remote ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan juga untuk tetap bekerja dengan mood yang tetap santai namun menghasilkan hasil yang produktif efektif. Cara ini bisa diterapkan agar kita lebih berkualitas lagi dalam bekerja , mempunyai pengelolaan waktu yang efisien dengan outcome yang sesuai pula.

 

Tips Kerja Remote di Perusahaan Tetap Efektif dan Produktif

Cara kerja remote ini sebaiknya menggunakan tata atau urutan yang jelas agar waktu tidak terbuang sia- sia dan pekerjaan pun sesuai tenggat waktunya. Banyak jenis tips untuk menjadi produktif bagi pekerja remote, namun tips tersebut jarang sekali berhasil bahkan dirasa tidak berhasil sama sekali.

Pembahasan tips kerja remote di perusahaan di bawah ini akan membahas tips kerja remote yang praktikal. Dengan demikian jika kita bisa menjalankan tips ini dengan serius dan sistematis maka kita bisa melihat manfaatnya dari cara system kerja remote ini. Tips yang bisa Anda coba adalah:

Baca Juga : Gimana Rasanya Kerja di Startup ?

 

1. Menyiapkan tempat bekerja yang aman dan nyaman

 

Bekerja di tempat kerja yang memberi kenyamanan akan lebih memaksimalkan tingkat produktifitas kita dalam melakukan kerja remote. Jangan anggap remeh berkaitan dengan pemilihan tempat kerja, sebuah tempat bisa menjadi hal utama betah tidaknya kita dalam menggeluti pekerjaan tersebut. Setting sedemikian rupa tempat kerja yang bisa membuat pikiran dan semangat lebih segar. Dengan demikian ide- ide akan masuk dan timbul lebih mudah, yang tentu saja berpengaruh terhadap kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan target pekerjaan. Tempat yang bisa digunakan untuk menjalankan kerja remote di perusahaan adalah:

 

  • Tempat yang kondusif dengan suasana yang tenang.
  • Menggunakan meja serta kursi yang ergonomis.
  • Menggunakan perlengkapan penunjang pekerjaan misalkan, earphone serta headset.
  • Adanya koneksi internet yang stabil dan mudah.
  • Menggunakan aplikasi video conference serta chat.
  • Menyediakan botol air minum, untuk menjaga daya tahan tubuh tetap tidak kekurangan cairan. Jika perlu juga menyediakan makanan ringan untuk dijadikan bahan camilan.

 

Pemilihan tempat di atas mungkin di rasa tidak terlalu penting atau berpengaruh bagi mereka para pekerja dengan system kerja remote di perusahaan. Karena mereka berfikir bahwa bekerja dimana saja meskipun tempatnya tidak nyaman dan yang terpenting adalah hasil.

Tetapi menciptakan atau mencarai tempat kerja yang sesuai sebenarnya lebih kepada preferensi dan kebutuhan pribadi untuk tetap menjaga produktifitas kerja kita sendiri bukan tanggung jawab dari perusahaan, sebab perusahaan telah memberikan kebebasan ruang dan waktu. Jadi, buatlah dan dekorasi sendiri ruang kerja remote kita supaya lebih menyenangkan.

 

2. Mempersiapkan software yang penting

 

Ada banyak software penting yang bisa kita gunakan dalam menunjang kerja remote di perusahaan, yaitu:

 

  • Menggunakan aplikasi task management atau disebut to-do-list.
  • Menggunakan aplikasi untuk konversi waktu.
  • Menggunakan aplikasi untuk Chatting.
  • Menggunakan aplikasi untuk kerja khusus developer.

Pekerjaan remote yang dilakukan secara team diwajibkan untuk tetap bisa berkerja sama dan berkomunikasi anggota team yang lainnya. Maka alur pekerjaan bisa diselesaikan dengan tepat dan cepat, dengan demikian kerja remote kita tetap bisa dilakukan dengan produktifitas yang tinggi. Selain itu pekerjaan dengan tim bisa diselesaikan dengan cepat selesai.

Baca Juga : 5 Tips Lamar Kerja di Startup Indonesia

 

3. Membuat alur pekerjaan yang jelas

 

Setelah mengetahui bagaimana alat yang digunakan, hal yang utama dalam mendukung system kerja remote di perusahaan adalah dengan mempersiapkan alur pekerjaan kita. Dalam setiap pekerjaan, alur kerja sangatlah penting dan wajib dipatuhi oleh siapa saja begitu juga oleh kita yang bekerja secara remote di perusahaan. Ada beberapa patokan yang bisa digunakan dalam menentukan alur kerja remote di perusahaan, yaitu:

 

  • Apa yang sedang kita kerjakan?
  • Apa yang sedang akan dikerjakan selanjutnya?
  • Apa hasil yang diharapkan pada tugas ini?
  • Dengan mengetahui bagaimana harapan dan tujuan kita dalam bekerja di atas diharapkan kita bisa memenuhi target dalam pekerjaan. Semua harus kita perhatikan dan terapkan dengan disiplin.

 

4. Membuat jadwal yang rutin untuk laporan

 

Setiap pekerjaan pasti membutuhkan laporan baik secara individu maupun team, maka dari itu sebagai pekerja remote harus bisa menjaga hubungan baik dengan atas maupun pegawai yang lain tetap dekat dan semakin dekat. Hal yang bisa dilakukan adalah membuat jadwal rutin kapan laporan tersebut diagendakan untuk di bahas sehingga mereka yang kerja remote di perusahaan dengan kita bisa mengerti.

 

5. Menjadwalkan online meeting berkala

 

Kerja remote bukanlah satu- satunya cara, karena semua pegawai akan melakukan meeting atau pertemuan rutin daan agenda seperti ini bisa dilakukan kapan dan dimana saja.

 

6. Sering respons dengan percakapan yang lewat chat

 

Meski pekerja memilih untuk remote, intinya semua yang berhubungan dengan pekerjaan hanya kita sendiri yang mengetahui, maka dari itu perlu adanya komunikasi aktif yang cepat merespons percakapan lewat chat, supaya kerja sama yang dijalankan tidak mengalami kesalahpahaman atau hal lain yang merugikan pekerjaan kita.

 

7. Meninggalkan pesan

 

Saat seorang pekerja remote di perusahaan, rekan satu tim yang lain juga harus tahu mengenai informasi progress pekerjaan tersebut, meskipun tidak semuanya harus diberitahukan. Dengan demikian untuk menjaga tetap terjaganya kerjasama yang baik maka kita bisa meninggalkan pesan terlebih dahulu.

 

Kesimpulan dan penutup

Tentunya system remote ini selain memberi rasa fleksibel juga memiliki hal positif dan negative. Banyak tantangannya teruatama bagi pekerja yang belum terbiasa dengan cara ini. Kita bisa menjadi lupa waktu dan mengabaikan kehidupan di luar pekerjaan karena waktu yang kabur antara pekerjaan dan pribadi.

Selain itu pekerja juga mudah kehilangan focus karena memilih bekerja dari tempat pribadi yang membuat rasa nyaman mengalahkan disiplin dalam mengerjakan pekerjaan. Tak jarang pekerja juga menyambi urusan pribadi dengan pekerjaan dalam satu waktu. Masalah- masalah seperti ini bisa saja terjadi karena tidak yang mengawasi.

Oleh karena itu, pekerja yang memilih untuk remote memang disarankan untuk tetap melakukan rutin layaknya hendak berangkat ke kantor yaitu dengan tetap menjaga ritme waktu mulai dari bangun tidur hingga waktu mengerjakan perkerjaan, istirahat dan penutupan dengan disiplin.

 

Related Post :

popup image