Tips Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Jika unduhan telah dihentikan oleh Google Drive yang mengatakan maaf: Anda tidak dapat melihat atau mengunduh file ini sekarang, Anda dapat melewati batas unduhan Google Drive untuk file bersama, yang tetap 24 jam menghitung aktivitas terbaru. Saat Anda mencoba mengunduh file yang dibagikan (share) oleh seseorang, dari Google Drive, Anda mungkin menemukan pesan seperti ini.

Hal itu muncul karena adanya batasan pembagian Google Drive yang mengatakan bahwa drive Anda telah mencapai batasnya. Namun, dimungkinkan untuk menghindari kuota unduhan atau pembagian ini dengan langkah dan trik tertentu. Mengingat banyak juga yang ingin mengatasi limit Google mereka.

Google Drive sendiri mungkin menampilkan dua pesan kesalahan yang serupa dan hampir sama. Pertama, pesan mungkin menampilkan sesuatu yang terkait dengan kuota Google Drive terlampaui. Kedua, Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang. Solusi untuk kedua pesan kesalahan sebenarnya hampir sama. Lalu tahukah Anda mengapa Google Drive menampilkan pesan seperti itu alih-alih memberi Anda opsi untuk mengunduh file secara langsung? Simak penjelasan berikut ini.

 

Memahami Limit Google Drive

Anggaplah Anda perlu berbagi file secara online dengan beberapa orang dan file tersebut berukuran cukup besar dan kemungkinan besar dalam GB. Atau Anda membagikan file di situs web atau akun media sosial Anda. Untuk beberapa alasan yang membuat orang-orang mengunduh file Anda dari penyimpanan Google Drive Anda tetapi masalahnya adalah Google Drive tidak menawarkan transfer data tanpa batas. Setiap kali mendeteksi jumlah yang tidak biasa dari konsumsi bandwidth di akun Google Drive Anda, maka Google secara otomatis menempatkan penghenti pada batas unduhan.

Akibatnya, pengguna mendapatkan pesan kesalahan yang mengatakan “Terlalu banyak pengguna yang melihat atau mengunduh file ini baru-baru ini.” dan kemudian minta mereka untuk mencobanya setelah 24 jam. Meskipun pintu dibuka setelah 24 jam, cukup berisiko bagi Anda untuk mengunduh file dari akun masing-masing. Karena sudah tertangkap oleh Google, Anda, sebagai pemilik, juga harus menghapus file dari akun Anda. Jika tidak, hal itu juga dapat membawa Anda ke larangan permanen yang akan menutup akses Anda seluruhnya.

Untuk informasi Anda, batas unduhan untuk berbagi file Google Drive ini berlaku untuk setiap pengguna terlepas dari pelanggan reguler Google G Suite atau Google Apps. Intinya adalah bahwa Google tidak suka pilih kasih pada pengguna mana pun. Meskipun tidak ada pernyataan publik tentang kuota berbagi Google Drive ini, perkiraan terbaiknya adalah hal itu terjadi untuk mencegah pembajakan.

 

Baca Juga :     Cara Submit / Mendaftarkan Aplikasi Android di Google Play Store untuk Pemula

 

Tips Cara Mengatasi Limit Google Drive

Tips Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah dan Cepat
 

Apabila Anda ingin mengatasi limit dari drive Anda, maka berikut langkah-langkah untuk melewati batas unduhan Google Drive untuk file bersama :

 

  • Masuk ke akun Google Drive setelah membuka tautan file.
  • Ganti “uc” dengan “buka” di URL file.
  • Muat ulang halaman dan lewati batas unduhan.
  • Klik ikon Tambahkan ke Drive Saya.
  • Pilih opsi yang sama lagi untuk mengonfirmasi.
  • Buka akun Google Drive Anda dan klik kanan pada file yang ditambahkan.
  • Pilih opsi Buat salinan dari menu konteks.
  • Pilih opsi Download untuk mendownload file ke PC Anda.

Baca Juga :       Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Google Forms

 

Ini akan membuat salinan file di penyimpanan Google Drive Anda, dan kemudian, Anda dapat mendownload file dari akun Anda ke PC Anda. Sekarang, mari pelajari langkah-langkahnya secara mendetail sehingga Anda dapat memahaminya dari atas ke bawah.

 

  • Langkah 1

    Pertama-tama, Anda perlu masuk ke akun Google Drive di browser Anda dan membuka tautan file yang ingin Anda unduh. URL file default akan terlihat seperti drive(dot)google(dot)com

  • Langkah 2

    Anda perlu mengganti “uc” dengan “open” di URL file. Ini akan memberi Anda lebih banyak pilihan. Namun, URL tergantung pada file yang akan Anda unduh. Jika Anda mendapatkan teks “terbuka” di URL, tidak perlu melakukan perubahan apa pun.

  • Langkah 3

    Lalu Anda akan memuat ulang halaman di browser Anda, ini akan menampilkan pratinjau file dengan beberapa opsi di atas. Dari sana, klik ikon “Tambahkan ke Drive Saya (Add to My Drive)”, yang terlihat seperti logo Google Drive.

  • Langkah 4

    Sekarang, Anda harus menemukan file tersebut di direktori root penyimpanan Google Drive Anda. Meskipun ditautkan ke akun Google Drive Anda, ini masih belum disimpan di penyimpanan Anda. Untuk itu, klik kanan pada file tersebut, dan pilih opsi “Buat salinan (Make a copy)” di menu konteks.

  • Langkah 5

    Ada opsi lain yang disebut “Unduh (Dowload),” yang memungkinkan Anda mengunduh file ke penyimpanan lokal atau komputer Anda.

Setelah melakukan langkah terakhir, Anda akan dapat mengakses file secara terpisah. Sebagai informasi, langkah-langkah ini juga memungkinkan Anda untuk mendownload file besar dari Google Drive ketika batas download Google Drive terlampaui.

Baca Juga :    Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Cara Memperbaiki Kesalahan Melebihi Kuota di Google Drive

Tips Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah dan Cepat
 

Jika Anda adalah pemilik file dan orang-orang melaporkan kepada Anda tentang masalah kuota terlampaui, berikut adalah solusi sederhana yang mungkin memperbaiki masalah Anda. Pada awalnya, Anda harus berhenti membagikan file yang menyebabkan semua masalah. Setelah itu, klik kanan pada file tersebut, dan pilih opsi “Buat salinan (Make a copy)”, yang akan membuat file duplikat di penyimpanan Anda.

Sekarang, ganti namanya dan pilih nama yang sama sekali berbeda. Setelah itu, buat tautan yang bisa dibagikan, dan bagikan dengan pengikut atau penerima Anda. Mulai sekarang dan seterusnya, Anda tidak akan mendapatkan masalah apa pun. Namun, solusi ini bersifat sementara karena Google telah menangkap basah Anda. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan trik ini hanya jika sangat mendesak untuk membagikan file penting dengan seseorang untuk tujuan penting saja.

Baca Juga :      Cara Mendapatkan Uang dari Google dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Umumnya, setiap orang bebas untuk mengunggah, mengunduh, dan berbagi file dengan siapa saja meski memang masih di dalam kuota yang berlaku yakni dengan keterbatasan ketersedian batas unduhan. Misalnya, jika banyak pengguna mendownload file yang Anda bagikan, file tersebut akan diblokir saat batas ketersediaan mencapai. Alasannya karena Google ingin meminimalisir penyalahgunaan.

Namun, jika sejumlah besar pengguna melihat atau mengunduh file, file tersebut mungkin dikunci selama 24 jam sebelum kuota disetel ulang. Periode penguncian file mungkin lebih singkat jika file tidak terus menerima lalu lintas yang tinggi. Dalam kasus seperti jika file sangat populer atau sangat penting sehingga sering dilihat atau diunduh, mungkin perlu waktu berhari-hari atau bahkan lebih lama sebelum Anda berhasil mengunduhnya.

Belum pernah dengar sebelumnya? Itu karena Google tidak menyebutkannya di mana pun. Itulah kenapa banyak pengguna yang beralih menggunakan cara mengatasi limit Google Drive mengingat mereka ingin melampaui batas waktu yang bisa dibilang cukup lama yakni 24 jam. Maka jika Anda juga ingin mengatasi limit drive Anda, Anda dapat mencoba tips diatas.

Related Post :