Tips dan Cara Memulai Startup 2022

Business, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Jika Anda yakin dengan ide startup Anda, sekaranglah saat yang tepat untuk terjun ke dunia wirausaha. Sangat penting juga untuk mempertimbangkan iklim ekonomi saat menguraikan rencana bisnis Anda. Namun saat ini selain harus siap dengan bisnis baru, Anda juga harus siap beradaptasi berbisnis di tengah situasi pandemi global yang masih belum reda karena memang dua tahun terakhir telah membawa ketidakpastian yang cukup besar bagi banyak pebisnis, tetapi banyak juga bisnis yang pada akhirnya telah berhasil beradaptasi dengan rencana yang matang dan strategis. Anda dapat memanfaatkan semangat Anda, mencoba meluncurkan startup berskala kecil terlebih dahulu, dan akhirnya dapat meraih kesuksesan selama masa yang penuh gejolak ini.

Mulailah dengan dasar-dasar penting seperti menanyakan pada diri sendiri mengenai mengapa Anda ingin merintis sebuah startup. Jika Anda yakin dengan ide atau rencana tersebut, menjalankan bisnis pasti dapat diwujudkan secara signifikan sehingga akan memberi dampak positif ke kehidupan Anda dan kehidupan orang-orang di sekitar Anda. Selain itu sebelum Anda dapat menjalankan bisnis, penting untuk mempelajari cara memulai, memutuskan bagaimana memulai bisnis kecil bisa tampak seperti prospek yang menakutkan jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Untungnya, banyak pengusaha lain yang memiliki pengalaman, dengan rajin bertukar pikiran dengan para senior di bidang bisnis maupun dunia startup, Anda dapat memperoleh manfaat juga melalui cerita kesuksesan mereka bahkan belajar dari kesalahan bisnis mereka.

Maka jika Anda berniat untuk memulai startup di tahun 2022 ini, penting untuk memperhatikan tips-tips atau cara-cara sebelum memulai sebuah bisnis. Segala hal yang dilakukan dengan persiapan yang matang pasti akan menghasilkan output yang baik juga kedepannya. Artikel ini akan memberikan Anda beberapa tips dan cara bagaimana memulai sebuah startup terkhususnya di tahun 2022 yang mana diketahui juga sebagai tahun yang masih rentan terpengaruh oleh kondisi pandemi yang belum kunjung selesai.

 

Baca Juga :  10 Ide Startup Tahun 2022

 

Mengenal Apa Itu Startup

Tips dan Cara Memulai Startup 2022
 

 

Startup adalah perusahaan muda yang didirikan untuk mengembangkan produk atau layanan yang unik, membawanya ke pasar dan membuatnya berbeda dari model usaha yang sama dan menjadi spesial bagi pelanggan. Startup berakar pada inovasi, mengatasi kekurangan produk yang ada atau menciptakan kategori barang dan jasa yang sama sekali baru. Anda mungkin paling akrab dengan perusahaan startup di Big Tech misalnya seperti Facebook, Amazon, Apple, Netflix, Google, yang secara kolektif dikenal sebagai saham FAANG atau yang dikenal sebagai 5 perusahaan teknologi Amerika yang paling populer dan berkinerja terbaik. Bahkan perusahaan seperti WeWork, Peloton, dan Beyond Meat juga dianggap sebagai perusahaan startup.

Selain itu istilah startup telah mendapatkan banyak popularitas akhir-akhir ini. Semakin banyak individu yang tertarik untuk menjadi wirausahawan dan karenanya berencana membuka bisnis sendiri. Oleh karena itu, semakin banyak juga investor yang tertarik untuk membantu bisnis-bisnis baru. Meskipun kehadirannya di masyarakat saat ini terkenal, konsep startup masih menimbulkan beberapa ketidakpastian tentang apa arti sebenarnya dan apa yang diwakilinya.

Hal pertama yang harus Anda pahami tentang startup adalah bahwa tidak ada definisi pasti tentang konsep ini, karena pengertiannya cukup komprehensif. Neil Blumenthal, Co founder yang menjadi co-CEO Warby Parker mengatakan bahwa “Startup adalah perusahaan yang bekerja untuk memecahkan masalah di mana solusinya tidak jelas dan kesuksesan tidak dijamin”. Meskipun pernyataan ini benar, itu tidak mendefinisikan keseluruhan filosofi di balik konsep startup. Sebuah bisnis startup perlu memiliki pembeda dari kompetitor untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar. Hal ini dapat diupayakan dalam inovasi yang hadir dalam produk mereka atau dalam model bisnis yang terkait dengan perusahaan .

Sebuah inovasi memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah startup, sehingga semua pengusaha harus mempertimbangkan dengan serius aspek ini. Sebuah startup adalah perusahaan baru yang masih dalam tahap awal dalam manajemen brandnya, penjualan dan dalam mempekerjakan karyawannya. Biasanya konsep seperti ini berkembang bagi perusahaan startup yang beroperasi kurang dari 3 tahun, namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Artinya, perusahaan Anda mungkin telah beroperasi selama 7 tahun dan masih dapat dikategorikan sebagai startup.

Sebuah perusahaan startup memiliki tujuan utama untuk tumbuh dan berkembang pesat. Ini adalah salah satu poin yang membedakan startup dengan bisnis kecil. Disisi lain, startup biasanya menghadirkan inovasi-inovasi yang kuat dalam bisnis demi keberhasilan brand. Hal ini terjadi karena CEO startup beranggapan bisnis sebagai investasi berisiko dengan tingkat kegagalan yang tinggi jika tidak meningkatkan fitur-fitur yang inovatif. Sebuah startup juga harus dinamis dan siap beradaptasi dengan kesulitan yang mungkin muncul. Karena ini adalah kebutuhan untuk validasi bisnis Anda, bisnis harus siap untuk menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Model bisnis seperti ini berarti mengharuskan Anda memiliki fitur dan rencana cadangan untuk mempertahankan bisnis agar berkelanjutan.

Singkatnya, Anda dapat menganggap bahwa startup adalah perusahaan yang berada pada tahap awal pengembangan untuk memecahkan masalah bisnis nyata melalui produk atau layanan inovatif. Ini adalah masalah yang sangat umum di dunia entrepreneur. Meskipun banyak dari startup yang ada saat ini bersifat teknologi, konsep yang CEO atau founder dari startup teknologi miliki ini pasti unik dari yang lainnya sehingga inti dari startup adalah mencari ide-ide inovatif yang secara drastis agar mendapatkan perhatian banyak orang.

 

Baca Juga :  Cara dan Langkah Memulai Startup yang Sukses

 

Tips dan Cara Memulai Startup 2022

Tips dan Cara Memulai Startup 2022
 

 

Memulai startup tidak akan luput dari segi pemasaran yang mencakup begitu banyak kategori seperti periklanan, konten, sosial, hubungan masyarakat. Kemudian bagaimana sebuah perusahaan startup menyeimbangkan semuanya? 5 tips dan cara dibawah ini dapat menjadi panduan Anda untuk memulai startup di tahun 2022.

  • Gunakan SEO untuk menumbuhkan pertumbuhan organik untuk perusahaan

    Strategi pemasaran yang sehat harus fokus juga pada lalu lintas digital Anda, secara berbayar dan organik terlepas dari ukuran bisnis yang Anda miliki. Search Engine Optimization lebih dikenal sebagai SEO, sangat penting untuk meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda. Hal ini dilakukan melalui pembuatan konten yang sangat relevan dan berkualitas berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda jual, konten ini dapat Anda terbitkan melalui halaman web atau blog. Kemudian Anda harus strategis dalam memilih kata kunci yang ditargetkan dalam pembuatan konten sehingga dapat meningkatkan perhatian orang-orang di situs Anda selain itu jangan lupakan pemuatan web yang cepat dan navigasi yang mudah agar audiens Anda dapat bertahan di situs atau web yang mereka buka.

  • Kembangkan kreativitas di bidang sosial media marketing

    Ada banyak platform periklanan digital yang tersedia untuk dipilih. Baik itu media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, TikTok. Selain itu masih ada Google Search, Display, iklan audio di Spotify, iklan PPC (Pay Per Click), dsb. Dengan adanya berbagai macam jenis beriklan ini, Anda harus bijak dalam memilihnya. Beberapa platform menyediakan fasilitas gratis dalam beriklan seperti sosial media yang lebih menuntut Anda agar kreatif dalam pembuatan konten dan berbagi informasi didalamnya. Beberapa platform juga dapat menyediakan jasa beriklan, tetapi berbayar. Semua keputusan ini berada di tangan Anda apakah akan memanfaatkan seluruh fasilitas beriklan digital ini atau hanya sebagian. Maka dari itu kreativitas perusahaan sangat dituntut pada fitur atau poin ini.
    Semakin banyak saluran beriklan yang Anda jalankan akan menjadi semakin baik karena memaksimalkan jangkauan audiens Anda, jadi pastikan untuk memilih dengan bijak. Jika anggaran Anda lebih kecil, coba saluran media sosial untuk memulai. Yang terpenting dalam menjadi seorang pemula adalah Anda memiliki waktu untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru sampai Anda menemukan keputusan yang tepat bagi bisnis yang Anda miliki.

 

Baca Juga :  Startup : Sejarah Singkat dan Cara Kerjanya

 

  • Bangun tim yang hebat

    Sebuah studi pada tim usaha baru, menunjukkan bahwa 60% dari usaha baru gagal karena masalah seperti miskomunikasi, perselisihan dan banyak lagi. Saat Anda mulai membangun sebuah tim, pastikan bahwa setiap anggota tim memiliki soft skill dan hard skill yang setara. Sementara pengetahuan juga penting, begitu juga kemampuan menyajikan pengetahuan itu dengan baik. Selain itu, visi bersama merupakan hal penting lainnya untuk mencapai kesuksesan startup. Pastikan anggota tim Anda berada di jalur yang sama seperti Anda setiap saat.

  • Berinteraksi dengan pengusaha lain

    Para peneliti percaya bahwa berjejaring dengan pengusaha lain sangat bermanfaat ketika Anda memulai bisnis baru dan ingin mencapai peningkatan-peningkatan dasar. Menurut penelitian, Ketika Anda berinteraksi dengan pengusaha lain, Anda dapat bekerja untuk mendapatkan akses ke lebih banyak sumber daya dan memaksimalkan keuntungan bersama. Selain itu Anda dapat menarik aset yang tidak akan Anda miliki, seperti reputasi brand dan kontak konsumen. Untuk memulai berjejaring, carilah mentor dan penasihat di industri Anda. Menghadiri lokakarya industri, acara dan konferensi.

  • Pastikan ide Anda menjual

    Apakah ide bisnis Anda menjual? Jika memiliki ide yang Anda ketahui dapat menjual dan dicari dipasaran, hal ini dapat membuat Anda dan tim ingin terus-menerus bekerja dan memanfaatkan potensi sebaik-baiknya. Oleh karena itu, Anda harus menjadi seseorang yang sangat peduli tidak hanya pada pekerjaan Anda sendiri tetapi juga semua aspek dari perusahaan Anda. Tujuannya tentu untuk memiliki bisnis yang terbaik dari kompetitor. Jadi, untuk menemukan ide bisnis yang menarik dan menjual, hal sederhana seperti menanyakan pada diri Anda pertanyaan seperti, pelanggan seperti apa yang ingin saya layani? Apa brand dan situs web favorit saya? Apa produk atau layanan yang saya nikmati?

 

Baca Juga :  Manfaat Menerapkan Alur Kerja/Workflow Strategy yang Baik Untuk Bisnis dan Startup

 

Kesimpulan dan Penutup

Pandemi telah mengubah cara hidup, bekerja, dan bersosialisasi banyak orang. Semua orang dari kakek dan nenek hingga siswa menjadi mahir dalam menavigasi ruang digital dan beradaptasi pada situasi normal baru ini. Bahkan saat bisnis mulai dibuka kembali, hal-hal baru ini tidak akan berubah, tetapi terus berkembang. Sehingga dunia kewirausahaan akan mengikutinya. Kewajiban Anda sebagai seorang pengusaha adalah beradaptasi dan berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Artikel ini telah memuat informasi mengenai definisi startup serta memberikan Anda juga tips dan cara memulai perusahaan startup di tahun 2022 ini. Semoga Anda dapat menemukan jawaban dari pertanyaan Anda dan menjadikan artikel ini sebagai referensi saat membangun startup sukses di tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.

Related Post :