5 Tips Sukses Bangun Startup Untuk Pemula

5 Tips Sukses Bangun Startup Untuk Pemula

Saat ini, semakin banyak startup yang bermunculan, termasuk di Indonesia. Tidak heran jika banyak yang ingin memiliki perusahaan yang sedang berkemang tersebut. Jika Anda termasuk salah satu yang ingin mendirikan startup, tentu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara merintisnya bukan? Bila Anda penasaran untuk mengetahui bagaimana cara memulai startup, maka Anda datang ke laman website yang tepat! Karena dalam artikel ini, kita akan membahas tips membangun startup! Simak dibawah ini

Apa itu Startup?

Secara sederhana, startup mengacu pada perusahaan yang berada pada tahap awal operasi yang didirikan oleh satu atau beberapa orang yang mengembangkan produk atau layanan yang diyakini on demand. Startup umumnya memulai dengan biaya tinggi dan pendapatan terbatas, karena itu startup juga disebut perusahaan yang memiliki high uncertainty dan high risk. Karena itu, startup umumnya mencari modal dari berbagai sumber seperti dari venture capitalist.

Saat ini, startup bertanggung jawab atas pertumbuhan ekonomi. termasuk di Indonesia yang selama pandemi covid lalu menyumbang 4% sumber GDP negara. Selain itu, startup juga membantu menciptakan lapangan kerja, industri baru, serta mendorong inovasi.

Ada beberapa alasan mengapa startup berkembang pesat dalam perekonomian saat ini, seperti:

  • Kehadiran internet yang mempermudah cara memulai startup. Di masa lalu, memulai bisnis membutuhkan banyak modal dan sumber daya, tetapi sekarang Anda bisa mulai dari situs web atau sosial media saja.
  • Prospek penghasilan yang besar dan konsep ‘bisa menjadi bos’ membuat banyak orang enggan bekerja di perusahaan dan memilih memulai startup sendiri.
  • Banyak program pemerintah yang mendorong pendirian dan peningkatan usaha sendiri seperti UMKM dan usaha kecil lainnya untuk memperluas lapangan kerja dan industri baru.

Baca Juga: Apa Itu Crowdsourcing dalam Dunia Startup?

Tips dan Cara Memulai Startup

Tips dan Cara Memulai Startup

Karena ada orang-orang yang tergiur dengan penghasilan startup yang besar, semakin banyak pula orang-orang yang terjun bebas ke dunia bisnis tanpa memikirkannya secara jangka panjang.

Padahal supaya bisnis dapat berjalan dengan baik, kita membutuhkan strategi dan tidak boleh asal agar aktivitas perusahaan yang dilakukan berjalan dengan baik dan terkontrol sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan dan mencapai target yang telah ditentukan.

Berikut adalah beberapa tips dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam cara memulai startup:

1. Temukan Ide Usaha yang Menarik

Startup dapat dikatakan sebagai perusahaan yang kreatif dan inovatif, yang dimulai dengan menemukan masalah kemudian mencari solusi dari masalah tersebut dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam cara memulai startup, ide Anda tidak harus selalu baru loh. Anda bisa memiliki produk atau layanan yang sudah ada dengan menambahkan fitur-fitur tertentu yang unik dan berbeda dibandingkan produk lain.

Setelah menemukan ide usaha yang bagus dan menarik, baiknya Anda melakukan riset pasar lebih dulu untuk mengetahui apakah ide yang Anda temukan sudah solutif dan kiranya menghasilkan feedback positif. Nilai plusnya, riset setelah menemukan ide usaha juga dapta membantu Anda menemukan target pasar yang sesuai dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

2. Planning Model Bisnis yang Tepat 

Selanjutnya dalam cara memulai startup adalah menyusun rencana dan model bisnis yang dibutuhkan untuk memulai usaha supaya berkembang dengan pesat. Setelah Anda memiliki ide usaha dan melakukan riset di atas, Anda harus mulai membuat rencana bisnis yang menjelaskan produk dan layanan Anda secara rinci mencakup informasi tentang industri usaha, operasi usaha, keuangan usaha, dan analisis pasar.

Untuk menjalankan suatu bisnis, jika menyusun rencana saja tidak cukup. Karena itu Anda harus menentukan model bisnis agar usaha Anda dapat berjalan dan mendapatkan keuntungan. Anda bisa memilih model bisnis tergantung pada beberapa komponen seperti value proposition, target pasar, resources, key metrics (KPI), model pengeluaran, model pemasukan, dan lainnya.

3. Kumpulkan atau Cari Modal Usaha

Selanjutnya cara memulai startup setelah menyusun rencana dan model bisnis adalah mengumpulkan atau mencari modal usaha. Umumnya, modal startup berasal dari modal pribadi, keluarga, teman, venture capitalist dan pinjaman bank.

Bila Anda ingin menggunakan dana dari pinjaman bank, maka pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang bagus sehingga bank tertarik untuk memberikan modal pinjaman kepada Anda. Anda juga bisa mencari investor yang tertarik untuk berinvestasi ke bisnis Anda baik karena visi misi perusahaan yang sejalan dengan visi misi pribadi atau karena model dan rencana bisnis yang menarik dan dinilai valuable.

4. Temukan Partner yang Tepat

Langkah selanjutnya dalam cara memulai startup setelah mengumpulkan dana usaha adalah menemukan partner yang tepat. Startup umumnya didirikan oleh lebih dari satu orang. Nah, untuk memilih partner startup, pastikan dulu visi misi masing-masing sama dan sejalan dengan visi misi perusahaan nantinya dan memiliki komitmen untuk mengembangkan perusahaan.

Dalam menjalankan usaha, partner yang tepat sangat penting karena menentukan keberlangsungan perusahaan tersebut. Anda juga bisa bersosialisasi dengan orang-orang yang kiranya dapat membantu Anda. Hal ini karena startup penuh dengan resiko, jadi bergaul dengan orang-orang banker, agen asuransi, pengacara, investor, dan lainnya.

5. Kembangkan Strategi Marketing yang Sesuai

Langkah terakhir dalam cara memulai startup adalah mengembangkan strategi marketing yang sesuai. Di zaman yang serba digital ini, digital marketing adalah salah satu strategi marketing yang banyak digunakan karena kemudahan dan keefisienannya.

Selain itu, startup juga umumnya berhubungan erat dengan digital marketing.Anda bisa mempelajari dan menggunakan beberapa teknik atau komponen penting dalam digital marketing seperti memiliki situs web bisnis, sosial media, ads, affiliate, SEO dan lainnya.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Pendanaan Startup Tahap Awal

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Startup

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Startup

Setelah membaca dan memahami mengenai tips cara memulai startup, selanjutnya adalah memahami mengenai beberapa key points yang menjadi perhatian dalam memulai bisnis yang satu ini, yaitu:

1. Struktur Hukum

Startup perlu mempertimbangkan struktur hukum apa yang paling sesuai dengan mereka. Misalnya seperti struktur hukum kepemilikan perseorangan (sole proprietorship) cocok untuk pendiri yang juga merupakan karyawan utama bisnis.

Sedangkan kemitraan (partnership) adalah struktur hukum yang tepat untuk bisnis yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki kepemilikan bersama. Tanggung jawab pribadi dapat dikurangi dengan mendaftarkan perusahaan tersebut sebagai perseroan terbatas (PT)

2. Pendanaan

Salah satu hal fundamental dalam suatu bisnis adalah pendanaan atau modal. Selain pada teman atau keluarga dan venture capitalist, startup juga bisa mengumpulkan dana dengan metode crowdfunding atau penggalangan dana dari sejumlah orang untuk memberikan donasi modal melalui internet.

3. Lokasi

Dalam cara memulai startup, lokasi merupakan salah satu pertimbangan terpenting bagi siapa pun yang baru memulai dunia bisnis. Pengusaha harus memutuskan apakah bisnis mereka dijalankan secara online, di kantor, rumah, atau toko tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: 10 Istilah Dalam Dunia Startup yang Wajib Anda Ketahui

Penutup

Nah itu dia tadi penjelasan mengenai startup secara singkat serta tips dan hal yang harus diperhatikan dalam cara memulai startup. Hal yang harus diingat adalah meskipun terlihat menggiurkan bisa memiliki bisnis sendiri dan mendapatkan banyak penghasilan, membuat suatu usaha memiliki resiko yang tinggi, terlebih bila tidak memiliki perencanaan dan strategi yang matang.

Terakhir, ada salah satu teknik marketing yang wajib digunakan oleh perusahaan rintisan, khususnya dalam konteks digital marketing. Yap! Memiliki situs web bisnis! Nah, Anda tidak perlu khawatir atau bingung jika belum memiliki web bisnis sendiri, karena ada Cloud VPS IDCloudHost! Dengan sistemnya yang one-click-deploy, Anda bisa langsung memiliki website bisnis dengan puluhan tools yang bisa membantu Anda mengoptimalkan situs web sekaligus bisnis Anda loh, silahkan di coba!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update