Tips dan Cara Pengaduan Layanan PLN untuk Rumah dan Kantor

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Perusahaan listrik negara yang lebih dikenal dengan PLN merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ketenagalistrikan. Dalam pelayanannya, badan usaha milik negara ini berusaha semaksimal mungkin untuk menyediakan sekaligus menyalurkan tenaga listrik di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan dalam prosesnya, terdapat juga beberapa layanan seperti layanan pengaduan PLN yang akan mewadahi berbagai permasalahan seputar jaringan listrik.

Diberikannya layanan pengaduan PLN merupakan bentuk pelayanan prima yang berujung pada kepuasan masyarakat. Tentu saja pelayanan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai alternatif cara baik melalui telepon maupun email. Untuk menunjang layanan ini pihak pegawai PLN diharapkan akan tanggap, sigap dan cepat untuk menangani setiap permasalahan yang terjadi. Dengan demikian, masyarakat akan tetap berkesempatan untuk menikmati listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Pada awal mencuatnya layanan pengaduan PLN berawal dari banyaknya kasus pemadaman listrik yang dilakukan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Banyak pihak yang menganggap jika kinerja PLN masih jauh dari kata memuaskan. Mencuatnya citra negatif terhadap pelayanan PLN merupakan inisiatif awal yang kemudian membuat pihak PLN untuk memberikan layanan pengaduan PLN melalui berbagai cara.

 

Layanan Pengaduan PLN Melalui Telepon

Tips dan Cara Pengaduan Layanan PLN untuk Rumah dan Kantor
 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menanggapi adanya permasalahan kelistrikan adalah dengan memanfaatkan layanan pengaduan PLN. Layanan ini bisa dilakukan dengan menekan angka 123 melalui telepon. Jika Anda melakukan panggilan dengan menggunakan telepon genggam, pastikan untuk tidak lupa menyertakan kode wilayah tempat tinggal Anda.

Melalui cara ini Anda akan terhubung dengan pihak customer service PLN sehingga Anda bisa menyampaikan keluh kesah seputar permasalahan jaringan kelistrikan. Sebagai gambaran umum layanan pengaduan PLN ini untuk Anda yang berdomisili di wilayah jakarta maka Anda bisa menggunakan kode 021 yang diikuti nomor 123. Untuk diketahui dengan baik, bahwasanya pelayanan melalui telepon ini tidaklah gratis. Jadi Anda akan melakukan panggilan seperti pada umumnya.

Baca Juga :   Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis dari PLN (Website & WhatsApp)

 

Memanfaatkan Layanan Sosial Media

Jika Anda enggan untuk memanfaatkan layanan pengaduan PLN melalui saluran telepon karena biayanya yang cenderung mahal, kini saatnya Anda bisa memanfaatkan social media. Adanya layanan melalui social media ini pada dasarnya merupakan terobosan baru di era modern 4.0 yang mana hampir setiap hari manusia bergelut dengan sosial media baik berupa Facebook, Twitter ataupun Instagram. Bahkan hampir semua perusahaan bumn selalu memiliki akun social media untuk bisa terhubung dengan masyarakat yang lebih luas.

Bagi Anda yang merupakan pengguna aktif twitter, layanan pengaduan PLN bisa dilakukan dengan menghubungi @PLN_123. Selain itu, layanan pengaduan tersebut juga bisa Anda lakukan dengan melalui Facebook yaitu PLN 123. Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang menggunakan Instagram, layanan ini bisa diakses dengan pln123.PLN.co.id. Jika Anda ingin mengadukan permasalahan melalui email, Anda bisa menghubungi pihak PLN dengan mengirimkan pesan kepada pln123@PLN.co.id.

Dengan adanya banyak platform dan metode untuk menampung serta melayangkan keluhan tersebut, pengguna bisa memilih salah satu cara yang paling mudah atau nyaman untuk mereka. Penyediaan segala macam cara ini di harapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan kelistrikan yang bisa diketahui dan tangani dengan segera.

Baca Juga :   Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya

 

Layanan Pengaduan PLN Melalui Aplikasi

Tips dan Cara Pengaduan Layanan PLN untuk Rumah dan Kantor
 

Selain melalui social media ataupun saluran telepon, layanan pengaduan PLN juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi yang didownload melalui App Store ataupun Google Play. Kemudahan layanan yang diberikan oleh PLN pada dasarnya juga dilakukan untuk menjawab tantangan zaman 4.0 yang mengharuskan semua kegiatan terintegrasi dengan jaringan internet.

Setelah melakukan instalasi aplikasi yang telah didownload pada smartphone Anda, nantinya seseorang akan dipandu oleh pihak virtual assistant dari PLN yang akan menjawab semua permasalahan terkait dengan jaringan kelistrikan. Menariknya lagi, melalui layanan ini Anda juga bisa mengajukan permohonan untuk mengubah daya listrik, memasang jaringan listrik baru, mengisi token prabayar, menanyakan riwayat pembelian suatu token hingga segala informasi terkait dengan PLN.

 

Layanan Pengaduan PLN Melalui SMS

Jika Anda menginginkan untuk memanfaatkan layanan pengaduan PLN lainnya, Anda bisa memanfaatkan layanan SMS. Untuk layanan melalui sms bisa dilakukan dengan mengetik INFO yang kemudian dikirimkan pada nomor 08388888123. Melalui layanan SMS ini nantinya Anda akan mendapatkan informasi seputar gangguan kelistrikan yang segera untuk diperbaiki tinggal layanan transaksi. Cara ini bisa dijadikan alternatif lain untuk Anda yang enggan memanfaatkan layanan tersebut di atas.

Baca Juga :   Cara Membuat STNK Motor & Mobil : Tips & Trick Serta Cara Memperpanjang STNK

 

Tips Memanfaatkan Layanan Pengaduan PLN

Tips dan Cara Pengaduan Layanan PLN untuk Rumah dan Kantor
 

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini banyak sekali tindak penipuan yang dilakukan dengan mengatasnamakan pihak PLN. Tentu saja hal ini sangat merugikan masyarakat, terlebih dengan minimnya informasi yang didapatkan masyarakat terkait dengan layanan PLN. Dalam hal ini, seseorang yang memanfaatkan layanan pengaduan PLN kerap kali harus mengeluarkan uang lebih karena alasan yang tidak masuk akal. Padahal semua layanan tersebut tidak dipungut biaya sama sekali.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa hal yang perlu diketahui.

  1. Pastikan petugas PLN yang datang ke rumah Anda mengendarai mobil dinas
  2. Setiap petugas PLN yang melakukan kunjungan ke rumah selalu memiliki surat tugas dengan menggunakan seragam resmi sekaligus identitas pengenal
  3. Tidak ada proses transaksi keuangan di tempat karena semua dilakukan melalui bank di mana konsumen akan mendapatkan kode transaksi terlebih dahulu
  4. Pihak PLN nantinya akan memberikan suatu nomor registrasi yang akan dibayarkan di bank
  5. Pastikan Anda memanfaatkan salah satu dari layanan tersebut di atas dengan menyebutkan berbagai keluhan secara detail sekaligus juga alamat rumah yang disertai dengan RT atau pun RW
  6. Jika diperlukan, Anda bisa mencatat nama petugas PLN yang datang ke rumah untuk berjaga-jaga jika layanan yang diberikan kurang memuaskan. Dalam hal ini Anda bisa mengajukan komplain melalui layanan yang tersebut di atas

Untuk mendapatkan layanan pengaduan PLN, Anda bisa melakukannya dengan menghubungi melalui saluran telepon, social media, sms ataupun melalui aplikasi yang bisa didownload pada smartphone Anda. Semua layanan tersebut nantinya akan terhubung dengan pihak customer service yang akan menjawab berbagai permasalahan seputar kelistrikan yang terjadi pada rumah Anda.

Mengenai permasalahan yang bisa diadukan melalui layanan pengaduan PLN sangatlah beragam. Beberapa diantaranya adalah permasalahan power failure atau listrik mati, power surge yang disebabkan oleh kelebihan beban ataupun listrik yang tersambar petir hingga power SAG atau yang lebih dikenal dengan penurunan tegangan listrik secara tiba-tiba. Selain itu ada juga layanan untuk mengatasi permasalahan over voltage, under voltage hingga tegangan listrik yang naik turun tidak stabil, di samping juga layanan electronic line noise atau pun switching transient.

Baca Juga :   Mengenal Apa Itu Slip Gaji : Contoh dan Cara Membuatnya

 

Kesimpulan dan penutup

Itulah beberapa layanan pengaduan PLN yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan disertai beberapa jenis pelayanan yang diberikan untuk mempermudah penanganan dan penyebaran fasilitas listrik ke seluruh daerah. Untuk mendapatkan layanan tersebut, pastikan Anda juga memperhatikan beberapa tips yang tersebut di atas untuk menghindari berbagai tindak penipuan.

Untuk terakhir kalinya, mengingatkan Anda dan semua pengguna bahwa semua layanan dari PLN ini bersifat gratis atau tidak dipungut biaya, jadi hindari berbagai transaksi keuangan di tempat. Jika ada berbagai kejanggalan dalam memberikan pelayanan perbaikan jaringan listrik, Anda bisa mengajukan komplain melalui layanan yang tersebut di atas karena semua pelayanan diberikan untuk kepuasan Anda.

 

Related Post :

popup image