logo Tips dan Trik Menghilangkan Iklan di Android - IDCloudHost

Tips dan Trik Menghilangkan Iklan di Android

Tips dan Trik Menghilangkan Iklan di Android

Menurut riset yang dilakukan terhadap pengguna internet di dunia, banyak yang memilih berselancar di dunia maya dengan menggunakan smartphone mereka daripada menggunakan komputer atau laptop. Pemilihan penggunaan smartphone ini lebih kepada aspek praktis, efisien dan lebih personal dibandingkan dengan membuka dan menggunakan komputer.

Selain itu hampir semua pengguna smartphone berada dalam keadaan berpindah- pindah atau mobile yang menjadikan penggunanya lebih tergantung kepada smartphone mereka setiap waktu baik itu untuk melakukan pekerjaan, berkomunikasi maupun sekedar mampir ke platform- platform media sosial. Smartphone juga biasanya relatif bebas pop-up iklan yang biasanya sering mengganggu jika kita sedang berselancar pada browser komputer.

Sayangnya kemajuan teknologi juga diikuti dengan kemajuan malware, virus dan iklan- iklan yang mengganggu. Malware dan virus telah diciptakan tidak hanya mampu menyusupi komputer tetapi juga smartphone. Program virus ini juga mampu menyamarkan diri mereka sebagai aplikasi maupun iklan yang tiba- tiba muncul. Di samping juga dengan kemampuan mencuri data penting, tentunya iklan pop-up ini akan sangat mengganggu, berikut cara yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan iklan di smartphone Android Anda.

 

Ciri-ciri virus Malware yang mengganggu smartphone

Sebelum memulai langkah untuk menghilangkan iklan yang mengganggu pada smartphone, ada baiknya kita juga mengenal sebab kenapa dan ciri- ciri dari smartphone yang telah terkena virus malware yang mengakibatkan munculnya iklan dan gangguan lainnya :

  1. Performa smartphone Android yang lambat dari seharusnya

    Jika Anda sudah memeriksa RAM dan storage handphone Anda namun tidak menemukan alasan kenapa smartphone Anda tetap melambat sedangkan Anda tidak menyimpan banyak aplikasi dan data, maka bisa saja ini disebabkan oleh aktivitas malware yang bersembunyi. Uninstall aplikasi yang tidak sah dan mencurigakan, serta buang data maupun file yang tidak lagi Anda perlukan.

  2. Panggilan telepon yang sering terputus terus- menerus

    Setiap panggilan telepon maupun koneksi internet bergantung dan berhubungan erat dengan sinyal yang tersambung saat itu. Panggilan telepon yang terputus pada saat sinyal sedang terganggu merupakan penyebab yang lumrah, tetapi apabila panggilan telepon Anda terputus disaat sinyal sedang tidak mengalami gangguan, maka sebaiknya Anda melakukan scan terhadap smartphone Anda untuk mencari malware yang bisa saja juga bersembunyi.

  3. Pemakaian data internet yang besar atau hilang

    Umumnya malware dan virus diciptakan untuk merusak serta juga untuk mencuri data informasi korban seperti data kontak, alamat, kartu kredit, rekening bank dan lainnya. Pencurian ini akan terjadi secara terselubung ditambang secara online tanpa diketahui. Tentu saja ini berdampak pada kuota internert yang hilang atau habis tanpa jejak.

  4. Baterai handphone yang cepat habis atau lemah

    Meskipun pada pemakaian terakhir atau telah di charge sekalipun, baterai Anda tiba- tiba berkurang tidak lama kemudian sedangkan Anda tidak melakukan aktivitas browsing saat itu. Dari banyak kemungkinan penyebab berkurangnya baterai handphone secara tiba- tiba ini adalah kesalahan atau kebocoran dan juga gangguan yang ditimbulkan oleh malware yang menambang data terus- menerus dengan sembunyi- sembunyi.

Baca Juga : Tutorial Cara Melacak HP / Smartphone Dengan IMEI

 

Jenis- jenis masalah yang muncul pada Chrome di smartphone Android.

Jika beberapa masalah di bawah ini sering muncul di Chrome smartphone Android Anda, artinya ada software yang tidak diinginkan atau malware terinstal di komputer Anda tanpa diketahui :

  • Iklan pop-up dan tab baru yang tidak dapat ditutup sama sekali
  • Halaman beranda atau browser Chrome berubah- ubah tanpa seizin Anda
  • Ekstensi Chrome atau toolbar yang tidak di klik atau diinginkan muncul terus- menerus
  • Browsing Anda telah dibajak dan diarahkan ke halaman atau iklan yang mencurigakan dan tidak dikenal
  • Software antivirus Anda mengeluarkan peringatan bahwa smartphone Anda telah terinfeksi malware

Jika semua poin di atas ini muncul, maka sebaiknya Anda menghindari software yang tidak diinginkan dan mencurigakan dengan hanya mendownload file dan membuka situs web yang terjamin keamanannya.

Baca Juga : Menelusuri Dampak yang ditimbulkan PSBB di Seluruh Wilayah Indonesia

 

Tips dan trick cara menghilangkan iklan di smartphone Android.

Berikut ini ada 3 cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan iklan yang mengganggu pada smartphone jenis Android.

Cara menghilangkan iklan melalui Google Chrome

 

Inilah langkah- langkah yang harus Anda ikuti satu- persatu :

  1. Buka aplikasi Google Chrome pada smartphone dan klik 3 titik vertikal yang berada pada kanan atas.
  2. Pilih “Setting”.
  3. Temukan opsi “Site Settings” lalu klik opsi “Pop-ups Redirects”.
  4. Pilih toggle yang akan menampilkan tampilan berwarna abu- abu dan menyebabkan iklan pop-up terblokir dengan otomatis.

Baca Juga : Fitur GoRide (GOJEK) dan Grabbike (GRAB) hilang dari Aplikasi karena Aturan PSBB

 

Anda juga dapat memblokir iklan pop-up pada situs tertentu yang sekiranya akan mengganggu pengalaman berselancar Anda dengan cara :

  • Temukan opsi “Ads” yang bisa Anda temukan di bawah opsi “Pop-ups Redirects”
  • Klik toggle hingga berubah menjadi kelabu yang menandakan bahwa semua iklan pop-up telah berhasil di blokir.

 

Sedangkan jika Anda ingin menghilangkan notifikasi dari sebuah situs web yang mengganggu, inilah cara yang bisa Anda coba :

  • Cari dan temukan opsi “Notifications” pada menu “Site Settings”
  • Klik toggle hingga berubah menjadi kelabu yang bertanda bahwa semua ikaln telah berhasil di blokir.

 

Cara menghilangkan iklan iklan di smartphone dengan aplikasi

 

Salah satu cara yang simple, cepat dan praktis selain dengan cara manual melalui Google Chrome diatas yang bisa Anda coba adalah dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi AdBlock Browser. Aplikasi ini akan secara otomatis memblokir semua iklan yang masuk dengan aman. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda cukup mendownload AdBlock secara gratis di Play Store.

 

Cara menghilangkan iklan dengan pengaturan Security Setting

 

Bila storage smartphone Anda tidak memungkinkan Anda untuk mengunduh aplikasi praktis diatas, cara ketiga yang bisa Anda coba adalah dengan mengatur smartphone Anda melalui Security Setting :

  • Masuk ke dalam “Setting/Pengaturan” smartphone Anda dan temukan “Security Setting”
  • Pilih opsi yang menyatakan “jangan izinkan menginstal aplikasi dengan sumber tidak benar” yang akan mempunyai penamana berbeda dari tiap smartphone namun mempunyai tujuan yang sama.

Baca Juga : Instagram for PC : Cara Download, Install, dan Menggunakannya 

 

Kesimpulan dan penutup

Setiap pengguna smartphone hendaknya selalu mengecek handphone mereka secara berkala untuk mencegah masuknya malware yang mencurigakan. Maka dari itu selalu perhatikan dan perbarui aplikasi yang telah di update hanya melalui Play Store sebagai penyedia aplikasi- aplikasi yang resmi dan terdaftar. Sebaiknya Anda tidak mempercayai iklan aplikasi yang muncul karena kemungkinan penyusupan penambangan dan pencurian data yang sering berkedok aplikasi.

Sebelum mengunduh, Anda juga harus memeriksa semua izin edar si aplikasi tersebut yang bisa saja dipalsukan dan bahkan tidak berkaitan dengan jenis aplikasi yang hendak Anda unduh. Pastikan aplikasi yang Anda punya juga mempunyai relevansi dengan izin yang mereka cantumkan ketika Anda ingin mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut.

Periksa juga keamanan Wi-Fi public yang Anda gunakan yang bisa saja disusupi kemungkinan malware. Anda juga dapat melindungi data smartphone Anda dengan penggunaan VPN ketika sedang berselancar di Wi-Fi yang banyak diakses orang. Tolak tawaran aplikasi, iklan dan iming- iming hadiah yang sering muncul ketika Anda berselancar di browser meskipun tidak dalam bentuk iklan pop-up karena bisa saja ini menjadi penyamaran malware yang mengintai data informasi Anda.

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image