Tips dan Trick Memperkuat Sinyal WiFi Agar Akses Lebih Cepat dan Lancar

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Terhitung pada 2020 lalu ada sebanyak 196,7 juta jiwa yang menggunakan internet, jumlah ini meningkat dari 8,9 persen di tahun 2018. WiFi sudah tidak asing disebut di Indonesia, penggunanya pun tidak memandang usia. WiFi adalah kependekan dari Wireless Fidelity, sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk keperluan komunikasi atau transfer program dan data dengan kemampuan sangat cepat. Hal ini bisa terjadi karena media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja di frekuensi tertentu.

Banyak istilah WiFi yang dikenal masyarakat hanya sebatas untuk penggunaan internet saja, sebenarnya WiFi bisa difungsikan sebagai jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti pada warnet hingga perusahaan besar. Jaringan nirkabel ini juga dikenal sebagai Local Area Network (LAN), yang memungkinkan komputer satu bisa terhubung dengan komputer lain yang berbeda tempat. Sedangkan untuk penggunaan internet, WiFi membutuhkan titik akses yang disebut hotspot untuk menghubungkan dan mengontrol pengguna WiFi dengan jaringan pusat.

Hotspot biasanya dilengkapi dengan kata sandi yang bisa meminimalisasi siapa yang bisa menggunakan fasilitas ini, pengguna WiFi biasanya melingkupi rumahan, restoran, swalayan, cafe, maupun hotel. Anda bisa mengatur akses WiFi agar memiliki kata sandi ataupun tidak. Anda akan dengan mudah menggunakan WiFi dimanapun berada asal izin akses didapatkan.

 

Kelebihan dan Kekurangan WiFi

Tips dan Trick Memperkuat Sinyal WiFi Agar Akses Lebih Cepat dan Lancar
 

Sama seperti teknologi lain, WiFi juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki perangkat internet satu ini.

 

  • Kelebihan

    WiFi memiliki kelebihan berupa penghematan biaya karena Anda hanya perlu membayarkan tagihan satu kali setiap bulan atau pertahun, semetara jika menggunakan kuota internet dari kartu perdana Anda harus membayar setiap kali ingin menggunakan jaringan internet. Kelebihan lain yang dimilikinya adalah WiFi awet dan tahan lama dari berbagai gangguan, WiFi mengurangi penggunaan kabel yang biasa terjadi pada tempat atau ruangan tertentu. WiFi cukup praktis digunakan asal Anda masih berada di radius terdekat dengan hotspot. Kelebihan lain yang didapat berupa minimnya konfigurasi yang harus dilakukan, karena ketika memiliki banyak ruangan di kantor maupun di rumah Anda hanya perlu menggunakan satu konfigurasi saja.

  • Kekurangan

    WiFi memiliki kekurangan dari segi keamanan, sehingga Anda perlu mengamankan menggunakan kata sandi agar tidak diketahui orang yang tidak berkepentingan. Perbatasan jarak antar ruang bisa menyebabkan penyaluran sinyal WiFi tidak merata, sinyal pada WiFi juga turut terpengaruh oleh perubahan iklim dan cuaca. Kekurangan lainnya berupa tidak cocoknya perangkat internet ini dipakai untuk melakukan transfer data yang terlalu besar.

 

Baca Juga   :   Cara Mengganti Password WiFi Indihome Modem ZTE

 

Manfaat WiFi

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan jaringan nirkabel satu ini, berikut ulasannya.

 

  1. Berbagi Folder dan File

    Tak hanya untuk kebutuhan internet, WiFi juga mampu digunakan untuk melakukan transfer file dan data secara aman pada perangkat yang saling terhubung.

  2. Terhubung ke Internet

    Saat menggunakan WiFi, hal utama yang bisa Anda dapatkan adalah mudahnya terhubung ke internet hanya dengan menyalakan perangkat WiFi sesuai kebutuhan.

  3. Mencetak di Printer

    Anda tidak perlu lagi menghubungkan kabel untuk mencetak dari laptop ke printer, hanya perlu dengan menyalakan koneksi WiFi pada perangkat yang terhubung.

 

Hal yang Memperlambat Sinyal WiFi

Tips dan Trick Memperkuat Sinyal WiFi Agar Akses Lebih Cepat dan Lancar
 

Berikut beberapa hal yang mungkin bisa diperiksa pada koneksi WiFi Anda sebelum melakukan percepatan jaringan WiFi, karena bisa saja koneksi Anda terganggu sehingga kecepatan koneksinya menjadi lambat.

 

  1. Batas Data

    Salah satu penyebab terbesar dari kecepatan internet yang lambat adalah batasan data, sejumlah data yang digunakan setiap bulannya disebut dengan batas data. Kelebihan penggunaan batas data bisa membatasi kecepatan internet Anda, jika Anda tidak mengetahui berapa jumlah batasan koneksi internet, bisa dengan melakukan pengecekan tagihan. Data dalam tagihan tersebut akan diuraikan jumlah penggunaan serta batasan yang sudah Anda lewati, Anda bisa komunikasikan hal tersebut ke penyedia jaringan untuk melakukan pembatasan data yang lebih tinggi.

  2. Mengistirahatkan Router

    Setiap bulan atau lebih Anda perlu melakukan setel ulang pada router agar perangkat tersebut beristirahat serta menyegarkan kembali koneksi internetnya. Jika masalah yang terjadi cukup serius setel ulang bisa Anda lakukan setiap hari, apabila memiliki modem yang terpisah Anda bisa melakukan setel ulang juga. Anda juga bisa mengatur waktu memulai ulang sistem setiap malam saat tidur dan otomatis hidup di pagi hari, perlu diingat bahwa menyetel ulang tidak membuat koneksi Anda yang lambat menjadi sangat cepat namun cukup membantu koneksi lebih lancar.

  3. Ubah Posisi Router

    Jika sinyal WiFi dari router tidak dapat Anda jangkau, koneksi internet Anda akan terganggu. Posisikan router Anda di tengah rumah, sebaiknya di lantai mana pun Anda paling sering ditempati. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu Anda di ruang tamu lantai pertama, letakkan router Anda di lantai yang sama.

 

Baca Juga   :    Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Rumah dan Kantor

 

Cara Memperkuat WiFi dengan Aplikasi

Beberapa aplikasi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet, berikut ulasannya.

 

  • WiFi Manager

    Aplikasi ini cukup membantu dalam mendeteksi sumber WiFi terbaik juga bisa digunakan untuk mengatur penggunaan internet di telepon pintar Anda. Ukuran aplikasi yang tidak besar ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya bisa meningkatkan kualitas WiFi secara signifikan tanpa harus memiliki perangkat tambahan lain nya. Kekurangan dari aplikasi ini adalah agak rumit untuk digunakan oleh pemula, serta detektor yang terkadang sulit terbaca.

  • WiFi Doctor

    Dirancang untuk mendeteksi jaringan serta melindungi aktivitas internet Anda, dan juga mempercepat koneksi jaringan dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Selain memperkuat sinyal, aplikasi ini dapat memeriksa keamanan dan meningkatkan kualitas jaringan yang didapatkan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah ruang penyimpanan yang kecil, hanya dibutuhkan 3,09 Megabyte saja untuk mengunduhnya. Namun sayangnya aplikasi ini tidak kompatibel untuk beberapa perangkat seluler.

 

Cara Memperkuat WiFi Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa melakukan percepatan koneksi jaringan tanpa menggunakan aplikasi, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

 

  1. Jauhkan dari Perangkat Lain

    Tak hanya router yang mengganggu kinerja WiFi, perangkat lain pun bisa mengganggu. Pastikan perangkat WiFi tidak berada di dekat barang-barang elektronik yang bisa mengganggu jaringan Anda.

  2. Menggunakan Kaleng Bekas

    Meski terdengar aneh, hal ini bisa Anda coba untuk memperkuat sinyal WiFi. Selain kaleng, Anda bisa menggunakan panci dan barang aluminium untuk menangkap sinyal. Hal ini dipercaya bisa memperkuat sinyal, dan membuat lebih stabil.

  3. Menggunakan Repeater

    Alat ini cocok untuk memperbaiki sinyal WiFi yang buruk, namun Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membelinya. Anda tidak perlu khawatir untuk performa yang didapatkan.

 

Baca Juga   :    Daftar Biaya Pasang WiFi dan Paketnya untuk di Rumah dan Kantor

 

Kesimpulan dan Penutup

Selain menggunakan aplikasi, ada beberapa alternatif tanpa aplikasi yang bisa Anda coba untuk mempercepat sinyal WiFi. Beberapa cara di atas bisa jadi rekomendasi yang pas untuk Anda yang memiliki sinyal WiFi lelet seperti siput, meski tidak membuat sinyal secepat cheetah namun cukup membantu meringankan koneksi sedikit lebih cepat. Anda bisa mengatur WiFi dengan kata sandi agar tidak sembarang orang menggunakan WiFi milik Anda, selain itu Anda bisa membatasi jumlah pemakaian agar WiFi tidak lemot.

Gangguan kecepatan pada sinyal WiFi sudah menjadi hal lumrah bagi pengguna internet, kebutuhan internet di rumah, kantor, pusat pendidikan, dan pemerintahan yang meningkat setiap saat menjadi hal yang cukup mengganggu. Sehingga kecepatan internet menjadi kebutuhan paling fatal yang harus membutuhkan kecepatan stabil. Koneksi internet bisa Anda atur kecepatannya sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk menggunakan koneksi yang aman sehingga tidak menimbulkan gangguan ke bagian perangkat yang lain.

Related Post :

popup image