Tutorial Cara Membuat Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Oppurtunities, And Threats)

Development & Security, Tutorial / 3 | | 0

Analisis SWOT merupakan suatu metode yang digunakan dalam perencanaan strategi bisnis, yang mencakup beberapa unsur, “Kekuatan” (Strength), “Kelemahan” (Weaknesses). “Peluang” (Opportunities) serta “Ancaman” (Threats). Analisis yang dilakukan sebenarnya cukup sederhana, namun sangat membantu dalam mengembangkan bisnis yang lebih baik untuk kedepannya.

Analisis SWOT sendiri sering digunakan dalam ekonomi bisnis, guna untuk menggambarkan suatu keadaan atau kondisi dalam bisnis yang sedang dihadapi. Analisis ini sangat berperan penting dalam dunia bisnis karena memiliki tujuan guna membuat kerangka atau situasi kondisi yang jelas dengan menggunakan sudut pandang SWOT.

Sebab dengan analisa tersebut, para pelaku bisnis dapat mempelajari mengenai suatu strategi yang solid, guna memprioritaskan suatu solusi atau tindakan pencegahan demi mengembangkan bisnis yang lebih sukses untuk kedepannya. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert Humphrey. beliau adalah seorang pemim[in proyek riset di Universitas Stanford pada tahun 1960an serta 1970an.

 

Apa Pengertian Dari Metode SWOT?

 

SWOT merupakan sebuah singkatan, yang memiliki makna serta arti tersendiri dari setiap kata yang ada. Yakni “Strengths” (Kekuatan),”Weaknesses” (Kelemahan), “Peluang” (Opportunities), dan “Ancaman” (Threats). Berikut makna di setiap katanya!

 

  1. Strengths (Kekuatan)

    Strengths merupakan sebuah analisis yang dilakukan untuk mengetahui suatu kelebihan dalam bisnis. Anda bisa menganalisis sebuah perusahaan dengan mengetahui kelebihan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan bisnis tersebut. Sebagai contohnya adalah teknologi, hasil produksi, unsur kekuatan, lokasi strategis, dan lain sebagainya yang menekan pada keunggulan suatu perusahaan.

  2. Weakness(Kelemahan)

    Selain unsur kekuatan, analisis bisa dilakukan guna untuk mengetahui suatu kekurangan atau bahkan kelemahan dalam bisnis perusahaan. Untuk mengetahui kekurangan atau kelemahan perusahaan, biasanya para pembisnis akan membandingkan hasil data analisis suatu perusahaan dengan perusahaan bisnis lain.
    Dari proses analisis tersebut, biasanya akan mendapatkan suatu hasil dalam bentuk data. Data itulah yang biasanya digunakan oleh perusahaan bisnis guna mengetahui kelemahan atau kekurangan bisnis mereka.

  3. Oppourtunity (Peluang)

    Oppourtinity atau peluang, juga merupakan salah satu metode analisis SWOT yang biasa digunakan untuk menganalisa peluang atau kesempatan dalam memulai bisnis. Biasanya para perusahaan menggunakan metode tersebut saat akan memulai bisnis baru. Metode analisis tersebut di anggap perlu karena dapat memprediksi suatu usaha bisnis sampai pada keberhasilan bisnis yang bisa dicapai.

  4. Threats (Ancaman)

    Threats atau ancaman merupakan suatu metode analisis yang digunakan untuk mengetahui suatu ancaman dalam bisnis. Salah satu metode threats dalam bisnis, biasanya mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah bisnis bisa bertahan dari masa ke masa yang akan datang.Beberapa contoh ancaman dalam bisnis adalah banyaknya pesaing, jangka waktu minat konsumen, ketersediaan SDM dll.

Baca Juga : Mengapa Domain Penting untuk Bisnis ?

 

Apa Manfaat Analisis SWOT ? 

 

Analisis SWOT sering disebut-sebut sebagai suatu metode analisis yang paling dasar. Sebab analisis yang dilakukan memiliki manfaat untuk bisa mengetahui permasalahan dalam bisnis di 4 sisi yang berbeda. Yakni kekuatan, kelemahan, peluang hingga ancaman yang akan datang. Dari hasil analisis tersebut, dapat digunakan pihak perusahaan untuk meningkatkan hingga mempertahankan peluang bisnis.

Selain itu analisis juga dapat digunakan sebagai instrument yang dapat bermanfaat untuk aktifitas analisis strategis, sehingga dapat digunakan untuk menghindaru atau mengurangi potensi ancaman dalam bisnis.
Berikut manfaat secara umum dalam analisis SWOT :

 

  1. Dapat digunakan sebagai tolak ukur kekuatan perusahaan bisnis, sehingga bisa memberikan rekomendasi untuk peningkatan.
  2. Dapat melihat maupun mempertahankan peluang bisnis perusahaan
  3. Dapat mengetahui kelemahan guna untuk mencari solusi permasalahan perusahaan
  4. Dapat mengetahui potensi ancaman yang dimiliki perusahaan, serta mendapatkan solusi yang dapat digunakan

 

Siapa Yang Harus Melakukan Analisis SWOT Dalam Perusahaan Bisnis?

Analisis bisa lebih efektif jika pimpinan perusahaan ikut serta dalam keterlibatan secara langsung.Namun pimpinan perusahaan juga harus melibatkan rekan kerja yang memiliki perspektif tinggi tentang perusahaan. Orang-orang yang dimaksud adalah seseorang yang mengetahui betul tentang beberapa aspek, yakni penjualan, layanan, hingga pemasaran dalam bisnis.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Hal-Hal Yang Dapat Mempengaruhi Analisis Swot?

 

Untuk mengetahui beberapa hal yang dapat mempengarusi proses analisis, memang dibutuhkan suatu pemahaman tinggi akan beberapa faktor. Yakni faktor internal dan external, sebab dari kedua faktor tersebut memiliki hubungan sebab akibat dalam proses analisis. Berikut informasi detailnya!

 

1. Faktor Internal

Faktor Internal merupakan suatu faktor yang biasa muncul dari dalam perusahaan bisnis. Faktor yang dimaksud adalah suatu kelemahan atau kekuatan murni yang berasal dari perusahaan itu sendiri. Beberapa faktor internal memang menyangkut beberapa hal dalam bisnis yakni :

 

  1. SDM (Sumber Daya Manusia) yang kempeten
  2. Sumber Daya Keunagan Yang Cukup Memadai
  3. Kepercayaan Konsumen Akan Perusahaan
  4. Memiliki Kemampuan Pemasaran Yang Baik
  5. Properti Teknologi Yang Baru
  6. Serta SuatuKemampuan Distribusi Yang Baik Pula

2. Faktor External

Faktor external merupakan suatu kebalikan dari faktor internal, yakni suatu faktor yang muncul dari sisi luar perusahaan. Bisa jadi suatu ancaman maupun peluang yang bisa mempengaruhi performa perusahaan bisnis tersebut. beberapa faktor yang bisa muncul dari luar diantaranya :

 

  1. Suatu budaya masyarakat
  2. Trend bisnis
  3. Suatu kondisi perekonomian negara
  4. Perkembangan Bidang Teknologi
  5. Peraturan dan kebijakan dari pemerintah
  6. serta sosial politik serta ideologi

 

Mengapa Analisis SWOT Dinilai Penting Untuk Penganalisaan Dalam Bisnis?

 

Proses analisa dengan metode SWOT memang sangat penting untuk dilakukan, guna untuk menganalisa apa saja yang sekiranya dimiliki atau tidak dimiliki oleh suatu perusahaan. Sebab hasil analisis dapat digunakan untuk membangun atau meningkatkan sebuah perusahaan bisnis serta keberlangsungan bisnis untuk kedepannya.
Proses analisis sendiri merupakan suatu metode pendiskripsian perusahaan bisnis yang paling dasar.

Dan dengan proses analisis tersebut bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat suatu perencanaan yang strategis seingga dapat menghasilkan target perusahaan bisnis yang sistimatis. Sebab tanpa proses analisis, kebanyakan perusahaan bisnis tidak dapat berjalan secara efisien dan efektif.

Analisis SWOT memang merupakan suatu metode yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis perusahaan. Yakni dengan memahami suatu cara, serta faktor yang bisa mempengaruhi proses analisa, sehingga dapat menghasilkan suatu data analisis yang bisa digunakan untuk mencari solusi dalam bisnis.

 

Contoh Analisis SWOT Pada Perusahaan

Selanjutnya adalah contoh analisis SWOT pada perusahaan untuk memberikan gambaran serta pemahaman yang lebih jelas, tentang bagaimana praktek atau penerapan yang sesungguhnya.

 

 

Analisa PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

Merupakan sebuah perusahaan yang merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama PT. Panganjaya Intikusuma yang pada tanggal 5 Februari 1994 menjadi Indofood Sukses Makmur. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia, Asia, dan Eropa.

Untuk mengetahui bagaimana perusahaan ini dapat tetap berdiri tegak serta tentang berbagai hal yang pernah dialami oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, maka berikut ini adalah contoh analisis SWOT yang kita dapatkan.

 

1. STRENGTH

Adalah kekuatan yang dijadikan modal dasar PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dalam mengembangkan perusahannya dan bentuk kekuatan untuk mampu bersaing dengan perusahaan lain di pasar:

 

  1. Kualitas

    Produk yang dihasilkan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk memiliiki standart International sehingga cukup dipercaya oleh masyarakat.

  2. Kuantitas

    Dengan memiliki beberapa pabrik yang beroperasi, maka produksi yang dihasilkan sangat maksimal.

  3. Branch Mark

    Produk Indofood telah menjadi legenda bagi masyarakat Indonesia.

  4. Prestasi

    banyak penghargaan yang disabet oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk sebagai bukti bahwa ini adalah perusahaan yang sudah ternama dan cukup banyak memiliki keunggulan.

  5. Makanan dan Minuman

    Hampir diseluruh tanah air dapat dengan mudah memperoleh makanan dengan produksi Indofood.

  6. Distributor

    Telah tersebar bahkan hingga ke pelosok untuk memudahkan konsumen menjangkaunya. Teknologi. Selalu mengikuti perkembangan teknologi makanan sehingga kualitas yang dihasilkan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk tetap terjaga.

  7. Harga Produk

    Tidak hanya merilis produk untuk kelas atas, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk juga kerap kali meluncurkan produk dengan harga rendah untuk dapat menjangkau segala sektor ekonomi berbagai lapisan masyarakat.

 

2. WEAKNESS

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk juga memiliki sisi kelemahan. Berikut ini adalah analisis SWOT pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk untuk memperoleh data mengenai sisi kekurangannya sehingga dapat dijadikan motivasi untuk upaya perbaikannya Berikut ini :

 

  1. Model dan Design

    Jika dibandingkan dengan produk makanan dari perusahaan lain, Makanan Indofood masih banyak tertinggal pada poin desainnya. Hal ini berdampak pada rasa ketertarikan masyarakat yang mulai melirik produk atau merek lain.

  2. Produk Premium

    Ada beberapa varian yang dikeluarkan oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk memiliki harga yang cukup mahal.

  3. Tiruan

    Saat ini banyak sekali produk asing yang meniru spesifikasi dari produk produk PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dengan harga jual yang jauh lebih murah.

 

3. OPPORTUNITIES

Berikutnya adalah kesempataan atau peluang yang dapat dibidik oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dalam persaingan pasar tanah air ketika perkembangan produk makanan dan minuman kemasan semakin pesat.

 

  1. Jumlah Penduduk

    Tingkat populasi penduduk yang cukup besar merupakan pasar potensial yang dapat dijadikan sebagai target penjualan produk. Semakin banyak penduduk kemungkinan untuk menjual produk lebih banyak sangat terbuka lebar.

  2. Ekspansi Ekspor

    PT. Indofood Sukses Makmur Tbk telah melakukan eksport produknya ke negara yang sedang berkembang. Ekspansi ini perlu dilakukan untuk mengembangkan pangsa pasar dan peningkatan penjualan serta perluasan jaringan terhadap produk yang hendak di pasarkan.

 

4. THREAT

Melengkapi contoh analisis SWOT pada poin terakhir yaitu melakukan analisa terhadap beragam ancaman yang mungkin akan selalu dihadapi oleh PT. Indofood Sukses Makmur Tbk ketika menempuh perjalannya dalam industri Makanan dan Minuman.

 

  1. Produsen lain 

    Melihat perkembangan dari produsen lain, seperti Siantar Top, adalah salah satu pesaing terberat dalam sektor industri makanan nasional yang selalu berbenah dan menghadirkan desain serta teknologi terbaru.

  2. Krisis Global

    Ini adalah kenyataan yang harus siap dihadapi kapan saja ketika krisis ekonomi sedang melanda maka daya beli pasar tentu saja akan melemah.

  3. Kebijakan Pemerintah

    Mungkin seringkali luput dari perhatian bahwasannya ketentuan yang dibuat oleh pemerintah kadang cukup besar pengaruhnya terhadap kelangsungan sebuah industry seperti kenaikan harga BBM.

Baca Juga : Potensi Bisnis Hosting yang Menjanjikan Untuk Anda

 

Kesimpulan dan Penutup

Untuk mencapai kesuksesan bisnis bukanlah suatu cara yang instant. Namun perlu pemahaman serta perkembangan dalam bisnis, sehingga bisnis akan tetap bisa berjalan sampai kedepannya. Namun sesungguhnya proses analisis bukanlah suatu cara yang bisa digunakan untuk bisnis yang sudah berjalan saja.

Tapi juga untuk perusahaan bisnis yang baru akan memilai bisnisnya. Metode yang disuguhkan merupakan suatu perencanaan hingga proses analisa untuk perkembangan serta potensi pasar di masa mendatang. Jadi bisnis bisa diukur sedemikian rupa untuk kekuatan hingga peluang demi kelancaran bisnis di masa yang akan datang.

Maka tidak heran, jika dengan semua hasil dari metode analisis tersebut, para pelaku bisnis bisa lebih yakin untuk memulai bisnis mereka. anda dapat menerapkan model swot ini dengan bisnis yang anda bangun. Menarik kesimpulan pada contoh analisis SWOT terhadap PT. Indofood Sukses Makmur Tbk kali ini adalah bahwa peluang pasar yang cukup besar dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang sudah tumbuh hampir setengah abad. selamat mencoba.

Related Post :