Unique Selling Point (USP): Contoh dan Cara Menentukannya

Marketing / 0 | | 3

Apakah Anda seorang pemilik bisnis yang baru memulai membuka usaha? Produk brand Anda ternyata memiliki keunikan dan berbeda dari produk lain? Lalu, Apakah Anda ingin produk Anda mudah diingat oleh konsumen? Jika iya maka Anda wajib mengenal salah satu strategi marketing satu ini bernama Unique Selling Point (USP). 

Dalam dunia bisnis strategi ini sering dilakukan untuk membuat ciri khas dari suatu produk yang ditawarkan. Keberadaan USP sangat penting karena dapat menarik perhatian dari konsumen agar tertarik dengan produk kita. Bukan hanya itu saja USP juga sangat penting bagi perkembangan bisnis. 

Meskipun USP membutuhkan konsistensi untuk menerapkannya, namun tidak ada salahnya untuk mencoba mempelajarinya, bukan? Sebelum menerapkan caranya maka Anda harus mengenal lebih dalam apa itu Unique Selling Point (USP). Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Unique Selling Point (USP)?

apa itu unique selling point

Unique Selling Point (USP) adalah faktor yang harus diperhatikan dari pemilik usaha untuk memastikan produk yang mereka produksi lebih baik dan berbeda dari kompetitor.Biasanya strategi ini dilakukan untuk membuat konsumen lebih kenal bahkan lebih menyukai produk yang kita tawarkan. 

Sesuai dengan namanya, USP menonjolkan keunikan sebuah produk. Hal ini tentu menjadi modal utama, jika konsumen bingung memilih satu diantara berbagai produk yang akan dibeli, maka produk Anda harus unik dan berbeda agar lebih mudah diingat. Apalagi konsumen hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli suatu produk. 

Selain itu, USP adalah faktor penting dalam strategi pemasaran yang harus digunakan dalam bentuk produk apapun. Dalam skala bisnis online biasanya sasarannya bukan hanya konsumen lokal namun juga internasional. Ditambah lagi konsumen hanya butuh waktu 5 detik pertimbangan untuk memutuskan membeli suatu produk. Oleh karena itu, memastikan spesifikasi dan memberikan keunikan dalam produk milik Anda adalah pilihan terbaik.

Baca Juga: Mengenal Niche Market: Manfaat dan Cara Menentukannya

Cara Menentukan Unique Selling Point (USP)

cara menentukan unique selling point

Setelah mengenal bahwa Unique Selling Point (USP) itu penting bagi produk Anda. Nah berikut ini cara menentukannya agar Anda lebih memahami USP. Simak caranya dibawah ini!

  • Riset kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen

Cara pertama untuk menentukan USP adalah meriset kebutuhan apa yang paling diinginkan oleh konsumen. Ini penting untuk mengetahui produk yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi konsumen. Bukan hanya kualitas saja yang harus diperhatikan. Misalnya saja saat ini penggunaan skincare menjadi kebutuhan siapa pun, sehingga konsumen pasti rutin untuk membeli produk. 

Nah, pertimbangan yang dilakukan konsumen sebelum membeli adalah memperhatikan skincare yang kandungannya sesuai dengan jenis kulit mereka, kemudian  harganya terjangkau dengan kualitas terbaik. Jika Anda menjadi produsen dalam bisnis kecantikan, aspek ini harus diperhatikan dengan baik. Anda bisa membuat produk skincare yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan begitu Anda telah menerapkan USP sehingga ada pembeda dari produk Anda dengan kompetitor lain.

  • Apresiasi konsumen dengan kepuasaan 

Cara kedua untuk menentukan USP adalah mengapresiasi konsumen dengan kepuasaan. Cara ini dilakukan agar konsumen merasa puas dengan produk yang Anda jual. Bisa saja puas dari segi kualitas produk ,harga maupun dari segi lainnya. Sehingga mereka akan terus menerus percaya dengan berbagai produk yang anda tawarkan. 

  • Coba bandingkan dengan produk kompetitor

Cara ketiga menentukan USP adalah membandingkan produk Anda dengan produk milik pesaing. Hal ini tentu dilakukan secara sehat, agar Anda bisa melakukan evaluasi terhadap kekurangan yang harus diperbaiki pada produk Anda. Selanjutnya dengan membandingkan produk, bisnis Anda akan semakin berkembang dan banyak inovasi-inovasi baru yang hadir bentuk dari evaluasi yang telah dilakukan.

Baca Juga: Daftar Situs Marketplace Terbaik di Indonesia 2022

Contoh brand yang menerapkan Unique Selling Point (USP)

cara menentukan unique selling point

Unique Selling Point adalah hal yang sudah lama diterapkan oleh banyak brand terkenal di dunia. Apa saja brand tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Iphone

Contoh brand yang telah menerapkan USP adalah Iphone. Dimana merek smartphone yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, bukan? Bahkan Anda bisa saja menjadi salah satu pengguna Iphone. Smartphone yang dikeluarkan oleh Apple Inc ini pertama kali diumumkan oleh CEO Apple Steve Jobs dengan sistem operasi pakainya menggunakan sistem IOS. 

Jika dibandingkan dengan merek smartphone biasa, Iphone lebih mahal dengan fitur yang ekslusif dan stok yang terbatas. Salah satu faktor yang membuat Iphone begitu terkenal adalah konsistensi dari Apple yang menjual “Smartphone dengan kualitas terbaik” sehingga itu menjadi USP dari Iphone yang membuatnya lebih menonjol dan berbeda dari kompetitor lain.

  • Starbuck

Selanjutnya, contoh brand yang telah menerapkan USP adalah Starbuck. Jika dilihat dari pangsa pasarnya, saat ini siapa yang tidak tergiur untuk mencoba mencicipi kopi? Fenomena pecinta kopi ini membuka kesempatan bagi para pemilik bisnis untuk membuka sebanyak-banyaknya coffe shop khusus untuk para penikmat kopi. 

Namun dari berbagai macam brand kopi, mengapa starbuck masih menjadi primadona dikalangan konsumen? Alasannya adalah karena starbuck konsisten dalam menjual “Kopi dengan kualitas premium”. Jadi, meskipun harganya cukup mahal konsumen akan terus membeli kopi starbuck. Selain itu, adanya kepuasan batin yang didapatkan oleh konsumen ketika membeli starbuck, membuatnya sukses terapkan USP.

Baca Juga: Marketing Mix: Konsep 7P, Manfaat dan Contoh Penerapannya

Penutup 

Demikianlah penjelasan tentang Unique Selling Point (USP) yang sudah kami rangkum untuk Anda. Dari 3 cara menentukan USP Anda bisa mencoba mengikutinya satu persatu. Berdasarkan contoh yang sesuai, beberapa brand diatas selainkonsisten menawarkan kualitas produk mereka juga berhasil  menerapkan USP dalam produk mereka. Pastikan untuk menggunakan strategi marketing yang satu ini untuk mengelola serta mengembangkan bisnis Anda ya!

Related Post :

popup image