Marketing Mix: Konsep 7P, Manfaat dan Contoh Penerapannya

Marketing / 0 | | 2

Dalam melakukan pemasaran Anda perlu mempertimbangkan segala aspek yang mendukung pemasaran Anda. Salah satu konsep yang sering digunakan adalah marketing mix atau bauran pemasaran. Adanya bauran pemasaran dapat menjadi media analisis terhadap bisnis Anda secara komprehensif.

Selain itu, bauran pemasaran dapat dijadikan upaya dalam menetapkan target pemasaran, nilai perusahaan, dan sebagainya. Dengan demikian, dalam artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana marketing mix menjadi konsep penting dalam operasional bisnis sehingga wajib bagi semua pebisnis untuk memahaminya. 

Baca Juga: Cara Membuat Marketing Plan dengan Mudah

Apa Itu Marketing Mix?

apa itu marketing mix

Marketing mix atau bauran pemasaran adalah sebuah strategi yang dilakukan dalam upaya memasarkan produk sehingga dapat dikenal dengan baik oleh konsumen. Awalnya, konsep bauran pemasaran muncul pada abad ke-20 kemudian dikembangkan oleh seorang akademika dan professor harvard pada tahun 1953.  

Manfaat Marketing Mix

manfaat marketing mix

Sebagai suatu konsep yang telah melekat dalam aktivitas pemasaran produk dalam suatu perusahan, berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika mengimplementasikan konsep marketing mix, yakni sebagai berikut:

  • Membantu penetapan jadwal dan bagaimana produk Anda harus dipromosikan
  • Membantu memahami produk atau jasa apa yang sesuai ditawarkan kepada konsumen
  • Membantu perencanaan yang sukses dalam melakukan penawaran produk
  • Membantu untuk lebih aktif dengan segala resiko bisnis yang mungkin akan terjadi
  • Membantu perencanaan, pengembangan, dan eksekusi strategi pemasaran yang efektif
  • Membantu bisnis mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya
  • Membantu mengidentifikasi memahami keinginan konsumen
  • Membantu pencocokan produk dengan kebutuhan konsumen

Baca Juga: 5 Tips Membangun Strategi Influencer Marketing 2022

Konsep 7P dalam Marketing Mix dan Contoh Penerapannya

Konsep bauran pemasaran awalnya terdiri dari 4P (Product, Price, Place, and Promotion), hal tersebut dikembangkan oleh Jerome McCarthy yang ditulis pada bukunya “Basic Marketing: A Managerial Approach” pada tahun 1960-an.

Seiring berkembangnya keilmuan, pada tahun 1981 dua akademika modern yakni Booms and Bitner menambahkan tiga faktor ke dalam konsep 4P hingga terbentuknya 7P (Product, Price, Place, Promotion, Physical, People, and Process). Adapun penjelasan dalam masing-masing poin konsep 7P adalah sebagai berikut:

  • Product (Produk)

Konsep 7P dalam Marketing Mix

Produk adalah segala hal yang dijual kepada konsumen yang dapat berbentuk barang atau jasa. Pada hakikatnya, kualitas produk merupakan sumber keputusan konsumen dalam melakukan pembelian yang bahkan mempengaruhi bauran pemasaran yang lainnya. 

Jika konsumen mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan, selera, atau bahkan memiliki kualitas yang rendah, maka akan menurunkan niat beli dan keputusan konsumen dalam membeli.

Adapun pertanyaan yang harus Anda jawab pada product adalah “Produk apa dan bagaimana pengembangan yang harus dilakukan dan sesuai dengan kebutuhan konsumen?”. Adapun contoh penerapan produk seperti pada PT. Cloud Hosting Indonesia yang menyediakan layanan cloud server dalam membantu kebutuhan website Anda. 

  • Price (Harga)

marketing mix harga

Harga merupakan salah satu hal yang esensial dalam bauran pemasaran (marketing mix) sehingga menentukan harga produk menjadi hal yang penting. Seperti diketahui, setiap segmen pemasaran memiliki kemampuan finansialnya tersendiri sehingga pencocokan harga akan menjadi kunci kesuksesan dalam memasarkan produk Anda. 

Adapun hal yang perlu Anda perhatikan bahwa dalam menetapkan harga adalah kesesuaian harga yang ditetapkan dengan nilai yang diterima konsumen, korelasikan harga dengan budget produksi dan segala pendukungnya, dan pastikan harga yang ditetapkan dapat mendatangkan keuntungan. 

Ada banyak metode penetapan harga yang dapat digunakan. Adapun contoh penetapan harga seperti dalam metode mark up, misalnya Anda membeli baju seharga Rp.35.000 kemudian biaya transportasi  Rp.2000 per kuantitas bajunya dan keuntungan yang Anda tetapkan adalah Rp.10.000 sehingga harga yang ditetapkan adalah Rp.47.000 (Rp.35.000 + Rp.2000 + Rp.10.000). 

Baca Juga: 7 Tools Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

  • Place (Tempat)

Bauran pemasaran (marketing mix) lainnya adalah place atau tempat. Hal ini berkaitan dengan dimana tempat yang Anda jadikan untuk menjual atau mendistribusikan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Memiliki tempat yang strategis akan memudahkan aksesibilitas sehingga dapat dijangkau oleh pembeli. 

Adapun tempat dalam pendistribusian tidak hanya secara offline melainkan dapat berupa online layaknya dengan pembuatan website, aplikasi, dan media online lainnya yang dapat menjadi tempat transaksi bisnis yang membantu operasional bisnis tersebut. 

  • Promotion (Promosi)

marketing mix promotion

Promosi merujuk kepada metode yang dilakukan pebisnis untuk memperoleh perhatian konsumen kepada produknya. Adapun contoh implementasi dalam bisnis secara offline seperti pemberian kupon, voucher, menawarkan flash sale, giveaways, dan sebagainya. Selain itu, adapun contoh promosi secara online seperti email marketing, search engine optimization, paid marketing, dan sebagainya. 

Adapun tujuan dari promosi untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian konsumen terhadap brand, produk, atau pelayanan yang diberikan oleh suatu bisnis. Selain itu, promosi juga akan meningkatkan ikatan bisnis dengan konsumen (consument engagement) sehingga terjalinnya hubungan yang lebih intens dengan konsumen. 

  • Physical Evidence (Bukti Fisik)

marketing mix

Dalam marketing mix  atau bauran pemasaran pandangan pertama (first impression) menjadi hal krusial bagi suatu bisnis karena dapat mempengaruhi persepsi konsumen. Physical evidence merujuk kepada hal yang diperhatikan oleh konsumen menerima produk atau jasa yang telah diberikan. Dengan demikian, physical evidence dapat berupa pengemasan, branding (logo, nama, slogan), kualitas pelayanan staff, dan sebagainya yang mendukung layanan penawaran bisnis Anda. 

Adapun manfaat dari physical evidence dapat membantu konsumen lebih percaya terhadap bisnis atau produk Anda. Jika Anda tidak memperhatikan aspek fisik maka akan menyebabkan keraguan bagi konsumen. Dengan demikian, physical evidence membantu perusahaan Anda menjadi perusahaan yang dapat dipercaya, dapat diandalkan, dan legitimate.

  • People (Orang-Orang)

People merujuk orang-orang yang secara langsung atau tidak terlibat terhadap bisnis termasuk orang-orang yang terlibat pada desain, pemasaran, rekrutmen, training, dan sebagainya. Dalam membangun suatu bisnis, diperlukan orang-orang yang mampu merepresentasikan sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Dengan demikian, people menjadi aspek penting dalam bauran pemasaran bisnis Anda. 

Misalnya dengan memiliki karyawan yang terlatih, maka ketika terjadinya keluhan konsumen akan dapat diatasi oleh karyawan itu sendiri sehingga mampu merepresentasikan pelayanan perusahaan dengan baik. Dengan demikian, memberdayakan segala orang-orang terlibat dalam proses bisnis maka akan mendukung keberlanjutan hidup dari bisnis tersebut.

  • Process (Proses)

Adapun marketing mix yang ketujuh adalah proses yang merujuk kepada pendistribusian produk atau jasa kepada segmen konsumen suatu bisnis. Sangat penting bagi pemasar memperhatikan bahwa pengiriman dapat bebas dari kemacetan atau pemblokiran sehingga dapat meningkatkan keefektifan dalam distribusi. Dengan demikian, sangat perlu memperhatikan segala aspek yang terlibat dalam proses distribusi produk atau jasa kepada konsumen termasuk keamanan produk, tampilan, dan sebagainya.

Baca Juga: 5+ Website Belajar Digital Marketing Online Gratis 2022

Penutup

Marketing mix merupakan hal esensial yang harus diperhatikan dalam suatu bisnis sehingga konsep 7P dapat menjadi konsep yang membantu perencanaan pemasaran Anda. Selain itu, dengan adanya perencanaan dan pengimplementasian 7P secara matang maka akan membantu suatu bisnis memahami lingkungan pasar dengan baik di tengah pasar yang kompetitif.

Di era perkembangan teknologi, keberadaan website menjadi hal yang penting dalam mendukung pemasaran bisnis misalnya dengan memiliki website yang eksklusif. IDCloudHost merupakan perusahaan penyedia cloud server yang mendukung digitalisasi bisnis di Indonesia. Adapun salah satu produk yang ditawarkan IDCloudHost adalah Bare Metal Server yang merupakan server yang mendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. 

Related Post :

popup image