10 Daftar Pekerjaan/Karir di Bidang Teknologi yang Populer 2022

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 1

Mungkin sulit dipercaya, tapi ini adalah tahun 2022. Sementara banyak dari kita yang mungkin masih terjebak pada tahun-tahun lalu dalam segi pemikiran atau tindakan. Dunia teknologi telah mengalami banyak perubahan sejak pandemi. Dari kerja jarak jauh hingga segalanya serba menggunakan Zoom, cara bekerja, berkomunikasi dengan rekan kerja, dan bahkan mencari pekerjaan baru semuanya berubah total. Tentu saja Covid-19 telah memicu semua pergerakan digitalisasi ini. Selama dua tahun terakhir, banyak orang yang telah mengevaluasi kembali prioritas mereka, memeriksa karir mereka, dan berpikir untuk membuat perubahan. Akibatnya beberapa perusahaan menghadapi ledakan perekrutan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Saat hidup di era transisi, memang pada akhirnya ada beberapa hal yang hilang karena otomatisasi sementara yang lain membutuhkan keterampilan dan kualifikasi khusus. Sebagai awal tahun 2022 dan jika Anda berpikir untuk mengubah jalur karir Anda untuk memastikan keahlian masa depan atau bahkan pindah ke area baru sepenuhnya, ada pekerjaan-pekerjaan atau karir di bidang teknologi yang perlu Anda pertimbangkan. Setelah tahu untuk memilih jenis pekerjaan apa, Anda dapat menentukan mana yang cocok untuk Anda kemudian mempelajari tentang karir tersebut dengan baik.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya pekerjaan teknologi apa yang paling diminati pada tahun 2022, tidak perlu mencari lagi. Artikel ini telah mengumpulkan daftar sepuluh pekerjaan IT yang populer dan perlu dipertimbangkan. Semoga dapat menginspirasi dan memberikan Anda ide cemerlang untuk lebih sukses di bidang teknologi di tahun yang baik ini.

 

Baca Juga :  Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)

 

10 Daftar Pekerjaan/Karir di Bidang Teknologi yang Populer

10 Daftar Pekerjaan/Karir di Bidang Teknologi yang Populer 2022
 

Bidang teknologi terus mendorong dunia menuju hal-hal yang lebih besar dan lebih baik melalui kemajuan yang menarik sehingga itulah bagian besar dari apa yang membuat karir yang berfokus pada teknologi begitu menarik bagi Anda. Tetapi dengan begitu banyak karir di bidang teknologi yang berpotensi untuk dipilih, terkadang Anda tidak yakin harus mulai dari mana. Ada banyak informasi yang perlu dipertimbangkan, mulai dari prospek pekerjaan dan potensi pendapatan hingga tugas pekerjaan sehari-hari. Berikut 10 rekomendasi karir yang populer yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk melamar pekerjaan atau termotivasi mempelajari lebih dalam mengenai karir tertentu

  • Java developer

    Pengembang Java atau Java developer membuat aplikasi web, perangkat lunak, dan program. Mereka terlibat di seluruh siklus hidup pengembangan suatu produk. Pekerjaan ini selalu diminati dan diperkirakan banyak perusahaan akan merekrut untuk posisi ini di tahun baru. Tanggung jawab pengembang Java akan sangat bervariasi tergantung pada perusahaan. Tugas umum mereka termasuk merancang, menerapkan, dan memelihara aplikasi Java, memberikan ketersediaan dan kinerja tinggi, berkontribusi dalam semua fase siklus hidup pengembangan, menulis kode yang dirancang dengan baik, efisien, dan dapat diuji.

  • Internet of Things (IoT)

    Peningkatan pengembangan dan penggunaan perangkat yang mendukung internet, peningkatan investasi di kota pintar, dan adopsi layanan cloud yang lebih besar mendorong pertumbuhan fenomenal pasar IoT. Selain meningkatkan efisiensi bisnis yang ada, IoT juga diprediksi akan menciptakan aliran pendapatan baru bagi bisnis. Ini saatnya Anda menghadirkan peluang yang muncul bagi perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. IoT memiliki beragam aplikasi di berbagai industri. Fortune Business Insights memperkirakan pasar IoT mencapai nilai lebih dari 26 triliun rupiah pada tahun 2028.

Baca Juga :  Glints Website Lowongan Kerja dan Pengembangan Karir Indonesia

  • Ilmuwan data

    Tugas seorang ilmuwan data adalah menggunakan pembelajaran mesin untuk memprediksi dan menganalisis data. Tugas khusus mencakup hal-hal seperti mengidentifikasi masalah analisis data, menentukan kumpulan data dan variabel yang benar, mengumpulkan kumpulan data yang besar, dan mengkomunikasikan temuan kepada pemangku kepentingan. Ilmu data adalah bidang yang berkembang dan pasti akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan. Agar memenuhi syarat untuk peran ini, Anda harus terbiasa dengan bahasa pemrograman statistik seperti R, Python, dan SLQ. Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang teknik data mining. Jika Anda menguasai semua bidang ini, mengapa tidak mempertimbangkan perubahan karir pada tahun 2022?

  • Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin

    Kecerdasan Buatan (AI) dan Learning Machine (ML) muncul sebagai keterampilan utama setelah pandemi COVID-19, saat perusahaan berevolusi dan beradaptasi dengan keadaan yang berubah. Dengan berbagai aplikasi di berbagai industri, permintaan akan profesional AI dan ML diproyeksikan akan tumbuh berlipat ganda selama beberapa tahun ke depan. Statistik AI menunjukkan tingkat pertumbuhan pasar AI tahunan sebesar 33,2% hingga 2027. Pasar AI global diperkirakan akan mencapai nilai pasar lebih dari 2 kuadriliun rupiah pada tahun 2025.

  • Cloud engineer

    Seorang cloud engineer adalah seorang profesional IT yang bertanggung jawab untuk mengawasi strategi cloud computing perusahaan. Ini termasuk rencana adopsi cloud, desain aplikasi cloud, serta manajemen dan pemantauan cloud. Seringkali, cloud engineer juga bertanggung jawab untuk menjembatani kesenjangan antara masalah bisnis yang kompleks dan solusi di cloud. Keterampilan cloud engineer biasanya akan mencakup pengalaman dengan bahasa pemrograman seperti Python, Ruby dan Elixir, latar belakang teknik IT dan keterampilan kepemimpinan yang sangat baik.

  • Rekayasa perangkat lunak

    Kemajuan di bidang otomasi telah memunculkan peluang-peluang baru di bidang rekayasa perangkat lunak. Saat ini, perangkat lunak ada di mana-mana dan diperlukan untuk kelancaran fungsi operasi bisnis. Perangkat lunak terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan bisnis baru. Hal ini mendorong permintaan akan engineer perangkat lunak yang terampil dengan keahlian dalam bahasa pemrograman terbaru, kemajuan, dan pembaharuan.

  • Spesialis keamanan siber

    Keamanan siber lebih penting sekarang daripada sebelumnya. Spesialis keamanan siber pada dasarnya adalah pengawal yang melindungi perusahaan dari serangan peretas dan pelanggan agar informasi mereka tidak dicuri. Tanpa tim spesialis keamanan IT yang mumpuni, perusahaan berisiko kehilangan sejumlah besar uang dalam pelanggaran data dan ketidakpuasan pelanggan. Spesialis keamanan siber membutuhkan keterampilan memecahkan masalah, pengetahuan tentang keamanan di berbagai platform, keterampilan komunikasi yang hebat, dan keterampilan forensik komputer dasar. Jika Anda memiliki apa yang diperlukan ini, keamanan siber dapat menjadi pekerjaan yang sangat bermanfaat dengan gaji yang relatif tinggi.

  • Pengembang aplikasi seluler

    Pengembangan aplikasi seluler adalah salah satu bidang teknologi yang tumbuh paling cepat karena seluler terus memengaruhi konsumsi, interaksi bisnis, dan komunikasi belakangan ini. Sehingga akhirnya mendorong permintaan untuk aplikasi seluler. Pandemi COVID-19 mendorong permintaan untuk aplikasi seluler misalnya aplikasi konferensi video. Keamanan dan privasi adalah persyaratan utama di bidang pengembangan aplikasi seluler sementara tren ML, AI, AR, dan VR terus mempengaruhinya.

Baca Juga :  Mengenal Dicoding : Bangun Karirmu Dengan Ratusan Sertifikat Developer

  • Pengembang web

    Saat ini, bisnis di mana pun mengoptimalkan keaktifan online mereka agar tetap kompetitif. Situs web dan platform online terus mendapatkan daya tarik sebagai sarana untuk terhubung dan terlibat dengan pelanggan untuk mendorong penjualan dan pendapatan. Seiring pertumbuhan bisnis yang ada dan perusahaan baru memasuki pasar, permintaan akan layanan pengembangan web akan terus meningkat. Proliferasi teknologi baru juga meningkatkan permintaan untuk pengembang web yang memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan aplikasi situs web yang kompleks dan dapat diskalakan.

  • DevOps

    DevOps membantu perusahaan mengembangkan perangkat lunak berkualitas tinggi dan meningkatkan produktivitas untuk keunggulan kompetitif. Secara global, perusahaan di seluruh industri semakin mengadopsi teknologi DevOps menjadikannya salah satu bidang teknologi yang paling banyak diminati. Peningkatan otomatisasi bisnis dan adopsi komputasi awan skala besar adalah pendorong utama pertumbuhan sektor ini. DevOps sangat cocok untuk lingkungan kerja jarak jauh, meningkatkan permintaannya melalui pandemi COVID-19. Laporan MarketsandMarkets memperkirakan pasar DevOps mencapai nilai lebih dari 143 triliun rupiah pada tahun 2023.

 

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Influencer, Media Sosial yang Digunakan dan Peluang Pekerjaannya

Kesimpulan dan Penutup

Meskipun ini adalah 10 pekerjaan dengan popularitas tinggi di bidang teknologi, banyak bidang lain seperti keamanan dunia maya dan digital marketing kekurangan profesional yang terampil, jadi teruslah mencari walaupun tidak ada karir yang dijelaskan di atas yang menarik bagi Anda. Namun jika salah satunya terdengar menarik bagi Anda, ingatlah bahwa Anda tidak perlu selalu kembali ke sekolah untuk memperdalam ilmunya. Saat ini Anda dapat mengejar sertifikasi melalui pembelajaran online dan memulai proses pelatihan untuk salah satu posisi yang Anda minati.

Tahun 2022 ini bukan hanya sekedar menjadi tahun yang baru, tapi lembaran baru dan langkah baru juga untuk kesuksesan karir Anda terlebih lagi karir di bidang teknologi. Seperti yang diketahui banyak orang, bertambahnya waktu saat ini maka semakin berkembang juga teknologi yang ada. Maka tidak ada salahnya untuk menaruh perhatian lebih pada karir di bidang teknologi saat ini. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda rekomendasi tentang hal yang sedang Anda cari.

Related Post :