10 Jenis Bisnis dari Daur Ulang Barang yang Menjanjikan

Informasi / 0 | | 0

Banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha harus membutuhkan bahan baku dengan kualitas yang tinggi. Siapa sangka bahwa anggapan tersebut tak semuanya benar. Pasalnya sekarang ini usaha di bidang produksi dapat memanfaatkan bahan baku dari daur ulang barang bekas yang sudah tidak terpakai lho. Lantas jenis bisnis daur ulang apa saja ya yang bisa kita manfaatkan? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Macam-macam Bisnis Daur Ulang

Bisnis daur ulang kini bisa menjadi ide menarik bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan modal besar. Selain itu, bahan bakunya pun cukup mudah untuk didapatkan. Tentu bisnis daur ulang ini bisa menjadi pilihan bisnis yang cukup menguntungkan. Terlebih dengan modalnya yang minim bisa menjadi pencegah resiko bagi Anda yang masih risau akan kerugiannya.

Baca Juga : Motivasi Bisnis untuk Pengusaha Muda

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis daur ulang tersebut maka Anda bisa mengecek beberapa macam usaha kerajinan dari bahan bekas yang sudah tidak terpakai. Berikut beberapa diantaranya:

1. Botol minuman bekas

Banyaknya produsen air minum kemasan cukup bisa dijadikan ide dalam mengelola bisnis daur ulang bermodalkan botol bekas minuman. Misalnya seperti botol plastik yang bisa Anda temukan dengan mudah. Anda bisa membuat kerajinan berbahan botol bekas tersebut menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Biasanya botol plastik bekas diolah dahulu dengan cara digiling menggunakan mesin kemudian dihancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga nantinya menghasilkan biji plastik. Adapun permintaan pabrik hingga industri cukup besar terhadap barang bekas tersebut. Selain itu, Anda bisa mengolahnya menjadi beragam hiasan lain seperti pot bunga, celengan, bunga plastik, dan sebagainya dengan melihat tutorial pembuatannya di Youtube.

2. Koran dan keras bekas

Zaman sekarang tentu banyak kertas yang tidak terpakai. Anda bisa mengecek rumah untuk mendapatkannya. Tentu bahan baku ini bisa dijadikan sebagai salah satu bisnis daur ulang yang cukup menjanjikan bukan? Anda bisa menghancurkannya untuk kemudian bisa dijadikan sebagai kertas yang baru dan dijual kembali ke bidang percetakan yang membutuhkan.

3. Kain-kain bekas

Tentu banyak sekali kain-kain bekas yang menumpuk di rumah Anda. Akan sangat disayangkan jika Anda tidak mampu memanfaatkannya sebagai produk dengan nilai jual tinggi bukan? Nah, untuk itu mulai sekarang Anda bisa memanfaatkan bisnis daur ulang ini dengan menjadikannya sebuah kerajinan tangan. Misalnya saja seperti keset kain, bahan pembuat bantal, guling, lap dan masih banyak lagi. Jika membutuhkan lebih, Anda bisa menemukannya pada pengusaha konveksi kain misalnya penjahit dan lainnya.

4. Minuman kaleng bekas

Tak seperti bisnis daur ulang lainnya, kerajinan yang berbahan utama kaleng minuman ini memang sedikit membutuhkan kreativitas dan ketelitian. Untuk itu wajib untuk Anda menjadi pribadi yang kreatif dan telaten saat ingin membuat sebuah produk dengan nilai jual lebih yang berbahan utama kaleng bekas.

5. Ban bekas

Seperti halnya kaleng, ban bekas tentu menjadi bisnis daur ulang yang tidak semua orang mampu membuatnya. Namun dengan berbekal keyakinan dan kreativitas pasti Anda bisa menciptakannya. Salah satu hasilnya yakni bisa dijadikan sebagai kursi. Bahkan jika Anda tidak ingin repot membuatnya maka langsung saja dijual. Umumnya dikarenakan banyak industri yang memerlukan ban bekas sebagai bahan baku karet untuk pembuatan produk mereka.

6. Kayu bekas

Sering kali Anda melihat beragam produk furnitur yang berbahan dasar kayu. Tentu hal ini tidak luput dari pemanfaatan kayu-kayu bekas. Ada banyak kerajinan yang bisa dibuat kerajinan, misalnya palet ataupun tatakan.

7. Sedotan bekas

Siapa sangka kalau banyak kerajinan yang bisa Anda buat dari sedotan bekas. Salah satunya adalah bunga plastik. Ya, bisnis daur ulang dari sedotan ini memang paling umum dan paling sering dijadikan kerajinan rumahan lho. Bahkan anak sekelas SD pun sudah pandai membuat kerajinan tangan tersebut. Sedotan sendiri merupakan bahan baku yang elastis dan terdiri dari berbagai macam warna. Tak heran jika dengan bahan tersebut bisa dijadikan beragam kerajinan yang indah dan unik.

8. Kardus bekas

Sering kali keberadaan kardus bekas di rumah menjadi barang rongsokan yang tak ternilai. Maka kali ini saatnya Anda mengkreasikannya menjadi barang yang unik dan berguna. Kardus sendiri bisa dijadikan kerajinan tangan yang tak kalah menarik dengan bahan-bahan lainnya. Adapun contoh kerajinan yang bisa Anda buat yakni celengan dari kardus bekas, kotak tisu dari kardus bekas, dan masih banyak lagi.

9. Kemasan susu bekas

Siapa sangka jika kemasan bekas susu si kecil nyatanya bisa Anda manfaatkan lagi menjadi salah satu bisnis daur ulang yang juga disukai si kecil. Berbekal kreativitas Anda bisa menjadikannya sebagai replika rumah-rumahan, gedung tinggi, hingga mobil-mobilan. Tentu kerajinan ini sangat disukai si kecil dan cocok juga dijadikan bisnis dengan modal yang lumayan minim.

10. Karton bekas

Jika Anda memiliki karton bekas seperti dari tissue gulung misalnya maka jangan langsung dibuang. Sekarang Anda bisa memanfaatkan bisnis daur ulang ini menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Salah satunya yakni dengan membuat karton bekas tersebut menjadi wadah alat tulis, charger handphone, celengan dan lain sebagainya.

Baca Juga : 5 Contoh Bisnis yang Takkan Pernah Sepi Pembeli

Itulah 10 bisnis daur ulang kerajinan tangan yang berbahan baku barang bekas. Jangan salah, meski bahan bakunya murah dan mudah didapatkan Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan. Kabar baiknya lagi, tentu Anda sudah turut serta dalam mengurangi jumlah penumpukan sampah yang sampai saat ini menjadi problem di seluruh dunia. Dengan berbekal kreativitas dan pantang menyerah tentu Anda bisa menjalani bisnis daur ulang hingga mencapai kesuksesan.

Related Post :

popup image