5 Jenis Pekerjaan Baru di Dunia Digital

Informasi / 0 | | 0

Saat zaman semakin berkembang, dunia digital menjadi salah satu perkembangan yang bisa dimanfaatkan untuk segala jenis bidang. Dengan mobilitas yang tinggi seperti saat ini, dan hampir sebagian besar waktu digunakan untuk menggunakan gadget.

Dunia digital saat ini bisa dibilang memiliki ruang yang cukup besar untuk menjalankan bisnis. Meski terkadang terlihat mudah, pekerjaan di dunia digital juga memiliki tantangan tapi jangan khawatir karena bisa disesuaikan dengan hobi, skill dan juga passion yang dimiliki. Jenis pekerjaan baru mana yang mungkin bisa kamu tekuni dan menjadi peluang untuk bekerja di dunia digital? simak ulasan berikut ini.

 

5 Jenis Pekerjaan Baru di Dunia Digital Industry

 

1. Social Media Officer

Menjadi Social Media Officer menuntut pekerjanya harus memahami dunia social media. Zaman sekarang siapa coba yang tidak menggunakan social media. Hampir seluruh kalangan dari anak-anak hingga dewasa sudah memiliki social media.

Social media merupakan wajah dari sebuah brand, menjadi wadah untuk berinteraksi antara pemilik usaha dan pelanggan. Social media harus terlihat menarik agar pesan yang disampaikan bisa diterima oleh pengikut disebuah akun social media. Adapun ruang lingkup pekerjaannya seperti Content Analyst, Social Media Analyst, dan Head of Social Media.

Baca Juga : Langkah Mengembangkan Bisnis Anda di Dunia Digital

2. Copywriter

Apakah pekerjaan ini sudah familiar di sekitar kamu? Bagi sebagian orang pekerjaan satu ini masih belum terlalu familiar. Copywriter merupakan pekerjaan yang dilakukan dibalik layar untuk memikirkan konsep dan juga penulis naskah sebuah iklan.

Terlihat mudah bukan? Tapi jangan remehkan pekerjaan satu ini karena untuk mengerjakannya butuh kreatifitas dan imajinasi yang tinggi. Memikirkan bagaimana iklan dari sebuah brand dapat melekat dan bisa mempengaruhi serta menggerakkan orang yang melihat iklan tersebut untuk mencoba produk yang diiklankan. Cukup dalam bukan? Tidak mudah lho untuk menggerakan perasaan seseorang.

3. Content Writer

Untuk saat ini, pekerjaan sebagai content writer sangat banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan. Pekerjaan yang satu ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebagai penulis, tentunya harus banyak membaca dan mencari informasi sebelum membuat artikel. Konten yang dihasilkan juga harus bersifat fresh dan relevan untuk sebuah media social ataupun website perusahaan.

Baca Juga : Bagaimana Era Digital Membantu Bisnis Anda Go Online

Dibutuhkan kreatifitas dan ketelitian dalam menulis sebuah konten untuk menghasilkan artikel yang menarik. Content Writer juga bertanggung jawab terhadap branding perusahaan, meningkatkan kualitas SEO pada website perusahaan dan memonitor statistic artikel. Pekerjaan seorang content writer seperti, Mengisi Deskripsi Produk, Mengelola Distribusi Konten, Mengelola Konten di Media Sosial, dan Melakukan Riset. Jadi gimana, Apakah kamu tertarik untuk menjadi Content Writer?

4. Graphic Designer

Menjadi graphic design saat ini menjadi pekerjaan yang paling diminati di dunia digital. Apalagi perusahaan yang bergerak dibidang advertising atau periklanan. Desain grafis bisa dikatakan sebagai media komunikasi antara pemberi informasi dengan publik secara visual. Desain graphic memiliki tanggung jawab terhadap hasil desain yang dikerjakan.

Setiap desain graphic yang dikerjakan harus mengandung unsur seni, visual dan Bahasa yang sempurna. Mampu menciptakan karya visual yang komunikatif sehingga pesan dapat tersampaikan dengan benar. Seorang desain grafis juga harus bisa berinovasi sesuai perkembangan zaman. Selain itu, cara penyampaian informasi yang unik akan menjadi nilai yang lebih dikalangan publik. Serta desain yang dihasilkan juga harus informatif dan persuasif.

Baca Juga : Memahami Mengenai Pemasaran Digital

5. UI / UX Designer

Bagi sebagian orang mungkin sudah memahami apa itu UI dan UX Designer. Tapi, ada juga yang belum mengerti apa itu UI dan UX Designer. Pekerjaan satu ini bisa dibilang rumit, karena berhubungan langsung dengan user. UI Design harus mampu menggambarkan bagaimana product yang sudah dibuat.

Sedangkan UX Design merupakan proses untuk membuat produk yang telah dibuat untuk digunakan sehingga tidak membingungkan saat digunakan. Merubah hal yang sulit menjadi terlihat simple dan mudah. Mampu memahami keinginan dan kebutuhan user untuk memecahkan masalah menjadi salah satu tanggung jawab bagi UI dan UX Designer.

Related Post :

popup image