6 Langkah melakukan Strategi Pemasaran Digital

Business, Marketing / 0 | | 0

Dalam melakukan pemasaran digital, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan strategi yang ampuh dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai nantinya. Pada postingan kali ini IDCloudHost akan memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam melaksanakan Digital Marketing Strategi untuk menjalankan kampanye bisnis online teman-teman.

Langkah untuk melakukan Digital Marketing Strategi diantaranya :

  1. Context
    Dalam hal ini kita menentukan tentang konteks yang akan kita buat, mulai dari menentukan permasalahan hingga stakeholder yang terlibat nantinya pada strategi yang akan diterapkan dengan pemasaran digital.
  2. Value exchange
    Menentukan Value Exchange disini maksudnya adalah value atau nilai apa yang nantinya akan kita berikan kepada customer kita dalam memasarkan produk. Tujuan untuk value yang baik sendiri adalah untuk menciptakan loyalitas customer sehingga dengan begitu customer akan menjadi bagian yang tidak lepas dari kesuksesan pemasaran digital.
  3. Objectives
    Objektif bisa dikatakan goal atau tujuan apa yang akan dikejar oleh seorang praktisi digital marketing dalam melakukan kegiatannya. Untuk strategi digital marketing sendiri itu tidak akan lepas dari objektif yang dibuat, sehingga perlu adanya diskusi yang panjang mengenai objektif sebelum melaksanakan Strategi pemasaran digital. Untuk objektif sendiri dapat diukur dengan memanfaatkan Key Performance Indicator (KPI) dengan menambahkan beberapa poin penting untuk pencapaian objektif. Objektif yang baik itu mencakup : Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-bound. Selain itu objektif juga tidak lepas dari target yang ingin dicapai sehingga dalam merancang KPI perlu perancangan objektif dan target yang jelas seperti yang disarankan pada poin sebelumnya.
  4. Tactics and evaluation
    Banyak teknik dan alat digital yang tersedia untuk mewujudkan target dalam pemasaran digital. Setiap taktik memiliki kekuatan – misalnya, akuisisi (mendapatkan pelanggan baru) mungkin terbaik didorong oleh iklan pencarian,
    Sementara email adalah salah satu alat yang paling efektif untuk menjual lebih banyak produk untuk pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu setelah menentukan objektif maka penyesuaian terhadap taktik didasari oleh objektiv dan value yang ingin dicapai. Ada banyak contoh taktik yang bisa digunakan seperti SEM, SEO (Baca juga : Pentingkah SEO untuk Website Toko Online Anda?) , Email Marketing, Social media Marketing seperti Facebook Ads, Instagram Ads lalu juga ada Social Media Optimization dengan teknik tersendiri.
  5. Ongoing optimization
    Hal yang paling menarik dari pemasaran digital adalah sifatnya yang dinamis, fleksibel dan lincah. Artinya seorang digital marketer harus dituntut untuk up to date seiring dengan perkembangan zaman. Beberapa teknik di pemasaran digital biasanya akan melakukan pembaharuan dengan cepat baik itu setahun sekali, atau sebulan sekali bahkan ada yang seminggu sekali dengan value yang ditawarkan berbeda-beda. Sehingga teknik yang dipelajari akan terus berubah dan terkadang akan berubah drastis dengan sangat cepat.
  6. Evaluation
    Hal yang terakhir yang menjadi pertimbangan adalah adanya evaluasi terhadap step step yang sudah dilakukan sebelumnya, dengan begitu akan mendatangkan beberapa mindset baru terkait strategi yang akan diterapkan kedepannya.

Mengenai hubungan antara Marketing Mix 4 Ps dengan 6 Step Strategi Digital Marketing adalah semua saling berkaitan dan juga saling berhubungan erat. Tidak bisa terpisahkan karena dengan perpaduannya menciptakan tujuan yang benar dan tepat sasaran. Sebelum melakukan step yang dijelaskan sebelumnya juga harus merancang marketing mix yang merupakan pedoman dasar dalam menjalankan digital marketing strategy, sehingga untuk hal tersebut menjadikan hal yang paling utama dalam menjalankan kampanye digital marketing.

Related Post :

popup image