logo 6 Langkah melakukan Strategi Pemasaran Digital - IDCloudHost

6 Langkah melakukan Strategi Pemasaran Digital

6 Langkah melakukan Strategi Pemasaran Digital

Dalam melakukan pemasaran digital, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan strategi yang ampuh dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai nantinya. Pada postingan kali ini IDCloudHost akan memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam melaksanakan Digital Marketing Strategi untuk menjalankan kampanye bisnis online teman-teman.

Digitalisasi membuat semua bidang harus mengikuti perkembangan dari teknologi. Salah satunya pada bidang bisnis. Biasa disebut bahwa bisnis merupakan bidang yang sangat cepat pergerakannya. Maka banyak strategi marketing yang dilakukan untuk mempercepat proses perkembangan bisnis itu sendiri dengan melakukan promosi.

Dahulu promosi dilakukan melalui media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, baliho,koran dan sebagainya. Kendati demikian pada zaman serba digital seperti saat ini membuat para pelaku usaha bisnis skala besar hingga pelaku usaha mikro kecil menengah sampai bawah harus memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau target pasar agar membeli produk yang ditawarkan. Lantas apa itu digital marketing? 

Mengenal Digital Marketing

Mengenal Digital Marketing

Digital marketing adalah cara untuk memasarkan sebuah produk dengan menggunakan berbagai jenis media digital yang tersambung melalui jaringan internet. Istilah digital marketing dalam bahasa indonesia disebut juga dengan pemasaran digital. Artinya pemasaran produk bisa dilakukan secara modern dengan metode yang sangat mudah untuk menjangkau pelanggan. 

Digital marketing adalah era baru dalam memasarkan produk secara digital karena dinilai efektif menarik perhatian pelanggan. Hal ini sebenarnya dapat dibuktikan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkannya dan juga kelebihan yang tidak dimiliki oleh sistem tradisional.  

Mengapa digital marketing dinilai penting? Bagi segala jenis tingkat usaha atau bisnis digital marketing sangat penting dalam menunjang promosi bukan hanya produk tetapi juga berpengaruh terhadap nama brand usaha itu sendiri. Terutama ini berlaku pada jenis usaha yang masih merintis digital marketing bisa digunakan sebagai tempat promosi gratis yang insightnya dapat menjangkau seluruh target pasar yang dikehendaki.

Kenapa Digital Marketing Penting?

kenapa digital marketing penting

Digital marketing sangat penting saat ini karena dapat menghubungkan bisnis dengan pelanggannya saat mereka online. Seperti yang kita ketahui, saat ini kebanyakan orang senantiasa menghabiskan waktu di internet setiap harinya, terutama saat mempertimbangkan ingin membeli sebuah produk. Tidak hanya itu, pemasaran digital juga efektif di semua industri. Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda harus memulai strategi digital marketing Anda sekarang.

1. Jangkauan dan Biaya 

Pemasaran digital jauh lebih murah daripada metode pemasaran lainnya. Harga spesifik bervariasi berdasarkan apa yang Anda lakukan, tetapi pengeluaran iklan digital cenderung lebih rendah daripada bentuk beriklan di saluran konvensional. Walaupun begitu, jangkauan pemasaran digital justru lebih luas daripada metode pemasaran konvensional. Dengan melakukan digital marketing, Anda bisa menjangkau pembeli dari kota, provinsi, bahkan negara lain lewat internet.

2. Akses Seluler

Saat ini, sangat banyak orang yang memiliki smartphone dan cenderung menggunakan ponsel cerdas atau perangkat seluler lain untuk berita, jejaring sosial, dan aktivitas lain yang tak terhitung jumlahnya. Pemasaran digital membantu Anda menjangkau mereka saat mereka melakukan ini. Dengan iklan, email marketing, dan media sosial, Anda dapat berada di depan audiens Anda saat mereka menggunakan banyak aplikasi berbeda di ponsel mereka.

3. Fleksibilitas

Ada banyak bentuk dan penggunaan digital marketing berkualitas tinggi, termasuk iklan banner, pemasaran email, pemasaran konten, dan posting media sosial. Jadi dengan mempelajari cara memasarkan diri Anda secara digital secara kreatif, Anda membuka berbagai kemungkinan untuk strategi publisitas di masa depan. Dengan digital marketing, Anda juga memiliki fleksibilitas untuk menguji dan menghentikan campaign yang berkinerja buruk secara real time.

4. Ekspansi

Banyak konsumen melakukan hampir semua belanja mereka secara online. Pemasaran digital memungkinkan Anda menarik orang-orang ini dan dengan demikian memperluas jangkauan perusahaan Anda. Menggunakan Google Shopping Ads dan campaign yang berfokus pada brand awareness, Anda dapat memperluas pengenalan merek Anda dan meningkatkan penjualan.

5. Interaktif

Digital marketing memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan pelanggan yang melihat konten Anda, terutama melalui komentar situs web, pesan, ulasan, dan postingan media sosial. Hal ini menunjukkan kepada para pelanggan bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka katakan dan pikirkan, membuat mereka merasa dihormati dan menjadi bagian dari komunitas yang Anda bangun. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengumpulkan informasi yang tak ternilai tentang reaksi dan preferensi pelanggan.

6. Tracking dan Analysis

Selain berkomunikasi dengan pelanggan, pemasaran digital memungkinkan Anda melacak dan menganalisis aktivitas mereka. Anda dapat memantau iklan dan jenis konten mana yang telah mereka lihat sesaat sebelum mereka melakukan pembelian. Hal ini memberi tahu Anda metode pemasaran mana yang paling efektif, sehingga Anda dapat menyempurnakan dan meningkatkan strategi Anda.

Langkah Awal Melakukan Strategi Digital Marketing

Langkah Awal Melakukan Strategi Digital Marketing

Setelah mengetahui pengertian dan keuntungan dalam menerapkannya, Anda tentunya ingin mulai menerapkan strategi digital marketing untuk bisnis Anda. Apa saja yang harus Anda lakukan?

Context

Dalam hal ini kita menentukan tentang konteks yang akan kita buat, mulai dari menentukan permasalahan hingga stakeholder yang terlibat nantinya pada strategi yang akan diterapkan dengan pemasaran digital.

Value exchange

Menentukan Value Exchange disini maksudnya adalah value atau nilai apa yang nantinya akan kita berikan kepada customer kita dalam memasarkan produk. Tujuan untuk value yang baik sendiri adalah untuk menciptakan loyalitas customer sehingga dengan begitu customer akan menjadi bagian yang tidak lepas dari kesuksesan pemasaran digital.

Objectives

Objektif bisa dikatakan goal atau tujuan apa yang akan dikejar oleh seorang praktisi digital marketing dalam melakukan kegiatannya. Untuk strategi digital marketing sendiri itu tidak akan lepas dari objektif yang dibuat, sehingga perlu adanya diskusi yang panjang mengenai objektif sebelum melaksanakan Strategi pemasaran digital.

Untuk objektif sendiri dapat diukur dengan memanfaatkan Key Performance Indicator (KPI) dengan menambahkan beberapa poin penting untuk pencapaian objektif. Objektif yang baik itu mencakup : Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time-bound. Selain itu objektif juga tidak lepas dari target yang ingin dicapai sehingga dalam merancang KPI perlu perancangan objektif dan target yang jelas seperti yang disarankan pada poin sebelumnya.

Tactics and evaluation

Banyak teknik dan alat digital yang tersedia untuk mewujudkan target dalam pemasaran digital. Setiap taktik memiliki kekuatan – misalnya, akuisisi (mendapatkan pelanggan baru) mungkin terbaik didorong oleh iklan pencarian,

Sementara email adalah salah satu alat yang paling efektif untuk menjual lebih banyak produk untuk pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu setelah menentukan objektif maka penyesuaian terhadap taktik didasari oleh objektiv dan value yang ingin dicapai. Ada banyak contoh taktik yang bisa digunakan seperti SEM, SEO, Email Marketing, Social media Marketing seperti Facebook Ads, Instagram Ads lalu juga ada Social Media Optimization dengan teknik tersendiri.

Ongoing optimization

Hal yang paling menarik dari pemasaran digital adalah sifatnya yang dinamis, fleksibel dan lincah. Artinya seorang digital marketer harus dituntut untuk up to date seiring dengan perkembangan zaman. Beberapa teknik di pemasaran digital biasanya akan melakukan pembaharuan dengan cepat baik itu setahun sekali, atau sebulan sekali bahkan ada yang seminggu sekali dengan value yang ditawarkan berbeda-beda. Sehingga teknik yang dipelajari akan terus berubah dan terkadang akan berubah drastis dengan sangat cepat.

Evaluation

Hal yang terakhir yang menjadi pertimbangan adalah adanya evaluasi terhadap step step yang sudah dilakukan sebelumnya, dengan begitu akan mendatangkan beberapa mindset baru terkait strategi yang akan diterapkan kedepannya.

Penutup

Demikianlah langkah awal memulai strategi digital marketing untuk bisnis Anda. Dengan menerapkannya sekarang, Anda bisa mulai menjangkau pelanggan yang lebih banyak dan memperluas bisnis Anda. Salah satu channel digital marketing yang banyak digunakan adalah website. Jika Anda adalah pemula yang belum memiliki kemampuan coding, Anda bisa menggunakan Website Instan IDCloudHost yang memungkinkan Anda untuk membuat Landing Page dan Bio Link dengan mudah dan cepat!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image