Apa Itu Router? Kenali Pengertian, Fungsi Hingga Jenis-Jenisnya

Apa Itu Router? Kenali Pengertian, Fungsi Hingga Jenis-Jenisnya

Router adalah salah satu Komponen Penting dalam interkoneksi pada suatu Jaringan Wifi. Untuk dapat berhubungan, contoh sederhananya adalah internet di rumah, maka diperlukan bantuan sebuah perangkat yang sering disebut dengan router. Ini adalah perangkat jaringan rumah umum yang merupakan bagian dari perangkat keras jaringan.

Dengan adanya router akan membuat Anda untuk berkomunikasi antara jaringan rumah lokal Anda seperti komputer pribadi Anda dan perangkat lain yang terhubung dan internet. Sederhananya router berperan penting dalam menerima dan mengirim data di jaringan komputer.

Meski banyak yang masih bingung antara router, modem dan sakelar jaringan, tujuan inti dari router adalah untuk dapat dapat menggabungkan fungsi semua komponen dan terhubung dengan perangkat. Disamping juga untuk meningkatkan akses Internet atau membantu membuat jaringan bisnis.

 

Memahami Pengertian Apa Itu Router

Router adalah perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau sub jaringan packet-switched. Karenanya bisa dikatakan kalau router melayani dua fungsi utama yakni untuk mengelola lalu lintas antara jaringan ini dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dimaksudkan serta memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi Internet yang sama.

Secara umum ada beberapa jenis router, tetapi yang paling umum diketahui adalah LAN (jaringan area lokal/local area networks) dan WAN (jaringan area luas/wide area networks). LAN adalah sekelompok perangkat yang terhubung terbatas pada wilayah geografis tertentu yang biasanya hanya membutuhkan satu router.

WAN, sebaliknya, adalah jaringan besar yang tersebar di wilayah geografis yang luas. Karena berdasarkan jenisnya, router yang satu ini lebih umum ditemukan di penggunaan bisnis dan perusahaan besar yang mempunyai banyak cabang operasional dimana- mana.

Dikarenakan penyebaran secara geografis ini, maka bisnis besar tersebut akan membutuhkan LAN terpisah untuk setiap lokasi, yang kemudian terhubung ke LAN lain untuk membentuk WAN. Kemudian karena WAN didistribusikan di area yang luas, seringkali memerlukan banyak router dan switch tersendiri pula.

 

Baca Juga  :      Jaringan Komputer atau Computer Network Pengertian LAN, WAN dan MAN

 

Fungsi dan Kegunaan Router adalah sebagai berikut ;

Sebagai perangkat internetworking fisik atau virtual yang dirancang untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan komputer, router memberikan banyak sekali dukungan dalam memfasilitasi kebutuhan komunikasi modern seperti sekarang ini. Beberapa fungsi dan kegunaan router lainnya yang harus Anda ketahui adalah :

  • Sebuah router dapat menyediakan konektivitas internet berkecepatan tinggi dengan berbagai jenis port seperti gigabit, fast-Ethernet dan port tautan STM.
  • dapat membuat berbagai jalur untuk meneruskan data.
  • mampu merutekan lalu lintas dalam sistem jaringan besar dengan mempertimbangkan sub-jaringan sebagai jaringan yang utuh.
  •  menyaring gangguan yang tidak diinginkan, serta melakukan proses enkapsulasi dan dekapsulasi data.
  •  memungkinkan pengguna untuk menghubungkan beberapa LAN dan WAN.
  • memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi port sesuai kebutuhan mereka di jaringan.
  • Bekerja pada lapisan ke-3 (Network Layer) dari model OSI yang dapat berkomunikasi dengan perangkat yang berdekatan dengan bantuan alamat IP dan subnet.
  • Komponen utama router adalah central processing unit (CPU), Non-Volatile RAM, console, interface card, flash memory, network juga RAM.

 

Baca Juga  :     Bandwidth : Definisi, Cara Kerja dan Cara Mengukurnya

 

Jenis dan Tipe Router

Agar dapat menghubungkan LAN ke Internet, router pertama-tama tentunya harus berkomunikasi dengan modem. Ini membuat router menjadi garis keamanan pertama dari intrusi ke dalam jaringan. Mengaktifkan tingkat keamanan tertinggi pada router akan mengaktifkan hal-hal seperti firewall, dan merupakan cara terbaik untuk menjaga sistem komputer dan informasi Anda aman dari serangan.

Sedangkan beberapa jenis atau tipe router yang bisa Anda ketahui adalah :

  • Nirkabel/wireless

    Router nirkabel atau gateway perumahan, dapat menggabungkan fungsi router tepi dan router distribusi. Ini adalah router biasa untuk jaringan rumah dan akses Internet. Sebagian besar penyedia layanan menyediakan router nirkabel berfitur lengkap sebagai bagian dari perlengkapan standar.
    Meski Anda sekalipun memiliki opsi untuk menggunakan perute nirkabel ISP di bisnis kecil Anda, Anda mungkin ingin menggunakan perute tingkat bisnis untuk memanfaatkan kinerja nirkabel yang lebih baik, lebih banyak kontrol konektivitas, juga keamanan yang lebih andal.

  • Berkabel/wired

    Seperti router nirkabel, router berkabel juga menggunakan kabel Ethernet untuk terhubung ke modem. Kemudian dengan menggunakan kabel terpisah untuk menghubungkan ke satu atau lebih perangkat dalam jaringan, membuat LAN, dan menghubungkan perangkat dalam jaringan itu ke Internet.

  • Core router

    Router inti umumnya digunakan oleh penyedia layanan besar atau penyedia cloud seperti Google, Amazon, Microsoft. Para penyedia layanan ini akan menyediakan bandwidth maksimum untuk menghubungkan router atau switch tambahan.
    Sebagian besar bisnis kecil tidak memerlukan router jenis ini. Tetapi sebaliknya, perusahaan yang sangat besar yang memiliki banyak karyawan yang bekerja di berbagai gedung atau lokasi dapat menggunakan router inti sebagai bagian dari arsitektur jaringan mereka.

  • Edge router

    Sebuah edge router juga sering disebut router gateway atau hanya gateway untuk jangka pendek yang bekerja dengan menyatukan titik koneksi terluar jaringan dengan jaringan eksternal, termasuk Internet. Tipe router ini seringnya dioptimalkan untuk bandwidth dan dirancang untuk terhubung ke router lain untuk mendistribusikan data ke pengguna akhir.
    Edge router juga biasanya tidak menawarkan Wi-Fi atau kemampuan untuk mengelola jaringan lokal sepenuhnya. Router ini biasanya hanya memiliki port Ethernet termasuk input untuk terhubung ke Internet dan beberapa output untuk menghubungkan router tambahan.

  • Distribution router

    Router distribusi atau biasa disebut router interior, menerima data dari edge router atau gateway melalui koneksi kabel dan mengirimkannya ke pengguna akhir. Biasanya melalui Wi-Fi, meskipun router biasanya juga menyertakan koneksi fisik (Ethernet) untuk menghubungkan pengguna atau router tambahan.

  • Router virtual

    Router virtual adalah bagian dari perangkat lunak yang memungkinkan beberapa fungsi router di virtualisasikan di cloud dan dikirimkan sebagai layanan. Router ini ideal untuk bisnis besar dengan kebutuhan jaringan yang kompleks karena menawarkan fleksibilitas, skalabilitas mudah, dan biaya masuk yang lebih rendah. Manfaat lain dari router virtual adalah mengurangi manajemen perangkat keras jaringan lokal.

 

Baca Juga   :    Cara mengganti Password Wifi Indohome

 

Tips dan Cara Memilih Router Untuk Bisnis Kecil

Apa Itu Router? Kenali Pengertian, Fungsi Hingga Jenis-Jenisnya
 

Apakah Anda bisnis kecil yang baru memulai dan memerlukan router pendukung? Maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih router nirkabel yang tepat. Anda harus memilih router yang dapat mematikan semua perangkat Anda dapat menerima akses internet dengan baik tanpa kendala. Beberapa tips dan cara memilih router yang bisa Anda coba adalah :

  • Perhatikan baik-baik jumlah dan jenis port yang dibutuhkan seperti telepon, Ethernet, kabel, dan USB, untuk memastikan Anda dapat menghubungkan perangkat yang diperlukan.
  • Bandwidth yang cukup penting untuk pengalaman pengguna. Ini karena bandwidth berfungsi untuk memastikan kinerja maksimum untuk banyak pengguna. Harus diingat, semakin banyak pengguna, semakin besar pula bandwidth yang dibutuhkan.
  • Keamanan menjadi faktor mutlak dalam memilih router, karenanya pastikan setidaknya harus menawarkan perlindungan kata sandi WPA atau WPA 2. Bahkan beberapa router datang dengan perangkat lunak firewall sehingga akan memastikan data yang masuk dan keluar menjadi lebih aman.
  • Router berisi perangkat lunak yang memerlukan pembaruan untuk menjaga kinerja dan keamanan. Karena banyak penyedia layanan juga memberikan dukungan untuk memperbarui perangkat lunak secara otomatis.

 

Baca Juga  :      Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam menghubungkan internet, router memandu dan mengarahkan data jaringan, menggunakan paket yang berisi berbagai jenis data seperti file, komunikasi, dan transmisi sederhana seperti interaksi web.

Tidak hanya itu saja, router juga dapat mendukung dan memberikan keamanan bagi penggunanya. Firewall tertanam dan perangkat lunak pemfilteran konten memberikan perlindungan tambahan dari konten yang tidak diinginkan dan situs web berbahaya tanpa mempengaruhi pengalaman berselancar online Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update