Breadcrumbs: Pengertian, Jenis, dan Pengaruhnya terhadap SEO

Web & Development / 0 | | 2

Pernahkah Anda pergi ke sebuah taman yang besar dan Anda tersesat sehingga tidak mengetahui dimana keberadaan Anda berpijak. Namun dengan kemajuan teknologi, Anda bisa saja menggunakan navigasi yang akan membantu Anda untuk mengetahui kedudukan dan perjalanan lintas yang telah Anda lakukan. Serupa dengan sebuah website, breadcrumbs adalah navigasi yang akan membantu pengunjung website mengetahui lokasi keberadaan halaman yang sedang dikunjungi. 

Pentingnya breadcrumb akan membantu Anda dalam membangun sebuah website yang user-friendly dan juga akan meningkatkan kenyamanan pengunjung. Dengan demikian, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai hal ini serta sejumlah manfaat yang akan Anda terima dengan menggunakan breadcrumb pada website Anda. 

Baca Juga: Alasan CMS (Content Management System) Harus Ramah SEO

Apa Itu Breadcrumb?

Apa Itu Breadcrumb?

Breadcrumbs adalah bantuan navigasi yang biasanya terletak di atas halaman yang membantu pengguna memahami dengan lokasi pengguna pada halaman dengan halaman tingkatan lainnya. Dengan demikian, elemen website satu ini merupakan jejak atau lintasan yang menunjukkan lokasi pengguna. 

Adapun contoh breadcrumbs adalah pada halaman Almalinux yaitu Home>> Technology >> Almalinux: Pengertian, Keuntungan, dan penggunanya. Dengan demikian, halaman Almalinux tersebut menunjukkan keterkaitannya dengan halaman diatasnya yakni technology dan home. 

Adapun konsep nama breadcrumb terinspirasi dari dongeng Jerman Hansel dan Gretel yang merupakan dua bersaudara dan tertinggal di hutan kemudian mereka menggunakan remah roti untuk menandai jalan mereka sehingga mereka dapat menemukan jalan kembali.

Tiga Jenis Navigasi Breadcrumbs

Adapun jenis-jenis navigasi breadcrumbs adalah yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut:

  • Breadcrumbs berbasis lokasi atau hierarki

Breadcrumbs berbasis lokasi atau hierarki merupakan navigasi yang membantu pengguna untuk menjelajahi kategori yang lebih luas (higher-level page) dari lokasi halaman pengguna. Dengan berbasis hierarki, pengguna dapat dengan mudah melihat di mana mereka berada di sepanjang lintasan situs Anda dan dengan mudah naik ke halaman tingkat yang lebih tinggi. Lebih lanjut, hal ini juga memungkinkan pengguna mengakses dengan cepat ke halaman yang berisi database informasi atau produk yang jauh lebih luas.

Adapun contoh penerapannya yang berbasis hierarki seperti Beranda >> Category>> Blog>> Post name. 

Baca Juga: Prediksi Tren SEO Terbaik di Tahun 2022

  • Breadcrumbs berbasis path atau history

Breadcrumbs berbasis path atau history memiliki fungsi yang sama dengan back button. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk bolak-balik dalam sebuah website. Lebih lanjut,  elemen website satu ini berbasis history akan membuat pengguna dapat dengan cepat melompat ke salah satu halaman sebelumnya dalam perjalanan mereka. 

Adapun contoh penerapan breadcrumbs berbasis history adalah seperti Beranda >> Halaman Sebelumnya >> Halaman Sebelumnya >> Halaman Sebelumnya >> Halaman Sekarang. 

  • Breadcrumbs berbasis atribut

Breadcrumbs berbasis atribusi adalah navigasi yang digunakan untuk dapat mewakili atribut tertentu. Misalnya pada e-commerce, untuk memudahkan konsumen, maka akan dibuat beberapa atribut yang memudahkan pencarian seperti jenis kelamin, ukuran, brand, dan sebagainya. 

Adapun contoh penerapan breadcrumbs Beranda>> Kategori Produk >> Jenis Kelamin >> Ukuran. 

Manfaat Penggunaan Breadcrumbs

Breadcrumbs adalah navigasi yang tidak hanya memberikan manfaat terhadap pengguna melainkan juga terhadap perkembangan website Anda. Adapun manfaat penggunaan breadcrumbs adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan peringkat pada Google

Adanya breadcrumbs akan membuat Google lebih memahami navigasi website Anda. Lebih lanjut, breadcrumbs juga akan membuat Anda mudah membagi konten website Anda ke dalam beberapa kategori. Hal tersebut akan membuat Google mudah melakukan pengidentifikasian dan bahkan memberikan peluang website Anda berada pada halaman pertama pencarian google. 

  • Memudahkan pengunjung website

Adapun manfaat selanjutnya dari breadcrumbs adalah membuat pengunjung merasa kemudahan dalam berselancar dalam website Anda. hal tersebut dikarenakan breadcrumbs membuat pengunjung mengetahui lintasan navigasi dan memudahkan pengunjung untuk bolak-balik dalam website sesuai dengan halaman yang mereka butuhkan. 

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Strategi Marketing SEO Tahun 2022

  • Meminimalkan bounce rate

Breadcrumbs adalah navigasi yang juga mampu meminimalkan bounce rate. Hal tersebut terjadi karena pengguna memiliki ketidaktertarikan terhadap suatu produk maka pengguna tersebut akan meninggalkan halaman atau melihat kategori produk lainnya. Dengan demikian, navigasi ini akan mendorong pengguna untuk melihat kategori lainnya dan tidak melakukan bounce. 

Baca Juga: Mengenal Apa itu Bounce Rate dan Peran Pentingnya untuk SEO Website

Bagaimana breadcrumbs meningkatkan SEO?

Breadcrumbs adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan SEO Anda. Hal tersebut dapat dikarenakan navigasi ini membuat pengguna melakukan perselancaran dalam website lebih mudah, mendorong pengunjung untuk membuka berbagai halaman pada website, dan mengurangi tingkat bounce rate. 

Lebih lanjut, breadcrumbs juga membuat Google lebih mudah melakukan crawling dan fase indexing. Hal tersebut membuat Google mudah melakukan identifikasi terhadap website dan konten yang Anda buat. Navigasi ini juga dapat menjadi salah satu hal yang menambah informasi bagi bot search engine.

Adapun alasan lainnya SEO dapat ditingkatkan oleh breadcrumbs adalah Google menampilkan informasi breadcrumbs pada SERP sehingga membuat pengguna memiliki pilihan untuk pengguna untuk melihat halaman lainnya; versi ini dianggap juga lebih  baik terhadap SEO. Misalnya pada gambar berikut dimana hasil pencarian juga menampilkan breadcrumbs pada SERP. 

Baca Juga: Cara Setting Yoast SEO dan Fitur Terlengkap

Penutup

Optimalisasi website merupakan aspek yang akan mendukung pengenalan dan pemasaran produk Anda. Breadcrumbs adalah navigasi yang akan mendukung website Anda menjadi user-friendly dan mendorong peningkatan SEO website serta memungkinkan untuk berada pada halaman pertama pencarian. Dengan demikian, setelah mengetahuinya maka diharapkan Anda dapat melakukan optimalisasi website Anda. 

Salah satu hal mendasar dalam pembangunan sebuah website adalah cloud server yang mumpuni. IDCloudHost menawarkan berbagai produk cloud server yang dapat melancarkan kebutuhan Anda. Bare Metal adalah produk IDCloudHost yang eksklusif dan memberikan Anda server dengan performa yang terbaik. Dengan demikian, pastikan Anda mengoptimalisasikan website Anda dengan penggunaan website yang berkualitas!

 

Related Post :

popup image