Apa Itu Digital Marketing dan Cara Menerapkanya di Indonesia

Business, Marketing / 0 | | 0

Dengan aksesibilitas internet saat ini, apakah Anda tahu bahwa jumlah orang yang online setiap hari masih meningkat setiap harinya? Pemasaran selalu tentang menghubungkan dengan audiens Anda di tempat yang tepat dan di waktu yang tepat. Hari ini, itu berarti Anda harus bertemu mereka di tempat mereka sudah menghabiskan waktu yaitu di internet.

Masuk ke pemasaran digital atau digital marketing yang dengan kata lain, segala bentuk pemasaran yang ada secara online. Sejatinya pemasaran selalu menjadi tulang punggung sebuah bisnis termasuk juga sekarang digital marketing saat ini menjadi alat penting hidup matinya sebuah perdagangan.

Pemasar modern diharapkan menjadi dan menyediakan banyak hal sekaligus. Baik kita menggali data atau menyempurnakan kehadiran sosial bisnis Anda, mengandalkan alat pemasaran digital yang tepat berarti menghemat waktu dan menjaga keselarasan bisnis Anda. Ini membuat digital marketing menjadi cara pemasaran yang utama di era digitalisasi, mari simak penjelasan berikutnya.

 

Mengenal Apa Itu Digital Marketing

Umumnya pemasaran digital mengacu pada iklan yang disampaikan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler. Dengan menggunakan saluran media online ini, pemasaran digital adalah metode yang digunakan perusahaan untuk mendukung barang, jasa, dan merek. Konsumen sangat bergantung pada sarana digital untuk meneliti produk. Sementara pemasaran digital modern adalah sistem saluran yang sangat besar yang harus dilakukan oleh pemasar pada merek mereka, periklanan online jauh lebih kompleks daripada saluran itu sendiri.

Untuk mencapai potensi sebenarnya dari digital marketing, pemasar harus menggali lebih dalam dunia lintas saluran yang luas dan rumit saat ini untuk menemukan strategi yang berdampak melalui pemasaran keterlibatan. Keterlibatan pemasaran adalah metode pembentukan interaksi yang bermakna dengan calon pelanggan dan pelanggan kembali berdasarkan data yang Anda kumpulkan dari waktu ke waktu. Dengan melibatkan pelanggan dalam lanskap digital, Anda membangun kesadaran merek, menetapkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran industri, dan menempatkan bisnis Anda di garis depan saat pelanggan siap untuk membeli.

Maka dengan menerapkan strategi pemasaran digital omnichannel, pemasar dapat mengumpulkan wawasan berharga tentang perilaku audiens target sambil membuka pintu ke metode baru keterlibatan pelanggan. Selain itu, perusahaan dapat mengharapkan peningkatan retensi. Adapun masa depan pemasaran digital, semua berharap dapat melihat peningkatan yang berkelanjutan dalam variasi perangkat wearable yang tersedia bagi konsumen. Seperti Forbes yang memperkirakan bahwa media sosial akan menjadi semakin komunikatif di ruang B2B, konten video akan disempurnakan untuk tujuan pengoptimalan mesin pencari (SEO), dan pemasaran email akan menjadi lebih personal.

 

Baca Juga  :     Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

 

Cara Kerja Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing dan Cara Menerapkanya di Indonesia
 

Ada beberapa rencana penyusunan digital marketing yang bisa digunakan pada sasaran bisnis Anda. berikut 3 langkah rencana digital marketing yang sekiranya dapat membantu pemasaran produk Anda dibandingkan dengan cara pemasaran tradisional :

  • Menarik lebih banyak prospek

    Dapatkan lebih banyak lalu lintas situs web melalui pemasaran konten (blogging), pemasaran email, pengoptimalan mesin telusur (SEO), pemasaran bayar per klik (PPC), dan media sosial.

  • Ubah lebih banyak prospek

    Setelah Anda memiliki lebih banyak lalu lintas di situs web, Anda perlu mengubah lalu lintas dari pengunjung situs web anonim menjadi prospek yang dapat diidentifikasi. Buat tawaran konten yang tidak bisa mereka lewatkan seperti eBook, webinar, bimbingan prospek melalui email, pengujian A / B, dan video yang menarik.

  • Mendapatkan lebih banyak penjualan

    Prospek tidak bagus jika tidak ditutup atau menghasilkan penjualan. Jangan lupa untuk memberdayakan tim penjualan Anda dengan alat dan data baru untuk membantu mereka mendapatkan lebih banyak prospek.

 

Baca Juga  :    Profesi Digital Marketing Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, Dan Tanggung Jawabnya

 

Komponen Digital Marketing dan Cara Menerapkannya di Indonesia

Apa Itu Digital Marketing dan Cara Menerapkanya di Indonesia
 

Digital marketing dapat menjangkau seluruh jaringan besar titik kontak digital yang berinteraksi dengan pelanggan berkali-kali dalam sehari. Untuk memanfaatkan saluran ini dengan benar, Anda harus memiliki pemahaman tentang masing-masing saluran atau komponennya. Berikut ini cara menerapkan komponennya di Indonesia :

  • Pencarian berbayar

    Atau juga disebut iklan pay-per-click (PPC), biasanya mengacu pada hasil bersponsor di bagian atas atau samping search engine results page (SERP). Iklan ini menagih Anda untuk setiap klik dan dapat disesuaikan untuk muncul ketika istilah pencarian tertentu dimasukkan, sehingga iklan Anda ditargetkan untuk audiens yang mencari sesuatu secara khusus.
    Beriklan seperti ini bisa sangat efektif, karena mengandalkan data yang dikumpulkan dari perilaku online individu dan digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web dengan menayangkan iklan yang relevan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Selain juga melibatkan penargetan ulang, yang berarti bahwa bergantung pada tindakan pelanggan, alat otomatisasi pemasaran dapat membuat iklan lintas platform pribadi yang unik.

  • Search engine optimization (SEO)

    SEO adalah proses mengoptimalkan konten, pengaturan teknis, dan jangkauan situs web Anda, sehingga halaman Anda muncul di bagian atas hasil mesin pencari untuk kumpulan istilah kata kunci tertentu. Menggunakan SEO dapat mengarahkan pengunjung ke situs Anda saat mereka menampilkan perilaku yang menyiratkan bahwa mereka sedang mencari produk yang relevan, yang dapat menjadi pengubah permainan mengingat bahwa 90% orang yang menelusuri belum membentuk opini tentang suatu merek jika diambil dari data Status Labs, 2018 lalu.

    Sementara PPC dan penargetan ulang memiliki tempatnya, lalu lintas online organik yang diperoleh melalui pengoptimalan mesin pencari memiliki pengaruh yang sangat besar pada peringkat pencarian dan, dengan ekstensi, lalu lintas situs organik. Dengan menggunakan kata kunci dan frasa, Anda dapat menggunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas secara besar-besaran dan memulai hubungan pelanggan yang langgeng. SEO didefinisikan sebagai peningkatan peringkat situs web dalam hasil penelusuran online, dan lalu lintas situs organiknya, dengan menggunakan kata kunci dan frasa populer. Strategi SEO yang kuat sangat berpengaruh dalam kampanye pemasaran digital karena visibilitas adalah langkah pertama menuju hubungan pelanggan yang langgeng.

  • Pemasaran konten/content marketing

    Pemasaran konten yang efektif tidak bersifat promosi lahiriah, melainkan berfungsi untuk mendidik dan menginspirasi konsumen yang mencari informasi. Ketika Anda menawarkan konten yang relevan dengan audiens Anda, itu dapat mengamankan Anda sebagai pemimpin pemikiran dan sumber informasi yang dapat dipercaya, sehingga kecil kemungkinan upaya pemasaran Anda yang lain akan hilang dalam keadaan statis. Di era pembeli mandiri, pemasaran konten mendapatkan prospek tiga kali lebih banyak daripada iklan penelusuran berbayar, jadi ini sepadan dengan upaya tambahannya.

  • Pemasaran media sosial/social media marketing

    Kunci pemasaran media sosial yang efektif lebih dari sekadar memiliki akun media sosial yang aktif. Anda juga harus merangkai elemen sosial ke dalam setiap aspek upaya pemasaran Anda untuk menciptakan sebanyak mungkin peluang berbagi antar-rekan. Semakin banyak audiens Anda terinspirasi untuk terlibat dengan konten Anda, semakin besar kemungkinan mereka membagikannya, berpotensi menginspirasi rekan-rekan mereka untuk menjadi pelanggan juga.

  • Email marketing

    Setelah lebih dari dua dekade, email masih menjadi cara tercepat dan langsung untuk menjangkau pelanggan dengan informasi penting. Saat ini, kampanye email yang sukses harus sangat menarik, relevan, informatif, dan menghibur agar tidak terpendam di kotak masuk pelanggan Anda. Agar berhasil, email pemasaran Anda harus memenuhi lima atribut inti selain juga harus dapat dipercaya, relevan, komunikatif, terkoordinasi lintas saluran, dan strategis.

  • Pemasaran seluler/mobile marketing

    Perangkat seluler ada dimana- mana dalam kehidupan saat ini serta selalu berjalan tiap detiknya. Hal ini membuat pemasaran di seluler menjadi sangat penting mengingat dua pertiga konsumen dapat mengingat merek tertentu yang mereka lihat diiklankan di seluler selama seminggu terakhir tetapi seluler juga memiliki nuansa yang berbeda mengingat sifatnya yang akrab. SMS, MMS, dan pemasaran dalam aplikasi adalah semua opsi untuk menjangkau pelanggan Anda di perangkat mereka, tetapi di luar itu, Anda harus mempertimbangkan koordinasi upaya pemasaran Anda di seluruh saluran pemasaran digital Anda yang lain.

  • Otomatisasi pemasaran/marketing automation

    Otomatisasi pemasaran adalah platform integral yang menyatukan semua pemasaran digital Anda. Faktanya, perusahaan yang mengotomatiskan pengelolaan prospek melihat peningkatan pendapatan sebesar 10% atau lebih dalam waktu enam hingga sembilan bulan. Tanpanya, kampanye Anda pemasaran Anda tidak lengkap dan tidak ada penunjangnya.

    Perangkat lunak otomatisasi pemasaran menyederhanakan dan mengotomatiskan tugas dan alur kerja pemasaran, mengukur hasil, dan menghitung laba atas investasi atau return on investment (ROI) kampanye digital Anda, membantu Anda meningkatkan pendapatan lebih cepat. Otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda mendapatkan wawasan berharga tentang program mana yang berhasil dan mana yang tidak, dan ini akan memberikan metrik yang memungkinkan Anda berbicara tentang upaya pemasaran digital pada keuntungan perusahaan Anda.

 

Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai banyak pengguna online sehingga menerapkan metode digital marketing dalam bisnis dan usaha adalah cara tepat guna.

Baca Juga  :   Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran digital atau digital marketing adalah upaya yang mencakup semua metode pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Bisnis memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web lain untuk terhubung dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan. Cara ini adalah cara pemasaran mutakhir untuk zaman ini.

Jadi, pemasaran digital adalah tentang memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran. Digital tidak perlu selalu terpisah dari departemen pemasaran secara keseluruhan, karena tujuan keduanya sama. Namun, untuk saat ini, istilah tersebut tetap berguna karena digital memerlukan keahlian tertentu untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif.

 

 

Related Post :