7 Tools Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Content Marketing / 0 | | 2

Digital marketing adalah salah satu bagian penting dalam perusahaan, terutama sejak beberapa tahun terakhir. Mulai dari bisnis kecil, hingga perusahaan besar, semuanya menjadikan pemasaran digital sebagai senjata utama dalam melakukan promosi. Karena itulah, Anda wajib mengetahui tools digital marketing berikut ini. 

Melakukan pemasaran secara digital memungkinkan Anda untuk menjangkau calon pembeli secara luas. Selain itu, biaya pemasaran digital ternyata lebih murah daripada beriklan di televisi, radio, atau media konvensional lainnya, lho. Dengan berbagai keuntungan digital marketing ini, tak heran kalau banyak pebisnis mulai memberikan perhatian besar untuk bidang ini. 

Baca Juga: Kelebihan dan 6 Tipe Remarketing yang Umum Digunakan Dalam Bisnis

7 Tools Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Dengan banyaknya penerapan digital marketing di berbagai bisnis sekarang, peluang karir di bidang ini juga semakin besar. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan talent yang menguasai digital marketing. Karena itulah, banyak orang yang berminat untuk merintis karir di bidang ini. Apakah Anda merupakan salah satunya? Jika iya, untuk menjadi digital marketer yang handal Anda harus menguasai beberapa tools digital marketing berikut ini. 

  1. Google Analytics

Google Analytics adalah tools digital marketing yang wajib Anda coba. Tools ini dibangun oleh Google untuk memudahkan pemilik bisnis memantau hasil dari aktivitas marketing yang sedang berjalan. Dengan menggunakan tools ini Anda bisa mengukur keberhasilan strategi marketing yang sudah Anda rancang sebelumnya. 

Data-data yang diberikan oleh Google Analytics sangat berharga untuk Anda pelajari. Dengan data tersebut, Anda bisa mengetahui apa yang disukai oleh calon konsumen Anda dan mana yang kira-kira kurang menarik. 

Dengan mengetahui insight, karakteristik, serta perilaku orang-orang saat mengunjungi website, Anda dapat merancang strategi yang lebih baik ke depannya. Tools yang kaya manfaat dan fungsi ini bisa Anda gunakan secara gratis. 

  1. Ahrefs

Ahrefs adalah tools SEO komprehensif untuk membantu Anda meningkatkan lalu lintas situs web Anda. Mereka memiliki data untuk sekitar 150 juta kata kunci di berbagai negara di seluruh dunia. Ahrefs sangat bagus untuk analisis kompetitor dan memungkinkan Anda untuk memeriksa backlink yang tertaut ke website Anda, keyword apa yang digunakan kompetitor, apa halaman teratas mereka, dan banyak lagi. 

Anda dapat melihat di mana peringkat konten mereka dan, dengan menggunakan alat Content Gap, mengidentifikasi kelemahan utama untuk area konten Anda. Fitur menarik dari Ahrefs salah satunya Top Pages yang memungkinkan Anda melihat halaman mana yang mendapatkan traffic paling banyak, dan Anda juga bisa melihat traffic ke website kompetitor. Ahrefs adalah salah satu tools SEO paling handal dan kaya fitur yang dapat Anda coba, terutama jika tertarik pada bidang SEO. 

Baca Juga: 5 Jenis Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

  1. MailChimp

Mailchimp adalah salah satu tools digital marketing terbaik yang memiliki jutaan pengguna dari seluruh dunia. Tools yang satu ini dikhususkan untuk Anda yang ingin menjalankan strategi email marketing. Seperti yang Anda ketahui, email marketing adalah salah satu cara yang masih populer saat ini untuk memasarkan produk. 

Dengan menggunakan Mailchimp Anda bisa mengirimkan email terkait campaign, promo, newsletter, dan lain-lain kepada banyak orang secara bersamaan. Anda bisa menyebarkan email tersebut kepada ribuan pelanggan sekaligus secara otomatis. 

Mailchimp juga memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendesain email yang menarik sesuai brand dari perusahaan tersebut. Tools yang satu ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi, sehingga aktivitas email marketing Anda bisa berjalan lebih mudah. 

  1. SociaBuzz

Influencer marketing adalah teknik marketing yang mulai banyak digunakan oleh berbagai perusahaan saat ini. Alasannya tentu saja karena media sosial yang semakin berkembang dan memiliki semakin banyak pengguna setiap harinya. 

Jika Anda ingin mulai menjalankan aktivitas influencer marketing, tapi bingung mencari yang tepat sesuai niche bisnis Anda, maka tools digital marketing yang satu ini dapat Anda coba. SociaBuzz adalah tools yang berfokus pada influencer marketing dan berguna untuk membantu Anda mencari Key Opinion Leader yang tepat untuk bisnis Anda. 

SociaBuzz memiliki informasi lengkap seputar selebriti, selebgram, Youtuber, Tiktoker, hingga micro-influencer. Tidak hanya KOL, Anda juga bisa mencari talent kreatif yang Anda butuhkan untuk menjalankan campaign. Berbagai informasi yang bisa Anda dapatkan di SociaBuzz diantaranya adalah engagement rate, followers, traffic website, dan lain-lain. 

  1. YoastSEO

Tools digital marketing yang satu ini wajib dikuasai untuk Anda yang ingin berfokus di bidang SEO. YoastSEO adalah salah satu plugin SEO paling populer yang bisa Anda gunakan di WordPress. Plugin Yoast untuk WordPress gratis, tetapi fiturnya cukup terbatas. Jika ingin menikmati fitur lengkap, Anda harus membayar layanan Premium. 

Yoast adalah plugin bekerja dengan baik di editor Gutenberg dan editor Klasik di WordPress. Plugin ini adalah tools yang cocok untuk membantu Anda mengoptimalkan konten website agar memiliki performa yang baik hasil pencarian. 

Yoast membantu Anda memilih memfokuskan kata kunci dan memberi penilaian pada konten Anda agar SEO-nya teroptimasi dengan baik. Tools ini memiliki fitur yang dapat memberikan Anda saran apa saja yang dapat ditingkatkan dari konten Anda.

Selain itu, YoastSEO juga akan menilai keterbacaan dari konten Anda dengan memberi skor Flesch Reading Ease. Plugin ini selalu dikembangkan untuk mencerminkan algoritma Google, sehingga Anda bisa terus mengandalkannya untuk optimasi SEO website Anda. 

Baca Juga: Tips Digital Marketing Terbaik 2022

Google AdWords adalah salah satu opsi paling populer untuk mengiklankan bisnis Anda di halaman hasil mesin pencari Google. Tools digital marketing ini wajib dikuasai untuk Anda yang bergerak di bidang SEM (Search Engine Marketing). Pembayaran Google Ads berdasarkan pada metode PPC (pay per click) yang berarti semakin banyak orang meng-klik iklan tersebut, semakin banya pula Anda membayar. 

Namun, tidak hanya untuk iklan saja, lho. Google AdWords juga memiliki fitur Google Keyword Planner yang memungkinkan Anda untuk meriset kata kunci yang banya dicari agar Anda bisa memasukkannya dalam iklan Anda. Tools ini membantu website Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung yang nantinya dapat meningkatkan penjualan. 

  1. Meta Business Suite

Tools digital marketing yang satu ini sebelumnya bernama Facebook Business Suite. Sesuai namanya, platform ini dikembangkan oleh Facebook, yang sekarang telah berganti nama menjadi Meta. Perusahaan ini memiliki beberapa media sosial yang banyak digunakan pelaku bisnis untuk menjalankan aktivitas marketing, seperti Facebook dan Instagram. 

Namun, terkadang menjalankan digital marketing di dua platform tersebut membuat Anda harus login satu per satu untuk melihat perkembangannya dan menanggapi komentar atau pesan yang Anda dapatkan terkait konten Anda. Dengan menggunakan Meta Business Suite, Anda dapat membuka akun dari dua media sosial tersebut sekaligus. 

Jika menggabungkannya di satu platform seperti ini, Anda akan lebih mudah untuk memanajemennya. Meta Business Suite dapat Anda gunakan di PC maupun smartphone, sehingga Anda bisa memantau kedua media sosial ini dimanapun dan kapanpun. 

Baca Juga: 5+ Website Belajar Digital Marketing Online Gratis 2022

Penutup

Demikianlah tools digital marketing yang wajib Anda ketahui. Jika ingin meniti karir di bidang digital marketing, menguasai tools seperti ini tentu menjadi hal penting. Tidak hanya untuk calon digital marketer, para pemilik bisnis juga akan terbantu dengan adanya tools ini, lho! Salah satu channel digital marketing adalah website. Untuk membangunnya, Anda tentu butuh layanan hosting yang handal dan cepat. Yuk, gunakan Cloud VPS IDCloudHost yang mudah digunakan dan memiliki performa maksimal! 

Related Post :