5+ Website Belajar Digital Marketing Online Gratis 2022

Content Marketing / 0 | | 4

Perkembangan teknologi dan internet yang pesat menjadikan kegiatan pemasaran mulai merambah ke dunia digital. Saat ini, mulai dari UMKM hingga peruhaan besar pasti memiliki website dan akun media sosial untuk promosi. Karena itulah, digital marketing merupakan salah satu bidang yang cukup digandrungi. Anda bisa mempelajarinya melalui website belajar digital marketing online gratis berikut ini! 

Kebutuhan akan seseorang yang memahami digital marketing terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bidang yang satu ini menjadi salah satu peluang karir yang menjanjikan untuk Anda tekuni. 

Dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan, makin banyak pula orang yang sadar bahwa menambah kemampuan di dunia digital marketing akan membuat mereka mampu bersaing lebih baik di dunia kerja. Apakah Anda juga berminat mengembangkan karir di bidang ini? Berikut adalah website yang bisa Anda gunakan untuk mulai mempelajarinya!

5+ Website Belajar Digital Marketing Online Gratis

Anda mungkin tertarik belajar digital marketing, tapi bingung dari mana harus mempelarinya. Tak perlu khawatir karena sekarang ada banyak sumber yang tersedia di internet untuk membantu Anda. Simak website-website berikut ini! 

  1. Google Digital Garage

Google Digital Garage adalah website belajar digital marketing online dari Google untuk membantu siapapun belajar berbagai skill digital dengan mudah. Website ini sangat cocok untuk Anda yang pemula dan baru kali ini mengenal dunia digital marketing. 

Skill yang bisa Anda pelajari di Google Digital Garage sangat beragam, mulai dari Search Engine Optimization (SEO), e-mail marketing, iklan, social media marketing, dan lain-lain. Tidak hanya digital marketing saja, Anda juga bisa belajar serba-serbi bisnis. Misalnya cara memperluas relasi, cara melihat peluang bisnis, dan lain-lain. 

Semua materi di Google Digital Garage bisa Anda pelajari secara gratis, tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Setelah menyelesaikan semua materi, Anda akan mendapatkan sertifikat. 

  1. Facebook Blueprint

Facebook Blueprint adalah website belajar digital marketing online yang bisa Anda manfaatkan selanjutnya. Platform ini dibuat oleh Meta dan berisi berbagai training gratis yang bisa Anda akses dengan mudah. Anda bisa mempelajari digital marketing secara umum, atau yang spesifik berkaitan dengan fitur yang ada di Facebook. Misalnya, mengenai Facebook Ads dan bagaimana caranya memasarkan produk di Facebook. 

Facebok Blueprint sangat cocok untuk Anda yang pemula dan ingin memperdalam pemahaman tentang digital marketing. Selain itu, platform ini juga bermanfaat bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis dan ingin merambah ke digital marketing untuk memperluas promosi.

Facebook Blueprint memiliki tampilan yang user-friendly dan mampu memberikan Anda pengalaman pengguna yang baik. Semua materi di platform ini juga dapat Anda akses secara gratis dan fleksibel. 

  1. Hubspot Academy

HubSpot adalah platform CRM yang memungkinkan penggunanya untuk memanajemen penjualan, inbound marketing, hingga customer service. Sementara itu, HubSpot Academy adalah website belajar digital marketing online yang dibuat HubSpot untuk membantu orang-orang mendalami digital marketing, sekaligus mengedukasi pengguna tentang produk mereka. 

Dalam website ini, Anda akan mempelajari beberapa modul untuk memahami dasar-dasar digital marketing. Setelah itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk meneruskan belajar ke materi-materi yang lebih lanjut. 

HubSpot menyediakan kursus online untuk beragam jenis aktivitas digital marketing. Salah satu yang populer adalah kursus online mereka tentang Social Media Marketing. Anda bisa mengakses materi-materinya secara gratis dan mendapatkan sertifikat jika sudah menyelesaikannya. 

  1. SEMRush Academy

SEMRush Academy adalah website belajar digital marketing gratis yang bisa Anda coba selanjutnya. Platform ini dibuat oleh SEMRush, perusahaan yang memiliki tools SEO yang sangat populer. 

Karena produk mereka berkaitan dengan mesin pencari, maka berbagai kursus online yang ada di SEMRush Academy juga membahas hal yang serupa. Platform ini cocok untuk Anda yang secara spesifik ingin mempelajari SEO dan SEM. 

Materi yang ada di website ini dibuat oleh orang-orang yang handal dan sudah berpengalaman di bidangnya, sehingga Anda akan mendapatkan materi yang komprehensif dan bisa benar-benar meningkatkan skill Anda. 

  1. LinkedIn Online Course

LinkedIn Online Course adalah platform belajar digital marketing gratis yang disediakan oleh LinkedIn bagi penggunanya. Seperti yang Anda ketahui, LinkedIn adalah media sosial yang banyak digunakan oleh para profesional dan pemilik bisnis untuk saling terkoneksi. Bahkan, saat ini banyak orang mencari pekerjaan lewat LinkedIn, lho. 

Kursus online ini memungkinkan Anda untuk belajar digital marketing lewat berbagai kelas gratis yang disediakannya. Setelah selesai mempelajari kelas tersebut, Anda akan mendapatkan sertifikat yang bisa Anda cantumkan untuk menunjang CV atau profil LinkedIn Anda, lho. 

Namun, hanya kelas-kelas untuk pemula saja yang bisa diakses secara gratis lewat platform ini. jika ingin belajar materi-materi yang lebih advanced, Anda harus membayar terlebih dahulu. 

  1. Google Analytics Academy

Sama seperti Google Digital Garage, website belajar digital marketing yang satu ini juga dibuat oleh Google. Namun, Google Analytics Academy kurang cocok untuk pemula. Website ini lebih ditujukan untuk mereka yang sudah memiliki dasar-dasar digital marketing dan ingin meningkatkan skill dengan menggunakan tools Google Analytics. 

Dalam website ini, Anda bisa memilih kursus yang tersedia berdasarkan kemampuan. Sama seperti Digital Garage, platform ini juga memberikan sertifikat dan bisa diakses secara gratis. Kami menyarankan Anda mempelajari Google Analytics setelah menyelesaikan kursus online yang ada di Google Digital Garage untuk memperdalam pemahaman Anda di bidang ini.

Penutup

Itulah 6 rekomendasi website belajar digital marketing gratis yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang ingin belajar digital marketing untuk berkarir di bidang ini, saat ini peluangnya sangat menjanjikan. Namun, agar dilirik perusahaan Anda tentunya butuh portofolio yang meyakinkan, dong! Yuk, gunakan WordPress Hosting IDCloudHost untuk membangun website portofolio dengan mudah dan cepat, hanya dalam 5 menit saja website sudah bisa online dan diakses banyak orang. 

 

 

Related Post :